Friday, September 1, 2017

Sate Daging Kambing Bumbu Nanas

32 comments

Sate daging kambing bumbu nanas adalah sate yang berbahan daging kambing yang sebelum proses pembakaran atau pemanggangan dicelupkan dulu ke dalam bumbu yang diberi parutan nanas mengkal. Sehingga rasa dari sate daging kambing ini berbeda dari biasanya.

Sebelum saya lanjut ke cara membuat sate daging kambing bumbu nanas ini, saya mohon untuk diizinkan mengutip sedikit tentang hikmah dari hari raya kurban yang saat ini sedang dirayakan oleh umat muslim sedunia.

Bagi umat muslim yang mempunyai kemampuan sangat sayang rasanya bila sampai melewatkan sekali saja seumur hidupnya tidak berkurban. Menyembelih hewan kurban memang tidak diwajibkan, tetapi hukumnya sunah.

Ada banyak nilai positif yang didapatkan dari melaksanakan ibadah kurban. Yang paling utama dari sisi spiritual adalah upaya mendekatkan diri kepada Allah. Sedangkan secara sosial ibadah kurban ikut mensejahterakan lingkungan dengan adanya berbagi daging kurban. Semoga dengan melaksanakan ibadah kurban kita sebagai manusia bisa mengurangi sifat egois, kikir, pelit dan peduli pada sesama.

Sekarang ayo kita lihat resep sate daging kambing bumbu nanas ala dapur maya.



Bahan utama dalam pembuatan sate daging kambing bumbu nanas adalah :

* 500 gram daging kambing atau lebih potong dadu bila disukai boleh ikut sertakan gajih kambing

Bumbu celup, ini digunakan sebelum daging kambing di panggang ya,

* 50 - 100 gram buah nanas yang mengkal atau setengah matang, kupas kemudian diparut halus
* 100-200 gram kacang tanah goreng (disangrai atau digoreng tanpa minyak juga boleh kemudian dihaluskan
* 2-4 sendok makan kecap manis


Bumbu penyajian atau bumbu kecap :

* 10 cabe rawit yang merah atau sesuaikan dengan selera
* 10-15 butir bawang merah, kupas lalu iris halus
* 2-4 buah tomat merah, cuci kemudian potong kasar
* 6 sendok makan kecap manis

Cara membuat bumbu kecap atau bumbu penyajian sate daging kambing bumbu nanas :

* Giling kasar cabe rawit. kemudian taruh di dalam piring tambahkan kecap manis, bawang merah dan tomat, aduk rata sementara kita sisihkan dahulu.

Cara membuat bumbu celup sate daging kambing bumbu nanas sangat mudah :

* Kita mulai dengan mencampur semua bahan bumbu celup yang terdiri dari nanas mengkal yang sudah di parut, kacang tanah yang sudah dihaluskan dan kecap kemudian aduk merata, sementara sisihkan.

* Daging kambing yang sudah dipotong dadu kecil ditusukkan di lidi tusuk sate, caranya bila mengikutkan gajih kambing maka diselingi antara daging dan gajihnya pada tusuk sate.

* Kemudian daging kambing kita celupkan ke dalam bumbu celup yang sudah kita siapkan tadi.

* Kemudian bakarlah di atas bara arang sambil dibolak balik hingga matang, hati-hati ya jangan sampai gosong sate daging kambing bumbu nanas, karena bumbu mengandung gula dari kecap biasanya sangat mudah terbakar atau gosong.

* Susun di atas piring saji, kemudian siram dengan bumbu kecap.

* Bumbu kecapnya boleh juga di sajikan dalam mangkuk terpisah. Nanti sate daging kambing bumbu nanas dioleskan sendiri dengan bumbu kecapnya sambil disantap.

Tidak rumit ya, apalagi bila dikerjakan bersama-sama, ini bisa menjadi moment kebersamaan yang indah sambil ngumpul bersama keluarga maupun handaitolan lainnya.

Semoga sate daging kambing bumbu nanas ini bisa menjadi pilihan saat menikmati kebersamaan di hari raya Qurban atau hari raya Idul Adha 10 Zulhijah 1438 H. Saya admin blog jejak maya mengucapkan selamat berhari raya kurban.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

32 comments:

  1. Saya baru tahu mba kalo ada sate kambing bumbu nanas,
    Boleh juga nih di coba mba, kebetulan saya mau nyate ,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dicoba,
      saya tunggu ceritanya hehe

      Delete
  2. Mana nasi tumpengnya mbakyu, selamat ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nasi tumpengnya ada di blog trikpos hehe

      Delete
  3. Baru denger sate kambing pake bumbu nanas, seperti apa ya rasanya mbakyu..?

    Oky lah nanti saya coba sampaikan sama ibunya, tak suruh bikin sate kambing bumbu nanas ala mbakyu mayA

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, ini daging kambingnya sebelum di bakar dicelupkan dulu ke dalam bumbu yang sudah di campur parutan nanas mengkal
      boleh dicoba, semoga suka

      Delete
  4. Dokter.. Kenapa ya kalau makan sate kambing kok kepala saya terasa berat? Apa saya perlu berobat dan juga bertobat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena terlalu banyak makan sate kambingnya, kalau sakit sebaiknya ke dokter
      bisa bertobat adalah nikmat

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Orang diatas mbak Maya pura2 padahal pengen minta sate gratis..??

      Delete
  5. mumpung daging lagi banyak praktek lah hehe. mantab

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, masih di suasana hari raya kurban biasanya banyak daging kurban

      Delete
    2. bener teh, mumpung ada yang disate, kl gk kurban jarang nyate hahaha

      Delete
    3. salah satu kebahagiaan di hari raya kurban ya

      Delete
  6. Momen Idul Adha banyak dianfaatkan warga untuk pesta hidangan qurban, sate masih jadi menu favorit ya neng..

    Saya boleh dikirim yang udah mateng aja ya neng, sate kambing bumbu nanas, boleh juga dicoba... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya jadi ajang berbagi, bersilaturahmi, gotong royong, bahkan juga menikmati hasil olahan daging kurban bersama teman, keluarga juga tetangga

      boleh itu fotonya aja ya hehe

      Delete
  7. Rasanya manis-manis asem terus pedas . pokoknya gimana gitu rasanya. Tadi sore tentangga saya membuat bumu sate dengan tambahan nanas. Euenak, dapat gratisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya nano nano ya, hem asyiknya dapat yang gratis, aku juga mau dong

      Delete
  8. saya baru tahu sate kambing bumbu nanas... jadi penasaran rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sebelum dibakar dicelupkan dulu kedalm bumbu yang sudah dicampur parutan nanas mengkal, daging lebih lunak dan tdk bau

      Delete
  9. Kebetulan nanti siang aku di ajak bikin sate sama teman2., bolehlan nanti aku usul di tambahin pakai bumbu nanas., tks tipsnya nanti siang bisa di coba nih., ya semoga dapat nanas hari ini.., hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini sudah sore mas Jen
      Jadi ingin tahu cerita pesta satenya
      pasti seru deh nyate bareng temen-temen

      Delete
  10. saya pernah baca juga.. kalau nanas itu katanya juga bisa ngilangin bau prengus kambing sekaligus bikin dagingnya nggak alot...

    tapi mau digimanain juga. tetep nggak suka sama daging kambing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh nggak suka daging kambing ya
      tak masalah bisa diganti dengan daging sapi, mungkin suka

      Delete
  11. saya gak salah baca kan mbak, sate pake bumbu nanas? gimana rasanya yah, saya malah penasaran banget pengen nyoba. Soalnya bumbu sate biasanya pake kacang aja di kota ku. Resepnya boleh ta sharing ibu yah,kali aja mau nyoba masak juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya boleh dicoba,
      semoga suka, kita bisa saja memvariasikan bumbu bila ingin rasa yang beda

      Delete
  12. Selain membuat rasa sate bisa lain dari biasanya, dengan dicelupkan ke parutan nanas juga membuat daging sate menjadi lebih empuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya lebih fress dan juga daging lebih lunak karena nanas mengandung zat enzim (Enzim protease sulfhidril *kalau nggk salah*) pd nanas mampu melunakkan daging

      Delete
  13. Menarik nih mba Mhay resepnya aku coba yaa!! Ok thanks..

    ReplyDelete
  14. mau sih ngasih tau resep ini ke mama.. tapi sayangnya ayah dan nenek gak bisa makan kambing hehe

    ReplyDelete
  15. Waduh Sista jadi penasaran ingin nyoba, gimana rasanya ya.. Kecut kecut mungkin ya..

    ReplyDelete
  16. saya pernah buat sate di rendem pake nanas tapi kelamaan jadi rasa dagingnya hilang.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu