Friday, November 3, 2017

Alasan Gula Semut Menjadi Trend dan Lebih Banyak Digunakan

22 comments

Alasan gula semut menjadi trend dan lebih banyak digunakan.



Gula semut atau palm sugar sekarang sedang trend penggunaannya terutama dalam rumah tangga. Gula semut yang dalam bentuk kristal atau bubuk butiran karena menjadi lebih praktis dalam penggunaannya.

Gula semut kelapa dan gula semut aren sudah dipercaya dan dibuktikan mempunyai banyak manfaat kesehatan dibandingkan gula tebu atau gula pasir. Selain memberikan rasa manis gula semut juga dinilai rendah kalori. Tidak hanya itu, tetapi juga mengandung garam mineral, dan kaya nutrisi serta vitamin A.

Alasan gula semut menjadi trend dan lebih banyak digunakan karena penggunaanya yang lebih praktis dibandingkan gula merah yang dicetak, gula semut mudah larut, plus tahan lama karena kadar air yang rendah.

Gula semut sangat praktis dalam penggunaannya saat ditambahkan ke jamu dan minuman hangat lainnya seperti kopi, teh dan wedang jahe karena strukturnya yang sudah lembut. Bahkan untuk membuat adonan roti dan kue atau makanan lainnya sangat diminati juga karena aroma dan rasanya memang sangat memancing selera.

Gula semut bisa digunakaan untuk aneka macam kebutuhan apa saja? Jejak maya sangat ingin untuk berbagi informasi ini, semoga ada manfaatnya bagi pembaca.

1. Dalam rumah tangga

Bagi yang biasa menambahkan gula pada masakan gula semut bisa menjadi pilihan yang sangat cocok karena mudah dalam penggunaannya dan mudah larut dengan sempurna dalam masakan.

Bagi yang ingin menambahkan rasa manis pada minuman gula semut sangat cocok sekali karena tinggal menyendok gula semut kemudian tambahkan pada minuman sesuai dengan selera tingkat rasa manis yang disukai. Demikian juga untuk membuat kue.

2. Industri makanan

Sebagai bahan baku industri makanan ringan yang membutuhkan rasa manis gula semut juga cocok untuk digunakan, pembuatan dodol atau jenang, getuk, kue cucur, serabi dan makanan ringan lainnya.

Gula semut memiliki rasa yang khas dan warna yang sulit digantikan dengan gula lainnya.

Gula Semut mempunyai banyak kegunaan karena juga mengandung unsur protein, mineral, vitamin C, riboflavin, thiamine, fosfor dan kalsium.

Gula semut atau palm sugar mempunyai beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan gula merah yang dicetak, yaitu :

1. lebih mudah larut karena berbentuk kristal,
2. daya simpan yang lebih lama, karena kandungan airnya lebih rendah dari gula merah yang dicetak
3. bentuknya lebih menarik, yaitu berbentuk butiran halus sehingga gampang larut
4. pengemasan yang menarik sehingga tingkat kebersihannya lebih terjamin dan pengangkutan lebih mudah
5. Warna, rasa dan aromanya lebih khas.

Nah, ini adalah alasan gula semut menjadi trend dan lebih banyak digunakan ketimbang gula merah yang dicetak. Kalau pembaca jejak maya juga termasuk pengguna gula semut, mungkin punya alasannya yang berbeda dari jejak maya silahkan tuliskan di kolom komentar.

Terima kasih. Wassallam.


Artikel : Alasan Gula Semut Menjadi Trend dan Lebih Banyak Digunakan

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

22 comments:

  1. Ibuku kalo masak sering pake gula semut
    katanya lebih praktis

    ReplyDelete
  2. Dari sisi manisnya saya lebih suka, lebih khas gitu :)

    ReplyDelete
  3. nyoba ahhh...

    makasih bunda infonya...
    mudah larut dan tahan lama... keren :)

    ReplyDelete
  4. Lebih mudah cara penggunaannya ya, Teh, lebih praktis gitu..he
    Ini lebih lengkap penjelsannya, hatur nuhun, Teh..

    ReplyDelete
  5. Selama ini gula semut baru kupakai buat makanan, buat bikin kue dan topping kue. Kalau untuk minuman belum nyoba.

    ReplyDelete
  6. Iya.. Guls semut praktis kalsu digunakan

    ReplyDelete
  7. gula semut yang saya tahu lebih baik mbak untuk digunakan

    ReplyDelete
  8. kopiko udah lama tuh keluarin brown coffe. kopi instant gula aren. gw suka sering beli eh tadi sekarang ilang dari peredaran

    ReplyDelete
  9. Aku kok belum pernah lihat gula semut ya? apa karena aku kurang mengenal dapur.., hehe

    ya alhamdulillah walaupun aku belum pernah lihat gula semut, setidaknya aku sudah tahu gambar dan ciri2nya dari postingan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga belum pernah lihat gula semut, mas. Kalau semut gula sudah sering lihat. Hahaha

      Delete
  10. setuju banget mba may, aku juga kalau lagi masak sering pakai gula semut. jarang banget pakai gula putih, soalnya nggak sehat.

    ReplyDelete
  11. Saya juga lbh suka gula aren/gula merah, apalagi buat ngopi, cendol, rasanya lebih nikmat dibanding pakai gula pasir putih

    ReplyDelete
  12. sha seneng banget gula semut, tapi biasanya warnanya lebih lebih muda mbak :)

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah, dirumah sudah tersedia palm sugar, dan rasa manisnya cocok untuk dilidah.

    ReplyDelete
  14. wah aku kok malah baru tau gula semut yah. nggak pernah main ke dapur sih. ketauan malenya hehe

    ReplyDelete
  15. Gula semut itu sebangsa dengan gula merah atau gula Jawa itu apa, bukan, ya, Mbak? Serius baru kali ini aku mendengarnya. Yang aku tahu cuma gula pasir (putih) sama gula merah (gula jawa batangan). *kudet nih aku.. :)

    ReplyDelete
  16. Saya juga punya gula. tapi, gak ada semutnya. soalnya semutnya gak kerumunin gulanya. malah aku yg di kerumunin soalnya aku manis sih haha.

    ReplyDelete
  17. Kalo gula aren udah dalam bentuk serbuk atau kristal gini sih enak. Gak perlu repot2 lagi motong2. Tp aku blm nemu kemasan gula semut yg dlm bentuk serbuk gini di Lampung

    ReplyDelete
  18. Iya ya mba.. lebih praktis memang.tapi aku blm pernah nyoba..soalnya di daerahku, distribusi gula semut masih jarang

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu