Tuesday, November 28, 2017

Oleh oleh Makanan yang Khas dari Daerah Bengkulu

41 comments

Oleh-oleh makanan yang khas dari daerah Bengkulu adalah Lempuk durian, Snack kupis, Kue Siput Putri, Keripik kulit Tenggiri. Dalam rangka ulang tahun propinsi Bengkulu yang ke 49, propinsi ini menggelar Bengkulu Expo 2017 dari tanggal 16 sampai dengan 20 November 2017 di Sport Center, Pantai Panjang kota Bengkulu. Selain sebagai agenda tahunan Bengkulu Expo 2017 juga menjadi ajang mempromosikan potensi daerah serta menjadi salah satu wadah pertukaran informasi dengan daerah lain. Khususnya cara-cara dan informasi sistem pengemasan yang berhubungan dengan produk-produk khas unggulan daerah masing masing.



Lampung Barat ikut serta dalam ajang bergengsi ini loh, Lampung Barat juga punya produk-produk unggulan yang khas baik kuliner maupun etniknya. Tapi kali ini aku ingin berbagi produk yang khas makanan dari propinsi Bengkulu ini. Mungkin saja pembaca blog jejak maya sedang mencari-cari oleh-oleh apa yang akan di bawa nantinya kalau berkunjung ke propinsi Bengkulu nanti. Saat liburan akhir tahun mungkin? Aku punya sedikit referensi makanan yang khas dari propinsi Bengkulu mungkin bisa menjadi pilihan oleh-oleh.

Mau tahu oleh-oleh makanan yang khas dari daerah Bengkulu? Ini dia cek dulu ya ....

1. Lempuk Durian



Lempuk durian ini terbuat dari durian dan gula. Rasanya manis banget, tapi tidak membuat bosan karena paduan rasa dan aroma duriannya sangat khas. Bagi yang suka dengan rasa manis dan rasa durian yang sangat terasa lempuk durian bisa jadi pilihan oleh-oleh yang istimewa. Lempuk durian di kemas dalam ukuran yang bervariasi dari 250 gram, 500 gram sampai ukuran 1000 gram. Silahkan mau pilih yang berapa gram.

2. Snack Kupis



Snack kupis ini cukup unik dan sangat kreatif menurut aku sih! Kenapa? Karena snak kupis ini dibuat dengan bahan yang tidak biasa. Snack kupis memang snack unik karena dibuat dari kulit pisang. Nah, kreatifkan. Biasanya kulit pisang kita buang begitu saja eh ternyata bisa dibuat snack. Rasanya gurih, sedikit pedas dan ada tambahan rasa rempah-rempah. Sangat renyah kalau sekali merasakannya aku yakin akan ketagihan, cos rasanya enak banget. Nah kupis ini cocok untuk oleh-oleh kalau kamu nanti berkunjung ke propinsi Bemgkulu.

3. Kue siput putri





Namanya cantik secantik rasanya yang manis. Ya kue siput putri ini rasanya manis bentuknya mirip siput kalau digigit renyah dan di dalamnya ada kacang tanah yang di tumbuk kasar, saat di lumat paduan rasa kacang yang gurih dan manis gula siap melumer di mulut mu. Buat yang tidak suka dengan rasa pedas makanan khas daerah Bengkulu yang satu ini menurutku sangat cocok jadi pilihan. Boleh deh aku dibawain oleh-oleh yang ini aku sudah cobain emang enak manisnya sedang tidak terlalu manis jadi tidak bosan untuk terus memakannya.

4. Keripik kulit tenggiri

Kalau ini juara deh buat yang suka dengan rasa pedas, rasa pedasnya nendang banget aku nggak kuat saat merasakan keripik kulit tenggiri yang pedas ini. Selain ada tingkatan rasa pedas yang bisa disesuaikan dengan selera pedas ada juga yang original. Jadi buat yang tidak suka pedas bisa pilih yang original aja deh. Ada yang membuat aku suka juga sih dari makanan ini, yaitu rasa ikannya kerasa banget. Kalau dijadikan teman makan nasi yang hangat, hem aku rasa sangat cocok. Aku baca dikemasannya makanan ini terbuat dari kulit ikan tenggiri, sagu, telur, dengan tambahan bumbu (bawang) juga cabe, karena itulah menurutku cocok dimakan sebagai teman makan nasi. Teksturnya sangat kranji alias renyah banget pokoknya muantap deh!
Ini diterakan pada kemasannya ;
Gurih, Renyah, Enak dan tanpa bahan pengawet. Alamat : Jln HM Zahab No. 65 Rt 3. RW 1. Kel. Bajak Bengkulu WA 082378762327

Keempat yang khas dari propinsi Bengkulu ini bisa jadi pilihan kalau ingin membawa oleh-oleh, tidak menutup kemungkinan akan lebih banyak lagi pilihan bila sudah sampai di Bengkulu. Yang aku share ini hanyalah sedikit mewakili saja dan yang pernah dirasakan oleh indera perasaku. Menurutku enak dan cocok untuk oleh-oleh. Mau yang lunak pilih lempuk durian atau mungkin ingin yang pedas renyah silahkan pilih yang disukai. Satu lagi jangan lupa cek juga tanggal kadaluarsanya ya.

Ok, sekian dulu share dari aku hari ini semoga ada manfaatnya, inshaallah kita jumpa lagi dipostingan yang akan datang, wassallam.

Oleh oleh : Oleh-oleh makanan yang khas dari daerah Bengkulu

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

41 comments:

  1. Dari ke empat oleh-oleh khas bengkulu ini, satupun belum ada yang saya coba neng, belum pernah maen ke sana sih, kalau oleh-oleh khas Palembang atau riau udah pernah, kebetulan ada kerabat yang tinggal disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya semoga ada yang bawain oleh-oleh khusus buat mang Maman dari daerah Bengkulu dalam waktu dekat

      Delete
    2. Saya inginnya neng maya yang bawain.. #ehh

      Delete
  2. Keripik kulit tengiri pasti enak seperti Peyeknya orang jawa ebak buat ngemil dan makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lihat tampilan dari keripik kulit tenggiri mirip banget dengan kerupuk ikan mas Dwi

      Delete
  3. lempuk durian ini kayaknya sama seperti sejenis gethuk ya
    pasti enak rasanya, sangat suka akan macam-macam gethuk terutama gethuk pisang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lempuk durian ini sama dengan dodol atau jenang, tapi lempuk ini dibuat dari buah durian

      Delete
  4. paling penasaran pengen cobain lembuk durian, legit kayaknya ya mb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya legit dan rasa duriannya langsung kerasa

      Delete
  5. Jadi tahu oleh-oleh dari Bengkulu. Semuanya belum pernah nyoba. Eh itu snack kupis kreatif banget ya. Kulit pisang biasanya langsung dibuang. Tapi ini diolah jadi makanan. Salut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini kreatif kulit pisang ternyata bisa jadi snack, akhirnya buah pisang bisa dimanfaatkan semua

      Delete
  6. Dari semua makanan diatas aku cuma pernah coba kue siput puteri mba hihihi, tapi saya penasaran sama snack yang dari bahan kulit pisang itu, kaya nya enak yaa ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak ya Kue siput putri renyah manis pas buat cemal cemil

      Delete
  7. Hai mbaa.. aku paling seneng banget sama dodol duren itu.. tp emang agak mahal cm sesuai dengan kualitas... makasi ya mba sharenya.. pengen nyoba yang lain hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga sist, dodol durian bisa jadi alternatif untuk mengawetkan durian
      betul hanya yang berkwalitas baiklah yang menjadi pilihan harga mahal itu yah ada rupa ada harga ok sama-sama

      Delete
  8. lempuk durian ini modelnya seperti lemper ya mbak

    tp pasti lebih enak karena bahan dasarnya durian

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, ya jelas beda sangat dengan lemper, mang Cungkup nih ada-ada aja

      Delete
  9. oleh2 itu enak semua apalagi dikasih dgn sukarela, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, tampung aja ya
      oleh-oleh sudah pasti gratis kalau pake bayar dulu itu namanya pesen

      Delete
  10. Aku penasaran sama kupis nya mba..kreatif banget, kulit pisang yang biasanya cuma jadi sampah, bisa dimanfaatkan jadi makanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong kalau gitu
      aku juga penasaran

      Delete
  11. oleh-oleh khas seperti diatas sudahkah bisa menembus pasar super market?
    soalnya ada program untuk para pengusaha super market untuk memberi kemudahan produk lokal yang bersiri khas untuk bisa memasarkan juga di supermarket

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diharapkan demikian, karena Bengkulu Expo 2017 punya misi agar produk daerah bisa masuk pasar global, terutama produk-produk unggulan daerah
      semoga saja

      Delete
  12. KAYAKNYA KERIPIK KULIT TENGGIRI ITU MEMBUAT SAYA SELERA MBAK, BISA DI TRANSFER HEEHEE

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keripik kulit tenggiri emang enak pak, bisa pilih tingkat rasa pedasnya
      transfer lewat email nggak bisa pak hehe

      Delete
  13. Adik saya insyaallah berjodoh dgn orng Bengkulu dan kita bakal ke sana awal tahun mbak. Tfs jd bisa jd acuan beli oleh2 nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ikut mendoakan semoga terwujud apa yang diinginkan, berjodoh dg org Bengkulu
      Sip, semoga bermanfaat

      Delete
  14. Jadi kangen samo makanan2 itu
    apa lagi lempuk durian
    kalo lebaran selalu ada ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iyo lempuk durian biasonyo ado banyak disajikan kalau hari raya

      Delete
  15. Lempok durian nih, aku pernah dikasih temanku saat kost di Yogya Mbak. Dia orang bengkulu. Enak loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lempuk durian tentu enak rasa buah durian dan manisnya tidak terlupakan

      Delete
  16. kalau nak tau, di sini pun panggil lempuk durian. ada dua jenis lempuk durian. satu, macam dalam foto di atas. yang kedua, jenis berkuah. kalau musim durian di sini, kami makan lempuk durian berkuah dan cicah sama roti. wahhhhhh memang sedap especially makan ketika hujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah di negara tetangga juga ada lempuk durian ya hehe kejutan dong
      oh itu mungkin sejenis kolak durian ya cara menikmatinya di cocol roti tawar
      hem kebayang deh sedapnya

      Delete
  17. p/s kue siput putri tu ada tak yang jenis pedas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Anies, sementara kue siput putri baru ada yang rasa asin dan rasa manis, semoga secepatnya mereka ciptakan rasa pedas aku rasa ini ide hebat
      terima kasih

      Delete
    2. mbak maya cpta recipe barulah. kue siput putri pedas. nanti export ke malaysia๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      Delete
    3. Masuk dalam perencanaan deh hehe
      thanks for suport dear

      Delete
  18. Lepuk durian, ini mirip dodol ya? bahannya hampir sama gitu.

    ReplyDelete
  19. Waahh!! Ternyata Bengkulu juga punya makanan khas yang beraneka ragam dan hampir sama kaya kota padang..๐Ÿ˜ƒ

    ReplyDelete
  20. semakin ngiler pikin makan ikan tenggiri , maklum selama ini belum pernah merasakannya, ini makanan khasnya dari tenggiri lagi wih

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu