Friday, October 13, 2017

Mengusir Jenuh dalam Perjalanan Jauh

23 comments

Mengusir jenuh dalam perjalanan jauh.


Pernahkan melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan, baik itu kendaraan darat, laut maupun udara? Aku sangat yakin pernah. Perjalanan jauh untuk berbagai keperluan entah kepentingan keluarga atau kepentingan pekerjaan.

Perjalanan jauh dan membutuhkan waktu yang lumayan lama biasanya akan mendatangkan kebosanan atau kejenuhan. Kalau rasa bosan sudah datang perasaan jadi serba salah dan waktu semakin lama merambat tak ayal lagi perjalanan terasa semakin panjang saja rasanya.

Perjalanan yang tadinya menyenangkan dan mengasyikkan menjadi tak lagi mengasyikkkan. Membuat gairah menjadi hilang, wah, wah ini tidak boleh terjadi.

Sekedar mengingatkan saja, sebelum aku lanjutkan tentang mengusir rasa jenuh dalam perjalanan jauh ini, sebelum melakukan perjalanan sebaiknya biasakan untuk selalu berdoa memohon keselamatan dan tentunya mohon diberi kebaikan atau keberkahan dari Allah subhanahuwataalla. Ada doa yang sangat mudah diingat dan diajarkan pada admin sejak kecil, ini doanya :

“Subhanalladzi sakh-khorolanaa hadza wa maa kunna lahu muqrinin. Wa inna ilaa robbina lamungqolibuun. Allahumma innaa nas’aluka fii safarinaa hadza al birro wat taqwa, wa minal ‘amali maa tardho. Allahumma hawwin ‘alainaa safaronaa hadza, wathwi ‘anna bu’dahu. Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.”

Artinya :

“Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya. Sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon pada-Mu kebaikan, taqwa, dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga.”

Tips :
Simpan doa ini dalam catatan hanphone atau buatlah catatan yang selalu ada di dalam tas yang selalu dibawa berpergian bila belum hafal agar bisa dibaca saat hendak melakukan perjalanan.

Kita lanjutkan ya tentang mengusir jenuh saat dalam perjalanan, semoga bermanfaat.

Mengusir jenuh dalam perjalanan jauh bisa dengan cara ini :

1. Cemilan

Sebelum berangkat siapkan cemilan kesukaanmu. Selain bisa berhemat karena membeli cemilan dalam perjalanan biasanya harganya lebih mahal ada baiknya menyiapkan cemilan dari rumah.

Bawalah cemilan ringan yang bisa menambah energi yang terkuras saat dalam perjalanan juga bisa dijadikan pengusir rasa jenuh bila nanti rasa bosan datang menghampiri.

2. Ngobrol

Bila dalam perjalanan bersama keluarga atau teman manfaatkan candaan segar dengan sesama. Candaan bisa mengusir rasa bosan karena perjalanan yang memakan waktu lama.

Ngobrol dengan penumpang lainnya dalam kendaraan juga sangat efektif untuk mengusir rasa bosan. Selain mengusir rasa bosan kita bisa mendapat teman baru, asyikkan.

3. Membaca

Perjalanan panjang bisa dimanfaat untuk membaca bagi yang hobi membaca. Membawa buku bacaan dari rumah akan ada baiknya untuk mengusir jenuh dalam perjalanan jauh yang datang melanda.

4. Musik

Mendengarkan musik adalah cara asyik untuk mengatasi rasa bosan dalam perjalanan. Sentuhan nada-nada pilihan akan mendatangkan gairah dan mengusir rasa bosan yang datang saat dalam perjalanan jauh.

Musik dan lagu mampu mengusir rasa penat dan jenuh pun akan hilang.

5. Gadget

Bermain gadget bisa menjadi pilihan yang asyik. Bagi yang hobi bergame ria tentu saja cara asyik yang sangat cocok untuk mengusir kebosanan.

Gadget bisa juga gunakan untuk merekam suasana perjalanan. Buatlah rekaman seru-seruan untuk dikirimkan pada teman, keluarga atau mungkin pada sang pacar.

Ada yang ingin lihat hasil rekaman sederhana admin blog jejak maya saat dalam perjalanan mengusir jenuh dalam perjalanan jauh, silahkan durasinya singkat kok. Sekedar untuk seru-seruan lumayan hilangkan bosan.



6. Tidur

Dalam perjalanan bisa juga dimanfaatkan untuk beristirahat dengan memejamkan mata alias tidur. Tapi, hati-hati ya, tidur dalam kendaraan umum tentu sangat rawan dari tindakan kejahatan. Jangan sampai tidur membuat anda menjadi sasaran empuk orang yang khilaf. Karena kejahatan bisa saja terjadi disebabkan oleh kelalaian kita sendiri.

Akhirnya aku admin blog jejak maya mengucapkan selamat berakhir pekan semoga hari-hari pembaca selalu diliputi keberuntungan dan kebahagiaan selalu serta tentunya harapan aku postingan ini ada manfaatnya, mohon maaf untuk kata dan kalimat yang tidak berkenan karena kesempurnaan hanyalah milik Allah.


Artikel : Mengusir jenuh dalam perjalanan jauh

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

23 comments:

  1. Kalau saya lebih sering tidur bila melakukan perjalanan jauh, mba. Tapi tidurnya sambil mendekap tas biar aman, hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalau bisa tidur dan aman kenapa tidak tidur aja ya sekalian istirahat

      Delete
  2. Perjalanan jauh selain melelahkan juga menakutkan.
    Berdo'a itu harus.. tapi jangan lupa juga berdo'a biar si supir gk ngantuk, biar si supir tetap fokus, biar dia tetap sehat dalam perjalanan.

    Memang capek, tapi saya gk pernah tidur dlm perjalanan sejauh apapun.. Takutnya pas bangun Eh udah di dunia lain, serem kan? Hehe..
    Memang sih maut itu urusan Allah, tapi setidaknya kalau kita tidak tidur kan bisa melakukan sesuatu jika terjadi hal2 yang gimanaaa gitu. Misalnya mengucap : Allohu Akbar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doa penting dan harus ya De, mohon perlindungan kpd Allah

      Ya memang sulit untuk tidur dalam perjalanan, betul harus terbiasa dg kalimat2 toyibah bagus itu De

      Delete
    2. Tumben komenku betul semua, kaka lg sehat kan? Hehe..

      Delete
  3. Kalau saya kalau mudik seringnya membaca dan lihat lihat pemandangan dijalan kalau ada yang cakep saya foto.Ngemil malah jarang mba keculai kalau sudah dekat dengan tujuan ngeri masalah perut dijalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. siapa itu yang cakep dan mau di foto. aku curiga, jangan-jangan mbak-mbak yang suka ngasih .....


      ah, sudahlah. hehe. aku ngikut aja daaaaaaaaaaah....


      aku kalo lagi bosan pas dlm perjalanan biasanya tidur, kalo nggak ya ngobrol. yg jelas jangan sampe kita jadi nganggur gitu lah.

      Delete
    2. hehe, ambil posisi aman ya
      yang pasti buatlah serileks mungkin agar perjalanan menyenangkan

      Delete
  4. biasanya sih aku kalau jenuh itu main gadget, atau paling nggak usilin teman. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik ya main gadget
      biasanya aku juga gitu suka bikin keki yang nggk ikut dalam perjalanan hehe

      Delete
  5. kadang aku merasa ingin mengambil perjalanan jauh seorang diri, sekedar introspeksi dan mencari inspirasi, qiqiqii. Hal yang kucoba supaya tidak jenuh adalah membuat catatan apa saja yang terlintas di kepala. Baisanya tuh bisa menjadi ide ke depan, aku harus ngapain. Tapi, kalau melakukan perjalanan jauhnya dengan orang lain, contohnya keluarga, ya aku mending ngobrol atau tidur, karena kalau perjalanan jauh sendirian, aku enggak bisa tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung dengan siapa dulu ya teman dalam perjalanan
      Sama aku juga suka buat catatan biasanya utk ngisi blog atau catatan yg berhubungan dg ...,

      Delete
  6. Kalau aku malah senang jalan jauh untuk tetap melek terus ...entah itu pesawat,bus, atau kereta api... Biar dipaksain tidur juga tetap tidak bisa heehee!! 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku jarang bisa tidur, kecuali kalau sdh terlampau lelah tertidur tanpa disadari hehe

      Delete
  7. kalau perjalanan jauh mending tidur ekekekeke

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalau bisa tidur itu bagus sekalian istirahat, tapi tetap perhatikan kondisi keamanan

      Delete
  8. Kalo dimobil lebih suka tidur, tapi kalo di motor lebih suka nyemil, hehe

    ReplyDelete
  9. biasanya aku membaca buku jalan2
    jadi gak jenuh dan malah semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. membaca buku memang asyik dan cocok mengusir jenuh

      Delete
  10. trueee, kadang ngemil, lebih sering tidur, daan main hp dan bt pas nyampe hp mati hahaha

    ReplyDelete
  11. kalau saya lebih seneng naik sepedaan mbak, kalau jenuhnya nambah berat biasanya berenang di kolam umum. Itung-itung olahraga nyebur. Hehehe..

    ReplyDelete
  12. Biasanya musik dan buku paling ampuh mengusir rasa bosan buatku :)

    Salam kenal!

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu