Tuesday, October 24, 2017

Standing Party dan Semi Standing Party

12 comments

Standing party dan semi standing party.

Standing party adalah acara dengan jamuan makan dimana undangan atau tamu yang hadir menikmati jamuan dengan sambil berdiri, dari awal undangan hadir di pesta ini hingga pesta berakhir dengan berdiri.
Standing party tidak menyediakan tempat duduk atau kursi. Kebayangkan capenya hehe ....

Meskipun waktu untuk acara standing party tidak terlalu lama umumnya satu sampai dua jam selesai makan pulang, ada baiknya kamu memikirkan alas kaki yang membuat kamu nyaman untuk berdiri, maksudnya sendal atau sepatu yang memiliki hak tinggi (High Heels) dalam jamuan standing party tersebut perlu untuk dipertimbangkan (*pengalaman pribadi).

Standing party biasa digunakan untuk acara-acara informal yang biasanya untuk menjamu undangan yang banyak jumlahnya.

Dimana tamu atau undangan menikmati makan dan minum sambil berdiri karena tidak ada tempat duduk atau kursi yang disediakan dalam acara jamuan makan tersebut.

Mengapa menggunakan ala standing party?

Tujuan utama pada umumnya untuk menghemat space ruangan yang tersedia. Dengan standing party lebih memunculkan kemeriahan pesta. Rangkaian acaranya juga tidak banyak, seperti sambutan-sambutan sangat simpel.

Sekarang jamuan acara pernikahan atau wedding sudah banyak yang menggunakan jamuan makan ala standing party alias sedang trend.

Standing party sangat cocok untuk undangan atau tamu-tamu yang berusia muda. Karena standing party tidak menyediakan tempat duduk bagi yang berusia tua atau lanjut usia tentu akan kerepotan. Terutama saat menikmati makanan.

Untuk alat-alat makan juga tidak disediakan lengkap pada umumnya hanya disediakan sendok dan piring saja. Bayangkan kalau lengkap dengan garpunya, nggak kepakaikan? Undangan makan sambil berdiri tangan satu memegang piring tangan yang lain memegang sendok, begitu gambarannya.

Kalau tetap ingin ala pesta standing party namun undangan menyertakan mereka yang sudah berusia atau tua masih bisa mengadakan jamuan makan dengan ala standing party, yaitu semi standing party.

Semi standing party ini menyediakan kursi walau tidak banyak. Umumnya hanya sedikit katakanlah sederet kursi yang hanya diperuntukan bagi mereka yang sudah lanjut usia.

Jadi tak perlu berkecil hati ya, solusi bagi yang ingin mengadakan jamuan makan dengan ala standing party, tapi undangannya ada yang sudah lanjut usia masih bisa, yaitu semi standing party.

Penting juga untuk menyediakan petugas kebersihan yang banyak dan cekatan karena piring kotor bekas undangan atau tamu berserakan dimana-mana begitu juga dengan sampah. Undangan biasanya meletakkan disembarang tempat, jadi petugas kebersihan tidak sekedar banyak, tapi terus bergerak mengantisipasi penumpukan sampah dan piring kotor yang mungkin tergeletak disembarang tempat.

Beberapa kali hadir dijamuan ala standing party memunculkan ide tulisan ini.

Kalau aku ditanya apakah aku ingin mengadakan jamuan makan dengan ala standing party dan semi standing party?

Jawabnya :

Nggak deh. Kasihan lihat undangannya pada cape berdiri. Lagian banyak undangan yang datang tidak ikut menikmati hidangan yang disediakan, alasannya tidak biasa makan sambil berdiri hehe ....

Menurut pengamatan pribadi saja jamuan makan ala standing party dan semi standing party meskipun sudah menjadi trend kurang begitu diterima dikalangan masyarakat yang mengedepankan etika, baik tata cara makan maupun tara cara budaya ketimuran.

Ya untuk yang menyukai ala standing party dan semi standing party itu adalah hak masing-masing aku tidak ingin memperdebatkannya, selama aku di undang dan memang aku bisa datang aku tetap datang kok, nyatanya aku bisa menuliskan artikel tentang standing party, karena aku memang pernah hadir bahkan jadi panitia juga pernah. Tulisan ini terinspirasi setelah beberapakali ikutan di acara ala ini, setelah mengamati rasanya aku kurang sreg dengan ala standing party ini.

Kalau pembaca gimana?
Inginkah membuat acara dengan ala standing party dan semi standing party?
Jawab dong di kolom komentar sekaligus alasanya mungkin bisa jadi referensi buat pembaca.
Terima kasih waktunya.


Wassallam.




Note Maya : Standing Party

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

12 comments:

  1. waw, desain dan dekornya indah banget ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. desain dekor sesuai selera bisa gaya etnik, modern atau gabungan keduanya
      sekarang banyak paket yg ditawarkan yang penting budgetnya

      Delete
  2. Saya kira party kaya dugem mba :D hehe
    Kalo pake ala standing party jadi lebih irit tempat ya mba,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung party apa dulu
      kalau yang di postingan party wedding

      irit tempat karena nggk ada kursi, jadi berdiri, mondar mandir kira-kira gitu deh

      Delete
  3. Secara singkat bisa dikatakan kalau standing party itu acara jamuan makan sambil berdiri ya neng, saat ke undangan pernikahan kerabat atau saudara juga biasa begitu sih, hanya saja gak tahu apakah itu ternmasuk standing party atau bukan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia undangan dari awal sampai pulang makan minum ya berdiri sebenarnya ini gaya yang diambil dari luar

      Delete
  4. walimahan yang bikin pegel badan, sama mbak aku ga mau bikin acara beginian.. mending mahal dikit buat tambah kursi tamu undangan biar nyaman dan nyunnah hihi..

    ReplyDelete
  5. Standing Party...yaa!! Sebenarnya acara yang memakai sistem seperti ini lebih enak bila ada acara temu kangen atau reunian teman sekolah atau kuliah yang hampir beberapa tahun tidak bertemu. jadi yang sakin kangennya nggak berasa berdiri seharian Haaahaaa!! 😂😂😂

    Coba kalau acara repsepsi pernikahan bergaya standing party waaah!! Kebayang kaya apa pegalnya haahaaa!! kalau datangnya nggak bawa amplop yang biarin haaahaaaa!!! 😂😂😂😂


    Tak kira Standing Pouch mbak Mhay...kalau itu merek plastik ditokoku banyak ...😂😂😂😂 lha jadi ngelantur..😃😃

    ReplyDelete
  6. Dan malam minggu kemarin saya pun menghadiri pesta pernikahan ala standing party tersebut. Betul2 capek dan pegel kaki berdiri selama 2 jam..😪

    Masih enakan kondangan di pedesaan yang menyediakan kursi..😂

    ReplyDelete
  7. 😀mmNg leBih nyaman yang ada tempat duduknya mba.. bnr2 bisa meNikmati makanan. Apalagi klo bawa anak keCil..nggak mungKin kan bisa makan sambil.berdiri?

    Biasanya klo aku datang ke pesta nikahan yang kursinya dikit..miSal nggak dapat tempat duduk..aku nyari ke luar geDung mba..asal bisa duduk aja.

    ReplyDelete
  8. Sama mbak saya juga kurang setuju dengan Standing Party maupun yang Semi. Soalnya banyak ruginya, terutama bagi tamu, pegal dan lain sebagainya. Tapi kita tetap harus menghormati juga kalau misal mendapat undangan dari acara tersebut karena mereka juga pasti mempunyai alasan khusus, terutama artis misalnya mungkin mereka takut bajunya kusut, karena harus tampak rapi saat foto2, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  9. Ato mungkin disiapin tikar buat duduk lesehan, daripada berdiri. Hehe

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu