Tuesday, November 21, 2017

Akhir Tahun dan Kiat di Musim Penghujan

8 comments

Akhir Tahun dan Kiat di Musim Penghujan ala jejak maya. Setiap akhir tahun sangat indentik dengan musim penghujan. Masa sih? Nggak tahu deh kalau di daerah sahabat jejak maya, apakah sama?

Yang pasti curah hujan lebih sering dari bulan-bulan sebelumnya. Meskipun musim penghujan pekerjaan tetap saja harus diselesaikan terutama pekerjaan yang menuntut harus keluar rumah. Mau tak mau kadang harus menerobos hujan demi terselesaikannya pekerjaan karena hujan tidak bisa dijadikan alasan untuk menunda pekerjaan.



Akhir tahun selain indentik dengan hujan juga disibukkan dengan segala pekerjaan yang sudah mendekati penyelesaian batas waktu (deadline). Tidak perduli hujan deras sekalipun dan jalan becek bahkan kadang harus berhadapan dengan tanah longsor akibat dari hujan yang terus-menerus hampir tiada henti.

Sebagai umat yang menganut agama Islam atau muslim sangat tidak boleh membenci hujan. Karena hujan adalah rahmat dari Allah kepada makhluk yang ada di bumi. Dengan adanya turun hujan maka bumi dan seisinya termasuk tumbuhan dan hewan bertasbih juga bersyukur atas rahmat Allah yang menyirami bumi dan memberikan air sebagai sumber kehidupan.

Ada doa yang begitu sering diucapkan pada saat hujan turun, bunyinya begini, aku tahu pembaca jejak maya sudah tahu dengan doa ini :

"Allahumma shoyyiban nafi’an."

Yang artinya :

"Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat."

Kita diperintahkan berdoa untuk mendapatkan keberkahan dengan datangnya air hujan bukan umpatan, keluhan apalagi caci maki pada hujan, karena hujan adalah rahmat. Hujan juga adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa.

Sebagai makluk yang menempati bumi agar tidak merusak alam agar air bisa menjadi sahabat dan bisa memberikan manfaat. Tapi kenyataan yang terjadi malah sebaliknya dengan alasan yang dicari-cari pembenarannya akhirnya hutan digunduli dengan semena-mena, gunung di keruk dan lembah pun di uruk. Begitulah yang terjadi mau apalagi kalau sudah begini? Daerah resapan air kian berkurang sehingga air pun seolah menjatdi musuh saja lupa kalau penduduk bumi telah lebih dahulu memusuhi air.

Akhir tahun dan musim penghujan bukan hanya air yang melimpah ruah yang menjadi diperhatikan, tapi ada juga yang lainnya yang juga harus diperhatikan antara lain baik sebagai pelindung tubuh maupun untuk menghangatkan tubuh atau juga untuk meminimalisir bencana dan penyakit yang mungkin mengenai kita juga anggota keluarga, kira-kira apa saja ya? Semoga yang aku sebutkan ini ada manfaatnya. Cek dulu yuk!
Akhir Tahun dan Kiat di Musim Penghujan ala jejak maya :

1. Jas hujan

Bagi pengguna kendaraan roda dua sebaiknya selalu membawa jas hujan kemanapun berpergian sebagai pelindung dari dinginnya tetesan air hujan apabila tiba-tiba hujan turun saat dalam perjalanan. Tentu tidak ingin terhambat perjalanan karena hujan dan basah kuyup, nggk bangetkan?

2. Payung

Musim hujan datang payung pun terkembang, padahal tidak hanya hujan yang membuat kita butuh payung untuk melindungi tubuh kita, tapi juga melindungi tubuh kita dari sengatan matahari juga kita butuh payung. Kenyataannya, payung lebih banyak di cari saat hujan turun, iyakan?

3. Sweter dan jaket

Yey kalau ini tentu tidak asing lagi, sweter dan jaket menjadi sahabat setia untuk menjaga tubuh tetap hangat. Musim hujan udara lembab sudah pasti butuh sweter dan jaket.

4. Minuman hangat



Banyak pilihan minuman untuk membantu menghangatkan tubuh saat udara dingin menyengat, ada wedang jahe, teh hangat, kopi, susu, coklat panas. Secangkir minuman hangat sudah biasa menjadi teman dalam kesehaian terutama di musim hujan seperti sekarang.

5. Obat atau minyak gosok

Menyediakan obat gosok di kotak obat, seperti minyak kayu putih, minyak telon, balsem, minyak gandapura atau obat gosok lainnya. Untuk obat gosok sepertinya hal yang sepele, tapi harus berhati-hati kemungkinan ada anggota keluarga yang alergi dengan obat atau minyak gosok tertentu.

6. Makanan hangat



Dengan menyediakan makanan hangat seperti bubur kacang hijau, sop, soto, tekwan, bakso atau makanan hangat lainnya selain membantu untuk menghangatkan tubuh juga untuk menambah stamina tubuh.

7. Suplemen atau vitamin

Cuaca ekstrim sangat rentan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Bila memang di rasa perlu boleh juga konsumsi suplemen atau vitamin untuk berjaga-jaga apalagi bagi yang banyak melakukan aktifitas di luar rumah sehingga terkadang harus berhujan ria demi amanah dan tuntutan pekerjaan.

8. Membersihkan selokan atau siring

Jangan sampai karena siring mampet halaman rumah dan jalan kebanjiran. Aku rasa semua tahu kalau air siring itu sangat kotor dan bisa menjadi sarang penyakit. Membersihkan selokan atau siring menjadi hal yang wajib, tentu tidak inginkan air yang menjadi sarang penyakit menggenangi halaman dan jalan. Pepatah mengatakan "kebersihan pangkal kesehatan" dan "kebersihan sebagian dari iman" nah tunggu apa lagi? Ayo bersih-bersih! Biar sehat!

9. Perbaiki atap rumah yang bocor

Sangat tidak nyaman rasanya kalau ada atap yang bocor. Sebelum perabotan dan lantai rumah basah segera perbaiki atap rumah yang bocor. Hati-hati bila memperbaiki atap rumah yang bocor saat hujan turun banyak bahaya yang mengintai dari sambaran petir dan sengatan listrik. Aku biasanya meminta orang yang biasa mengerjakan hal ini dan selalu memintanya untuk memperbaiki saat hujan telah reda.

10. Hati-hati saat berada di luar

Saat melintas jalan yang rawan longsor dan melintasi jalan yang banyak pepohonan selalu berhati-hatilah. Aku sendiri pernah terjebak longsor saat melakukan kunjungan dan pernah juga nyaris terkena pohon yang tumbang di pinggir jalan. Memang musibah bisa terjadi kapan saja dengan berhati-hati setidaknya bisa meminimalisir bahaya, namanya juga usaha untuk melindungi diri supaya selamat.



11. Berdoa

Perbanyak doa karena hujan adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa jangan lewatkan hujan tanpa memohon kepada yang Maha mengabulkan doa. Dengan membiasakan diri selalu berdoa dan mohon perlindungan kepada yang Maha Kuasa semoga Allah menjaga kita dimanapun berada. Bila usaha telah dilaksanakan dan doa telah di ucapkan maka selanjutnya serahkan pada yang Maha melindungi dan semoga doa kita di ijabah oleh-Nya, oleh yang Maha mengabulkan ya mujib.

Demikianlah tips dan trik ala jejak maya yaitu Akhir Tahun dan Kiat di Musim Penghujan ala jejak maya, semoga ada manfaatnya bagiku juga bagimu pengunjung blog jejak maya. Salam santunku selalu untuk pengunjug dan pengomentar.
Terima kasih.
Wassallam.

Tips dan trik : Akhir Tahun dan Kiat di Musim Penghujan

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

8 comments:

  1. Yaa!! apapun musimnya saya pribadi mungkin noproblem, karena apa pun itu kita sebagai manusia harus tetap bersyukur apa yang telah Allah limpahkan kepada semua umatnya.😃

    Bicara soal akhir tahun, Kalau aku pribadi terkadang suka takut dan was-was mbak..?😱😳

    Takut dalam artian apa yang telah saya perbuat selama diawal dan diakhir tahun apakah lebih baik atau mungkin buruk.. Dan semua itu hanya orang serta lingkungan yang menilainya. Walau saya sendiri tetap optimis dan selalu berpikir positif..😊

    ReplyDelete
  2. Dimusim Hujan ini saya malah sering berdoa mudah mudahan tidak turun hujan saat jualan maklum nyambi dagang kaki lima kalau jujan ya libur alias nggak dpt duit

    ReplyDelete
  3. memang saya juga perlu persiapan menghadapi musim hujan ini terimaksih mabk

    ReplyDelete
  4. Klo di jkt musim hujan panen banjir di titik tertntu

    ReplyDelete
  5. Saya selalu sedia jas hujan meski bukan musim hujan
    kalo di rumah saya selalu sedia indomie dan energen
    jaga jaga laper tengah malam dan dingin melanda
    apa lg hujan, gk bisa keluar

    ReplyDelete
  6. Bulan Desember yaitu bulan yang banyak airnya (gede-gedene sumber)
    Otomatis berjalannya dengan bulan Januari dan hujan

    ReplyDelete
  7. Akhir tahun
    Hujan hampir tiap hari turun
    Namun
    Keberkahan tetap bisa ditimbun

    ReplyDelete
  8. yah, begitulah. kalo musim hujan memang harus siap mental dan fisik nanti penyakit gampang datengin kita. saya kalo musim hujan gini, berangkat-pulang kerja selalu kehujanan. basah kuyup mau nyebur selokan yg banyak ikan2nya.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu