Monday, October 9, 2017

Oleh oleh dari Tanah Suci Makkah

22 comments

Oleh-oleh dari tanah Suci Makkah



Oleh-oleh dari tanah suci Makkah siapa yang tidak senang mendapatkan buah tangan atau oleh-oleh? Pasti senang dong. Apalagi kalau dapat oleh-oleh dari tanah suci Makkah.

Sekedar berbagi kebahagiaan, karena temanku sudah kembali dari tanah suci Makkah menunaikan rukun Islam yang kelima, yaitu menunaikan ibadah haji.

Memang tujuan utama ke Tanah Suci temanku ini untuk menunaikan ibadah haji. Alhamdulillah beliau sekarang sudah kembali ke tanah air Indonesia dengan sehat selamat tak ada kurang suatu apapun.

Saat aku mengunjunginya beberapa hari yang lewat beliau tampak segar wajahnya bersih senyumnya ceria tergambar kebahagiaan dari binar matanya. Semoga temanku ini menjadi hajah yang mabrur, aamiin.

Dia juga sempat bercerita bahwa, beliau bisa melaksanakan semua rukun haji dan sunahnya dengan lancar tak ada kendala apa-apa, subhanallah ini adalah berita menggembirakan bagi kami kerabatnya yang ada di Indonesia, saat menunggu kepulangannya ke tanah air.

Nah selesai beribadah beliau menyempatkan membeli oleh-oleh dari Makkah untuk keluarga, kerabat , teman-teman yang ada di tanah air sebagai tanda berbagi kebahagiaan, tak ada salahnyakan?

Oleh-oleh dari Makkah tentunya sangat beragam, ada kacang-kacangan, coklat, aneka kurma (kurma nabi, kurma hijau, kurma basah) dan yang pasti air zam zam.

Ada juga souvenir, seperti perhiasan gelang, kalung, tasbih, gamis, syal, jilbab, peci, henna, sajadah, boneka unta dan kayu siwak.

Oleh-oleh dari Makkah yang aku dapatkan sangat istimewa tentu saja. Mau tahu yang beliau bawakan untukku? Sekedar berbagi kebahagiaan saja akan aku beri tahu oleh-oleh dari tanah suci Makkah yang beliau bawakan.

1. Jilbab

Semua tahukan dengan benda ini, ya betul jilbab atau kerudung yang umumnya digunakan oleh kami kaum hawa.

2. Henna

Beliau tahu aku suka memakai henna pada kukuku. Kuku akan terlihat cantik dengan warna merah kesukaanku.

3. Air Zam zam

Nah ini yang membuatku sangat terharu. Bagaimana tidak? Sebenarnya jatah pembagian air zam zam sudah ada bagi setiap jemaah haji, tapi beliau sengaja membawakan untukku air zam zam yang sudah di bawa tawaf. Ini membuatku sangat terharu.

4. Sorban

Ia dia memberiku sorban bermotif kotak-kotak berwarna merah marun. Bahannya lembut ringan tapi tidak menerawang, pokoknya bagus dan sangat halus.

5. Kurma

Beliau membawakan kurma spesial loh. Bukan yang biasa-biasa, kurmanya sudah tidak berbiji. Kurma dalam kemasan cantik berbentuk persegi panjang. Kurma ditaburi dengan kacang wijen. Bagian dalam kurma diselipkan kacang almond. Rasanya legit dan pulen saat digigit tekstur kacangnya tetap renyah. Paduan rasa antara legit dan gurih saat di kunyah, wah pokoknya beda deh rasaya luar biasa ....

Kelima oleh-oleh dari tanah suci Makkah ini sangat istimewa, tapi lebih istimewa lagi dengan kembalinya beliau berada ditengah-tengah kami berkumpul dalam keadaan sehat tiada kurang satu apapun, alhamdulillah.

Semoga Allah beri kesempatan kepada kita semua para pembaca dimanapun berada untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah aamiin ya Allah.


If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

22 comments:

  1. Amin.. Semoga kita semua bisa menunaikannya..

    Wah spesial sekali mbak dan istemewa, beda dgn oleh2 yg sering aku dapat, kurmanya kurma biasa dan bau farfum, apa karena ahlakku kurang baik ya jadi mendapat oleh2 yg kurang baik juga hihi.. tapi alhamdulillah juga sih aku masih di ingat kerabat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah rezeki dari Allah

      Kurma bau farfum itu mungkin saat pengemasannya kurma dan farfum dalam satu wadah

      berprasangka baik saja Jaey hidup ini indah

      Delete
  2. Yaa!! Apapun itu oleh2 dari tanah suci mekkah meski kita syukuri.. Namun pada intinya bagaimana agar kita bisa berusaha untuk dapat pergi kesana itu yang lebih penting ...Semoga terlaksana Amiinn!! 😃😃😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, apapun oleh-oleh yg kita dpt itu adalah anugerah dan rezeki dari-Nya dengan bersyukur nikmat akan bertambah

      Sama, kita sangat ingin untuk bisa berhaji ke tanah suci Makkah karena keridhaan Allah

      Delete
    2. Mas satrio tumben komennya betul, heemm.. pasti dia sudah berobat..

      Delete
  3. aku selalu menunggu air zam zam
    berkah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya air zam zam banyak kebaikannya

      Sesungguhnya air zamzam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.

      - HR. Muslim

      Delete
    2. hadist itu salah satunya
      dan pasti banyak lagi kebaikan dari air Zam zam

      Delete
  4. foto kurmanya menggoda,,kayak legit enak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang enak, legit, pulen kacang almondnya juga kranji

      Delete
  5. Aamiin mbak.
    Bahagia banget dibawain teman oleh2 spesial dari Makkah.
    Ntr kalau ke sana gantian kita yg bawain kali ya hehe aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah

      Semoga kita bisa beribadah ke tanah suci Makkah karena mengharapa keridhaan Allah dan bisa membawakan oleh-oleh utk kerabat sepulangnya nanti

      aamiin

      Delete
  6. Alhamdulillah, menyenangkan sekali dapat oleh-oleh khas dari tanah suci, ya, Mbak.
    Ada satu oleh-oleh berupa buah, yang kebanyakan lidah orang Indonesia kurang bisa berkarib dengannya, yaitu buah zaitun. Saya melahapnya dengan lezat, tapi teman-teman dan saudara-saudaraku tidak. Wah, jadi rezeki buatku deh. Aku lahap saja semuanya ... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah
      iya senang pak walau sebenarnya di tanah air kita sdh bisa mendptkannya dan membelinya di toko yg menjual khas kota suci Makkah, oleh-oleh tentu sangat istimewa
      saya suka buah zaitun, iya ada beberapa kerabat yg kurang familiar lidahnya hehe jd rezeki yg familiar dg buah zaitun ini
      seperti saya yg suka hehe ....

      Delete
  7. Aaamiin ya Allah... Semoga saja kita bisa seperti temannya yang sudah lebih dulu pergi haji ya mba. Dia nunggu berapa tahun sampe bisa pergi haji??

    Ternyata kurmanya agak beda dikit yah dari yang sering kita temuin di Indonesia, kayak yang dijual di Indomaret atau Alfamart, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, lumayan lama nunggu bahkan sempat penundaan waktu pengurangan kuota jemaah

      Ya beda dikit, entahlah mungkin sengaja utkku yang spesial kurmanya hehe ...

      Delete
  8. Kelima jenis oleh-oleh di atas memang identik dengan buah tangan khas dari tanah suci. Kurma salah satu favorit saya, kalau udah makan buah yang satu ini gak mau berhenti, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurma sang favorite, banyak khasiatnya, enak dan nagih mau lagi lagi dan lagi .... hehe

      Delete
  9. Moga yang diberi hadiah nantinya bisa juga "nyusul" dan berganti memberi oleh-oleh dari tanah suci...aaamiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ya bisa beribadah dan membawakan oleh-oleh utk kerabat di tanah air

      Delete
  10. Aku hajian tahun ini dapat peci, sarung, dan makanan tentunya. Tapi katanya kok dapat beli di Surabaya sini semuanya. Kecuali kalau yang berhaji keluarga, baru dapat barang dari arab saudi. xixixi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dapat oleh-oleh, masalah belinya di mana itu tidak masalahkan? hehe ....

      Delete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu