Saturday, September 30, 2017

Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Menghadiri Undangan Pengajian Akbar

28 comments

Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) menghadiri undangan pengajian akbar yang dihadiri oleh ustad Solmed. Alhamdulillah aku dan empat orang temanku berkesempatan hadir pada pengajian akbar yang diadakan didaerahku. Sebenarnya aku hadir karena mendampingi ibu ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) wilayah Lampung Barat.

Tepat pukul sembilan kami berangkat dari rumah dinas wakil bupati Lampung Barat menuju lokasi, butuh satu jam perjalanan untuk menuju dimana lokasi pengajian akbar diselenggarakan. Oh iya sekedar informasi saja, ibu ketua BKMT wilayah Lampung Barat ini adalah isteri dari wakil bupati Lampung Barat.

Setelah istirahat sejenak di rumah transit untuk melepas lelah dan dahaga (ini tradisi masyarakat dalam menyambut tamu dikesempatan ini biasanya penyelenggara acara dan tokoh masyarakat menyampaikan tata cara acara atau hal lain yang mungkin dalam acara pada tamunya) kami menuju lokasi acara. Sampai di lokasi kami langsung disambut oleh rebana yang dimainkan oleh sekelompok pemuda desa tersebut. Syair dalam iringan rebana ini berisi shalawat dan puji-pujian kepada nabi junjungan kita umat muslim Muhammad shallahuallaiihi wassalam.

Ini rekaman yang bisa kami bagikan saat Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) menghadiri undangan pengajian akbar, sedikit informasi tradisi dalam masyarakat dalam menyambut tamu.



Kalau menurut pengamatanku masyarakat setempat sudah lama menunggu, mungkin sudah sejak pagi-pagi sekali mereka sudah ada dilokasi diadakannya pengajian akbar tersebut.

Sekedar informasi pengajian akbar ini tidak diadakan di masjid, tapi dilapangan yang dikelilingi oleh kebun kopi dengan menggunakan tenda. Aroma bunga kopi masih sempat tercium oleh indera penciumanku waktu itu. Aromanya sangat khas dan membuat aku sangat betah dan menikmati udara perkebunan kopi yang menjadi andalan mata pencarian masyarakat Lampung Barat.

Masyarakat setempat sudah menyajikan makanan dan minuman juga snak untuk tamu-tamu yang diundang untuk menghadiri pengajian akbar ini.

Suasana sangat ramai tentu saja mereka rela walau harus menunggu lama karena ustad dari ibu kota akan hadir dan memberi santapan rohani pada pengajian akbar kali ini. Ustad Solmed sengaja dihadirkan untuk menjumpai penggemarnya sekaligus memberikan siraman rohani pada para jemaah majelis taklim yang sudah menunggu beliau sejak pagi.

Ini video saat pembacaan ayat suci Al-Qur'an Al-Baqarah : 30, silahkan didengarkan merdunya suara qori' ini.



Hadirin dan kami rombongan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) menghadiri undangan pengajian akbar, tak menunggu lama acarapun dimulai. Seperti biasanya seremonial acara dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur'an, doa, sambutan-sambutan kemudian ceramah inti yang disampaikan oleh ustad Soleh Mahmud atau yang lebih dikenal dengan ustad Solmed.

Nah ini sekedar cuplikan yang bisa kami rekam saat pak ustad Solmed menyampaikan ceramahnya di tengah ribuan jemaah. Silahkan untuk didengarkan semoga ada manfaatnya. Sebelumnya aku mohon maaf karena rekaman-rekaman tidak bisa direkam secara utuh karena situasi dan kondisi yang tidak bisa dihindari dilapangan, silahkan ambil yang baik-baiknya saja dan tinggalkan yang tidak baik menurut pembaca atau pengunjung blog yang sempat hadir disini khususnya postingan ini sekedar berbagi pengalaman tidak ada maksud yang lainnya.





Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) menghadiri undangan pengajian akbar, sekedar berbagi pengalaman semoga ada manfaatnya bagi pengunjung blog ini. Terima kasih sudah hadir di blog ini mohon maaf untuk khilaf penulisan kata dan kepada Allah aku mohon ampunannya.

Foto diambil saat Ustad Solmed baru tiba di lokasi.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

28 comments:

  1. Laris manis memang Ustad Solmed masih banyak yang ngundang sampai ke lampung juga ya ,diperumahan saya juga pernah ngundang dan banyak jamaah yang datang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut informasi jadwal beliau sangat padat, dihari itu saja beliau dijadwalkan hadir di dua tempat utk daerah Lampung Barat

      Delete
  2. aku fokus ke batik penabuh rebananya. Motifnya Lampung banget
    asyik bisa denger ustad solmet ceramah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya motif siger adalah khas Lampung, silahkan di dengarkan semoga ada manfaatnya

      Delete
  3. wuidih sukeren pisan neng admin bisa punyakoleksi ustad artis yang sorotop kaya mang ust solmed.....bisa dapet siramannya pulak...mirkisip deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koleksi ustad? Waduh Mang Lembu ini selalu gokil deh hehe .... Alhamdulillah beliau bersedia datang walau harus menempuh perjalanan jauh dan melelahkan utk bisa hadir di daerah kami

      Delete
  4. Replies
    1. Rohani butuh makanan seperti halnya jasmani

      Delete
  5. *_* Wah ustad solmed, udah lama nggak keliatan ternyata sibuk mengunjungi banyak daerah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa betul lama tak terlihat? Kalau jadwal siarannya di TV tetap adakan ?

      Delete
  6. Untung postinganya lengkap, ada video ceramahnya Ustad Solmed.., jadi aku dan semua pembaca di sini jadi dapat siraman rohani juga.., hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau bisa bermanfaat, kalau memang bersedia silahkan di simak, mohon maaf hslnya tidak sebagus video mas Jen, seadanya saja

      Delete
  7. Emang sudah menjadi hal umum, tuan rumah dari pagi-pagi dibuat sibuk demi menyambut tamu agung.
    Coba seandainya dekat rumah, saya akan ikut turut hadir pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya menghormati orang lain sama halnya menghormati diri sendiri, apalagi tamu
      Wah suatu kebanggaan kalau bisa duduk bersama mendengarkan ceramah ustad Solmed

      Delete
  8. Wahhh aktif banget

    Ngefans bgt sama ustad solmed tp belum pernah menghadiri langsung kajian yang pematerinya beliau

    semoga suatu hari huhu
    aminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata ustad Solmed banyak fansnya ya, ya semoga saja suatu saat beliau bisa hadir di daerahmu

      Delete
  9. wah kelihatannya pengajian ini berhasil menarik minat pengunjung ya mbak

    rame sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabupaten Lampung Barat sudah beberapa kali mengundang ustad kondang bangsa ini dan Ustad Solmed ini sudah dua kali hadir di bumi Lampung Barat
      rame dan hikmat begitu yang aku lihat dilapangan

      Delete
  10. wah pengajian akbar di tempat sampeyan bisa didatengin ustad yg populer sekelas ustad solmed. hehe. banyak yg dateng pastinya karena biasanya hanya bisa liat beliau dari TV saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bentul bung Beny, yang datang sangat ramai mungkin karena ingin melihat dari dekat atau mungkin karena ceramahnya wallahuallam hehe

      Delete
  11. Iya nih, udah lama gk denger kabar ustad solmed.. Seneng banget ya bisa dengerin dan lihat langsung ceramah beliau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku lihat di lokasi pengajian ustad Solmed sehat, bugar dan bahagia
      Suatu kesempatan yg banyak dimanfaatkan oleh masyarakat

      Delete
  12. Apa kabarnya Ustad Solmed? Kok keknya kurusan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beliau terlihat sehat saja, kalau kurusan entahlah aku tidak paham hal itu

      Delete
  13. Semoga makin sukses untuk Mbak Maya, Ustad Solmed, dan Lampung Barat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, wah terima kasih banyak untuk doanya
      Sukses juga untukmu

      Delete
  14. Pengunjung pengajian akbar sangat ramai, pertanda warga Lampung Barat sangat rekligius ya neng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga demikian adanya
      betul setiap ada pengajian di Lampung Barat selalu ramai pengunjung dan sukses

      Delete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu