Tuesday, November 7, 2017

Kumpulan Pantun Terbaru

16 comments

Kumpulan Pantun Terbaru

Duduk bersila di atas guci
Pintu tertutup kunci tertinggal
Dulu sayang sekarang benci
Tinggalah badan di rundung sesal


Siapa suka pergi berlayar
Mengayuh sauh layar terkembang
Ayo adik kita belajar
Ibu senang hatimu riang


Makan roti manis sekali
Duduk santai di kursi goyang
Melihat senyummu senang dihati
Apakhabar sahabat tersayang

Jalan jalan ke pulau seribu
Banyak jalan menuju roma
Kalau rindu katakan rindu
Jangan di pendam di dalam dada

Lari ke taman memetik bunga
Bunga mawar banyak durinya
Hati rindu ingin berjumpa
Apalah daya tak tahu alamatnya

Membeli kunci di kalau pekan
Jangan lupa membawa uang
Hati benci jangan turutkan
Sungguh rugi energi terbuang

Kucing kurus tidur di papan
Anak tikus mengerat tulang
Badan kurus bukan tak makan
Rindukan adik kapan pulang

Lari pagi sudah biasa
Sarapan pagi minum susu
Rindu hati ingin jumpa
Kemana aku mencarimu

Duduk melamun menunggu senja
Sampai senja langit mendung
Tuhan belum izinkan jumpa
Lewat sms kita terhubung

Kue serabi di oles madu
Untuk bekal mendaki gunung
Belum sempat untuk bertemu
Sabar menunggu tak usah bingung

Jangan duduk di depan pintu
Duduk saja di depan jendela
Insan yang mana tak rasakan rindu
Bila yang di cinta jauh di mata

Burung camar melintas samudra
Laut lepas berwarna biru
Apakhabarnya dia di sana
Lama sudah tidak bertemu

Kemarin hari Minggu
Esok sudah hari Selasa
Selamat pagi buat kamu
Semoga harimu selalu bahagia

Hari ini hari Senin
Esok lusa hari Rabu
Hati ini lagi kangen
Semoga besok bisa bertemu

Aih aih lucunya badut menari
Adik berlari mengejar kucing
Melihat kamu datang lagi
Hati siapa takkan senang

Ini kumpulan pantun maya
Maafkan saya bila tak bermutu
Salam hangat untuk semua
Sampai jumpa di lain waktu

Kumpulan pantunku memang tak indah
Sekedar berbagi bagi yang suka
Liku hidup memang tak mudah
Sabar menjalani iringi doa

Aku suka menulis pantun
Menyusun kata seadanya
Jangan suka duduk melamun
Ayo berpantun riang jenaka

Pantun itu susunan kata
Kata di susun menjadi kalimat
Hidup itu banyak usaha dan doa
Semoga hidup akan selamat

Kata di susun berbaris-baris
Empat baris namanya satu bait
Kalau kamu tersenyum manis
Semangat hidupku kembali bangkit

Duku dimakan buang bijinya
Biji dimakan terasa pahit
Pantunku telah tercipta
Kini aku mohon pamit

Matahari mulai meninggi
Sengatannya terasa hangat
Kini aku saatnya pergi
Jabat erat dan salam hangat



Halo sahabat jelmayatiasa....
Aku hadir bersama pantun untuk hari ini. Pantun ini aku buat sambil minum kopi pagi ini. Sudah lama ingin membuat pantun, tapi alhamdulillah baru terlaksana hari ini.

Apa itu yang dinamakan pantun? Aku yakin pasti sudah banyak tahu dong. Pantun adalah salah satu jenis puisi lama (karena itulah aku memasukkan kumpulan pantun terbaru ini ke dalam katagori puisi). Hampir setiap daerah mempunyai nama sendiri-sendiri dari pantun ini. Pantun dalam bahasa Minangkabau petuntun, dalam bahasa Palembang di kenal dengan sebutan bepantun, dalam bahasa Jawa di kenal dengan parikan, dalam bahasa Lampung dikenal dengan sebutan cawapantun, jadi jelaslah berpantun bukan hal yang asing bagi setiap daerah yang ada di Indonesia, tentunya dengan khas dan keunikan yang berbeda-beda sesuai dengan daerahnya masing-masing.

Kita sering dengarkan ada pantun dengan bahasa daerah biasanya isinya nasehat dan petuah-petuah yang ingin disampaikan. Ada juga yang disebut berbalas pantun dalam adat, biasanya dalam acara adat pengantin Palembang saat acara lamaran menyampaikan maksud tujuan dengan bahasa pantun.

Biasanya pantun terdiri atas empat baris atau empat larik. Dalam setiap baris terdiri dari 8 hingga 12 suku kata, dengan pola sajak atau rima  a-b-a-b boleh juga dengan pola sajak a-a-a-a.

Pantun sering disampaikan secara lisan dan spontan itu sebabnya jarang ditemukan penulis atau pengarang dari sebuah pantun.

Ciri khas dari pantun, yaitu adanya sampiran dan isi, yang dinamakan sampiran  adalah dua baris pertama biasanya tidak ada hubungannya dengan dua baris terakhir yang dinamakan isi. Sampiran biasanya bisa tentang alam sajaknya disesuaikan dengan akhiran isi pantun yaitu dua baris terakhir.

Aku rasa sedikit ulasan tentang pantun dari jelmayatiasa ini bisa dipahami. Pada intinya akhir abjad dari pantun itu a-b-a-b dan boleh juga a-a-a-a.
Baris pertama dan kedua disebut sampiran sedangkan baris ketiga dan keempat disebut isi, maksud dari isi disini adalah hal yang ingin disampaikan dari pantun tersebut. Pada bagian sampiran biasanya tidak ditemukan maknanya dan juga biasanya tidak ada hubungan dengan baris ke tiga dan keempat (istilah lainnya nggak nyambung), tapi lebih menyesuaikan pada rima atau sajaknya atau akhiran abjadnya agar membentuk pola a-a-a-a atau a-b-a-b.

Isi pantun sangat beragam, bisa tentang nasehat, bisa curhatan, bisa tentang kekaguman, ada juga pantun yang lucu biasa disebut dengan pantun jenaka.

Contoh pantun dalam bahasa daerah Lampung :

Ghani sinji ghani Rabu
Jemoh ghani Kamis
Sikam tikham diniku
Dipa niku adik manis

Artinya :

Hari ini hari Rabu
Besok hari Kamis
Saya rindu sama kamu
Dimana kamu adik manis

Jak sabah mulang bingi
Mulang ngusung mendira
Ayo gham mit mengaji
Mengharap ridha sai kuasa

Artinya :

Dari sawah pulang malam
Pulang membawa tomat
Ayo kita pergi mengaji
Mengharap pahala dari yang Maha Esa

Lapah gham main tali
Taline kejung dang sampai putus
Dang kuti sedih hati
Silaturahmi dijaga dang sampai putus

Artinya :

Ayo kita main tali
Talinya panjang jangan sampai putus
Jangan kamu bersedih hati
Jalin silaturahmi jangan sampai putus

Demikianlah Kumpulan Pantun Terbaru yang berhasil jelmayatiasa buat untuk hari ini, semoga ada manfaatnya dan terima kasih aku sampaikan buat Mas Jeni yang sudah mengizinkan ilustrasi hasil karyanya dimuat dalam postingan ini. Salam hangat untuk semua yang sempat hadir di blog jejak maya mohon maaf untuk segala khilaf kata dalam penulisan kepada Allah aku mohon ampunannya, sampai jumpa di lain postingan.

puisi : Kumpulan Pantun Terbaru

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

16 comments:

  1. Kalau baca yg ini,
    "Apalah daya tak tahu alamatnya"

    Hem, ini kayaknya akibat kenal di facebook hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan duduk didepan pintu
      Duduk saja ditepi laut
      Janganlah bersidih gitu
      Lebih baik kita....
      Binung nerusinnya :)

      Delete
    2. jangan duduk didepan pintu
      Duduk saja ditepi laut
      Janganlah bersidih gitu
      Lebih baik kita nyemplung ke laut.
      Haha

      Delete
  2. aku save siapa tahu ngeblank pas bantu ngerjain tugas anak2 hehe

    ReplyDelete
  3. Pantun nya mba maya selalu bagus" :D

    ReplyDelete
  4. Wih pandai berpantun dalam bahasa lampung nih Mba Maya :D

    ReplyDelete
  5. Maih inget Zaman sekolah dulu
    sedikit2 apa2 pake pantun

    ReplyDelete
  6. bikin pantun sama puisi lebih suka yg mana? aku dah lama gak bikin pantun, dulu sering pas jaman sekolah. haha.

    bikin pantun akhirannya harus sama, biar kedengeran inadh didengar,

    ReplyDelete
  7. Mb maya pinter bikin pantun..
    Dan tiba2 aku ingat jarjit di film upin ipin..��

    ReplyDelete
  8. Saya lebih suka pantun jenaka, terasa lebih menghibur saja.
    Kalau pantun cinta,bikin hari nangis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk
      pantun cinta memang bikin hati meringis dan miris
      enyahlah kalian para kaum yang pacaran
      jangan pernah muncul lagi di hadapan kami para jomblowers
      itu sedikit puisi dari keresahan para jomblo termasuk saya mas bumi :D

      Delete
  9. Atas merah bawah putih,
    Itulah bendera Indonesia,
    Karena pahlawan gagah dan gigih,
    Indonesia pun merdeka...

    Berbeda-beda suku berbeda-beda agama,
    Indonesia tetap dalam persatuan,
    Untuk Indonesia tercinta,
    Selamat Hari Pahlawan...

    ReplyDelete
  10. Lama banget nggak berpantun. Baca pantunmu jadi pingin juga bikin. Tapi apa ya Mbak. Kayaknyamusti mikir fokus nih

    ReplyDelete
  11. lebih baik menulis sebuah pantun daripada duduk2 sambil melamunkan apa yang terjadi.
    Hal tersebut lebih bersifat positif

    ReplyDelete
  12. Duduk bersila di atas meja
    Mencari wangsit di kala senja
    Dulu kita selalu bersama
    Kini sulit untuk bersua

    Pantun Cinta.
    Haha

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu