Wednesday, October 11, 2017

Sering Dapat SMS Penipuan

25 comments

Sering dapat SMS penipuan, tulisan ini terinspirasi di chat grup WA Famili. Isinya ya keluarga semua. Sebagai alat komunikasi antar keluarga dan berbagi informasi sederhana saja. Ini dimaklumi karena keluarga besar dengan letak yang berjauhan, ngumpul juga jarang hanya bisa sebulan sekali itu pun kadang yang bulan kemarin datang bulan ini berhalangan hadir ya begitu deh ....

"Aku sering dapat SMS penipuan atau mungkin ada yang sama juga pernah dapat SMS yang di duga penipuan?" Begitu tanya salah seorang anggota keluarga di grup.

Jawabnya, iya .... Rata-rata menjawab iya. Akhirnya rame tuh grup hehe .... Hampir semua on membalas chat.

Aku juga sama kerapkali dapat SMS yang di duga penipuan. Beruntungnya aku tidak bisa percaya dengan yang begituan. Ya jelas dong kalau kita mau lebih teliti SMS yang di duga penipuan itu bisa terbaca oleh akal kita.

Setelah chat grup mereda aku coba deh cari tahu di google. Ternyata sudah banyak yang membagikan postingan tentang sering dapat SMS penipuan. Akhirnya dengan niatan tulus agar lebih banyak lagi orang yang terlindungi dari SMS yang berisi dugaan penipuan ini aku ikutan berbagi juga tentang hal ini.

Ini aku punya tiga SS (secara tidak sengaja belum terhapus loh SMS ini di handphoneku) yang sengaja aku share sekedar informasi saja agar kita tidak mudah tergoda dengan iming-iming hadiah yang renyah gurih bagaikan kacang goreng saja. Sebenarnya kalau aku rajin menyimpannya sudah banyak SMS yang di duga penipuan ini dari yang mama minta pulsa, trasfer uang karena adikmu butuh uang untuk pengobatan, bahkan ada juga minta transfer uang karena sedang berada di kantor polisi. Pokoknya sejenis itulah SMS penipuan yang bisa dikenali karena seringnya dapat.

🎀🎀🎀




🎀🎀🎀




🎀🎀🎀




🎀🎀🎀


Atau bila kamu punya waktu dan dapat SMS penipuan segera laporkan saja ya beb ....

Kepala Departemen Perlindungan Konsumen, Anto Prabowo mengimbau untuk kita semua khususnya kepada seluruh masyarakat untuk segera melaporkan saja jika mendapati tindakan dugaan penipuan melalui SMS tersebut kepada Otoritas Jasa Keuangan Konsumen (OJK).

Dan jangan lupa ya, sertakan juga screen capture SMS yang di duga penipuan tersebut, kemudian kirimkan hasil screen capture via email ke alamat :

konsumen@ojk.go.id

Dan juga bisa menghubungi layanan FCC (Financial Customer Care) OJK di nomor telepon 1-500-655.

Nah tujuannya dengan adanya laporan masyarakat tentang hal tersebut maka hal ini diharapkan akan bisa mencegah orang lain untuk terkena tindak penipuan.

Kesimpulannya :

1. Berhati-hatilah karena modus penipuan sangat beragam jangan mudah tergoda dengan iming-iming hadiah.

2. Kalau SMS musibah jangan panik duluan melainkan teliti dulu, cek kebenarannya. Jangan asal transfer.

3. Jangan sungkan untuk banyak bertanya demi keselamatan dan kebaikan bersama.

Akhir kata, semoga catatan atau tulisan ini ada manfaatnya dan semoga kita semua pembaca dimanapun berada selalu terlindungi dari tindakan penipuan atau kejahatan dalam bentuk apapun. Dan semoga Allah membukakan puntu hati bagi yang khilaf dan menujukkan jalan kebenaran baginya. Mohon maaf untuk kata dan penulisan yang mungkin tidak berkenan dan kepada Allah admin mohon ampunannya.
Wassallam


Note maya : Sering dapat SMS penipuan

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

25 comments:

  1. Sama, saya juga sering dapte hadiah.Hadiahnya gak nanggung-nanggung lho, tapi gak pernah saya ambil. Kalau saja saya ambil semua, sekarang sudah kaya kali. Sayangnya cuma tipu-tipu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, komentar bapak mirip dengan candaan kami di grup family "hadiahnya disedekahkan pada pihak penyelenggara"

      Delete
    2. Kalau betulan hadiahnya mau kagak ??

      Delete
  2. Kalau dapat sms kayak gini sering juga sih aku menerimanya, tapi semua aku abaikan. Ya kita doakan saja semoga orang yang melakukan kejahatan ini (sms penipuan) segera bertobat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas Jen diabaikan bagi kita yang paham hal ini, kasihannya kalau kena orang yang lagi apes, melas tenan,

      ya semoga semakin banyak yg mendoakan Allah membuka pintu hati mereka yg khilaf

      Delete
  3. Kalau saya sering dapat SMS dari gadai-gadai BPKB, aduh rasanya terganggu sekali. Tengah malam atau jam sibuk, dapat pesan seperti itu pening dan bikin emoasi. Atau mungkin itu gadai-gadi tahu jika saya lagi tidak punya duit.
    Itu gambar kurang besar, sehingga pesan sms nya sulit terbaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya SMS yg begitu memang muncul di waktu yg strategis
      Betul bikin pusing tuh
      Jadi dpt SMS kalau menggadaikan BPKB hubungi saya gitu ya? haha

      Delete
  4. Hai, mbak Maya. Aku juga sering dapet sms tepu-tepu gitu. Ganggu banget deh. Padahal hati udah berdebar-debar denger dering ponsel, aku pikir dapet sms dari gebetan.. gak taunya sms ga penting beggini... *eh curhat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai sayang, haha.... berdebar-debar kirain si dia ya, ternyata penipu walah jengkelnya
      curhat nggak apa kok

      Delete
  5. sha juga sering mbak, tapi yang basi-basi giutlah minta pulsa apa bayar kos, bpkb gitu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. SMS nya sok akrab gitu ya haha .... Yang pasti modus bisa dikenali kalau itu penipuan

      Delete
  6. Dulu boss saya pernah jadi korban, gara2 percaya sms model beginian, berlanjut telpon-telponan.. Akhirnya kena deh kirim pulsa sampai ratusan ribu, seperti kena hipnotis mau aja ngikutin perintah si penelpon.

    ReplyDelete
  7. Tapi, ada kabar baik, mulai 31 Oktober seluruh nomor hp harus daftar ulang menggunakan NIK dan nomor KK, jadi gak bisa asal-asalan, para pelaku penipuan pasti akan kesulitan dengan aturan baru ini.

    ReplyDelete
  8. saya juga sering mbak, jadi apal malah..jenis-jenisnya apa aja

    ReplyDelete
  9. padahal saya mah sering minta pulsa ke nomer anak gadis atau ibue, tapi mereka kok ya nggak pernah merasa tertipu sih?

    ReplyDelete
  10. Saya juga sering dapet gitu mba..
    Awalnya sering tak balas...tak kerjain ganti maksudnya, tp lama2 tak dicuekin..

    Lagian sekarang jarang cek sms..jarang punya kuota yang non data

    ReplyDelete
  11. Dari gaya bahasa sms nya di tambah lagi nomor kode wilayah pengirimnya dari situ sudah kelihatan itu bukan sms dari keluarga kita.

    ReplyDelete
  12. saya sering mendpatkan sms penipuan begitu. bahkan teleponpun sering. bisa saya laporkan saja kalo begitu

    ReplyDelete
  13. terima kasih sudah mengingatkan, saya sering banget dapat ini.. apalagi kadang pas nunggu nomor rekening dari seller, terus dateng sms "transfer aja ke Bank Rek xxx" kotar katir dah T.T

    ReplyDelete
  14. ak juga pernah dapat SMS penipuan Kayak gitu mbak, di telp penipu pun juga pernah, untung ak tidak gubris. jadi tidak kenak deh, hehe

    bermanfaat tu informasinya mbak, makasih,

    ReplyDelete
  15. aku juga sering dapet gini
    malah kadang aku suruh BW ke blogku mbak hehe

    ReplyDelete
  16. Sering mba, bahkan sampe di telpon, untungnya ga kegoda dengan rayuan nya, hehe

    ReplyDelete
  17. jangankan sms mbak, saya sering ditelpon nomor misterius yang mengatasnamakan pemenang undia hadiah. Gak tahu nih nomorku kok langganan banget hal penipuan kayak gini yah. Tapi karena keseringan saya cuek aja sih, kadang kalau bosen malah nemenin si penelpon itu. Jahil dikit sih.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu