Thursday, November 2, 2017

6 yang Umum Ditambahkan Saat Menyeduh Kopi

14 comments

6 Yang Umum ditambahkan saat menyeduh kopi.

Menyeduh kopi artinya mengekstrak kopi bubuk dengan air agar bubuk kopi larut dan bisa di minum. Bagi penyuka kopi sejati pilihannya tentu kopi original pahit tentu cukup dengan menambahkan air panas kemudian mengaduknya supaya larut dan bisa langsung menikmati seduhannya. Ada juga yang sangat hati-hati dengan airnya, ada yang mengatakan lebih baik menyeduh kopi dengan air mineral karena kandungan alkaline yang rendah agar terjaga rasa kopinya. Intinya untuk menghasilkan seduhan kopi yang sempurna, ini sih ada ahlinya biasanya para barista tuh yang piawai menyeduh kopi untuk menghasilkan seduhan kopi yang istimewa. Jadi ini buka ala barista ya ini ala jejak mayaku hehe.....

Kalau jejak maya hanya ingin share yang ala rumahan saja yang umum digunakan (sederhana) ini pun setelah menilik beberapa peminum kopi yang pernah jejak maya temui baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Yang umum ditambahkan pada saat menyeduh kopi, apa saja ya? Mungkin pembaca blog jejak maya pernah menjumpai dan pernah menambahkan sesuatu pada seduhan kopinya. Kita baca sama-sama ya.... Ini dia ada 6 yang umum ditambahkan saat menyeduh kopi :

1. Gula putih atau gula pasir

Wah kalau ini sudah sangat tidak asing lagi ya, sebagian besar penikmat kopi menambahkan gula putih pada seduhan kopinya. Ada yang suka rasa gulanya yang dominan ada pula yang lebih menyukai rasa kopi yang menonjol hingga terasa ke arah pahit semu-semu manis gitu.

2. Gula semut aren dan gula semut kelapa



Gula semut aren adalah gula yang dibuat dari air nira yang diambil dari batang aren sedangkan gula semut kelapa dibuat dari air nira yang diambil dari pohon kelapa. Karena bentuknya berbutir-butir maka dinamakan gula semut atau palm sugar, aku yakin pasti tahu. Ada juga yang menambahkan gula semut pada saat menyeduh kopi, rasanya emang unik campuran dari bubuk kopi dan gula semut larut menghasilkan rasa kopi yang beda dari biasa aku bilang ini eksotik ( khas sangat beda) unik, sedap apa ya pokoknya sesuatu banget.

3. Susu

Banyak juga yang menyeduh kopinya dengan menambahkan susu pada seduhan kopi. Meskipun susu mengandung kalsium yang sangat baik untuk tulang, ternyata susu tidak dianjurkan ditambahkan pada seduhan kopi karena memberikan efek buruk pada tulang bila dijadikan campuran pada minuman kopi. Kopi yang diseduh dengan susu malah akan membuat tulang menjadi rapuh dan peminum akan menderita osteoporosis umum disebut dengan keropos tulang.
Hal ini dinyatakan oleh dr. Fiastuti Witjaksono Msc. MS. spGK dari Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi) bahwa kopi susu ternyata malah menghambat kalsium.

4. Jahe

Aku belum pernah merasakan kopi yang dicampur jahe, tapi pernah lihat orang yang sengaja menyeduh kopinya dengan menambahkan jahe yang dibakar atau di panggang dulu di atas bara. Menurut mereka rasanya hangat dan jahe sendiri mempunyai banyak manfaat, yaitu bisa menghilangkan mual, mengatasi migrain, anti alergi.
Nah buat yang mengalami pencernaan atau mual saat minum kopi coba kopi jahe dipercaya bisa mengatasi mual.

5. Gula Batu

Biasanya gula batu di pilih sebagai alternatif pemanis kopi dengan alasan sebagai solusi sehat untuk menghindari gula pasir. Ternyata ini pemahaman yang salah karena gula batu bahan dasar pembuatannya sama saja dengan gula pasir terbuat dari larutan gula cair jenuh yang dikristalisasi sehingga menjadi gula yang bertekstur keras. Jadi kandungan nutrisi yang ada pada gula batu sama dengan gula pasir yaitu jenis gula sukrosa.

6. Pemanis buatan

Pemanis buatan atau pemanis rendah kalori kerap dipilih bagi mereka yang sangat ingin meminum kopi manis karena unsur kesehatan seperti diabetes untuk membantu menjaga stabilitas kadar gula darah dalam tubuh.

Yang pasti semua itu ada batasannya sesuatu yang berlebihan masuk ke dalam tubuh kita tentu saja mempengaruhi kondisi tubuh, jadi bila ingin suatu yang nikmat di lidah boleh-boleh saja, tapi ingat nikmat sehat itu tiada bandingnya.

Nah inilah 6 Yang Umum ditambahkan saat menyeduh kopi. Mungkin pembaca blog jejak maya punya sesuatu yang ditambahkan pada seduhan kopinya, boleh tambahkan di kolom komentar ya.

Terima kasih sudah hadir di blog jelmayatiasa semoga ada manfaatnya bagi siapa saja.

Wassallam


Artikel : 6 Yang Umum ditambahkan saat menyeduh kopi

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

14 comments:

  1. Gula jawa pernah aku mba... Enak kok.
    Klo pengen manisnya tambah pas, kasih garam..dikit banget. Lebih enak. Bisa buat obat masuk angin juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru tahu nih mbak, boleh deh aku cobain nanti kalau berasa masuk angin
      mungkin sama dengan menambahkan gula semut cuma bedanya pada penambahan garam

      Delete
  2. Yang pke gula batu jos bgt mb may
    Klo yg dicampur jahe bapakku sering bikin, rasanya jd nasgitel, panas legi tur kenthel

    ReplyDelete
  3. Ngopi lagi nih biar semangat !!
    Kalo saya lebih suka yang pakai susu mbak..

    ReplyDelete
  4. Kalau saya lebih suka menikmati kopi tanpa gula, Suka yang pahit-pahit hehehe. BTW, makasih informasinya mbak. Salam kenal

    ReplyDelete
  5. Kalo saya lebih suka di campur cream mbak, rasanya lebih tenang aja enak di mulut. apa lagi minumnya buat nemenin nulis

    ReplyDelete
  6. Wah saya nyimak aja mba, ga suka kopi soalnya, hehe

    ReplyDelete
  7. Saya selalu seduh kopi
    Disetiap pagi hari
    Tapi yang hitam murni
    Lebih pahit asli

    :D

    ReplyDelete
  8. aku suka pakai gula batu mbak
    manisnya pas gitu

    ReplyDelete
  9. Yang pakai jahe itu juga mantap apalagi diminum saat musim hujan bisa menghangatkan badan. Tapi aku sukanya yang racikan pabrik, kalau bikin sendiri malas hehe.

    ReplyDelete
  10. kalo yg paling umum kalo aku sih tambahin gula pasir, kalo tambah susu jarang banget kecuali kalo beli kopi sachet yg dijual di warung. he he.

    ReplyDelete
  11. Tambah susu juga enak bangat,, kopi susu

    ReplyDelete
  12. Saya menikmati tulisan ini. Meskipun bukan peminum kopi fanatik, saya suka minum kopi. Salam.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu