Saturday, October 14, 2017

Ngunduh Mantu Setelah Akad Nikah

12 comments

Ngunduh Mantu setelah akad nikah

Ngunduh mantu setelah akad nikah adalah acara yang diadakan oleh pihak keluarga pengatin pria. Acara ngunduh mantu ini dimaksudkan memboyong pengantin wanita kekediaman pengantin pria. Tentunya setiap daerah punya cara sendiri atau ritual yang berbeda-beda.

Sebelum acara ngunduh mantu atau lebih dikenal oleh masyarakat umum boyongan ada acara pendahulunya, yaitu akad nikah. Tujuan menikah adalah untuk mendapatkan ketentraman dan membentuk keluarga sakinah serta sebagai seruan untuk memikirkan tentang kebesaran Allah.



Alhamdulillah kemarin tepatnya dikediaman mempelai wanita tanggal 13 Oktober 2017 hari Jum'at telah dilangsungkan pernikahan putri kedua dari pak Mukhlis Basri bupati Lampung Barat. Prosesi sakral ini berlangsung hikmad dan lancar teriring doa kami "semoga diberi keberkahan dan kebahagiaan dalam mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah warrahmah. Aamiin yaa Rabbal alamiin."

Sehari sebelumnya tepatnya hari Kamis tanggal 12 Oktober 2017 telah diadakan acara pengajian dan doa bersama tak lain dan tak bukan tentu saja demi mengharapkan ridha dari Allah Subhanahuwataalla serta bersyukur atas karunia Allah yang tak terhingga. Dalam acara ini juga dilangsungkan acara sungkeman, yaitu permohonan doa restu dari calon pengantin wanita kepada ayahanda, ibunda, serta anggota keluarga lainnya.



Dan pada hari ini yaitu Sabtu tanggal 14 Otober 2017 acara ngunduh mantu yang diadakan dikediaman mempelai pria. Alhamdulillah acara juga berjalan dengan meriah dan sukses. Setelah akad nikah inilah pihak keluarga dari mempelai pria mengadakan acara ngunduh mantu. Jadi jelasnya ngunduh mantu setelah akad nikah dilaksanakan. Acara ngunduh mantu ini mengikuti adat Lampung. Pada prosesi ngunduh mantu ini pengantin pria dan wanita mendapat gelar adat sesuai dengan adat Lampung tentunya.



Inshaallah besok resepsi akan diselenggarakan di Novotel Lampung dengan konsep standing party.

Sesuai dengan judul dari postingan tentang pernikahan ini tidak lengkap rasanya bila postingan ini tidak dilengkapi dengan kalam-kalam ilahi tentang pernikahan. Berikut tiga ayat yang bisa ditambahkan untuk melengkapi semoga bermanfaat.

Kalam Ilahi tentang tujuan menikah adalah Tujuan menikah adalah untuk mendapatkan ketentraman dan membentuk keluarga sakinah mawaddah warrahmah.

1. QS. An Nuur ayat 32

‎وَأَنكِحُوا الْأَيَامَى مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَاء يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِن فَضْلِهِ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

"Waankihoo alayama minkum waalssaliheena min AAibadikum waimaikum in yakoonoo fuqaraa yughnihimu Allahu min fadlihi waAllahu wasiAAun AAaleemun."

QS. An Nuur ayat 32, yang artinya :

"Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu dan orang-orang yang patut kawin dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin maka Allah akan memampukan mereka dengan karunianya. Dan Allah Maha luas pemberian-Nya lagi Maha mengetahui.

***


2. QS An Nisaa ayat 1

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُواْ رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيرًا وَنِسَاء وَاتَّقُواْ اللّهَ الَّذِي تَسَاءلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا ‫﴿١﴾‬

"Ya ayyuha alnnasu ittaqoo rabbakumu allathee khalaqakum min nafsin wahidatin wakhalaqa minha zawjahawabaththa minhuma rijalan katheeran wanisaan waittaqoo Allaha allathee tasaaloona bihi waalarhama inna Allaha kana AAalaykum raqeeban."

QS. Surat An Nisaa ayat 1 yang artinya :

"Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya, dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

***


3. QS. Ar Rum ayat 21

‎وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

QS. Ar Rum ayat 21 yang artinya :

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir."

Akhir kata semoga Allah pertemukan jodoh yang saleh dan saleha bagi pembaca blog jejak maya tentunya ini khusus teruntuk yang masih single dan bagi yang sudah memiliki pendamping hidup semoga mendapatkan keluarga yang salinah mawaddah warrahmah serta mendapat keturunan yang sehat, saleh dan saleha.


artikel : Ngunduh mantu setelah akad nikah

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

12 comments:

  1. Wah pertama baca judulnya tak kira unduh download, hehe
    Amiin, semoga dengan membaca artikelnya mba maya saya ga jones lagi :D

    ReplyDelete
  2. Siip, penyantuman ayat-ayat ttg pernikahannya bisa dijadikan bahan mudzakarah tentang pernikahan

    ReplyDelete
  3. gambar paling atas .. asyeeeeknya diusung gitu.

    kalo di jawa barat, ada macam tu "helaran" arak2an bocah sunatan.

    Kapan2 saya ikut boleh mbak kondangan pejabat seru n khidmat acaranya.

    Buat kedua mempelai semoga Allah mempertemukan mereka dalam kebaikan.

    ReplyDelete
  4. Ngunduh mantu semacam adat istiadat tiap daerah ya mbak may ?

    ReplyDelete
  5. Doakan saya bisa begitu hhehehe... jomblo sih..

    ReplyDelete
  6. Amiin.. Amin, mbak..

    Kalau ditempatku sejak 2016 aku lihat semacam ada trend baru mbak, pokoknya semua acara dijadikan satu dan selesai satu hari, hehe

    ReplyDelete
  7. Dalam adat Mandar, ngunduh mantu sepertinya sama dengan "marola".

    Aamiin.
    Sukses, sehat dan bahagia selalu buat mba Maya.

    ReplyDelete
  8. sepertinya seru yah diajakin jalan keliling kampung kayak gitu. Semoga saya juga bisa kayak gitu pas nikah nanti.

    ReplyDelete
  9. Heeheee!! Jadi inget & serasa masih jadi pengantin baru baca postingan diatas..😱😱😱😳😳

    Yaa! Pada intinya setiap daerah atau punya tradisi berbeda-beda dalam hal ngunduh mantu..

    Tapi kalau dikota jakarta bilangnya ngendong nikah mbak Mhay heeheee!! 😊😊😃

    ReplyDelete
  10. Download mantu ceritanya ya mbak? *eh -_-

    Saya ucapkan selamat kepada kedua mempelai. Semoga dapat menjadi keluarga yang sakinah-mawaddah-warahmah. Aamiin ya Allah o:)

    Terima kasih juga atas doanya mbak Maya teruntuk pembaca blognya. Semoga saya dan teman-teman yang lainnya bisa diberi kesempatan untuk segera menikah. Aamiin ya Allah o:)

    ReplyDelete
  11. wah, pesta anak wakil bupati tapi standing party.. standing party kan ga nyunnah ya mbak?

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu