Friday, August 18, 2017

Di Langit Biru Sang Saka Merah Putih Bangsaku

8 comments



Di Langit Biru Sang Saka Merah Putih Bangsaku


Kemerdekaan Republik Indonesia bukanlah hadiah yang didapat dengan cuma-cuma. Bukanlah tanpa pengorbanan yang tidak bernilai harganya. Begitu banyak jiwa yang berkorban, begitu banyak raga yang tumbang demi merebut kemerdekaan negeri tercinta ini.

Darah merah tertumpah tak terhitung banyaknya. Air mata mengalir tak terhingga tetesannya. Tangis anak manusia yang kehilangan ayahandanya. Rintih pilu anak yang terlepas dari buaian sang ibunda.

Semua demi merebut kemerdekaan negara Republik Indonesia. Banyak cara yang dilakukan oleh anak negeri bumi Indonesia sebagai tanda syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia di masa ini.

Menyadari bagaimana pahlawan kemerdekaan rela membuang nyawa demi negara aman sentausa. Di hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 ini saya terpanggil untuk merangkai aksara menjadi bait-bait puisi sederhana. Meski puisi ini tidak seindah syair pujangga ternama namun terlahir dari hati seorang Maya pemilik blog sederhana yang ingin ikut berpartisipasi dalam Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 72 tahun ini.

Puisiku kali ini tentang kebanggaan, keharuan, keinginan sebagai anak bangsa negeri tercinta Indonesia dan yang pasti dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai salah satu wujud rasa syukur atas hari yang sangat bersejarah ini.
Yuk kita baca sama-sama puisiku dalam bahasa yang sederhana semoga tak mengurangi makna yang ini kusampaikan.

Di Langit Biru Sang Saka Merah Putih Bangsaku


Dengan kostum putih bersih
Ku pangku sang saka merah putih
Bendera kebangsaan negeriku yang terpilih
Barisan pasukan pengibar bendera pusaka yang gagah
Senyum terukir bangga mengantar sang saka merah putih
Di langit biru sang saka merah putih bangsaku berkibarlah

Begitu banyak darah telah tertumpah
Menyimbah bumi pertiwi mengusir penjajah
Tak gentar terus melangkah
Pahlawanku engkau sungguh gagah
Demi bumi pertiwi yang terindah
Tak rela tersakiti oleh tangan-tangan yang serakah

Air mata perjuangan membasahi bumi Indonesia
Jerit anak manusia yang kehilangan ayahanda
Rintih pilu anak negeri yang terlepas dari buaian sang bunda
Terus berkobar semangat juang yang membara
Demi berkibarnya sang saka merah putih di persada
Lambang kesucian nan jaya

Di langit biru sang saka merah putih bangsaku
Terlintas tanya dalam benakku
Apa yang sudah kupersembahkan untuk negeriku?
Bagaimana aku menghargai perjuangan para pahlawanku?

Maafkan aku pahlawan negeriku
Tujuh puluh dua tahun usia kemerdekaan negaraku
Belum banyak yang aku perbuat untukmu
Namun yang terdalam ada dalam hatiku
Aku bangga padamu pahlawan negeriku

"Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 72. Berkibarlah di langit biru sang saka merah putih bangsaku. Tetaplah berkobar semangat juang bangsa di masa ini. Merdeka!!!!!"


Read More

Wednesday, August 16, 2017

Tahu Bulat Ikan Tuna

21 comments



Tahu bulat ikan tuna adalah resep kreasi baru yang ada di dapur maya. Tahu bulat ikan tuna sudah tentu berbahan dasar tahu dan ikan tuna. Cemilan ini termasuk cemilan sehat bergizi tinggi karena terdiri dari protein nabati yang berasal dari tahu dan protein hewani yang berasal dari ikan tuna.

Tahu bulat ikan tuna tidak hanya cocok sebagai cemilan tapi juga cocok digunakan sebagai lauk teman makan nasi, baik saat sarapan pagi, makan siang maupun makan malam.

Cara membuat tahu bulat ikan tuna tergolong sangat mudah sekali. Selain cara membuatnya mudah bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah didapatkan sekaligus mumer alias murah meriah namun bernilai gizi tinggi yang tentunya cocok untuk semua usia, baik anak-anak dan remaja dimasa pertumbuhannya. Sedangkan untuk pria dan wanita dewasa ikan tuna cukup baik dikonsumsi. Yang pasti tidak berlebihan, karena setiap makanan yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Makanan yang sehat itu selain mutu atau kwalitas bahan yang digunakan dan cara pengolahannya juga tidak berlebihan masuk kedalam lambung kita. Jadi bukan takaran yang banyak akan tetapi cukup takaran gizinya. Tapi saya bukan akan membahas angka kecukupan gizi dalam postingan ini, melainkan ingin berbagi resep tahu bulat ikan tuna.

Bisa kita mulai ya, perhatikan step-stepnya sangat mudah sekali dan waktu yang kita perlukan mengolah tahu bulat ikan tuna ini tidak terlalu lama.

Bahan-bahan untuk membuat tahu bulat ikan tuna :

1. 10 buah tahu putih yang sedang ukurannya.

2. 50-100 gram ikan tuna, kukus/goreng sebentar, lalu buang durinya kemudian suwir-suwir.

3. 2 butir kuning telur.

4. Minyak goreng

Bumbu-bumbu untuk membuat tahu bulat ikan tuna :

1. Satu siung bawang putih haluskan/cincang

2. setengah sendok teh bubuk lada/sesuai selera

3. soda kue/baking soda seujung sendok teh (menggunakan baking soda/soda kue tidak boleh terlalu banyak nanti pahit rasanya)

4. Penyedap rasa bagi yang suka, saya tidak pakai penyedap rasa.

5. Garam secukupnya

Cara membuat tahu bulat ikan tuna :

1. Hancurkan tahu putih, bila tahu sangat berair kita bisa menghancurkannya di wadah yang berlubang halus agar air yang ada di tahu bisa tus di lubang-lubang wadah yang kita gunakan. Dengan demikian air tahu akan berkurang saat kita menekan-nekan tahu dalam proses menghancurkan tahu.



2. Tambahkan kuning telur, ikan tuna suwir, bawang putih, lada bubuk, soda kue, garam dan penyedap rasa. Hati-hati saat menambahkan garam karena biasanya tahu sudah berasa asin. Ratakan dengan cara mengaduk-aduk adonan tahu tersebut.



3. Kemudian bentuk bulat-bulat sesuai selera, saya membuat bulatan sebesar telur puyuh. Lakukan sampai adonan tahu habis menjadi bulatan-bulatan.



4. Panaskan minyak dalam wajan atau kuali (belanga) secukupnya, kemudian gorenglah tahu bulat ikan tuna hingga kuning kecoklatan.



5. Nah sekarang tahu bulat ikan tuna siap untuk disantap. Untuk lauk teman makan nasi ok atau dicocol saos sambal sebagai cemilan teman minum teh lebih ok lagi. Rasanya luar biasa mantaf deh pokoknya nyesel kalau tidak merasakannya. Silahkan dicoba dan rasakan setiap sensasi dari gigitan tahu bulat ikan tuna ini.

Read More

Monday, August 14, 2017

Ayam Goreng Serundeng

34 comments

Bosan dengan ayam goreng yang itu itu juga coba deh ayam goreng serundeng istimewa ini. Rasanya enak manis-manis gurih yang berasal dari serundengnya juga aroma lengkuasnya menjadikan ayam goreng ini sangat istimewa. Ayam goreng serundeng ini menjadi salah satu menu favorit keluarga Maya.

Tertarik ingin tahu bahan dan cara membuatnya? Ayam goreng serundeng ini adalah ayam goreng yang cara penyajiannya ditaburi dengan serundeng. Sedangkan serundengnya berasal dari kelapa parut yang disangrai kemudian dibumbui sehingga rasanya sangat nikmat karena kaya akan bumbu alami.

Ayam kaya akan protein yang juga sangat baik untuk masa pertumbuhan anak-anak. Dengan mempariasikan aneka menu yang berbahan ayam membuat anak-anak tidak bosan untuk mengkonsumsinya. Memang bagi bunda yang super sibuk dengan aktifitas bisa saja membeli yang sudah matang. Ayam goreng serundeng ini banyak dijual di rumah-rumah makan.

Ayam Goreng Serundeng

Maaf gambarnya tidak bagus.

Sesekali boleh dong kita mengolah sendiri menu paforit keluarga rasanya tentu beda dengan kita membeli yang sudah matang. Kita intip yuk bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan Ayam Goreng Serundeng :

1. Ayam boleh bagian paha saja atau bagian dada sesuaikan dengan sekera keluarga, kalau suka bagian sayap juga boleh.

2. Kelapa parut yang sudah disangrai 150 gram. Ini nanti sebagai bahan serundengnya.

3. Daun salam 2 lembar

4. Laos atau 2-3 ruas jari diparut

5. Air secukupnya, nantinya digunakan untuk mengungkep ayam, akan lebih nikmat lagi bila kita gunakan air kelapa

Bumbu yang dihaluskan :

1. Bawang merah 3 -4 siung

2. Bawang putih 2 -3 siung>

3. Biji Ketumbar 1/2 sendok makan

4. Kunyit 2 ruas jari

5. Kemiri 2 butir

6. Garam secukupnya

7. Gula pasir atau gula putih secukupnya

Cara Membuat Ayam Goreng Serundeng :

1. Siapkan dan cuci bersih dulu bahan-bahan yang kita perlukan seperti ayam dan bumbu lainnya, cuci bersih, lengkuas atau laos yang sudah diparut. Sementara kita sisihkan dahulu.

2. Kemudian kita menggiling bumbu yang dihaluskan.

3. Saatnya kita menumis bumbu dengan menggunakan sedikit minyak goreng. Tumis bumbu halus sampai tercium aroma wangi dan sedap. Jangan lupa masukkan daun salam, lengkuas dan ayam. Tambahkan air secukupnya, cicipi rasanya.

4. Kita bisa tambahkan jika ada bumbu yang belum pas dan sesuai selera kita, misalnya kurang asin, kita bisa tambahkan garam secukupnya.

5. Diamkan dan masak sampai ayam menyerap bumbu dan air juga sampai menyusut. Sisakan sedikit airnya untuk kelapa sangrai). Setelah air susut, tapi bukan kering ya, angkat potongan ayam dan kita sisihkan dulu.

6. Masukkan kelapa yang sudah disangrai ke sisa air bekas ungkepan potongan ayam tadi, aduk rata.

7. Kemudian kita lanjutkan dengan menggoreng potongan daging ayam dengan menggunakan wajan lain.

8. Lanjutkan lagi dengan goreng kelapa sampai garing kecoklatan dengan menggunakan api kecil, kemudian tiriskan.

9. Hilangkan uap panasnya kemudian simpan di wadah tertutup agar awet serundengnya. Serundeng ini bisa juga dipadukan dengan gepuk atau boleh juga sebagai peranti bila sewaktu-waktu membuat ayam goreng di lain hari.

10. Jadi kapan-kapan kalau buat gepuk atau ayam goreng langsung bisa di campur keserundeng ini, selama penyimpanannya baik awet bisa satu bulan.

11. Kemudian tata ayam goreng di piring, beri taburan serundeng kelapa di atasnya. Ayam goreng serundeng siap disajikan untuk keluarga tersayang.

Mudahkan cara membuatnya. Selamat mencoba! Love to cook for family selalu dan selalu, yang pasti makin dicintai oleh keluarga, mau? Mau dong hehe ....

Read More

Saturday, August 12, 2017

Menikmati Perihnya Perpisahan

50 comments

Menikmati Perihnya Perpisahan

Mari berpuisi. Sebenarnya dari judulnya saja sudah mengungkapkan isi dari puisi dengan jelas. Tak apalah kucoba menjelaskan sedikit maksud dari puii ini. Ini puisi cinta yang berakhir dengan perpisahan. Cinta bisa hadir pada siapun dan dimanapun. Walau sekian lama memadu cinta, namun pada akhirnya tak ada yang bisa menolak ketentuan dari-Nya.
"Cinta tak selamanya mesti bersatu bagai bayang-bayang dengan badanku" begitu petikan lirik lagu. Puisi ini mendapat gelar "menikmati perihnya perpisahan" yang bisa juga diartikan menerima perpisahan dengan ikhlas tanpa dendam.
Puisi ini juga mengungkapkan meski tidak bersatu dalam ikatan suci namun tetap menjaga silaturahmi berdamai dengan keadaan dengan tetap saling menyapa dan mendoakan.

Mari kita simak puisi ini dengan bahasa yang sederhana dan mudah untuk dicerna.

Menikmati Perihnya Perpisahan


Heningnya malam terhanyutku dalam lamunan
Menerawang ke masa silam indah dalam kenang
Kau hiasi heningnya akan cumbu melenaku
Gurauan yang kan tersimpan ada disejarah hidupku
Kita lupa tentang sakitnya perpisahan

Perlahan kita saling menjauh
Tak ada lagi yang menghiasi sapa malam silih berganti
Merelakan tenggelamnya kebahagiaan yang selalu ingin kita jemput
Kita memilih membangun tembok yang terus meninggi
Membungkam setiap cerita yang kerap ingin dibagi
Kita mulai menikmati perihnya perpisahan

Saat kelopak hari kembali merekah
Hanya mampu membisikkan nama
Tak terdengar oleh jiwa yang kian menelan pahitnya rindu
Helai-helai cerita mulai terputus
Dan membisu
Kita mulai menikmati perihnya perpisahan

Bukan karena benci ini terjadi
Menyadari tak mungkin mewujud hasrat
Relakan menutup cerita
Mimpi indah usai sudah
Rajut kasih tetap terbina
Walau mengubah rangkaian cerita
Kita biarkan genggaman terlepas
Berikan jemari pada yang mengikat cinta
Karena takdir dari Nya
Tak ada yang kuasa menolaknya

Kita mulai menikmati perihnya perpisahan
Tetap mengukir senyum di setiap kokok ayam yang membuka hari
Ada sapa rindu dalam doa-doa yang terlahir

Jangan mencari siapa yang mengawali
Karena rasa lahir begitu saja
Padamu
Juga
Padaku
Tersenyumlah
Berdamailah
Kita sama-sama menikmati perihnya perpisahan
Tanpa dendam yang membakar hati

Buat yang pernah mengalami, "jangan musuhan sama mantan, hehe ...." Terima kasih sudah menyimak puisi ini. Hanyalah rangkaian aksara yang disusun menjadi kalimaat sederhana. Tiada maksud merasa bisa, tapi hanya menepis resah kala hening mengetuk rasa. Wassallam.
Read More

Tuesday, August 8, 2017

Cara Menyimpan Kemiri Agar Tahan Lama atau Awet

41 comments



Cara menyimpan kemiri agar tahan lama atau awet

Hai!
Salam hangat dariku untuk kamu yang hadir di blog sederhana ini, tapi keren pastinya dong. Semoga nggk bosan ya baca postingan-postingan yang aku buat di blog ini.

Oh ya ladies, semoga harimu bahagia dan menyenangkan selalu. Masih hari Rabu nih masih butuh tiga hari lagi ya menuju ke hari Minggu, masih tetap semangatkan?
Ok hadirkan semangat dan bahagia dari dalam dirimu, bisakan?
Hari ini Maya masih ingin berbagi tips untuk semuanya, stay visit Maya blog ya hehe ....

Untuk kamu yang tercantik dan cerdas, hari ini aku akan berbagi sesuatu yang mungkin bisa berguna untukmu ladies. Mau tahu apakah itu? Disimak ya ....

Cara menyimpan kemiri agar tahan lama atau awet. Tapi sebelumnya ada yang tahu nggak, apa itu kemiri? Tahu dong, tapi okelah aku jelaskan sedikit tentang kemiri ini.

Kemiri termasuk dalam jenis bumbu masakan yang biasa digunakan. Di Indonesia dan Malaysia sudah tak asing lagi penggunaanya pada masakan untuk mendapat rasa gurih dan kental pada kuah masakan.

Minyak kemiri juga digunakan untuk campuran cat dan pernis karena minyak kemiri lebih cepat kering.

Minyak kemiri juga digunakan sebagai bahan pembuatan sabun, sampho dan kosmetik termasuk menjadi bahan bakar. Kemiri juga sudah sangat dikenal sejak lama di negara luar lainnya seperti Hawai dan juga Cina. Meskipun demikian tidak diketahui berasal dari mana tanaman kemiri ini.

Bentuk kemiri bulat agak gepeng bertempurung keras dan tebal, dalamnya berwarna putih tulang atau dob. Nah bagian isi yang berwarna putih tulang inilah yang digunakan sebagai bumbu masak. Itulah sedikit tentang kemiri yang bisa ku bagikan. Kita lanjut ke tips penyimpanan kemiri ya. Udah nggk sabar ingin tahu ya.

Penyimpanan kemiri bila tidak disimpan dengan benar agar berkutu, dan berjamur. Cara menyimpan kemiri agar tahan lama atau awet ada tiga cara, yaitu :

1. Jangan buang tempurungnya

Menyimpan kemiri beserta tempurungnya bisa membuat kemiri tahan lama. Karena tempurungnya mampu melindungi bagian isi kemiri, sehingga kemiri tidak didatangi kutu dan jamur. Akan tetapi cara ini tidak praktis, karena kita harus memecahkan dan mencungkil isinya saat akan digunakan. Aduh! Repotnya.

2. Disangrai

Kita tentu pernah membeli kemiri yang sudah tidak bertempurung lagi. Nah cara menyimpan kemiri supaya tahan lama yaitu dengan menggongseng atau menyangrainya. Menyangrai atau menggongseng kemiri didalam wajan dengan api kecil supaya tidak gosong dan sudah pasti tidak pakai minyak ya, nah ini adalah cara kedua yang bisa diterapkan.

3. Merendam dalam minyak

Cara menyimpan kemiri agar tahan lama atau awet dengan cara merendamnya di dalam minyak goreng yang belum digunakan dan ingat ya, harus benar-benar tenggelam kemirinya di dalam minyak.
Sediakan toples atau mangkuk yang bisa ditutup. Masukkan kemiri kedalam toples tersebut kemudian tuangkan minyak goreng hingga kemiri terendam. Kemiri akan awet dan tahan lama.

Ladies, ketiga cara di atas bisa kamu pilih mau menggunakan cara yang mana. Sudah itu dulu ya cara menyimpan kemiri supaya tahan lama atau awet. Baiklah selamat mencoba ya. Sampai jumpa di post Maya yang akan datang. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya.
Mohon maaf kalau ada salah tulis dalam postingan ini, ingatkan Maya ya inshaallah akan segera diperbaiki.

Salam hangat dan salam sehat dariku.


Read More

Sunday, August 6, 2017

Cara Menyimpan Tepung Terigu Agar Tidak Berbau Apek

43 comments



Halo buat kamu wanita yang tercantik dan cerdas. Apakhabar? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat selalu ya. Kali ini Maya pengurus blog jelmayatiasa.blogspot.com akan berbagi sekitar tips yang semoga bisa membantu mengatasi bau apek pada tepung terigu, yaitu cara menyimpan tepung terigu agar tidak berbau apek.

Pernahkah kamu mengalami tiba-tiba tepung terigu yang kamu simpan berbau apek? Atau tepung terigu yang kamu simpan didatangi sejenis kutu? Kalau pernah coba cara ini, cara menyimpan tepung terigu agar tidak berbau apek.

Memang sekarang tepung terigu sudah dikemas sedemikian rupa untuk menghindari bau apek. Bau apek pada tepung terigu biasanya terjadi karena cara penyimpanannya tidak benar.

Ladies, ternyata banyak juga loh yang takut menyimpan tepung terigu terlalu lama. Tapi tidak menutup kemungkinankan suatu saat kita terpaksa melakukannya, yaitu menyimpan tepung terigu karena tidak langsung habis digunakan. Misalnya sisa membuat camilan untuk keluarga atau sisa membuat kue persiapan hari raya, sedangkan kemasannya sudah dibuka. Sedangkan belum tahu kapan tepung terigu ini akan digunakan.

Tepung terigu yang tersisa apa mungkin dibuang? Nggk kan. Dari pada dibuang lebih baik diberikan pada yang membutuhkan. Bagi kamu yang ingin menyimpan tepung terigu dalam jangka waktu tertentu atau belum tahu kapan akan digunakan tidak perlu khawatir berbau apek. Pakai cara yang sudah pernah kami praktekkan dan ternyata tidak berbau apek juga tidak didatangi kutu.

Seperti yang Maya alami. Ada sisa tepung terigu yang tidak habis digunakan waktu membuat kue hari raya beberapa hari lewat. Mungkin ini sudah bukan rahasia lagi.
Tapi karena ini hal yang mungkin bisa membantu bagi yang membutuhkan maka sengaja dibagikan di blog sederhana ini. Nah! Cara menyimpan tepung terigu agar tidak berbau apek sangat mudah.

Mau tahu caranya?
Yuk kita simak di sama-sama.

Kita hanya butuh :

1. Beberapa potong arang.

2. Selembar kain bersih atau tisue (tanpa parfume)

3. Dan sudah pasti tepung terigu yang akan kita simpan.

4. Wadah yang bisa ditutup rapat atau kantong plastik juga boleh.

Kita mulai yuk cara menyimpan tepung terigu agar tidak berbau apek! Ladies! Simak step-stepnya ya. Mudah banget kok!

1. Bungkus dulu arang dengan kain bersih atau tisue yang sudah kita siapkan tadi.

2. Lalu letakkan bungkusan arang kedalam kantong atau wadah tempat kita menyimpan tepung terigu tadi.

3. Kemudian ikat atau tutup rapat wadah tepung terigu tersebut.

Kamu boleh meletakkan beberapa bungkus potongan arang dalam satu wadah ya.

Mudahkan?
Nah sekarang kita tidak perlu merasa khawatir lagi menyimpan tepung terigu kita, bila belum habis terpakai. Menurut pengalaman bisa sampai tiga sampai dengan lima bulan, tapi ingat ya! Cek tanggal kadaluarsanya saat membeli. Karena bahan makanan yang sudah kadaluarsa tidak baik untuk kesehatan. Cara menyimpan terigu agar tidak berbau apek selamat mencoba ya, semoga berhasil.

Salam hangat dan salam sehat dari Maya.


Read More

Friday, August 4, 2017

Tiba tiba Kangen Makan Mie Instan

37 comments



Tiba-tiba kangen kamu eh maksudku tiba-tiba kangen makan mie instan hehe ... Sampai salah ketik, sampai keselek mie instan. Loh kok bisa? Mbok yo pelan-pelan nek mangan, moso sampean iso keselek kie yo piye? Mangkanya kalau lagi makan jangan melamun bos! Hehe ...

Tanggal 1 Agustus 2017 lebih kurang pukul 11 pagi jelang siang. Sebenarnya secara jujurnya sudah mulai mengurangi konsumsi mie instan dan makanan instan lainnya. Sudah hampir dua bulan puasa mie instan. Tapi, hari ini sangat ingin makan mie. Efek kangen kamu kali ya ... Hehe ...
Kalau beberapa bulan lewat sehari tanpa mie duuuh! Serasa selalu ada yang kurang. Kalau tidak pagi bisa siangnya aku makan mie, kalau tidak ya malamnya aku makan mie. Yang pasti sehari itu sebungkus mie instan masuk dalam lambungku.

Kangen mie instan makan tiba-tiba keselek lagi makan mie instan. Loh kok keselek? Bukan aku bukan mau cerita kenapa bisa keselek mie instan, tapi aku mau cerita caraku memasak mie instan ya ....

Begini ceritanya, eh caranya!

Pertama kita siapkan dulu mie instannya, panci untuk merebus mie-nya, air bersih, beberapa helai daun sawi atau touge ( tergantung selera deh sayurannya, terong juga boleh kalau suka hehe ...)

Caraku memasaknya :

Pertama aku rebus dulu airnya kira-kira empat gelas atau satu liter air untuk satu bungkus mie instan. Mengapa harus satu liter? Karena aku suka merebus mie yang posisi mie-nya terendam.

Setelah mendidih aku ambil air yang sudah mendidih lebih kurang satu gelas setengah yang aku taruh ke dalam mangkuk saji dan sisihkan dahulu.

Ketiga aku masukkan sayuran, seperti sawi atau tauge bersamaan dengan sebungkus mie instan ke dalam sisa air yang masih di dalam panci atau ketel atau periuk atau mungkin belanga. Masih tetap di atas kompor yang menyala ya dear.

Biarkan mie instan dan sayuran lunak lebih kurang 3 - 4 menit.

Sementara menunggu mie instan lunak masukkan bumbu mie instan ke dalam mangkuk saji seperti biasa aku tidak memasukkan minyak yang ada dalam bungkus mie instan. Kalau my dear suka silahkan masukkan minyak yang disediakan di dalam kemasan mie instan.

Nah my dear, sekarang matikan kompor lalu tiriskan mie dan sayuran sebentar agar airnya tidak ikut ke dalam mangkuk saji.

Setelah air ditiriskan, masukkan kedalam mangkuk saji yang sudah diisi air mendidih serta bumbu mie instan tadi.
Tara .... Dan mie instanku siap santap selagi hangat, karena kalau sudah dingin sudah tak sedap lagi.

Bila aku ingin menambahkan telur, maka aku merebus telur sendiri atau terpisah berikut kulitnya, setelah matang baru dikupas kulitnya kemudian letakkan di atas mie yg sudah matang tadi. Hem! Yummiii ....
Tapi sungguh sekarang aku sudah sangat jarang makan mie instan. Apalagi kamu sudah tidak mau menemaniku makan mie. Duh jadi baper nih!

Ini tiba-tiba kangen makan mie instan apa kangen yang lain ya? Apa hubungannya? Kamu pasti tahu, ya iyalah. Kan, kamu yang biasa menemaniku makan mie instan beberapa bulan lewat. Belum lama sih, Tapi kok udah kangen lagi ya? Tuh kan kamu senyam-senyum baca postinganku tentang tiba-tiba kangen mie instan.

Ok! Menurutku sih!

Ya sebaiknya kita harus bisa mengurangi makanan-makanan instan. Sekarang mungkin tidak begitu berpengaruh untuk kesehatan kita, tapi untuk jangka waktu panjangnya makanan instan bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh kita.

Sekali-kali bolehlah memanjakan lambung dengan makanan instan, misalnya saat sedang kangen dengan moment-moment tertentu yah seperti yang aku alami beberapa hari lewat hehe ....

Buat kamu baca pelan-pelan ya! Sepertinya ini bukan tentang tiba-tiba kangen makan mie instan, tapi ini tentang kangen kamu deh! Hehe ....

Read More