Friday, November 10, 2017

Kumpulan Puisi di Hari Pahlawan

24 comments

Kumpulan Puisi di Hari Pahlawan untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur di medan perang. Sore ini aku berhasil merangkai kata demi kata menciptakan puisi sederhana tak lain dan tak bukan sebagai persembahan bagimu pahlawan. Semoga kumpulan puisi di hari pahlawan ini bisa menjadi motivasi dan pemberi semangat untuk terus melanjutkan perjuangan para pejuang di masa lalu, khususnya bagi admin blog jelmayatiasa ini sendiri.

Puisiku ini terlahir karena rasa hormat dan kagum pada mereka para pahlawan yang telah rela mengorbankan darah, harta dan jiwanya untuk perjuangan. Walau kini jasadnya mungkin tidak ada yang mengenali, tapi Allah pasti mengenali dan Allah akan memberikan setiap pahala yang pantas untuk para pahlawan yang telah gugur dalam mengusir penjajah membela kebenaran meraih kedamaian bangsa Indonesia. Dan sungguh, peran serta perjuangan mereka tidak bisa kita abaikan begitu saja.

Berikut puisi terbaruku, walau cuma dua puisi tak apalah kusebutkan dengan kumpulan puisi di hari Pahlawan dua karyaku ditemani derasnya hujan sore hari ini.

Meski Tanpa Peluru


Lihat barisan gagah itu
Meski tanpa peluru
Percaya diri untuk menyerbu
Diantara desing suara yang menggebu
Diiringi doa sang ibu
Menatap harap penuh haru
Demi kehidupan yang baru

MAJU menyerang
Bagimu Negeri damai selalu
Mengusir penjajah dengan runcingnya bambu
Menyerang dan menyerbu
Punahkan setiap pengganggu

Binasakan penindas yang tak punya malu
Sesungguhnya ajal adalah milik-Mu
Hidup ini juga anugerah dari-Mu
Membela negara mengharap keridhaan-Mu

Maju menyerang
Serbu yang curang
Serang dengan lantang
Terjang hingga lari tunggang langgang

☘️☘️☘️☘️☘️



☘️☘️☘️☘️☘️


Engkau yang Terbaring dengan Damai


Kini kau terbaring dengan damai
Perjuanganmu telah usai
Meski pekik merdeka tak ada lagi
Dari mulutmu yang gagah berani
Semangatmu terwarisi
Generasi yang berjuang di masa ini

Engkau yang terbaring dengan damai
Kami bicara padamu dalam sepi
Dalam keheningan nan suci
Doa-doa malam terburai
Dada terasa bergemuruh lagi
Mengenang perjuanganmu yang telah teruji

Jam dinding yang berdetak tanpa jeda
Mengenangmu yang mati muda.
Dan, kini tinggal tulang dan nama
Tetap terkenang selamanya

Engkau yang terbaring dalam damai
Semua perjuanganmu adalah segala usaha yang tak ternilai
Kini tugas kami
Mengisi kemerdekaan ini

Engkau yang terbaring dengan damai
Tidurlah bersama indahnya mimpi
Semoga engkau ada dalam rahmat illahi robyi
Bahagia di sisi pemilik surgawi

Jiwamu melayang untuk kemerdekaan
Demi kemenangan dan harapan
Engkaulah sang pahlawan
Izinkan kami melanjutkan perjuangan

Kami bicara padamu pahlawan
Dalam sepi dan keheningan
Demi lanjutkan perjuangan
Yang penuh dengan tantangan

🍀🍀🍀🍀🍀


Hari ini sore Jum'at 10 November 2017, hujan turun dengan sangat derasnya. Menatap tetesan air hujan yang membasahi bumi pertiwi bertepatan dengan hari Pahlawan. Setelah membaca beberapa kisah tentang perjuangan pahlawan di masa penjajahan betapa gagahnya para pejuang merebut kemerdekaan negara tercinta ini demi kehidupan yang damai bebas dari jajahan di masa itu dan lahirlah puisi ini.

puisi : Kumpulan Puisi di Hari Pahlawan

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

24 comments:

  1. jadi inget tugas waktu SMP/SMA dulu ya kalau bikin puisi tentang hari pahlawan? T.T

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. alhamdulillah komentar pertama ya

      jadi ingat masa sekolah ya tugas Bahasa Indinesia dan Sastra

      Delete
  3. Inget jaman sma nih Mbak, apik2 puisnya. Lama nggak mampir, ngak sempet bw2 hikss... gimana kabarnya Mbak Maya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul jaman sekolah biasa tugas membuat pantun dan puisi harus olrisinil
      membuat puisi terasa semakin nikmat setelah tamat sekolah
      alhamdulillah dalam keadaan baik mbak Wahyu terima kasih

      Delete
  4. masih teringat film televisi
    dimana ada orang yang tidak mempan dibedil ketika menaiki pagar milik Belanda

    selamat hari Pahlawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah nggak tahu dengan film yang dimaksudkan
      terkesan sakti ya

      sip! Selamat hari Pahlawan

      Delete
  5. Keren puisinya mbak menyentuh dan bikin semangat 45. Meskipun bukan pahlawan setidaknya sekarang ini kita bisa berusaha menjaga apa yg telah diperjuangkan pahlawan kita, yg sederhana2 saja misal buang sampah pada tempatnya, dll hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pujiannya, masih harus banyak belajar lagi pastinya
      Kita semua bisa menjadi pahlawan sekecil apapun kebaikan yang mampu kita berikan untuk negeri ini tetaplah kebaikan
      sip, menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya adalah pahlawan (pahlawan kebersihan)

      Delete
  6. jujur saya tidak bisa buat puisi, sangat kagum seklai dengan orang-orang yang pandai merangkai kata.... saya hanya bisa memberikan doa terbaik semoga para pahlawan kita mendapatkan surga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga tidak pandai membuat puisi, tapi senang saja membuatnya walau tak indah menurut pembaca
      aamiin untuk doa kepada pahlawan

      Delete
  7. Smoga para pahlawan negeri ini khusnul khotimah
    selamat hari pahlawan, maaf telat ngucapinnya mbak hehe

    saya kalo bikin puisi, amburadul gk karuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin untuk doa kepada pahlawan

      menurut saya kamu bisa, tinggal mencoba saja
      tidak terlambat kok, ok selamat hari pahlawan juga untuk seluruh pahlawan negara ini

      Delete
  8. Selamat hari pahlawan, semoga mereka mendapat tempat paling mulia di sisi-Nya... Amin..

    ReplyDelete
  9. Puisinya membuat semangat pemuda mba

    ReplyDelete
  10. Di antara desing peluru tajam yang menghujam
    Kau terjang, kau lawan musuhmusuhmu dengan keberanian.

    Dengan semangat juang
    Kau korbankan jiwa dan raga untuk mencapai kemerdekaan.
    MEEDEKA..!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merdeka!
      Semangat yang tetap membara
      Berkobar sepanjang masa
      Kala lautan api yang membara
      Kau tak gentar maju membela bangsa

      Karena semangat yang berkobar sampai kang Djaka salah ketik hehe

      Delete
  11. Salam kenal mbak, datang dari blog adi dapat suguhan puisi yang mengingatkan perjuangan para Pahlawan makasih secara umur saya masih mendekati jaman-jaman perjuangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali
      terima kasih telah sempat hadir di blog ini
      sekedar menulis puisi
      semoga bisa menjadi insfirasi

      Saya lahir dan hidup di masa perjuangan saat ini

      Delete
  12. Dulu waktu SD itu atau SMP bikin puisi tentang pahlawan...
    Tapi saya sudah lupa... :)
    Selamat Hari Pahlawan... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zaman sekolah adalah masa yang indah
      Laksanakan tugas sekolah sesuai perintah
      pak guru dan bu guru di sekolah

      selamat untuk para pahlawan yang mulia

      Delete
  13. Sepertinya.. dua puisi di atas dibacakan sambil diiring ilustrasi musik (petikan gitar atau denting piano) wwooouu pasti akan hebat. :)

    Selamat hari pahlawan, semoga Tuhan Yang Maha Esa menempatkan mereka di sisi-Nya.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu