Sunday, October 29, 2017

Kue Dadar Gulung Singkong Isi Kentang Manis

9 comments

Kue dadar gulung singkong isi kentang manis adalah jenis kudapan atau jajan pasar yang dibuat dari singkong. Kue dadar gulung biasanya terbuat dari terigu dan diisi dengan parutan kelapa yang diberi gula merah. Teksturnya lembut saat digigit dan terasa manis pada bagian isinya. Aromanya alami khas daun pandan menambah kelezatan cita rasa dari kue dadar gulung dan sangat nikmat untuk teman minum teh saat ngumpul bersantai bersama keluarga sebagai alternatif snack selingan.

Pada kesempatan berhari libur ini blog jejak maya akan berbagi resep kue dadar gulung juga, tapi kue dadar gulung yang terbuat dari bahan dasarnya singkong atau ubi kayu. Meskipun kue dadar ini dibuat dengan bahan singkong, tapi rasa nya tetap enak sekaligus bisa menjadi variasi olahan makanan berbahan singkong.

Singkong atau ubi kayu atau ketela pohon bisa kita temui hampir di seluruh daerah yang ada di Indonesia mengingat tumbuhan ubi kayu atau singkong mudah sekali tumbuh di daerah tropis.

Sebagaimana kita ketahui singkong termasuk salah satu makanan pokok orang Indonesia baik secara langsung di masak dengan merebus maupun dengan pengolahan terlebih dahulu sehingga menjadi bahan pangan yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi, seperti tiwul, gaplek, oyek.

Ubi kayu atau singkong atau ketela pohon mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa penelitian menyebutkan setiap 100 gram singkong mentah penyumbang :
Energi yang cukup sebesar 160 Kcal,
Karbohidrat 38.06 g,
Protein 1,36 g 2,5,
Total Lemak 0.28 g,
Kolesterol 0 mg,
Serat 1,8 g.

Singkong juga menyediakan sejumlah vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, yaitu :
Folat atau vitamin B9 27 mg,
Vitamin C 20,6 mg,
Vitamin K 1,9 mg,
Vitamin A 13 IU,
Vitamin E 0,19 mg,

Niacin 0.854 mg,
Pyridoxine 0.088 mg,
Riboflavin 0.048 mg,
Thiamin 0,087 mg.

Sedangkan mineral pada singkong yaitu :
Kalium 271 mg,
Kalsium 16 mg 1,6,
Magnesium 21 mg,
Mangan 0,383 mg,
Fosfor 27 mg, Sodium 14 mg,
Zinc 0.34 mg,
Zat Besi 0,27 mg

Melihat kandungan gizi pada singkong tak masalah bila disebut anak singkong hehe.... Untuk kali ini aku share resep kue dadar gulung singkong isi kentang manis, insyaallah lain kesempatan aku share cara memasak tiwul.


Kue Dadar Gulung Singkong Isi Kentang Manis

Kita lihat resepnya yuk! Kue Dadar Gulung Singkong Isi Kentang Manis

Bahan dadar atau kulitnya :

500 gram singkong bersihkan lalu parut
½ sendok teh garam
2 sendok makan gula pasir
1 sendok teh tepung sagu atau tepung kanji
vanili secukupnya
pasta pandan atau pewarna makanan hijau secukupnya

Bahan Isinya :

500 gram kentang kupas dikukus kemudian dihaluskan
¼ sendok teh garam
150 - 200 gram gula pasir
2 lembar daun pandan
150 ml santan

Cara membuat kulit dadarnya atau kulit :

1. Aduk rata semua bahan dadar kemudian pipihkan pada tutup panci.

2. Kemudian didihkan air lalu tutup dengan tutup panci yang sudah diolesi singkong tadi.

3. Tunggu lebih kurang selama 10 menit, hingga dadar singkong matang.

Membuat adonan isinya :

Masukan santan, kentang, gula, dan garam. Jangan lupa daun pandannya dimasukkan juga lalu masak sambil diaduk-aduk sampai mengering.

Cara membuat kue dadar gulung singkong :

Ambil selembar kulit dadar singkong lalu isi dengan adonan kemudian lipatkan sisi-sisinya membentuk gulungan dan siap untuk disajikan.

Catatan :

Untuk isi bisa di variasikan sesuai selera

Air dari parutan singkong tidak perlu dibuang, ikut di olah untuk membuat kue dadar ini.

Kalau adonan lengket pada tutup panci, bisa diolesi tutup panci dengan sedikit minyak goreng

Waktu yang diperlukan untuk membuat kue dadar gulung singkong isi kentang untuk sejumlah bahan di atas mulai dari persiapan lebih kurang 50-60 menit

Kue dadar gulung singkong isi kentang manis ini cocok disajikan untuk menemani minum teh. Selamat mencoba sampai ketemu di resep yang lain.

Kutipan indah hari ini :

"Kalau kita kenal akan keindahan dan sanggup menyatakan keindahan itu kepada orang lain maka itu adalah suatu kebahagiaan."

Ok selamat berakhir pekan wassallammuallaikum warrahmatullahiwabarrakatuh

Dapur maya : Kue dadar gulung singkong isi kentang manis

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

9 comments:

  1. Untuk kesekian kalinya, saya pernah memakanan jajanan di atas. Tapi nama dan bahannya saya tidak tahu. Haha
    Tapi Alhamdulillah, di sini saya bisa tahu nama, bahan, serta resepnya. Wkwkwkkwk

    ReplyDelete
  2. ya harusnya sudah lebih dari sekali merasakan kue legit gurih ini, utk namanya biasanya disesuaikan dengan isinya hehe ....

    ReplyDelete
  3. Pasti bikin kenyang, double karbo

    ReplyDelete
  4. Jajanan yang jarang dijual didaerah saya. Sekarang jajanan berbungkus plastik dg bahan pengawet lebih dominan di market2 padahal makanan ringan seperti kue dadar diatas lebih menyehatkan dan aman dikonsumsi

    ReplyDelete
  5. hem Ya ALLAH... Ngiler.... biasanya si dadar ini isinya kelapa ato kalo enggak fla ya kak... dan aku emang doyan sih sama dadar gulung....

    ReplyDelete
  6. Ini nih salah satu jajanan ory yang saya suka, ternyata disini dapet resepnya,
    Terimakasih mba jadi tahu saya resep" nya

    ReplyDelete
  7. Ini kalo pagi sebelum berangkat kerja sering beli ini buat sarapan
    tapi yang biasa isi kelapa dan gula merah

    ReplyDelete
  8. Mbak maya, resep yg saya simak diblog mbak sepertinya lumayan gampang dipraktekkan, tp utk yg sering gagal seperti saya, alangkah baiknya (kalau bisa), request foto step by stepnya mbak. Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  9. jarang makan dadar gulung saya mah, yang bikinan neng maya ini, patut saya coba deh kayaknya, pasti rasanya makjleb pisan..

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu