Tuesday, October 31, 2017

Orak arik Tempe Kemangi

17 comments

Orak arik tempe kemangi



Orak arik tempe kemangi adalah sambal kering tempe dengan menambahkan daun kemangi pada saat menumis bumbu-bumbunya. Rasanya cukup unik ada rasa asam segar, manis dan aroma kemangi yang menonjol menjadi paduan rasa yang sangat menggugah selera. Sangat cocok bila disajikan sebagai hidangan pelengkap saat santap pagi, siang dan malam hari bersama keluarga tercinta.

Penghujung bulan bunda hebat tetap bisa menyajikan sajian istimewa untuk keluarga tersayang. Tempe adalah sumber protein nabati yang sangat baik untuk pertumbuhan si kecil. Orak arik tempe kemangi bisa menjadi pilihan resep istimewa bagi buah hati, tentunya dengan tetap memperhatikan seleranya, jangan terlalu pedas agar si kecil bisa ikut menikmati sajian bunda yang sangat istimewa ini.

Perhatikan juga cara penyajiannya agar sedap di pandang mata dan si kecil tertarik untuk menikmatinya. Bunda cerdas selalu punya tips menarik agar si kecil mau menikmati masakan bunda.

Jejak maya sudah tak sabar ingin berbagi resep rumahan orak arik tempe kemangi ini.
Silahkan di simak ya....

Bahan utama :



Satu mangkuk tempe yang sudah di potong memanjang lebih kurang dua ruas jari orang dewasa.

5-10 lembar daun kemangi yang masih segar

Minyak goreng secukupnya

Bumbu-bumbu yang dihaluskan :

2 buah cabe merah
2 buah tomat besar
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah

Bumbu pelengkap :

2 ruas jari orang dewasa lengkuas cukup dimemarkan (geprek) saja
Air asam jawa dua sendok makan atau secukupnya
Gula semut atau gula merah secukupnya
Garam secukupnya
Penyedap rasa bagi yang suka

Cara membuat orak arik tempe kemangi :

1. Goreng dulu tempe yang sudah dipotong-potong, kemudian sisihkan

2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun kemangi, lengkuas, air asam jawa, gula semut, garam, penyedap rasa (bagi yang suka)

3. Setelah bumbu tampak mengental dan berbuih rasakan untuk mengetahui rasa yang perlu ditambahkan, mungkin gula dan garam belum dirasa cukup boleh ditambahkan, kecilkan api kompor kemudian saatnya kita masukkan potongan tempe yang sudah di goreng tadi ratakan agar bumbu rata sempuna pada potongan tempe.

5. Matikan kompor taruh orak arik tempe kemangi pada mangkuk atau piring saji, siap untuk disajikan dan dinikmati. Rasanya hem....
Sedap menggugah selera.

Note :

Orak arik tempe bisa di simpan dalam toples kedap udara untuk menjaga agar tetap renyah.

Gula semut adalah gula merah yang tidak dicetak jadi lebih praktis saat menggunakkannya bila dicampurkan pada masakan lebih cepat larut.

Gula semut ada dua varian, ada gula semut aren dan ada gula semut kelapa, banyak dijual di pasar modern dan tradisional.

Bagaimana bunda cerdas? Mudah ya untuk membuatnya bahan-bahannya juga mudah didapat dan dijamin mumer nggk bikin mumet di kantong hehe....
Selamat mencoba dan selamat berkreasi dengan masakannya.
Semoga bermanfaat.

Dapur maya : orak arik tempe kemangi

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

17 comments:

  1. Mbak, anak saya suka tempe orek ini..tapi belum pernah bikin yang pakai kemangi ..Saya nanti tambahin kemangi ah, pasti wangi
    Terima kasih resepnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gadis kecilku juga suka say, makannya lahap kadang dicemilin nggk jadi lauk makan orak arik tempe kemangi ini

      Delete
  2. ntar pingin coba buat ini deh, pake kemangi enak kayaknya..
    makasih mba resepnya sy coba yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di coba orak arik tempe kemangi biar makin wangi hehe

      hati-hati ketagihan

      Delete
  3. Favoritkuu

    Hampir tiap makan di warteg selalu lauk tambahannya itu kalo nggak terong balado ya tempe orek :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketahuan anak kos
      biasa makan di warteg hehe

      Delete
  4. mau dong neng maya di buatin hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, minta buatin sama teteh aja tuh di warung

      Delete
  5. Saya dulu pernah buat cuma terlalu garing dan asin, mungkin karna resepnya salah fatal, wkwk
    Tapi disini menemukan resep yang asli, save dulu mba maya, mungkin kapan" bisa coba lagi dengan ngikutin resepnya mba maya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlalu garing sampai gosong ya hehe, kalau terlalu asin itu tandanya kebanyakan kasih garam, masakan tanpa garam kurang sedap terlalu banyak garam ya keasinan
      selamat mencoba resep orak arik tempe kemangi ini

      Delete
  6. wastaga.. nasi panas.. mana nasi panaaaas.#Lapar

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru pulang ya? Nih piringnya dulu bentar lagi orak arik tempe kemanginya matang yang tadi pagi sudah habis haha

      Delete
  7. aku syka model gini apalagi yang basah mbak
    biasanya aku nemu di nasi campur
    tapi jarang banget yang ada gini
    enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resepnya supaya enak tunggu sampai lapar baru makan hehe

      Delete
  8. ini kan menu favorit sayaaa! segeeerr

    ReplyDelete
  9. Tentunya variasi orek tempe bertabur kemangi akan menambah selera makan ya neng, biar gak bosen dengan olahan tempe yang biasa-biasa aja, good job deh ah.. :)

    ReplyDelete
  10. Aku punya tempe dan aku punya kemangi. Makasih tips nya mba..bisa aku coba ntar sore

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu