Sunday, November 19, 2017

Daun Peladang Banyak Manfaat yang Luar Biasa

6 comments



Daun peladang banyak manfaat yang sangat luar biasa. Daun peladang bisa jadi tidak begitu di kenal terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Awalnya aku sendiri tidak tahu dengan daun peladang ini. Aku pikir tumbuhan peladang hanyalah tumbuhan semak atau gulma yang tidak ada manfaatnya sama sekali.

Berawal dari halaman rumah yang baru satu minggu kami tempati, ya kami baru saja pindah rumah karena rumah yang lama sudah menjadi aset propinsi sedangkan kami bukan orang propinsi dan pegawai propinsi akan menempati rumah yang sebelumnya menjadi tempat tinggal kami mau tidak mau kami harus tau etika dan meninggalkan rumah yang dulunya adalah milik daerah atau kabupaten.

Di halaman rumah yang baru kami tempati tumbuh sangat suburnya tumbuhan yang disebut oleh orang sekitar dengan sebutan tumbuhan peladang. Saat pagi hari Mak (aku biasa memanggil ibu dengan panggilan Mak) berkeliling halaman untuk menghirup udara segar dan berjalan-jalan di halaman rumah yang baru saja kami tempati. Aku waktu itu belum sempat melihat-lihat dengan jelas bagian luar rumah termasuk halaman ada tanaman apa saja.

Tak lama Mak masuk ke dalam rumah untuk mengambil baskom, "untuk wadah daun peladang, daun peladang banyak manfaat yang luar biasa," katanya sambil menuju puntu luar.

"Aih.... Mak ini ada-ada aja emang daun ajaib apa sih?" Tanyaku sambil membawa dua gelas kopi ke ruang tengah. Aku hanya mengintip dari balik jendela. Walau ada keinginan untuk bergabung ke halaman aku tidak bisa karena hari ini aku harus pergi pagi-pagi banyak pekerjaan yang harus aku selesaikan hari ini."Nanti sajalah! Kalau bisa pulang cepat akan kurapihkan bagian halaman." Bisik hatiku. Selesai sarapan pagi aku langsung berpamitan dengan Mak.

Sepulangku aku langsung menuju dapur niat hati ingin menyiapkan makan siang. Ternyata, Mak sudah masak gulai peladang.



Aku ceritakan ciri-ciri dari daun peladang yang konon banyak manfaat ini :

Daunnya lebih tebal dari daun pada umumnya tebalnya seperti daun cocor bebek. Permukaan daun bila di lihat ada seperti bulu-bulu halus. Kalau di raba akan terasa bulu-bulu halus yang sangat lembut. Bagian tepi dari daun peladang ini bergerigi teratur. Batangnya merebah dan sangat rapuh. Tumbuhan peladang ini mempunyai aroma yang sangat khas. Kalau aku mencium aroma dari daun peladang ini teringat daerah pegunungan pokoknya aromanya sangat mengesankan sekali susah untuk dilupakan.
Begitulah kira-kira ciri-ciri dari tumbuhan peladang ini.

Sambil mencicipi gulai peladang ala koki profesional. Rasanya segar aromanya khas dan sangat unik. Mak sangat pandai mengolah masakan meski dari bahan yang sederhana tapi kalau soal rasa dari masakan sungguh tidak diragukan lagi sepertinya aku harus katakan bahwa ini sangat luar biasa, ya sangat istimewa sekali. Rasa penasaranku makin menggoda manfaat luar biasa apakah yang ada di balik tumbuhan peladang ini, aku mulai tak tahan ingin bertanya, "Mak apa benar daun peladang banyak manfaatnya?"

"Ya." Jawab Mak singkat saja. "Ya namanya juga orang zaman dulu nak, biasa manfaatkan yang ada disekitar untuk obat juga untuk bahan makanan. Kalau sekarang enak sudah banyak obat-obatan. Bahan makanan yang enak-enak juga banyak." Lanjut Mak jadi panjang lebar sambil ketawa ringan mungkin Mak lihat mukaku yang bingung jadi ketawa dia.

"Ye Mak kok gitu! Apa aja sih Mak manfaat dari daun peladang ini?" Tanyaku mulai penasaran. "Satu-satu ya Mak kasih tahu aku, aku ingin tahu."

Kemudian Mak mulai mengatakan apa saja manfaat dari daun peladang ini, diantaranya yaitu :

1. Untuk mengobati pegal-pegal karena masuk angin. Biasanya setelah makan daun peladang ini akan bersendawa dan buang angin ini bertanda khasiat dari daun peladang mulai bekerja.

2. Melancarkan buang air kecil bagi yang ayeng-ayengan. Caranya daun peladang di rebus, banyak dari daun peladangnya kira-kira saja lalu minum airnya selagi hangat-hangat. Bisa diminum 3-4 gelas sehari dengan selang waktu.

3. Mengatasi bau badan yang tak sedap. Caranya boleh di lalap, di buat gulai. Kalau sering di konsumsi bau badan yang tak sedap akan hilang.

4. Melancarkan Air Susu Ibu (ASI) dan menghilangkan bau anyir pada darah nifas bagi yang baru melahirkan. Caranya boleh dilalap, di buat gulai atau sayur bening atau di rebus kemudian diminum airnya.

5. Sebagai penyedap rasa alami. Saat membuat gulai pindang ikan atau gulai santan masukkan beberapa kuntum atau helai daun peladang maka aoma dan rasa dari masakan akan terasa lebih nikmat. Rasa dari daun peladang ini agak sedikit asam.

6. Sebagai penambah nafsu makan dan obat cacingan pada anak-anak. Bisa dengan cara meminum air rebusan daunnya atau makan daunnya. Gunakan ilmu kira-kira untuk cara penggunaannya. Karena sesuatu yang berlebihan seperti biasa akan berdampak buruk.

Nah, kalau pembaca ingin menanam tumbuhan peladang ini juga sangat mudah. Ternyata tumbuhan peladang ini sangat mudah tumbuh syaratnya cukup dengan tanah yang subur dan tanah yang sedikit lembab serta yang sudah pasti tidak boleh ketinggalan bibit dari tumbuhan peladang ini.



Ini pengalaman pribadi loh! Setelah mengetahui daun peladang banyak manfaat maka aku tertarik untuk menjaga tanaman peladang ini agar tidak tertimbun tanah dan mati.

Ya karena halaman rumah yang kami tempati sering tergenang air saat hujan turun akhirnya terpaksa di timbun. Dan aku punya inisiatip untuk menjaga agar tumbuhan peladang ini tetap hidup. Sayangnya aku kalah cepat dengan mamang yang menimbun dan aku hanya mendapat beberapa pucuk yang masih nongol di permukaan hiks!!!

Dengan modal pot dan tanah subur dan beberapa pucuk potelan tumbuhan peladang aku tetap menanamnya demi menyelamatkan sang daun peladang yang kaya manfaat alias ajaib ini.



Alhamdulillah, walau hanya pucuknya saja mulai tampak kehidupan dari tumbuhan peladang ini. Tuh lihat! Tampak segar ya, ini sudah berumur tiga hari semoga tetap tumbuh ya daun ajaib ini. Sekedar ingin memastikan saja aku sengaja mencabutnya ingin melihat bagian akarnya dan alhamdulillah tumbuhan peladangku bisa tumbuh, tuh lihat akarnya mulai terlihatkan.... Ini berumur tiga hari ya sahabat mayaku. Hal ini menunjukkan bahwa tumbuhan peladang ini sangat mudah untuk hidup.

Baiklah cukup sekian dulu celotehku untuk hari ini tentang daun peladang yang kaya manfaat dan tentu saja dengan harapan bisa bermanfaat untuk para pembaca yang masih sedia hadir di kolom komentar sebagai pembakar semangat admin jejak maya untuk tetap berbagi walau sedikit bahkan mungkin tak berarti.

Akhir kata aku ucapkan terima kasih sampai jumpa lagi di postingan berikutnya. Salam santunku selalu untuk semua sahabat mayaku dimanapun berada.

Dibuang sayang : Daun Peladang Banyak Manfaat yang Luar Biasa

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

6 comments:

  1. Saya malah baru tahu nih mba kalo daun peladang banyak manfaat nya :D

    ReplyDelete
  2. Baru tau ini daun peladang, coba tanya2 tetangga akh, siapa tau ada yg lihat 😬😬😬

    ReplyDelete
  3. Gak tau klo itu namanya daun paladang, kayaknya pernh liat 😁

    ReplyDelete
  4. mampu atasi badan ya
    cocok buatku itu

    ReplyDelete
  5. Hmm kayanya pernah liat deh, tapi gak tau manfaatnya daun peladang ini. Nanti deh nyari-nyari lagi, siapa tau bisa nyobain di gulai hehe..

    ReplyDelete
  6. Di pinggir rumah saya di kampung bnyak
    tapi gk tau kalo ada khasiat sperti ini

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu