Thursday, October 19, 2017

6 Tips Asyik Ngopi Anti Mual

9 comments

6 Tips Asyik Ngopi Anti Mual


6 tips asyik ngopi anti mual ala jejak maya cukup mudah untuk dipraktekkan dan tak butuh biaya mahal. Apakah tips ini benar-benar ampuh dan memang tidak mual? Bagi peminum kopi boleh untuk di coba bagi yang tidak pernah minum kopi lebih baik tidak usah karena tips ini diperuntukkan bagi yang tidak bisa melewatkan hari tanpa minum kopi.

Selamat pagi di hari Kamis
Meski bumi seakan menangis
Titik air hujan gerimis
Hidup tetap harus optimis
Nikmati kopi manis
Tanpa mual tanpa meringis

Seorang teman mengeluh padaku, "aku susah banget menghilangkan kebiasaan minum kopi?"

"Ya, ngopi aja sih kok ribet amat, ngopi bukan hal yang dilarang." Aku jawab sekenanya aja.

"Ya, ini perutku mual kalau kalau minum kopi. Lah, kalau nggak ngopi kepalaku sakit banget."

"Oh gituuuuu ....."

"Ih! Dia-mah gitu kalau dicurhatin suka nggak serius!" Nada suaranya kesel banget. Aku jadi ketawa lihat temenku ngambek.

Coba deh, ikuti tips asyik ngopi anti mual ala maya, jujur aku pernah mengalami hal serupa ngopi salah nggak ngopi salah, akhirnya jadi serba salah .... Repotkan kalau sudah begitu.

Bagi peminum kopi yang sudah menyandu seperti aku, berhenti meminum kopi pasti sangat sulit. Kalau baca-baca artikel tentang minum kopi banyak juga manfaatnya bagi kesehatan dan ada pula sisi buruknya bagi peminum kopi yang sangat berlebihan.

Manfaat minum kopi bagi kesehatan, salah satunya adalah Meningkatkan stamina karena mempunyai kandungan zat kafein yang tinggi yang mempengaruhi kinerja sel hingga membuat perasaan segar. Siapa coba yang tak ingin meningkatkan stamina lewat minuman yang sudah menjadi favorite yaitu kopi, mencium aromanya saja sudah terbayang nikmatnya minum kopi (*sugesti kali).

Sisi buruknya bila minum kopi berlebihan salah satunya adalah Peningkatan asam lambung. Setiap orang daya tahan lambungnya berbeda-beda, meminum kopi berlebihan tidak bisa diterima semua orang, bisa menyebabkan asam lambung meningkat dan terjadinya mual. Ya jelaslah sesuatu yang berlebihan sudah lumrah kalau sampai berefek tidak baik.

6 tips asyik ngopi anti mual yang sederhana ala maya agar terhindar dari efek tidak baik dan mendapatkan manfaat bagi kesehatan tubuh kita adalah :

1. Batasi takaran kopi

Kalau biasa meminum kopi satu gelas besar penuh satu kali sajian maka mulailah menguranginya. Caranya yaitu cukup dengan setengah dari biasanya. Kalau biasa dengan kopi yang super kental mulailah dikurangi kekentalan kopi secara bertahap.



2. Kopi pahit

Kopi pahit adalah kopi tanpa gula. Kopi tanpa gula cukup ampuh mengatasi mual dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh gula. Terlalu manis juga bisa memicu rasa mual. Untuk awal waktu meminum kopi pahit mungkin tidak enak karena sudah terbiasa dengan kopi yang manis percaya deh lama-kelamaan akan terbiasa dan akan terasa nikmat dengan kopi tanpa gula.

3. Tidak minum kopi perut dalam keadaan kosong

Sebelum minum kopi makan dulu sesuatu ini juga bisa mengatasi mual saat minum kopi. Kalau biasa bangun tidur langsung minum kopi itu berarti kamu minum kopi dalam keadaan perut kosong, cobalah untuk mengisi dulu perutmu dengan selembar roti atau nasi bisa juga bubur yang pasti awali dulu dengan makan sesuatu sebelum meminum kopi.

4. Hindari pemicu mual

Makanan yang terlalu pedas, makanan yang banyak mengandung lemak, makanan yang terlalu asam, alkohol.

5. Seduh kopi dengan air yang sangat panas

Saat menyeduh kopi gunakan air yang baru saja mendidih atau baru diangkat dari kompor, selain kopi terasa lebih nikmat karena kopi larut dengan sempurna cara ini juga bisa menghindarkan perut mual saat masuk ke dalam lambung kita.

6. Pilih bubuk kopi yang berkualitas

Bubuk kopi yang berkualitas bisa dikenali lewat warna bubuk kopi yang hitam kecoklatan bukan hitam gosong, aromanya harum segar tidak berbau sangit atau apek, bubuknya halus tidak menggumpal.



Enam tips asyik ngopi anti mual ini sudah aku praktekkan dan berhasil sampai sekarang aku tetap enjoy ngopi tanpa gangguan mual. Silahkan di coba buat kamu yang suka mual kalau minum kopi.

Aku ingatkan ya ini khusus bagi yang sudah terbiasa ngopi ya beb, bagi yang tidak suka dan memang tidak pernah ngopi itu aku serahkan pada keputusan masing-masing aja deh.

6 tips asyik ngopi anti mual ini pengalaman pribadi kalau masih tetap mual juga aku sarankan hubungi dokter ya.

Meski senyum terlihat manis
Bukan berarti tak bisa menangis
Karena hidup ini terlalu manis
Lebih baik tersenyum dari pada menangis

Semoga bermanfaat.

Tips dan trik : 6 Tips Asyik Ngopi Anti Mual

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

9 comments:

  1. Hai, Teh, selamat hari Kamis, aku sendiri malah baru minum, es, tapi belum ngopi..hehe

    Setuju sih, jangan minum kopi disaat perut kosong, terkadang aku malah suka mual kalau kosong..

    Sebenarnya gak begitu suka sering minum kopi sih, gak mesti tiap hari, yang jelas kalau lagi pengen aja..

    ReplyDelete
  2. Saya termasuk pecandu kopi, jadi tips ini sangat membantu saya. Makasih min.

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah minum kopi ga pernah mual saya mbak T.T

    ReplyDelete
  4. selamat hari Kamis... kalau soal ngopi saya gak pernah mual mbak.. ngopi bisa 2-3 cangkir per hari :)

    ReplyDelete
  5. Selain pengaruh penyakit maag ada kemungkinan karena faktor kebanyakan ngopi juga sehingga mual, atau bisa jadi karena gak cocok sama jenis kopinya dan juga ada faktor dari makanan yang memicu mual saat ngopi, itu yang biasa saya alami tapi apapun itu lakukan sekedarnya saja jangan sampai candu..

    ReplyDelete
  6. Tidak seperti kebanyakan kaum pria suka ngopi banyak-banyak, syukur saya mah bisa menahan diri, hanya pada saat-saat tertentu saja menyempatkan diri untuk ngopi, hehe...

    ReplyDelete
  7. Kalau saya mual minum kopi karena ngga cocok sama kopinya..

    ReplyDelete
  8. tapi untuk sementara gak bisa minum kopi dulu
    gag boleh sama dokter
    hiks

    ReplyDelete
  9. Diantara 6 tips ngopi anti mual, air kurang mendidih juga bisa jadi pemicu mual, jadi airnya harus benar2 panas.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu