Tuesday, December 5, 2017

Launching Kebun Raya Liwa

33 comments



Alhamdulillah pada tanggal 5 Desember 2017 tepatnya pada hari Selasa pagi pukul 08 : 30 WIB launching Kebun Raya Liwa berjalan sukses dan lancar, lokasi acara Welcome Area Kebun Raya Liwa Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Liwa Lampung Barat.

Pencetus awal almarhum Erwin Nizar MSi, selaku bupati Lampung Barat periode 2002-2007 muncul gagasan setelah Lampung Barat membentuk Kabupaten Konservasi pada tahun 2006 disepakatilah dan juga mendapat dukungan dari seluruh bupati dan walikota sepropinsi Lampung di Kabupaten Lampung Tengah. Dengan harapan di masa itu dengan adanya Kebun Raya Liwa akan memberikan nilai tambah ekonomi disamping tanggung jawab Lampung Barat untuk menjaga dan mempertahankan fungsi hutan lindung dan konservasi dari kawasan hutan yang luasnya mencapai 61,7% dari wilayah administratif Lampung Barat.

Perintis awal pendirian Kebun Raya Liwa yaitu Kadis Kehutan dan SDA 2000-2010, Ir. Warsito melalui ikatan perjanjian kerjasama antar Dinas Kehutanan Lampung Barat dengan Pusat Konservasi Tumbuhan-Kebun Raya LIPI nomor : A23 A/IPH.3/KS/2007 dan Nomor : 522/284/IV.05.1/2007 tgl 8 Maret 2007.

Kebun Raya Liwa berlokasi di Pekon Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat. Letak yang sangat strategis di punggung pegunungan Bukit Barisan dan berbatasan langsung dengan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).
Untuk sampai di Kebun Raya Liwa dari Bandara Raden Inten II propinsi Lampung jalur darat lebih kurang enam sampai dengan tujuh jam.



Saat ini Kebun Raya Liwa memiliki koleksi tumbuhan 44 suku, 158 jenis, 121 marga, 712 spesimen koleksi anggrek dengan 69 marga, 207 jenis dengan 712 spesimen. Koleksi diperoleh dari sumbangan beberapa pihak dan hasil ekplorasi. Juga telah dibangun lima fungsi kebun raya yaitu :

1. konservasi hayati

Konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, yang bertujuan mengupayakan terwujudnya kelestarian sumber daya alam hayati serta keseimbangan ekosistemnya. Hingga bisa mendukung usaha peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mutu kehidupan manusia.

2. penelitian

Salah satu fungsi dari kebun raya sebagai pusat penelitian bagi perguruan tinggi atau universitas, yaitu melaksanakan penelitian terhadap jenis-jenis tumbuhan yang berada di kawasan dataran rendah kering Indonesia. Peneliti tidak hanya dari dalam negeri tapi bisa juga dari peneliti asing yang diatur dengan perjanjian dan tata cara penelitian dari awal.

3. pendidikan

Kebun raya juga bisa berpungsi sebagai instrumen pendidikan baik pendidikan dimulai dari tingkat paud untuk mempelajari lingkungan, pengenalan lingkungan agar lebih peduli pada lingkungan.

4. Wisata alam

Kebun raya bisa dijadikan tempat rekreasi yang bisa memberikan pemasukan atau sumberdaya pemasukan daerah dengan tetap memperhatikan kelestarian dan perlindungan bagi tumbuhan dan hayati yang ada di dalam kebun raya liwa.

5. penyelamatan

Kebun raya, taman nasional dan hutan lindung adalah salah satu cara untuk meninggalkan warisan pada generasi mendatang. Kebun raya liwa juga bisa diupayakan untuk pembibitan tumbuhan langka. Allah ciptakan tumbuhan di bumi ini pasti ada manfaatnya. Ini menjadi tantangan generasi untuk menemukan manfaat dari tumbuhan tertentu, kesempatan ini juga bisa dikembangkan oleh pengunjung yang memungkinkan menemukan tumbuhan tertentu yang ada manfaatnya.

Dukungan dari pemerintah daerah dan universitas serta masyarakat untuk lebih mengembangkan kondisi kebun raya yang ada di Indonesia umumnya dan didaerah-daerah khususnya khususnya.

Kebun raya yang sudah di launching 21, sedangkan launching kebun raya liwa adalah yang ke 9. Setelah launchingnya kebun raya liwa untuk pengembangan mempercantik merawat tergantung dari pemerintah daerah dan masyarakat daerah Lampung Barat. Semoga kebun raya liwa kian berkembang di masa mendatang dan lebih di kenal oleh masyarakat luas.

Selamat atas launching Kebun Raya Liwa ditandai dengan penanda tanganan prasasti oleh Bupati Lampung Barat Drs. H. Mukhlis Basri, MM.



Keceriaan dan rasa syukur kepada Allah atas anugerah yang tak terhingga. Sebelum acara dimulai sangat sayang rasanya bila melewatkan moment bahagia dan indah ini tanpa berfoto selfie ria, cekrek! Jadi deh....

artikel : Launching Kebun Raya Liwa

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

33 comments:

  1. mudah-mudahan ramai sis seperti kebun raya bogor selamat ya sudah ada kebun raya di Lampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah
      dengan launching kebun raya liwa ini bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat semoga saja

      Delete
  2. wih keren, koleksi anggreknya banyak banget ya, memang harus dilestarikan, karena anggrek juga termasuk bunga khas Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebun raya liwa ya punya banyak koleksi anggrek semoga anggrek Indonesia tetap lestari

      Delete
  3. Selamat ya mba, lampung punya konservasi baru plus obyek wisata alam baru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih
      semoga perlindungan atau pelestarian (konservasi) yang diupayakan oleh kebun raya liwa bisa berjalan sesuai harapan

      Delete
  4. Akhirnya lampung punya destinasi baru lg, semoga ramai sperti bogor

    ReplyDelete
  5. Mantap mbaa... semoga semakin hari semakin ramai seperti kebun raya bogor yaaa mba dan semakin banyak lagi pengunjungnya hehe aminn

    ReplyDelete
  6. Asyik lampung sekarang punya kebun raya liwa....semoga lestari

    ReplyDelete
  7. Waahh!! Keren mbak May.. Selain untuk berwisata dan ajank penelitian tentang tanaman..Sepertinya kebun Raya Liwa pas untuk merenung, atau mencari inspirasi...

    Contohnya Inspirasi pengen punya istri 5 orang...?? :p :p :p

    ReplyDelete
  8. wah selamat kebun raya liwa resmi dilouncing. kayaknya akan ada banya manfaat setelah kebun ini diresmikan. tap mungkin akan lebih banyak fungsinya buat wisata deh.ac

    ReplyDelete
  9. Kemajuan Lampung makin pesat ya mbak. Tambah lagi Kebun Raya Liwa.

    Saya udah nikmatin Bandara Raden Inten - Lampung,
    waktu itu penerbangan dari Soekarno Hatta Jakarta.

    Sempat wisata Gajah ke Way Kambas .. alhamdulillah.

    Semoga ada kesempatan menikmati Kebun Raya Liwa. Insyaallah.

    Kan asyeeekk bisa kopdar-an dengan blogger top .. mbak Maya :)

    ReplyDelete
  10. Aih, koleksi anggreknya banyak sekali. Belum pernah ke Lampung Barat. Beberapa kali ke Lampung cuma mentok sampai Bandar lampung saja. Salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
  11. Wah ada destinasi wisata baru di Lampung.Semoga memberi banyak manfaat buat masyarakat.

    ReplyDelete
  12. Semoga ke-5 fungsi tersebut bisa terus dijaga dan diupayakan dengan baik. Dan selamat atas diperkenalkannya kebun raya baru ini. :)

    ReplyDelete
  13. wah..keren nih....

    selain konservasi, bisa menjadi wahana edukasi dan wisata...

    ReplyDelete
  14. wah selamat atas launching kebun raya jiwa:)

    ReplyDelete
  15. Selamat ya atas peresmian kebun raya liwa, bangga dong punya kebun raya liwa, sebagaimana saya juga bangga sebagai seorangwarga kelahiran bogor yang memiliki kebun raya bigor.

    ReplyDelete
  16. Kebun raya bogor maksudnya, maaf typo, kalau pake disqus mah bisa di edit, hehe…

    ReplyDelete
  17. Kebun raya bogor maksudnya, maaf typo, kalau pake disqus mah bisa di edit, hehe…

    ReplyDelete
  18. Bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Lampung ya Mba, khususnya di Kabupaten Lampung Barat dan juga menjadi sumber pendapatan asli daerah...

    ReplyDelete
  19. Wah, tempatnya bagus banget... Sejuk dan asri, Mbak

    ReplyDelete
  20. bertambah lagi tarikan ramai... pencinta alam pasti tidak melepaskan peluang untuk ke sini nanti

    ReplyDelete
  21. Neng Maya cuti ngeblog yaa, hehee...

    ReplyDelete
  22. pengen deh suatu saat ke Lampung

    ReplyDelete
  23. Destinasi yang luar biasa, semoga bisa kesana amin...

    ReplyDelete
  24. Kapan bisa kesana ya. Belum kesampaian ke lampung barat. Semoga segera :)

    ReplyDelete
  25. lampung semakin kesini semakij berbenah menjadi kota yang indah dengan kebun rayanya

    ReplyDelete
  26. oke ni, ditempat saya belum ada, yg terdekat tapi waktu tempuh 4 jaman, dan lebih bagus yang ini kayanya

    ReplyDelete
  27. Semoga dengan adanya kebun raya lampung menjadi salah satu wisata dan edukasi untuk kita dan generasi ke depan
    mungkin nanti kalo pulang k palembang bisa mampir dulu kesini

    ReplyDelete
  28. Wah mantep kalau ada kebun raya gitu, semakin ijo semakin adem dan semakin enak dipandang, Masya Allah :)

    ReplyDelete
  29. Saya pernah ke Lampung. Waktu itu saya hanya sempat berkunjung ke KRUI dan Pulau Pisang. Adapun Liwa saya belum sempat untuk berjalan-jalan dan menikmati tempat-tempat menariik di sana.

    mudah-mudahan suatu saat ada kesempatan lagi untuk keliling Indonesia. :D

    ReplyDelete
  30. wah udah ada di Liwa aja Mbanya. sering masuk instagram nih kebun raya liwa, tp aku blm sampe sini. cukup jauh juga soalnya dari Bandarlampung

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu