Sunday, September 3, 2017

Hikmah dari Ibadah Kurban

30 comments

Hikmah dari Ibadah kurban adalah sebagai wujud syukur dan upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Umat Islam melaksanakan ibadah kurban dengan menyembelih hewan kurban di hari Raya Idul Adha dilandasi rasa penuh keikhlasan agar bisa menjadi lebih dekat kepada Allah.

Memang ibadah kurban yaitu penyembelihan hewan kurban hukumnya bukan wajib melainkan sunah, yang bila dilaksanakan berpahala dan bila ditinggalkan tidak berdosa. Tapi, sangat disayangkan sekali bagi umat Islam yang mempunyai kemampuan bila saja sekali dalam seumur hidupnya melewatkan untuk melaksanakan ibadah kurban ini.

Hikmah dari ibadah kurban yang bisa kita ambil baik dari segi nilai spiritual dan juga dari segi nilai sosial. Dari segi sosial secara kasat mata tampak terlihat memupuk rasa peduli lewat berbagi daging sapi atau daging kambing dari hewan kurban yang biasanya hanya bisa dijangkau oleh mereka yang berduit.

KH. Munawir, Ketua Komisi Fatwa MUI Lampung, mengatakan :
"umat Islam memang tidak diwajibkan untuk berkurban. Ibadah kurban ini hukumnya sunah. Walaupun demikian, sangat disayangkan jika sekali seumur hidupnya tidak berkurban."

Beliau juga mengatakan :
"dari berkurban, banyak hal positif yang didapatkan terutama dari segi rohani, yaitu meningkatkan ketakwaan dan ketaatan kepada Allah Subhanahuwataalla."

Juga beliau menjelaskan :
"berkurban sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah subhanahuwataalla, atas segala anugerah kenikmatan yang telah Allah berikan kepada kita. Juga sebagai pembuktian ibadah kita kepada-Nya."

Ditambahkan juga olehnya himbauan :
"untuk memilih hewan kurban yang terbaik, karena ibadah ini juga mengajarkan untuk selalu memberikan yang terbaik kepada orang lain."

Akhirnya ada beberapa hikmah dari ibadah kurban. Ini hanyalah sekedar kesimpulan saya sebagai orang awam, yang tentunya masih banyak lagi hikmah yang bisa diambil dari ibadah kurban yang dilaksanakan oleh umat Islam.

Ini hikmah dari ibadah kurban yang bisa saya rangkum :

1. Sebagai wujud syukur

Sebagai bentuk syukur kepada Allah karena telah mendapat banyak kenikmatan dari Allah. Meski secara hukum ibadah kurban ini sunah tapi demi meraih keridhaan Allah kita umat Islam tetap melaksanakannya terutama bagi yang mampu.

2. Peduli pada sesama

Lewat ibadah kurban manusia umumnya, umat muslim khususnya diharapkan mampu mengurangi sifat egois, pelit, kikir, tidak peduli pada sesama. Ibadah kurban bisa mensejahterakan lingkungan sekitar lewat berbagi daging kurban.

3. Memberikan yang terbaik

Hewan kurban bukan hewan yang sembarangan, tapi ada ketentuannya berdasarkan hukum sahnya bisa dijadikan sebagai hewan kurban. Dengan memilih hewan kurban yang sehat dan terbaik sesuai dengan persyaratan, ini menunjukkan bahwa memberi itu selain didasari rasa ikhlas juga harus yang terbaik diantara yang baik.

4. Semangat kebersamaan, kerukunan dan gotong royong

Dari penyembelihan, pembantaian dan pembagian daging kurban dilakukkan bersama-sama. Masyarakat ikut serta dalam pengelolaannya sangat terlihat jelas kerukunan dalam anggota masyarakat. Ada yang bertugas sebagai penyembelih hewan kurban. Ada yang menguliti, memotong atau menyayat daging kurban, ada pula yang membagi-bagikan hingga sampai kepada yang berhak mendapatkan daging kurban. Semuanya dilakukan dengan penuh kegembiraan dan keikhlasan.

Betapa kisah dan pelajaran yang disampaikan oleh nabi Ibrahim. Yang merelakan anaknya yaitu nabi Ismail yang sudah pasti sangatlah berharga untuk ia kurbankan kepada Allah. Karena ketaatannya kepada Allah sehingga Allah menggantinya dengan seekor domba.

Semoga yang belum sempat menunaikan ibadah kurban tahun ini, Allah berikan kesehatan, umur panjang dan rezeki agar bisa ikut serta beribadah kurban karena Allah Subhanahuwataalla tahun mendatang. Aamiin ya Allah ....

Demikianlah hikmah dari ibadah kurban yang bisa saya share di blog maya. Semoga bermanfaat bagi saya juga bagi pembaca dimanapun berada.
Akhir kata saya mohon maaf lahir dan batin. Bila berkenan melihat hasil rekaman saya video di bawah ini yang saya beri judul :
"Bismillahi Allahuakbar Penyembelihan 4 Sapi Hewan Kurban pekon taman jaya Lampung Barat"

Terima kasih wassallam


If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

30 comments:

  1. banyak banget ya hikmah berqurban, tapi sayangnya tahun ini aku belum bisa ikut berqurban mbak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sedih mas Indra DP,
      Semoga tahun depan Allah beri kesempatan untuk melaksanakan ibadah kurban

      Delete
  2. Memang banyak sekali hikmah yg didapat dari ibadah qurban. Meski hukumnya tidak wajib, tetapi bagi umat muslim yang mampu seharusnya melaksanakan ibadah qurban sebagai bentuk rasa syukur dan kepedulian terhadap sesama.

    Tapi aku baru bisa kurban perasaan. Hahahaaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku baca ahli fiqh mengatakan sunah muakkad, sunah yg sangat dianjurkan

      Hehe,
      semoga tahun depan beribadah kurban hewan ternak ya Kang Djaka Artub

      Delete
  3. Intinya kita sebagai umat islam apa pun alasan jangan pernah menyia-nyia kan kesempatan untuk tidak berqurban. Karena banyak makna serta pahala yang dapat kita petik dari ibadah qurban.

    Tahun Kemarin Bersyukur kami sekeluarga bisa qurban... meski tahun ini tidak mungkin tahun depan insyaallah bisa tercapai Amiin!.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah point-pointnya, ada dua manfaat yang kita dapatkan dari segi nilai spiritual juga nilai sosial
      alhamdulillah ...
      ya... doa dan cita-cita yang baik juga ikhlas utk mendpt keridhaan-Nya mendpt kemudahan dr sang Maha Pengabul doa
      aamiin

      Delete
  4. Sebagai wujud ketakwaan dan ketaatan kepada Sang Pencipta. Perduli terhadap sesama, dan memberikan sesuatu hal yang lebih baik. Kapan ya saya bisa berkurban ? semoga saja lain waktu ada rezeki,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tahun depan Kang Djangkaru Bumi, diberi kesempatan untuk ikut berkurban

      Delete
  5. Ibadah Qurban memiliki pesan moral yang sangat dalam.
    Semoga Allah beri keluasan rejeki kepada kita untuk memenuhinya dan menerima amal ibadah Qurban kita. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita ingin untuk bisa berkurban, ya semoga Allah lapangkan rezeki dan umur panjang

      Delete
  6. Sebagai wujud syukur, peduli sesama, memberi yang terbaik, menjalin rasa kebersamaan dan gotong royong.. adalah beberapa dari hikmah ibadah qurban. Bila semua kita jalani dengan ikhlas, semoga bisa membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah kita perbuat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin ya Allah
      Ibadah semata untuk meraih keridhaan-Nya
      semoga Allah mudahkan

      Delete
  7. maaf telat selalu bewe kesini teh akhir-akhir ini teh euy....kewajiban ngejar setoran musababnya, jadi baca hikmah kurbannya juga cuman baca judulnya doang deh nih....bae we nyak...nu penting mah ngshare ke G+ deh, biar tambah banyak yang baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga sibuk, Nggk usah minta maaf gitu, biasa aja kalau sempat alhamdulillah tak sempat tdk apa-apa
      terima kasih utk sharenya

      Delete
    2. duh pengertiannya pisan atuh neng geulis teh ka aa anu kasep tea ini....haturnuhun geulis

      Delete
  8. Dengan mengerti hikmah"nya, jadi pengin qurban

    ReplyDelete
  9. Bagi yang mampu, sangat amat dianjurkan berkurban, ya, Mbak. (Sudah 'sangat', masih ditambah 'amat' lagi. Hehe) Rugi banget kalau mampu tapi gak mau berkurban.
    Malahan ada satu pendapat yg tidak lg sunnah, Mbak, tapi wajib. Yaitu pendpat Imam Hanafi, karena berpijak pd sabda Nabi: "Siapa yang memiliki kelapangan tapi tidak menyembelih qurban, janganlah mendekati tempat shalat kami”.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, pernah baca satu-satunya pendapat yang mewajibkan untuk beribadah kurban
      Semoga Allah memampukan siapa saja yang ingin untuk melaksanakan ibaadah kurban, aamiin

      Delete
  10. Ibadah ikhlas ditujukan hanya kepada Allah SWT Insya Allah penuh hikmah & Berkah, semoga semua blogger muslim yang ada di koment ini bisa berkurban, Amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin
      Setiap ibadah memang harusnya hanya ditujukan untuk mengharapkan keridhaan Allah semata

      Delete
  11. Iya mba. Alhamdulillah..klo di tempat aku tinggal, kesadaran untuk berqurban udah lumayan tinggi. Satu lingkup masjid, kmrn 5 sapi. Tapi sering sedih juga klo ada kampung yang secara finansial warganya mampu..tp yang qurban cuma 1 ato 2 orang.. Nanti begitu dibagi..dapatnya dikit2 bnget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga terus meningkat ya dan Allah lapangkan rezekinya
      ya kita doakan semoga Allah ketuk hati mereka untuk ikut bersama-sama menunaikan ibadah kurban di tahun mendatang

      Delete
  12. Yah, semoga semangat kebikan dalam qurban kali ini juga menjadi pisau yang menyembelih naluri kebinatangan dalam diri kita mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manusia diciptakan dengan sebaiknya, ada naluri utk melindungi, menghormati, menyayangi semua yang baik-baik semoga tetap terjaga
      barakallah

      Delete
  13. banyak sekali hikmah dari hari raya idhul qurba, termasuk hikmahnya bisa nyate bareng2 temen sekampung hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hikmahnya amat banyak bagi rohani keagaamaan yakni agama Islam meningkatkan ketaqwaan, secara sosial jg banyak yg pasti peduli dan berbagi juga kebersamaan

      Delete
  14. Berkurban memang menjadi kewajiban bagi yang mampu agar saling berbagi dengan sesama manusia.

    Hal positif ini sudah di ajarkan oleh para nabi dan orang2 terdahulu yang sholeh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kita harus yakin Allah memberikan kemampuan bagi yang ingin

      Delete
  15. semoga kita bisa ketemu Idul Adha tahun depan ya, aamiin...


    *biar makan daging*

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu