Monday, November 20, 2017

8 Cara Praktis dan Mudah Merawat Kompor Gas Hitachi Agar Awet juga tidak Membuat Jengkel

9 comments

8 Cara Praktis dan Mudah Merawat Kompor Gas Hitachi Agar Awet juga tidak Membuat Jengkel



Halo sahabat jejak maya. Kali ini aku ingin berbagi tips merawat kompor gas hitachi supaya awet dan tetap kinclong walau sudah di pakai dalam waktu yang cukup lama. Aku dan keluargaku pengguna kompor hitachi sejak tahun 1994. Alhamdulillah kompor hitachi ku lumayan sangat awet dan tidak membuat jengkel. Itu semua karena cara pemakaian dan cara merawat yang aku terapkan pada kompor gas hitachi milikku yang sudah banyak membantuku memasak beraneka macam masakan untuk keluargaku.

Sebenarnya cerita ini sudah lama sih, lebih kurang dua tahun yang lalu aku ingin mengganti kompor gas hitachiku dengan yang baru, meskipun komporku belum rusak dan tidak ada masalah dengan kompor gasku hanya merek hitachinya saja yang sudah hilang, kalau apinya tetap biru intinya masih tokcer deh! Hanya ingin ganti aja.

Begini ceritanya sahabat jejak maya.

Aku sudah coba berkeliling mencari kompor hitachi dibeberapa toko yang menjual kompor gas, ternyata kompor gas hitachi sudah berganti merek menjadi todachi. Merek beda tapi produk sama kata sang penjualnya, hitachi sudah tidak keluar lagi sekarang ganti merek todachi sudah lama loh! Begitu keterangan yang aku dapatkan waktu itu. Yah meski agak ragu aku yang sudah ingin mengganti kompor gas yang baru waktu itu terpaksa aku beli juga. Begitulah sedikit cerita lamaku.

Pakai kompor gas hitachi sejak tahun 1994 sampai tahun 2015 membuatku sangat ingin berbagi tips dan trik merawat kompor gas hitachi supaya awet dan tidak bikin jengkel kepada pembaca. Sebenarnya perawatan yang aku terapkan sangat mudah dan praktis saja tidak ada hal yang rumit hanya perawatan yang sangat standar, mau tahu tips dan trik merawat kompor gas supaya awet? Begini caranya mohon dibaca dan dikoreksi ya. Ok kita mulai yuk!

8 Cara Praktis dan Mudah Merawat Kompor Gas Hitachi Agar Awet juga tidak Membuat Jengkel :

1. Pembersihan

Setiap selesai masak harus selalu membiasakan membersihkan kompor gas. Mungkin ada cairan yang menetes pada kompor dan badan kompor gas saat kita memasak. Rajin melakukan pembersihan sangat mempengaruhi usia kompor gas yang kita pakai. Jangan sampai melewatkan untuk selalu membersihkan kompor gas ya setiap selesai memasak. Ini dilakukan agar kompor gas tetap kinclong.

2. Perawatan rutin

Perawatan rutin maksudnya merawat kompor gas secara rutin pada bagian-bagian tertentu agar kompor tidak rewel dan menjadi awet. Bagian yang dimaksudkan adalah seperti selang, lubang tempat keluar api, dan bagian-bagian lainya dari kompor semua itu adalah upaya untuk tetap menjaga agar kompor gas kesayangan tidak rewel saat akan digunakan.

3. Pemeriksaan secara teratur

Periksalah secara teratur kondisi dan letak selang gas untuk menghindari agar selang gas tidak terlipat atau tertekan benda, jauhkan selang gas dari panas, lap secara rutin dengan air hangat agar selang awet dan elastis serta tidak mudah retak karena permukaan luar dari selang gas bila retak akan sangat rentan dari kebocoran.

4. Bersihkan lubang api

Selalu bersihkan lubang tempat keluarnya api dengan menggunakan jarum atau sikat tujuannya supaya kotoran tidak menyumbat yang akan menyebabkan api berubah menjadi merah. Caranya sangat mudah kok! Gunakan sikat gigj dan sabun cuci piring kemudian sikatlah perlahan agar kotoran dan minyak yang melekat bisa hilang dari lubang api ini untuk menjaga agar api yang keluar berwarna biru dan menghindari warna api menjadi merah selain itu lubang api juga menjadi awet. Jangan lupa lap hingga kering setelahnya.

5. Cuci badan kompor

Cucilah pada bagian badan kompor yang dilapisi enamel atau krom (piringan dan tungku) dengan air sabun hangat atau boleh juga menggunakan deterjen. Setelah air sabun diusapkan secara merata dengan spon yang lembut kemudian bilas dengan air yang bersih segera lap hingga kering gunakan lap kering yang lembut agar tidak meninggalkan goresan ini dilakukkan agar kompor tetap kinclong. Setelah kering pasang kembali lapisan enamel atau krom (tungku kompor gas) seperti semula.

6. Letakkan dulu alat masak sebelum memutar tombol pemantik api

Biasakan letakkan dulu alat masak sebelum menghidupkan kompor gas. Jangan membiasakan menyalakan api kompor gas jika tidak ada alat memasak diatasnya. Hal ini untuk menghindari bahaya hembusan panas dari api saat tombol pemantik dihidupkan juga menghindari bau gas, walaupun hanya dalam waktu yang singkat tetap lakukan dengan meletakkan alat masak sebelum memutar tombol pemantik api kompor gas.

7. Jangan menekan tombol pemantik api terlalu lama

Menekan tombol pemantik api terlalu lama saat menghidupkan kompor gas bisa menyebabkan gas yang keluar sangat banyak, selain boros gas hal ini juga bisa merusak sil karet yang ada pada pemantik api. Biasanya menjadi panas dan terbakar apabila ini sudah terjadi maka kompor gas akan sulit dihidupkan kalau hidup apinya akan berwarna merah juga ini sangat berbahaya sekali sekaligus membuat kompor gas rusak. Kalau sudah begini kompor akan membuat jengkel sekali.

8. Gunakan tungku tambahan

Sesekali ada saja saatnya untuk memasak dengan jumlah yang cukup banyak. Untuk menghindari beban yang lumayan berat pada kompor gas, bisa ditambahkan tunggu tambahan bisa dipesan atau minta dibuatkan pada tukang las. Atur agar titik apinya pas pada tungku saat digunakan. Cara ini bisa menjaga dan memperpanjang umur kompor gas yang kita gunakan. Kalau beban pada badan kompor terlalu berat maka akan menekan badan kompor gas hal ini bisa menyebabkan badan kompor gas menjadi turun ke bawah ini bisa merusak badan kompor gas.

Demikianlah caraku merawat kompor kesayanganku, yaitu dengan 8 Cara Praktis dan Mudah Merawat Kompor Gas Hitachi Agar Awet juga tidak membuat jengkel. Menurutku walau sekarang hitachi sudah berganti merek menjadi todachi perawatannya tidak jauh berbeda alias sama saja.

Oh ia hampir saja lupa, kompor hitachi yang lama masih tetap ok loh sampai sekarang dan masih kami gunakan tanpa kendala apapun.

Sekarang kompor gas todachi milikku sudah berusia lebih kurang dua tahun, alhamdulillah masih tetap seperti baru terutama bagian apinya masih tetap biru dan tidak membuat jengkel sedangkan untuk perawatannya sama seperti aku merawat kompor gas lamaku yaitu hitachi.

Semoga tip dan trik ini ada manfaatnya bagi siapapun yang membutuhkannya. Kalau pembaca ada pengalaman lain silahkan tambahkan di kolom komentar agar bisa berguna bagi sesama dan terima kasih untuk semua partisipasinya di blog jejak maya.
Wassallam.

tips dan trik : 8 Cara Praktis dan Mudah Merawat Kompor Gas Hitachi Agar Awet juga tidak Membuat Jengkel

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

9 comments:

  1. kalau merk quantum jg boleh kan mba pake tips ini,
    jarang mainan kompor, paling bokap sih yg ngurusinnya ginian mba,
    thankyu tipsnya... salam kenal ya mb maya,

    ReplyDelete
  2. Cara jitu membersihkan kompor gas yang perklu disebarluaskan ini mah..

    Saya hanya sesekali aja bersih-bersih kompor, terkadang ampe gosong baru saya bersihin, hihi...

    ReplyDelete
  3. Awet banget, mba. Sejak 1994. Tipsnya bermanfaat banget. Aku kok nggak pernah membersihkan lubang apinya. Aduh... penting ini!

    ReplyDelete
  4. Wah salut nih, saya aja yang laki-laki gak pernah mikirin merawat kompor, sampai akhirnya membaca tulisan ini :)

    ReplyDelete
  5. salut banget mbak bisa tahan begitu kompornya, kompor dirumah paling lama 5 tahun , sudah itu pasti diganti

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat nih mbak Mhay, meski saya dirumah pakai merek Rinai.. Namun apa yang ditulis diatas hampir sama dengan merk kompor gas Todhaci yang saya punya. Jadi kalau si Rinai ngambek yang si Todhaci yang berperan..😂😂😂

    ReplyDelete
  7. 8 cara merawat kompr Hitachi diatas memang sangat perlu kita ketahui, tapi kan kompor saya mah merknya bukan hitachi, tapi honda....gimana, coba?

    ReplyDelete
  8. Kompor saya sejak beli blm pernah dibersihin, makasih tipsnya mbak.... tak resiki segera....

    ReplyDelete
  9. Awas kompornya meladung saat i kotak katik bisa berabe haha. Terimakasi ifonya bermanfaat buat para Ibu dan Bapak rumahtangga.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu