Thursday, October 26, 2017

Gulai Rendang Daging Sapi Khas dari Padang

11 comments

Gulai rendang daging sapi khas dari Padang ini sangat cocok bagi mereka yang lidahnya menyukai selera pedas. Bukan rahasia lagi gulai rendang memang sangat cocok dengan lidah orang Indonesia pada umumnya.

Rendang Padang dengan citra rasa yang pedas, gurih sedikit manis akan melumer di mulut mereka yang sangat mempavoritekan gulai khas dari salah satu daerah yang ada di Indonesia yaitu Sumatera Barat Ranah Minang saudara kita dari Padang.

Sangat banyak olahan masakan Padang yang bisa kita temui di rumah-rumah makan Padang. Rumah makan Padang sangat mudah untuk dijumpai di setiap daerah di Indonesia ini. Olahan masakan khas Padang memang sudah terbukti nikmat dan lezat.

Percayakan kalau rumah makan Padang hampir ada disetiap daerah?

Dan tidak hanya ada di dalam negeri Indonesia rumah makan Padang juga bisa kita dapati di Belanda "Selero Minang", di Sydney "Pondok Buyung", di Beijing "Padang Restaurant", di London "Warung Padang Sejuta Rasa", dan masih banyak lagi Rumah Makan Padang yang ada di Luar Negeri ini tentu sangat membuat bangga kita orang Indonesia dan buat saudara kita yang sedang ada di perantauan bisa mengobati rasa kangennya pada masakan tanah air yaitu masakan Padang.



Nah buat kamu yang ingin membuat sendiri gulai rendang khas dari Padang ini sekarang juga bisa loh, aku akan membagikan resepnya di blog jejak maya. Buatnya gampang tinggal keinginan dan siapkan bahan-bahannya mumpung masih pagi pasar belum tutup hehe ....

Kita siapkan dulu bahan yang diperlukan untuk membuat gulai rendang daging sapi khas dari Padang :

1 kilogram daging sapi pilih bagian yang khas dalam agar daging cepat empuk

Bumbu-bumbu basah dihaluskan :

Cabai merah giling 200 gram
Bawang merah 10 siung
Bawang putih 4 siung
Kemiri dua butir
Jahe 2 ruas jari
Kunyit 2 ruas jari

Bumbu daun :

Daun jeruk purut 3 lembar
Daun kunyit 2 lembar
Serai memarkan 2 batang (dikeprek)

Bumbu pelengkap :

Asam Kandis tiga lempeng
minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu
Air santan satu liter setengah dari dua butir kelapa
Garam secukupnya

Bumbu rempah yang dihaluskan (yang bubuk banyak di jual) :

3 buah kapulaga,
2 kuntum cengkeh,
1 sendok makan ketumbar,
1/2 sendok teh jinten
2 potong pekak,
satu ruas jari kayu manis,

Cara memasak :

1. Tumis dulu bumbu yang dihaluskan

2. Kemudian masukkan berturut-turut daun jeruk purut, serai, daun kunyit, diaduk rata.

3. Kalau bumbu sudah tercium aromanya masukkan potongan daging, biarkan hingga bumbu meresap ke dalam daging dan daging berubah warna.

4. Tambahkan santan ke dalam tumisan daging hingga terendam.

5. Biarkan mendidih hingga daging lunak dengan cara masak di atas api sedang.

6. Sambil sesekali di aduk agar tidak berkerak pada bagian bawahnya.

7. Setelah daging lunak, baru masukan asam kandis masak terus sampai santan mengering.

8. Jika kuahnya mengering, tapi daging belum juga lunak, bisa tambahkan air

9. Masak hingga daging lunak (tes dengan garpu) dan tuangkan dalam pinggan saji gulai rendang daging sapi siap disajikan.

Tertarik ingin membuat sendiri? Silahkan di simpan resepnya semoga berhasil.

Sebenarnya sangat banyak hidangan terbuat dari bahan dasar daging. Salah satunya gulai rendang daging sapi ini yang sering kali di identik dengan perayaan hari raya dan hajatan sehingga banyak yang menyebutnya dengan gulai gadang.

Gulai rendang daging sapi diolah dengan campuran bumbu kaya rempah ke dalam tumisan daging memang menjadi ciri khas dari gulai Padang. Itu sebabnya gulai rendang daging sapi dari daerah padang mempunyai rasa yang sangat lezat dan eksotik juga menjadi pavorite banyak orang meskipun bukan berasal dari Padang.

Dapur maya : Gulai Rendang Daging Sapi khas dari Padang

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

11 comments:

  1. kalo bikinnya aku mungkin nggak mampu, tapi kalo disuruh nyicipi ya hayuk, mauuuu.

    hehe. aku suka sih makanan rendang, karena aku basicnya suka makan makanan yg pedas. tapi di sisi lain gak suka makaan yg agak terlalu pedas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal icip-icip aku juga mau Ben hehe

      Gulai rendang daging sapi khas padang menurut aku tergolong tidak pedas di lidah meskipun berwarna merah

      Delete
  2. Rendang, I Love it. Mau dong mbak Maya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gulai rendang daging sapi khas padang memang menggoda utk dinikmati, di RM padang tersedia hehe

      Delete
  3. Weissshh mantepph tenan atuh mbak :D
    Sajak.e aku nggak bisa masak, bisa.e bantu ngabisin tuh rendang. Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus ada yang bantu ngabisin biar nggak mubazir 😀

      Delete
  4. Gulai, kalo denger gulai rasanya seperti waktu mau lebaran terus gulai nya pake ketupat, hehe
    Btw kayaknya enak mba, cuma sayangnya saya ga bisa masak, bisa nya tinggal makan :D

    ReplyDelete
  5. Na..ini lauk terenak klo pas njajan di RM Padang mba..

    Tmnku, asli aceh..tp neneknya orang padang kayaknya. Klo pas mBikin rendang..katanya prosesi masaknya bisa 6 jam.

    ReplyDelete
  6. Wow sangat mengundang selera, mau tuh kalau dikirimin..

    ReplyDelete
  7. Naaah, ini gulai kesukaan saya....mantaps, sadap bana gulai iko, mambuek paruik ambo lapa

    ReplyDelete
  8. Selera nya nikmat sekali kayaknya mbk

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu