Tuesday, September 12, 2017

Membuat Bawang Goreng yang Renyah dan Berwarna Cantik

34 comments

Membuat Bawang Goreng yang Renyah dan Berwarna Cantik

Membuat bawang goreng yang renyah dan berwarna cantik sebenarnya tidaklah sulit, tapi kenapa ya? Aku kalau ngupas bawang dan mengiris bawangnya sampai berurai airmata. Sedih banget rasanya, karena sedihnya aku tak sanggup menahan airmata yang terus membasahi pipi ini.
Hehe ... Lebay ah! Hayo siapa yang tahu kenapa sampai aku menangis kalau ngiris bawang? Yang mau jawab pertanyaanku tolong jawab di kolom komentar ya .... Terima kasih.

Sudah tahukan kalau bawang goreng biasa digunakan sebagai taburan pada makanan, seperti bakso, soto, nasi uduk, lontong sayur, sop atau juga ditaburkan pada gulai pada saat disajikan.

Dengan menambahkan bawang goreng pada masakan atau makanan sebelum disantap akan menambah aroma dan rasa sedap yang dikeluarkan dari bawang goreng ini. Tapi, kalau bawang gorengnya hangus ya nggk sedaplah tentu akan terasa pahit.

Nah! Dikesempatan ini aku ingin berbagi bagaimana caranya agar si bawang goreng yang renyah dan berwarna cantik ini menjadi tambahan atau taburan pada masakan kita sehingga menambah selera untuk menyantapnya.
Ok! Bisa kita mulai yuk!

Karena kita akan membuat bawang merah yang digoreng, bahan yang kita gunakan untuk membuat bawang goreng sudah tentu si bawang merah dan minyak goreng ya.

Kita juga membutuhkan garam. Sebaiknya gunakan garam beriodium ya dear. Yang halus boleh yang kasar juga boleh kita bisa menghaluskannya dengan cara diulek. Diulek itu maksudnya di giling pakai lumpang batu. Supaya praktis enaknya pakai garam halus saja.

Sekarang kita ke cara membuat bawang goreng yang renyah dan berwarna cantik yu kita mulai ....

Ambil si bawang merah yang akan kita jadikan bawang goreng. Kupas kulitnya. Setelah dikupas sekarang saatnya kita mengiris bawang dengan sangat tipis dan seragam maksudnya ketebalannya atau ketipisannya usahakan sama, bila tidak seragam pada saat di goreng matangnya nanti tidak seragam juga ada yang sudah gosong dan ada yang belum matang. Memang saat mengiris bawang harus benar-benar sabar karena saat inilah airmata sangat tak terbendung mengalir deras.

Akan lebih mudah bila mengiris bawang kita menggunakan alat khusus pengiris bumbu atau pengiris bawang yang banyak di jual di toko pecah belah.

Ok, setelah semua bawang diiris tipis kemudian kita cuci dengan air bersih. Jangan lupa tiriskan setelah dicuci. Setelah airnya tus atau tiris taburi irisan bawang dengan garam dan ratakan. Bayaknya garam sesuaikan dengan banyaknya bawang ya jangan sampai keasinan. Garam inilah yang nantinya akan membuat bawang goreng kita menjadi renyah.

Boleh juga saat mencuci bawang yang sudah diiris, dengan air yang sudah diberi garam dulu sebelumnya, nanti setelah ditiriskan kita tidak perlu lagi menaburkan garam pada irisan bawangnya, karena kita sudah mencuci dengan air garam. Hasilnya nanti akan sama saja. Bisa dipahami ya.

Siapkan wajan isi minyak goreng secukupnya. Tunggu hingga minyak panas masukkan irisan bawang, gorenglah dengan api sedang hingga berwarna keemasan segera angkat. Bila tidak segera di angkat dari minyak bawang sangat cepat gosong.

Jangan biarkan bawang goreng tetap berada di sair penggorengan karena uap panas bila tidak segera didinginkan akan terus berproses dan sudah tentu merusak warna dari bawang goreng ini. Jadi setelah diangkat dari minyak langsung di ler atau didinginkan di atas nampan atau wadah yang ceper agar uap panasnya segera hilang. Setelah dingin simpan bawang goreng ke dalam wadah tertutup rapat.

Kesimpulan (tips dan trik):

1. Iris tipis bawang dengan ketebalan yang seragam
2. Cuci dengan air garam atau taburi garam setelah bawang dicuci
3. Goreng dengan api sedang
4. Angkat dan segera dinginkan
5. Segera simpan bawang goreng ke dalam wadah tertutup

Mudahkan?
Membuat bawang goreng yang renyah dan berwarna cantik, semoga bermanfaat. Salam hangat dan bahagia selalu dariku.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

34 comments:

  1. Jadi cara membuat bawang goreng yang cantik itu sangat mudah ya? Tak sesulit yang aku bayangkan, tinggak kupas, goreng dan tiriskan.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mudah mas Jen
      nggk perlu repot-repot ke salon hehe

      Delete
  2. Walau jarang berhasil membuat bawang gareng yang tampilannya bagus dan renyah, sampai hari ini saya terus tetap mencobanya mba. Apalagi sekarang saya akan coba resepnya. Terimakasih ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya boleh di coba, jangan sampai nangis ya
      sama-sama

      Delete
  3. bawang goreng ini salah satu favoritku nih mbak, kadang malah aku buat camilan.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ada yang begitu
      Makan nasi anget pakai bawang goreng aja udah enak buat sarapan pagi

      Delete
  4. mengoreng bawang dengan tampilan cantik diatas sepertinya membutuhkan latihan yach Mbak... dulu saya pernah goreng dan ke gosongan.

    kenapa tidak coba usaha bawang goreng saja Mbak... ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawang itu tipis, cepat matang jd apinya tidak boleh terlalu besar dan harus sering dibolak balik
      usaha bawang goreng? Blm kepikiran hehe

      Delete
  5. aku sering gosong
    jadi langsung daingkat ya mbak
    soalnya sering liat masih pucet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak itu memang harus menggunakan perasaan dan panca indera hehe

      Delete
  6. Tips goreng bawang yang cerdik
    Hasil warnanya pun cantik
    Bikin saya tertarik

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak itu memang asyik
      Hati senang wajahpun cantik
      Keluargapun pasti tertarik


      Delete
  7. Bawang gorengnya cucok nih bila disandingkan dengan 'tumis tutut' punya kang maman, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ia, tutut ditaburi bawang goreng dulu tambah sedap ye Mang Maman

      Delete
    2. Sayangnya harus nyari lagi tututnya, soalnya yang kemaren udah habis... hehe..

      Delete
    3. Hehe, tentu saja Mang terlihat jelas di videonya lahap gitu

      Delete
  8. Waahhh

    aku baru tau kalau dikasih garam bawangnya bisa lebih renyah
    Nice infoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya dengan garam bawang goreng menjadi renyah
      Ok, you're welcome

      Delete
  9. warna bawangnya nih yang nggak semua orang bisa membuatnya mbak

    saya sering makan bawang yg warnanya kurang menarik tp rasanya renyah juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kudu mencoba cara diatas agar tampilannya menjadi lebih menarik ya

      Delete
    2. ya silahkan dicoba
      semoga berhasil

      Delete
  10. Makasih tipsnya..

    Mbak klo dicucinya sebelum diiris, bagaimana? Nanti abis diiris baru dicampur garam. Pengaruh ke hasil nggak?

    Aku jarang goreng bawang..karena klo gorenh sndiri, hasilnya ga bisa garing. Seringnya beli yang udah gorengan itu..

    Padahal kadng klo beli itu dicampur yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga kok mbak, aku pernah coba hasilnya bagus kok yg penting saat menggorengnya jgn sampai gosong

      suka juga beli yg udah jadi, tapi aku belinya di RM langgananku jd tdk ada campurannya

      Delete
  11. Saya suka banget bawang goreng, kalo bikin mie instant, terkadang pakein bawang goreng. Baru tau kalo mau renyah, dicuci pake air garam. Hmmmm, bolehlah dicoba nih neng.

    BTW itu waktu ngupas bawang, air matanya mengalir deras, lagi gak ingat mantan kan??? *eh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya garam bisa membuat renyah bawang goreng, mie instan dengan taburan bawang goreng sedap deh

      Bisa juga karena ingat mantan air mata mengalir deras, tapi ini bukan aroma pedas bawang sangat tajam hingga berurai air mata hehe

      Delete
  12. Favorit aku ni mb mau, bahkn sering takjadikan cemilqn,
    Kemaren aku baru belajar bikin yang warnanya cantik dari bumer, pas lebaran buat taburan kupat tahu khas purworejo, pegel bagian ngiris irisinnya hihihi
    TPi seneng klo dapet warna kuning keemasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya emang enak pakai pengiris bumbu atau pengiris khusus bawang lebih praktis

      Delete
  13. Ohw Rahasianya dicampur garam ya pantas kalau saya goreng bawang suka gosong melulu jadi item deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. gosong itu bisa disebabkan oleh api yang terlalu besar dan bisa juga terlambat mengangkat dari minyak atau tidak langsung dianginkan/didinginkan

      Delete
  14. istriku harus baca nih teh cara bikin bawang goreng hehe. trs kalu biar gk nyegrak ketika goreng bumbu gmn teh?

    ReplyDelete
  15. cara ngirisnya biar tipis gimana mba ? saya ngirs ko malah seperti sobek sobek gitu gk karuan bentukannya

    ReplyDelete
  16. Yihaaa, makanan favoritku itu mbak bawang goreng, bagiku itu bisa jadi lauk juga cemilan, hihii pokonya suka banget..

    ReplyDelete
  17. Wah, ini ada lagi.. Banyak resep-resep dahsyat sepertinya.. :)

    ReplyDelete
  18. apalah saya bak, mau goreng bawang merah aja selalu gosong. Kalau masalah ngiris bawang saya jagonya, hehe..
    tapi saya pernah nyoba loh bawang goreng dari palu, asli enak banget. gara-gara itu saya selalu nyoba bikin yang sama. Yah ternyata rumit juga, rasanya juga beda. Semoga aja tipsnya mbak maya berhasil nih. Mari menggoreng.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu