Tuesday, November 14, 2017

Pentingkah Panitia Pengantar Tamu?

26 comments

Alhamdulillah, pada tanggal 5 November 2017 tepatnya pada hari Minggu yang lalu aku berkesempatan hadir dalam acara resepsi pernikahan putra dari bapak Makmur Azhari beliau ini adalah wakil bupati Lampung Barat yang masa jabatannya atau masa baktinya akan berakhir di bulan Desember 2017 nanti demikian juga halnya dengan bupati Lampung Barat Mukhlis Basri. Tentunya tugas selanjutnya akan di lanjutkan oleh bupati dan wakil bupati terpilih.

Sebenarnya aku hadir di acara resepsi ini bukan sekedar hadir sebagai undangan melainkan juga karena mendapat amanah untuk menjadi panitia pengantar tamu dan tentu saja ini adalah suatu kehormatan bagi aku pribadi dengan adanya kepercayaan ini. Mungkin timbul pertanyaan dari pembaca, panitia pengantar tamu itu apa sih, emang penting tah? Biasanya ada panitia penerima tamu dan pengantar tamu dalam suatu resepsi atau pesta. Untuk penerima tamu tentu tugasnya menyambut dan menerima tamu-tamu yang baru datang, setelah disambut oleh panitia penerima tamu maka tugas selanjutnya adalah tugas dari pengantar tamu.

Pentingkah panitia pengantar tamu?

Panitia pengantar tamu ini, kalau aku merasakannya bukan tugas yang mudah. Mengapa tidak mudah? Karena panitia pengantar tamu harus tahu betul siapa tamu yang akan dia tempatkan untuk menghindari kesalahan penempatan atau tempat duduk. Karena itulah panitia pengantar tamu harus bisa tetap berkoordinasi dengan panitia penerima tamu, misalnya saat tamu menuliskan namanya di buku tamu lewat nama kira-kira bisa dikenali siapa tamu tersebut lalu memberikan informasi kepada pengantar tamu agar tahu dimana letak atau posisi duduk yang sesuai untuk tamu tersebut, terutama tamu-tamu kehormatan.

Kalau sampai salah menempatkan berarti ini adalah kesalahan dan pastinya akan membuat sipemilik pesta akan kecewa. Intinya tugas panitia penerima tamu dan pengantar tamu adalah satu paket yang tak terpisahkan.

Aku sangat bersyukur karena tim panitia penerima tamu dan panitia pengantar tamu berhasil dengan sukses. Kesuksesan kedua tim ini tak lepas dari kekompakan dan kerja sama yang baik antar tim, dari tim Wedding Organizer (WO) juga bekerja sangat profesional sehingga acara berlangsung tertib hingga acara berakhir.

Video yang sempat aku rekam ini adalah saat pengantin memasuki Gedung Graha Mandala Alam, Bandar Lampung tempat diselenggarakannya Momen Istimewa ini. Barisan depan adalah penari yang akan mempersembahkan tariannya di awal acara kemudian diikuti oleh pasangan yang sedang berbahagia yaitu kedua mempelai diiringi oleh orang tua dari pasangan pengantin dan di belakang orang tua pengantin adalah barisan dari keluarga inti kedua mempelai.



Memang tasyakuran dalam bentuk pesta bukan hal yang diwajibkan akan tetapi bagi yang mempunyai kemampuan selama tidak memberatkan dan tidak melanggar syariat agama yang kita anut yaitu agama Islam berbagi kebahagiaan boleh-boleh saja. Dengan adanya acara ini bisa dimanfaatkan untuk ajang silaturahmi, berbagi kasih sekaligus mengenalkan atau mengumumkan bahwa pasangan pemuda pemudi ini sudah sah sebagai pasangan suami isteri kepada kaum kerabat dan handai tolan secara publik.

Dengan adanya tim panitia penerima tamu, panitia pengantar tamu, panitia konsumsi, tentu akan sangat membantu kelancararan acara. Jadi jelaslah tim panitia adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Kembali pada pertanyaan, pentingkah panitia pengantar tamu?

Panitia pengantar tamu termasuk tim panitia yang juga penting dalam suatu acara pesta. Mungkin kita pernah mengalami saat sampai di lokasi acara atau suatu pesta kesulitan mendapatkan tempat atau bingung mau duduk dimana, nah inilah salah satu tugas dari panitia pengantar tamu sehingga tamu tidak perlu berlama-lama dalam kebingungan untuk duduk dimana. Pantia penerima tamu juga harus jeli dan sigap untuk mengatasi situasi yang demikian.

Sekedar berbagi pengalaman saja dengan harapan postingan ini ada manfaatnya. Kalau saja pembaca blog jelmayatiasa punya rencana membuat suatu pesta yang serupa dengan skup undangan yang lumayan banyak sangat direkomendasikan untuk juga mempunyai panitian pengantar tamu juga sekedar saran pilihlah orang-orang yang kira-kira banyak mengenali tamu-tamu yang diundang termasuk bila penyelenggara pesta mengundang tamu-tamu atau orang yang mungkin dituakan.

Panitia pengantar tamu dan penerima tamu juga sebaiknya penggabungan dari pihak keluarga, rekan kerja, tetangga, teman dalam pergaulan tujuan dari penggabungan ini tak lain dan tak bukan agar saat tamu hadir di lokasi bisa dikenali langsung oleh panitia pengantar tamu dan penerima tamu.

Jadi terjawab ya, pertanyaan "pentingkah panitia pengantar tamu? Sekedar tambahan juga ya, panitia pengantar tamu ini tidak terbatas pada wedding party aja ya.

Demikianlah postingan aku untuk hari ini, semoga ada manfaatnya dan selamat berpesta bagi yang akan menyelenggarakannya, sukses pestanya, sukses acaranya salam bahagia selalu dan salam hangat dari admin blog jelmayatiasa.blogspot.com. Wassallam.

"Menikahlah karena Allah,
maka Allah akan mencukupi yang kekurangan
dan menyempurnakan yang belum sempurna."


artikel : Pentingkah Panitia Pengantar Tamu

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

26 comments:

  1. Semuanya sangat tergantung situasi dan kondisi, tempat dan budaya... :D
    Pada event atau acara lainnya pengantar tamu memang benar-benar ada dan berfungsi dengan baik... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sebisa mungkin tidak asal pilih orang untuk dijadikan panitia agar bisa sesuai dengan harapan

      Delete
    2. kesesuaian pada ahlinya menjadi sangat penting ya kak untuk menentukan panitia penerima tamu teh

      Delete
  2. Penting menurutku, klo ada tamu yang bingung dan nyasar kan, bisa komunikasi dengan pengantar tamu

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan aja nyasar ke dapur aja mas idris :D

      Delete
  3. Untuk event yang melibatkan banyak orang, ratusan atau ribuan...posisi pengantar tamu mmng diperlukan mba

    ReplyDelete
  4. kadang panitia pengantar tamu kerap disepelekan dan tidak dianggap penting, tetapi jika acaranya sangat mewah dan yang diundang adalah para tokoh yahud, keberadaan panitia tamu menjadi tidak kalah pentingnya dengan panitia masakan...#ehh

    ReplyDelete
  5. Menurutku ini sangat penting. Tak semua tamu paham budaya ajang pernikahan Mbak. Kalau ada pengantar tamu kan tamu yang kurang paham nggak bingung.

    ReplyDelete
  6. Hooooo tentu penting, mbak... sebagai pengantar tamu yang baik, tentunya bisa mengarahkan para tamu untuk tidak tergoda oleh makanan-makanan yang telah tersaji.... aku ini lho kalo dateng ke acara pernikahan... kondangan apa lah gitu, makan dulu, salamannya nanti kalo dah puas makan dan mau pulang... ahahahahkkk...

    ReplyDelete
  7. aku pernah jadi pengantar tamu pas sekolahku ada olimpiade hehe
    klo pestanya di gedung besar sih menurtku penting mbak soalnya kan ada ruangan khusus buat tamu penting
    tapi kli di rumah aja menurutku sih gak usah cuma ada yang mengarahkan buat makan aja

    ReplyDelete
  8. jawabnya: penting dan banget
    terkadang tamu yang jauh kurang begitu mengenal lokasi dengan baik, terutama kemana menuju kemana

    ReplyDelete
  9. kalo mau jadi pengantar tamu harus percaya diri sama berwibawa ya kan? kalo ada rasa grogi nanti malah bakal dipandang setengah2 sama tamunya, waduh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake kaca mata hitam, jas keren udah kayak bosyguard mas beny haha

      Delete
  10. Bagiku siih penting, Teh, malah bisa jadi lebih terlihat bagus dimata orang yang datang.. Tapi ya, itu perlu adanya pilihan tersendiri, intinya jangan asal pilih siapa yang mau..he

    ReplyDelete
  11. Penting si, untuk mengarahkan tamu2 dimana harus duduk

    ReplyDelete
  12. Menurut saya sih penting mba.

    ReplyDelete
  13. jangankan pesta yang besar, yang kecil saja harus ada penerima dan pengantar tamu kok....

    kalau g ada nanti tamunya bingung deh

    ReplyDelete
  14. Tugas ini tentunya juga sebagai bentuk penghormatan kepada para tamu yang datang ya, Mbak.

    ReplyDelete
  15. Kalau menurut saya penting, karena apabila datang tamu2 spesial maka harus mengantarkan sampai kursi spesial pula.

    ReplyDelete
  16. penting sih, biar tamu yg dtg juga gak bingung.
    apalagi kalo ada tamu kehormatan, penting banget panitia pengantar tamu.

    ReplyDelete
  17. Penting kalau undangannya banyak. Jadi ada yang mengarahkan para tamu. Tapi kalau di rumah dan sederhana, kayaknya nggak ya.

    ReplyDelete
  18. Kalau ditempat saya sepertinya tidak perlu sih mbak. Asal jalan aja gitu sih keknya..hehehe

    ReplyDelete
  19. Walaikum salam. Semoga sukses ya acaranya

    ReplyDelete
  20. Kurasa penting dan perlu
    Untuk menghormati tamu
    Karena yang hadir telah memberi waktu
    Datang sebelum acara berlalu..

    ReplyDelete
  21. iseng iseng aja, penting lahh

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu