Tuesday, October 3, 2017

Resep Bihun Kuah Rasa Istimewa

29 comments

Resep Bihun Kuah Rasa Istimewa

Bihun kuah rasa istimewa tanpa saos

Hai, hai .... Ketemu lagi di dapur maya . Mau menyajikan masakan yang istimewa untuk keluarga tercinta intip dapur maya ya, hehe ...., duh May pede amat gayamu.

Beberapa hari ini dapurku sepi dan dingin karena sang koki sibuk on the way, oalah ini lagi bahasa mana tuh May? Wes poko'e hari ini aku mau bagi resep dadakan, yaitu resep bihun kuah rasa istimewa.
Dadakan piye toh May? Hehe, maksudnya masaknya mudah dan tidak pakai ribet, gitu loh!

Kemarin sore cuaca di daerahku dingin banget, aslinya emang daerahku adem jadi kami tidak butuh pendingin ruangan tinggal di sini. Udaranya sejuk, suasananya nyaman, tetangga yang ramah so pasti dong lingkungannya sangat aman dan menyenangkan.

Sore ini hujan lumayan deras jadi cuaca tambah dingin. Daerah tinggalku dikelilingi oleh bukit dan gunung, tapi aku tetap bangga dan betah alias kerasan tinggal di sini.

Pada saat cuaca bertambah dingin biasanya sweter akan semakin melekat mendekap hangat tubuhku dan butuh makanan dan minuman sebagai penghangat tubuh.

Seperti biasa kopi robusta menjadi pilihan dan minuman penghangat yang diandalkan. Sebagai alternatif lain biasanya keluargaku juga menyajikan wedang jahe. Oh ia, bubuk jahe instan buatan Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di daerahku sedap dan nikmat.

Terus kapan masak dan berbagi resep bihun kuah rasa istimewa May? Dari tadi kok nggk dimulai.

bihun kuah dengan saos

Duh maaf nih kalau sudah ngomongin daerah tempat tinggalku rasanya tak bisa berhenti. Aku terlalu bangga nih dengan daerahku maafin ya .... Nah cuaca yang dingin sangat cocok kalau makan bihun kuah rasa istimewa ini untuk menghangatkan tubuh.

Ok kita mulai dengan bahan-bahannya dulu ya ....

bihun kering sebelum diseduh

1 mangkuk sedang atau 100 gram bihun kering
1 butir telur ayam ( telur bebek juga boleh)
10 butir bakso ayam (bakso sapi juga boleh) kebenaran aku sedang ada stok bakso ayam di kulkas
1 buah wortel sedang besarnya
1 mangkuk kecil kol atau kubis yang sudah dirajang halus
Minyak goreng untuk menumis


Bumbu yang diperlukan :

Lada halus secukupnya
Bawang putih 2 siung
Bawang merah siung
Garam secukupnya


Untuk taburan :

Bawang goreng
Daun seledri iris halus


Bahan pelengkap :

Kecap manis
Saos cabe
Saos tomat


Bakso ayam

Cara membuatnya :

1. Panaskan wajan atau kuali, beri sedikit minyak, ceplokan telur setelah warna mulai putih orak arik sebelum teksturnya mengeras, angkat lalu sisihkan.
2. Wortel dibersihkan dan diiris sesuai selera.
3. Seduh sebentar bihun kering dengan air panas lalu tiriskan.
4. Bawang merah dan bawang putih diiris halus kemudian tumis dengan menggunakan sedikit minyak.
5. Setelah bawang harum masukkan sayuran kol dan wortel tuangi air tunggu hingga sayuran lunak.
6. Tambahkan bakso ayam dan telur orak arik masukkan bihun terakhir tambahkan garam dan lada, boleh cicipi untuk menambahkan rasa yang kurang, pas, kemudian angkat.
7. Tuang dalam mangkuk saji, taburi daun seledri dan bawang goreng.
8. Bagi yang suka kecap dan saos cabe, tomat tambahkan saat akan menyantapnya. Heeemmmm ..... Nyummmiiii ... Santaplah selagi hangat maka tubuh akan berkeringat dan sehat.


Bagaimana cara membuat bihun kuah rasa istimewa ini? Sangat mudah dan bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Tertarik ingin merasakan kelezatannya? Silahkan dicoba resep bihun kuah rasa istimewa dan rasakan keistimewaannya.

Ok, selamat mencoba salam hangat dari Maya dan masaklah dengan perasaan cinta itu keistimewaannya. Ok cinta damai selamanya.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

29 comments:

  1. Saya paling suka bihun, enak sekali rasanya. Ditambah bakso ayam, sungguh luar biasa gurihnya. Niknat tenan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bihun emang enak, bihun kuah atau bihun goreng sama enaknya

      Delete
  2. Bisa kirim ngga satu porsi ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggk bisa, buat aja itu ada resepnya hehe

      Delete
  3. Apapun yang disajikan neng Maya selalu istimewa, begitu juga dengan resep bihun kuah ini. Dimasak dengan penuh rasa cinta ❤ suasana dingin yang menghampiri berubah menjadi kehangatan yang sangat menyenangkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyajikan apapun dengan penuh rasa cinta akan terasa istimewa bagi keluarga
      walau dengan bahan yang sederhana

      Delete
  4. Halo saya terkesan dengan tulisanmu penyampaian yang hangat n bersahabat saya yakin masakan yang dimasak dengan penuh rasa cinta tentu sangat istimewa
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga
      Saya menulis tanpa beban, tulus berbagi dan saya ingin bahagia, karena saya yakin kalau saya tulus orang lain pasti akan turut merasakannya

      Delete
  5. istimewa banget ini mah mbak, bikin glekglek pengen baso pagi2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Istimewa karena dari hati sayangku, datang ke rumah masih banyak stok baksoku hehe ...

      Delete
  6. Mie bihun paling enak dimakan selagi hangat, apalagi ada campuran bakso.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah betul kalau sudah dingin nikmatnya akan berkurang, bakso memang banyak penggemarnya

      Delete
  7. Pas banget kalau disajikan kalau lagi dingin dingin habis hujan kalau ditambahin kemiri sama saus tiram le bih enak lagi tuh mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di daerahku sudah mulai sering turun hujan, mie atau bihun kuah jadi andalan penghangat
      tambah kemiri akan aku coba kapan- kapan

      Delete
  8. Bihun kuah dan goreng adalah salah satu makanan kesukaanku, biasanya aku sering beli kalau sore. Kebetulan disini ada resep dan cara memasaknya.., jadi langsung bisa praktek bikin sendiri bihun kuah di rumah.., hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicoba mas Jen, tapi yang praktis emang beli yang sudah siap santap jadi nggk repot

      Delete
  9. Wah... Baksonya itu, lho yang bikin "WOW" :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin banyak baksonya makin wow deh

      Delete
  10. Kalo ibuku bihun paling buat soto,
    Boleh juga nih buat tips masakan baru buat ibu :D

    ReplyDelete
  11. hhhhmm..nyaam nyaamm..pengen nyoba bikin

    ReplyDelete
  12. Ntar deh saya kasih tunjuk ke Nyonya besar, soal ginian ane kagak paham mbak. Pokok terima jadi.hahahaha

    ReplyDelete
  13. Mantap. Terima kasih bu atas resepnya

    ReplyDelete
  14. Kok pas banget kondisinya, Mbak. Pas buka jejakmayaku, pas lagi nahan lapar. Lg nungguin istri masak bakmi :))

    ReplyDelete
  15. perpsduan bihun dan pentol sangat menggoda

    ReplyDelete
  16. Dingin2 makan mie..
    Mantap mba.mie ini kalau anakku favorit bngt sama mie bihun

    ReplyDelete
  17. suka bangettt sama bihun, di jogja jarang banget yang juall kebanyakan bakso sama nasi nasian doang :(

    ReplyDelete
  18. Belum pernah bikin bihun kuah. Selalu bihun goreng dengan taburan bawang goreng. Perlu dicoba resep bihun kuahnya.

    ReplyDelete
  19. wah menarik nih, biasanya bihun di goreng biasa aja, eh ini pakai kuah :D

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu