Wednesday, October 18, 2017

Tips Jitu agar Keluarga Konsumsi Beragam Sayuran dan Tips Mengolah Sayuran Tetap Sehat

8 comments

Tips Jitu agar Keluarga Konsumsi Beragam Sayuran dan Tips Mengolah Sayuran Tetap Sehat

Sangat sering dijumpai ibu-ibu mengeluh karena sang buah hati tidak suka makan aneka sayuran. Padahal di masa pertumbuhan anak-anak butuh kecukupan gizi dan mineral yang terdapat pada sayuran. Kandungan mineral sayuran yang satu dengan sayuran yang lain tentu berbeda-beda itu sebabnya kita sangat dianjurkan untuk konsumsi beragam sayuran.

Ada cara atau tips jitu agar keluarga konsumsi beragam sayuran. Cara ini sudah di uji coba dalam keluargaku dan alhamdulillah berhasil. Sangat sayang rasanya bila tak dibagikan mungkin cara ini juga bisa diterapkan pada keluarga lainnya atau keluarga pembaca setia blog jejak maya.

Sebagai koki keluarga aku berusaha untuk yang terbaik bagi keluargaku terutama buah hatiku demi tumbuh kembang, kesehatan dan kecerdasan yang akan menjadi bekal untuknya di masa mendatang.

Tips jitu agar keluarga konsumsi beragam sayuran ala koki jejak maya yaitu :

1. Sop Sayuran

Sebagai koki keluarga harus tahu apa kesukaan dalam anggota keluarga. Sop adalah kesukaan keluarga. Maka secara berselingan sediakan sop dengan paduan sayuran yang beragam. Sop tidak selalu dengan wortel dan buncis, tapi bisa dipadukan dengan kol, bunga kol, brokoli, kacang merah, tauge dan jamur.

Dengan berganti-ganti paduan sayur dari sop bisa menghindari kebosanan sekaligus keberagaman sayuran yang dikonsumsi.

2. Cemilan

Membuat cemilan dengan bahan olahan yang mengandung sayuran, misalnya saja : bakwan dengan tauge dan wortel, bakwan dengan buncis yang dirajang halus dipadu jagung manis yang sudah diserut dari bonggolnya, tahu isi yang diisi dengan sawi dan wortel, resoles dengan isian labu siam yang sudah diserut halus.

Keripik bayam juga bisa dijadikan alternatif menyesiasati agar sikecil makan bayam lewat keripik bayam ini.

Pada dasarnya butuh kreativitas sang koki keluarga agar keluarga tidak monoton dengan cemilan yang itu-itu saja.

3. Satu macam sayur yang terdiri dari aneka bahan sayur

Maksudnya begini, sebaiknya dalam satu macam atau satu porsi sayur sudah terdiri dari aneka sayuran.

Seperti sayur lodeh, sayur lodeh biasanya bisa terdiri dari terong, kacang panjang, labu, waluh atau labu kuning, ini sangat efektif dari pada memasak satu macam sayur hanya dengan satu bahan sayuran.

Sayur asam, tumis campur-campur, gulai bobor dan masih banyak jenis sayur yang bisa disajikan untuk keluarga yang dalam satu sajian sudah mengandung atau terdiri dari aneka bahan sayur. Semakin beragam bahan sayur itu semakin baik, silahkan variasikan bahan-bahan sayur agar sedap dilidah dan semanarik mungkin cara penyajiannya.

Satu porsi sayur menurut angka kecukupan gizi adalah satu cangkir kecil tanpa kuah dan menurut angka kecukupan gizi sebaiknya dalam satu hari mengkonsumsi enam macam bahan sayuran.



Contoh menu sehari-hari :

1. Sarapan pagi dengan nasi, tumis wortel+buncis+kol, sepotong tempe( (50gram), telur dadar.

2. Makan siang dengan nasi, sayur asam, tahu bacem dan ikan goreng.

3. Makan malam dengan nasi, sop sayur, pergedel atau ayam suwir.

Tambahkan buah (jus buah) dan susu sebagai penyempurna menu harian. Sayur tidak harus yang mahal yang penting kwalitas atau kesegarannya serta pengolahannya yang benar untuk menjaga agar mineral dan vitamin dalam sayur tidak rusak.

Tips Mengolah Sayuran Tetap Sehat:

Tips mencuci sayur
: cuci sayur yang bersih sebelum dipotong-potong agar vitamin dalam sayur tidak terbawa air saat pencucian.

Tips memasak sayur :

1. masak sayuran jangan terlalu matang karena bisa merusak vitamin dan mineral yang ada pada sayuran.
2. masak sayur sesuaikan dengan porsi dalam keluarga untuk menghindari menghangatkan sayur (sayur yang dihangatkan akan mengurangi bahkan merusak zat gizi yang ada pada sayur)

Demikianlah Tips Jitu agar Keluarga Konsumsi Beragam Sayuran dan Tips Mengolah Sayuran Tetap Sehat semoga ada manfaatnya. Sekedar berbagi pengalaman sederhana.

Orang lain boleh menilai kesuksesan adalah melimpahnya materi, tapi tak sedikit orang yang merasa sukses karena bermanfaat bagi orang lain.


Tips dan Trik : Tips Jitu agar Keluarga Konsumsi Beragam Sayuran dan Tips Mengolah Sayuran Tetap Sehat

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

8 comments:

  1. Yaa!, Terkadang makanan sehat yang kita berikan untuk sang buah hati tercinta selalu ditolaknya bahkan sulit untuk yang namanya makan teratur..

    Dan trik diatas mungkin bisa jadi cara dalam hal mencampur makanan atau sayuran, bahkan buah sekaligus untuk menjadi multi fungsi dalam satu tempat guna mendapatkan gizi yang sempurna..😃😃

    ReplyDelete
  2. Waaah, penting ini... karena saya termasuk suka banget aneka sayur, baik yang sekedar dikukus saja maupun dimasak dengan berkuah maupun model osen-oseng atau tumis. Makasih banyak share-nya ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  3. Siip, mengonsumsi sayur emang kadang mesti dipaksaan karena manfaatnya banyak, tapi dengan kreatifitas sang pemasak, kadang sayur jadi menu yg menggairahkan utk disantap

    ReplyDelete
  4. dari dulu saya sudah terbiasa makan sayur..soalnya bapak saya petani.
    tapi jaman makin kesini malah adik saya yang keliatan kurang suka sayur..hihi..
    tipsnya membantu nih, nanti bisa dipraktekkan

    ReplyDelete
  5. dibuat perkedel paling maknyoos

    ReplyDelete
  6. Kebetulan dari kecil suka banget sama sayur, kurang lengkap rasanya kalau makan tanpa sayur meski tetap makan juga sih walau gak ada sayur.. Dan anak2 pasti akan senang makan sayur kalau ibunya bisa kreatif mengolahnya dan tips ini bisa aku ingat nanti buat kusampaikan ke istri agar selalu masak sayur hahaa (kok aku jadi ngayal ya)..

    ReplyDelete
  7. Aku masak 2x mb dlm sehari..pagi sama sore.

    Variasinya ini aku yang mesti bljr. Makasih tips nya yaa

    ReplyDelete
  8. Menyajikan makanan terutama sayuran secara bergantian dan bervariasi bisa menghilangkan kejenuhan terutama pada anak-anak, tips yang cukup jitu ya neng...

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu