Friday, November 24, 2017

Resep Kue Misro Praktis Amis di Jero

25 comments

Resep Kue Misro Praktis Amis di Jero. Kue misro adalah kue khas Jawa Barat yang cukup di kenal tidak hanya di daerah Jawa Barat sendiri, tapi juga sudah di kenal sampai keluar Jawa Barat salah satunya Lampung Barat.

Misro sendiri adalah kepanjangan kata dari kata amis di jero. Penasarankan kue kok namanya amis di jero. Amis di jero artinya manis di jero, kue misro ini salah satu kue khas Sunda nama misro itu di ambil dari bahasa Sunda.

Ada juga kue combro yang berasal dari Sunda. Kata combro kepanjangan dari kata oncom di jero.

Misro dan combro adalah kue yang berbahan singkong yang di parut kemudian di goreng. Sedangkan yang membedakannya adalah isi dari kedua kue ini, kalau misro diisi dengan gula merah kemudian dibulatkan dan di goreng. Combro diisi dengan sambal oncom yang di tumis dulu dibentuk lonjong bulat baru di goreng. Oncom biasanya dinikmati sambil menggigit cabe rawit bagi yang punya selera rasa pedas.

Secara rasa dari kedua kue ini sama enaknya untuk teman minum teh dalam setiap kesempatan moment kebersamaan. Tinggal pilih mana yang disukai suka yang amis atau manis silahkan pilih misro, mau yang gurih pilih combro.

Dalam kesempatan ini jejak maya ingin share kue misro amis di jero. Sangat mudah sekali dalam pembuatannya. Lihat tampilannya dulu ya, nah ini dia kue misro amis di jero yang sudah jejak maya siapkan.



Ingin ikut membuatnya?
Lihat resepnya ya ....


Resep Kue Misro Praktis Amis di Jero

Bahan utama :

Singkong, pilihlah singkong yang berkwalitas baik guna menghasilkan kue yang lezat dan sehat.

Gula semut aren, boleh juga menggunakan gula merah biasa silahkan

Garam halus

Minyak goreng untuk menggoreng

Caranya sangat mudah dan praktis pake banget :

- [ ] Kupas dan cuci hingga bersih singkong yang akan digunakan

- [ ] Parut singkong yang sudah di cuci bersih lakukan pada semua singkong yang akan digunakan

- [ ] Setelah singkong di parut semua beri garam halus lalu ratakan agar rasa asin pada garam tidak menumpuk pada satu tempat saja

- [ ] Ambil lebih kurang sebesar bola pimpong parutan singkong pipihkan agak membentuk cekungan kemudian isi gula semut atau gula merah bulatkan hingga gula tertutup sempurna, lakukan hingga adonan parutan singkong habis

- [ ] Saatnya menggoreng bulatan singkong, panaskan minyak gorenglah bulatan-bulatan singkong tadi dengan api sedang hingga berwarna kuning keemasan

- [ ] Angkat dan tiriskan dulu minyak gorengnya

- [ ] Tata pada piring saji, kue misro siap dihidangkan untuk teman minum teh bersama orang-orang tersayang. Rasakan amisnya saat menggigit bagian tengah kue misro buatan tangan sendiri

Sangat simpel dan praktis sekali, nikmati kue misro ini selagi hangat akan terasa lebih nikmat sehangat kebersamaan bercengkrama bersama keluarga. Nah buat yang kangen dengan rasa kue ini, silahkan di coba resepnya mudah nggak ribet dan nikmatilah.

Cukup ini dulu yang bisa aku bagikan hari ini semoga ada manfaatnya salam hangat buat sahabat yang berada di Bandung kangen banget loh, juga salam hangat buat sahabat jejak maya yang berada di mana saja salam "Orang Indonesia" (OI)

dapur maya : Resep Kue Misro Praktis Amis di Jero

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

25 comments:

  1. pernah tinggal dicikampek beberapa bulan, pernah juga makan kue ini sista... rasanya kayak kelepon goreng di tempat saya. manis didalam dan kalau di gigit rasa kental legit manis... kue sederhana tapi enak rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. horreee pertamax... aman damai

      Delete
    2. Mungkin nama lainnya kelepon brother, tp kalau di daerah kami kelepon nggak di goreng di kukus bahannya bisa dr ubi jalar cara penyajiannya ditaburi kelapa parut iya enak legit

      Delete
  2. Klo di jogja ini namanya cemplon mba... Enak di makan anget2..sambil ngeteh😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. yey dapat nama baru lagi nih aku dari daerah Jogja misro dengan nama cemplon
      terima kasih

      Delete
  3. Kelihatanya,,enak nih mba" may,.
    Mau bikin ah buat oleh oleh pulang kampung besok..! Makasih resepnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak mas Dwi, silahkan dicoba semoga suka

      Delete
  4. Buat cemilah di kostan pas banget nih
    mau coba la, rayu ibu kost buatin ini haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ibu kost kena rayuannya ya, hujan-hujan gini cocok banget ngemil misro

      Delete
  5. Udah jadi belum mbak??
    ane mau nyobain dong. Wkkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah habis, buat sendiri aja hehe

      Delete
  6. Misro amis di jero, ada satu lagi neng combro, oncom di jero, saya banget ini mah... dulu waktu masih punya kebun singkong sering bikin, sekarang semua tinggal kenangan... hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kebun singkong bisa saja tinggal kenangan, buat misro tetap masih bisa mang maman beli singkongnya aku juga singkongnya beli

      Delete
  7. Replies
    1. boleh di kasih vanili misro jadi wangi, tapi untuk combro nggak nyambung kalau di kasih vanili

      Delete
  8. kemaren sha abis bikin combro, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gitu beda hari aja ya Sha, aku lebih dulu buat misro hehe

      Delete
  9. Nha..nah, sudah lama saya nggak maem kue Misro ini mba... paling cuma bisa beli kalau ada yg berjualan keliling, tpi skrg jarang nemu kue Misro... Catet dulu ah... siapa tau yg di rumah mau buatin hehe

    ReplyDelete
  10. tadi aku kiraroti goreng sis ternyata beda di buat dari ubi , ini mantap nanti aku coba bikin sendiri

    ReplyDelete
  11. Tetangga saya namanya Pak Tatang, pernah cerita soal misro ini, ternyata amis itu manis ya, siippp... aku suka... kalo di Jombang, ini namanya jemblem.

    ReplyDelete
  12. kuih ini boleh di 'frozen' kan tak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, tapi tidak menjamin rasanya masih enak atau tidak, kue ini enaknya dimakan langsung sesaat setelah matang kalau dihangatkan rasa tak enak dan nutrisi pd singkong kemungkinan rusak atau hilang

      Delete
  13. Saya belum pernah bikin misro, padahal ini enak banget, apalagi pas hangat2. Biasanya masih beli di ibu keliling aja sih :D

    ReplyDelete
  14. Rasanya kayak apa ni ya Mbak, aku nggak bisa ngebayanginnya loh hehehe

    ReplyDelete
  15. mantap misronya, aku belum pernah coba bikin kue seperti ini sis aku simpan dulu resepnya mudah-mudahan bisa di praktekkan

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu