Saturday, October 28, 2017

Manusia Cuma Bisa Berencana

9 comments

Manusia cuma bisa berencana, tapi Allah yang menentukkannya kita tidak bisa menyalahkan keadaan. Sudah direncanakan bahwa aku akan mendampinginya saat nanti gadis kecilku performe dalam mengisi acara muhadarrah di TPQ tempatnya belajar mengaji beberapa hari lalu. Di luar dugaan ternyata aku tidak bisa menemaninya bersamaan dengan waktu aku ada acara yang tidak bisa dihindari. Sedih pake banget !!!

Ok, dengan segala sugesti yang positif bahwa "kamu pasti bisa" akhirnya mengisi acara muhadarrah dengan DAI sukses. Sayangnya aku tidak bisa mengabadikan moment ini. "Maafin ummi ya sayang."

Sempat merekam saat latihan pertama saja. Walau baru sekali latihan alhamdulillah sudah lumayan.

_______________________________________


Teks DAI mengisi acara muhadarrah di TPQ.

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarraktuh. Alhamdulillah wasyukurillah Wassallatu wassalamu'ala Rasulillah 'amma ba'du

Teman- teman apakhabar semuanya? Perkenalkan nama saya ....
Saya bersekolah di ....

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan ceramah yang berjudul "Man Jadda Wajadda"

Ada ungkapan dalam bahasa arab yang sangat terkenal, yaitu man jadda wajada yang artinya "barang siapa bersungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil.

Dalam masyarakat kita juga ada pepatah yang serupa, yaitu "dimana ada kemauan, pasti di situ ada jalan."

Ini menunjukkan pada kita semua bahwa tidak ada yang sulit jika kita mau berusaha dengan tekun, sungguh-sungguh serta ikhlas dalam mengerjakan sesuatu.

Selama ada kemauan serta gunakan logika dan ilmu pengetahuan sesuai dengan kapasitad kita masing-masing yang telah Allah anugerahkan pada kita.

Setiap individu punya kesempatan dan peluang untuk maju dan mengembangkan potensinya. Allah sudah anugerahkan modal dasar yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya, yaitu otak dan akal.

Otak dan akal ini anugerah yang tidak terhingga, jangan sampai kita menyia-nyiakannya.

Dengan belajar sungguh-sungguh yang tadinya tidak bisa membaca Al-Qur'an bisa menjadi qori terbaik.

Dengan rajin menghafal yang tadinya tidak hafal Al-Qur'an bisa menjadi hafidz dan hafidzah.

Sungguh keliru bila beranggapan nasib tak bisa di rubah. Dengan ketekunan, sungguh-sungguh berusahalah nasib bisa dirubah.

Sebagaimana Allah berfirmsn dalam Al-Qur'an surat Ar-Ra'ad ayat 11, yang bunyinya sebagai berikut :

‎إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ

Artinya :

"Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu sendiri yang mengubah nasibnya."

Teman-teman yang semoga dirahmati Allah, demikianlah semoga apa yang sampaikan ini ada manfaatnya. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampunannya.

Astaghfirullahal'azhiim.

Wassallamu'allaikum warrahmatullahi wabarrakatuh.

_______________________________________


Dibuang sayang : Manusia cuma bisa berencana

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

9 comments:

  1. Iya betul mba, manusia hanya bisa berencana dan mengkalkulasi namun semuanya alloh yang menetapkan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan tetap berprasangka baik pada-Nya

      Delete
  2. gapapa mbak, cukup dengan doa dan dukungan. terus di kasih makanan kesukaan, cukup banget buat anak. hehe itu sih pengalaman sha, di peluk doang juga udah seneng sama ortu mah :)

    semangaat, semoga bisa menyaksikannya lain waktu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku juga pernah ngalamin ada pentas eh ortu nggk bisa hadir lah sekarang gadis kecilku yg ngalami

      oh ya Sha aku bawain makanan kesukaannya, nggak sempat nganter hiks

      Delete
  3. senjatanya kaum mukminin itu do'a mbak, semoga anaknya terus semangat dan tetap berprestasi yahh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin
      terima kasih untuk doanya

      Sedihnya waktu dia bilang gini "coba ummi hadir ...."
      seakan ada nada kecewa dari kalimat itu

      Delete
  4. Ya, manusia memang cuma bisa berencana, tapi Allah yang menentukan segalanya. Meski tak dapat menemani si kecil, yang terpenting doa seorang ibu tetap tercurah. Semoga si kecil menjadi orang yg sukses.
    Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manusia cuma bisa berencana dan Allah yang menentukan, dan Ibu sll punya doa yang tulus dan terbaik untuk si kecil

      aamiin untuk doanya terima kasih

      Delete
  5. allah gk pernah bohong "Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu sendiri yang mengubah nasibnya" sangat suka dengan ini

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu