Wednesday, August 30, 2017

Obat Tradisional Warisan Turun temurun

32 comments

Obat tradisional warisan turun-temurun


Obat tradisional warisan turun-temurun adalah obat yang bahan-bahannya diambil dari alam sekitar dan biasa digunakan dalam keluarga yang diwariskan secara sengaja atau tidak sengaja dalam keluarga kami.

* Ada saat tertentu dalam obrolan keluarga saling memberikan info obat-obat tardisional warisan turun temurun ini meskipun sedang tidak ada yang sakit.

* Kadang sengaja menganjurkan obat tradisional tertentu ketika mendapati keluarga yang sedang sakit.

Obat tradisional warisan turun-temurun ini masih sering berikan sebelum pergi berobat ke medis, tapi ada juga dalam keluarga yang tidak percaya dengan obat tradisional ini hingga memilih langsung pergi ke dokter keluarga ketika sedang sakit. Pada dasarnya pilihan pengobatan menjadi pilihan pribadi masing-masing.

Sayang rasanya obat tradisional warisan turun-temurun ini bila sampai hilang, bukan tak mungkin suatu saat ada saja yang membutuhkannya. Ini alasan saya memasukkan postingan ini ke dalam katagori dibuang sayang. Akhirnya saya putuskan menuliskannya di blog jejak mayaku ini. Tentunya ini untuk mereka yang masih percaya dengan obat-obatan tradisional dan bagi mereka yang berusaha mengurangi ataupun mengurangi zat-zat kimia masuk ke dalam tubuhnya.

Saat meramu obat-obatan tradisional yang harus kita perhatikan betul adalah bahan yang digunakan harus masih dalam keadaan baik, kebersihan alat dan bahan obat juga harus sangat diperhatikan. Perhatikan juga setelah menggunakan obat tradisional ini apakah penyakit tampak kearah sembuh ataukah penyakit semakin buruk, ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan bagi si sakit.

Untuk kali ini saya share obat-obatan tradisional warisan turun-temurun, 5 obat tradisional yang bisa saya bagikan di blog jejak maya. Dengan harapan dapat berguna bagi yang membutuhkan.



1. Bagi yang ingin tetap langsing

Seduhlah segelas teh yang sangat pahit. Beri perasan air jeruk nipis dari satu buah jeruk nipis. Minum setengah gelas pagi hari dan setengah gelas lagi pada sore harinya. Dengan meminum teh pahit yang beri perasan air jeruk nipis secara tertib atau rutin maka tubuh akan tetap langsing dan selalu tampak segar.

2. Mengurangi kelahiran

Bagi mereka yang tidak punya keturunan tentunya kehadiran sang buah hati sangat diidam-idamkan, tapi bagi mereka yang ingin menjarangkan kehadiran sang buah hati cobalah cara ini. Ambil kunyit lebih kurang tiga centimeter kira-kira sebesar ibu jari. Panggang kunyit jangan sampai gosong kira-kira 2-3 menit, kemudian tumbuk hingga halus, beri garam halus seujung sendok teh tambahkan air satu gelas kemudian saring. Minum ramuan ini selama satu minggu, yaitu pagi dan malam hari, inshaallah sibungsu tidak dapat adik.



3. Mencegah tensi darah naik

Untuk menjaga agar tensi darah tidak naik, cobalah dengan buah belimbing, tapi harus diingat sebaiknya hindari 3G yaitu : garam gula dan gorengan.

Ambil belimbing yang sedang besarnya dan setengah matang, kemudian parut peras ambil airnya satu gelas sedang. Minum air perasan belimbing ini selama satu bulan setiap hari. Setelah satu bulan baru minum dua hari satu kali, inshaallah tensi darah akan tetap normal.

4. Menyembuhkan asma atau bengek

Sesak napas tentu sangat menyiksa, bila ingin mencoba obat tradisional warisan nenek, cobalah ramuan ini.
a. Hati kalong 2-3 buah (kalong banyak di jual di pasar atau kalau bisa nangkap sendiri)
b. dua butir kemiri tumbuk halus
c. sesendok teh garam
d. air asam jawa kental

Caranya :
campurkan kemiri, garam, air asam jawa aduk rata gunakan untuk merendam hati kalong selama 10-15 menit, kemudian goreng. Berikan pada penderita asma. Lakukan selama satu minggu berturut-turut, inshaallah asma atau bengeknya sembuh dan untuk pencegahannya agar tidak kambuh beri hati kalong sebulan sekali.

5. Mencegah agar anak tidak step

Obat tradisional warisan turun-temurun untuk mencegah agar anak tidak step atau pengejangan otot, nenek bilang berikan satu sendok teh kopi ayah untuk anak balita setiap pagi, maka anak akan terhindar dari step walaupun anak terserang panas tinggi. Tapi ingat ya tidak boleh lebih dari satu sendok teh, kalau lebih dari satu sdndok teh akan berdampak buruk pada kesehatan anak.

Nah semoga kelima resep obat tradisional warisan turun-temurun ini bisa berguna bagi yang membutuhkan, sampai jumpa lagi diresep obat tradsional yang akan saya postkan lain waktu, inshaallah.

Salam sehat dari saya, bila sakit tetap berlanjut sebaiknya segera hubungi dokter ya. Yang pasti sehat itu anugerah dan bersyukulah, jika sakit maka bersabar, berikhtiar untuk kesembuhan berdoa meminta kesembuhan pada sang Maha Penyembuh. Sedangkan obat-obatan adalah termasuk ikhtiar, tapi yang memberi kesembuhan hanyalah Allah Yang Maha Kuasa.

Selamat mencoba semoga obat tradisional warisan turun-temurun ini bermanfaat.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

32 comments:

  1. Replies
    1. alhamdulillah
      terima kasih mas Ihsan

      Delete
  2. Obat traditional
    Sungguh turun temurun hingga kekal
    Karena memang bahannya selalu mudah dikenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obat tradisional tak akan punah
      Kesehatan adalah anugerah
      Ketika sakit jangan pasrah
      Mohon kesembuhan pada Allah
      Lawan penyakit ikhtiarlah

      Delete
  3. Replies
    1. Silahkan dicoba ramuan obat tradisional warisan turun temurun
      semoga langsing dan sehat hehe

      Delete
  4. Selamat atas tayangnya adsense di bog keren ini :) (baru nyadar)

    Resep turun temurun warisan nenek moyang kita yang patut dilestarikan ya neng, negerei kita yang kaya raya ini sayang kalau disia-siakan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, alhamdulillah

      Obat tradisional yang bahan-bahannya diambil dari alam sekitar semoga bisa menjadi obat alternatif bagi yg membutuhkannya

      Delete
    2. Saya juga mengucapkan selamat ya

      Delete
    3. alhamdulillah
      terima kasih

      Delete
  5. Kalau saya seringnya pake kunir buat ngobatin luka ayam abis diaduu... heheh
    Tapi kalau kunir pemanfaatnya memang banyak sekali,, salah satu contohnya adalah dijadikan bahan untuk mengurangi kelahiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kunyit dipercaya mengobati luka dan koreng karena memgandung antibiotik

      Delete
  6. Teh pahit menjadi resep leluhur yang tidak pernah saya tinggalkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. teh pahit selain mudah di dapat juga mempunyai banyak khasiat

      Delete
  7. ini cocok sekali untuk teman saya yang sering kena asma mbak, terima kasih ya atas info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sama-sama
      semoga cocok dan cepat mendapat kesembuhan serta sehat selalu

      Delete
  8. Saya tertarik dengan kunyit panggangnya mba,,biar istri tidak perlu KB, heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, dicoba saja mas Dwi, kalau untuk testimoni saya belum ada
      semoga berhasil

      Delete
  9. halo mbaaa mantap banget tulisannya.. saya padahal sering lho mbaaa bkin jeruk nipis dan lumayan ya mbak bikin sehat dan badan serasa segar.. baru tau bisa melangsingkan.. perlu dicoba nihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga sist, jeruk nipis kaya akan vitamin C membuat badan jd segar dan kulit mulus dan bisa melarutkan lemak, coba aja saja, kalau saya sdh langsing dari sananya hehe

      Delete
  10. Memang ada baiknya kita menggunakan obat2an dari alam. Karena segala yg dari alam tak menimbulkan efek samping. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obat tradisional bisa digunakan karena murah dan mudah didapat, tapi kalau tak kunjung sembuh ya usaha penyembuhan lainnya, ya salam kenal juga

      Delete
  11. Obat tradisional memang sudah jadi tradisi turun temurun, dan biasa juga mudah dicari dan terbilang simpel ya, Teh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya biasanya dari mulut ke mulut, bahannya juga ada disekitar kita
      juga bisa diracik sendiri

      Delete
  12. Hai, kunjungan perdana nih mba. aku bisa coba buat yang langsing tuh..he

    salam kenal ya..
    ditunggu kunjungan baliknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya, selamat datang salam kenal juga
      iya silahkan semoga berhasil

      inshaallah saya kunjung balik, terima kasih

      Delete
  13. Saya suka sekali makan buah belimbing, dua kilo bisa habis sendirian. Demi darah tidak naik, demi aktifitas tetap lancar.

    ReplyDelete
  14. Waahhh!! Tips yang menarik nih mbak Mhay meski tradisional tapi punya khasiat luar biasa karena tanpa ada bahan kimia, semuanya itu serba alamiah... Ok thanks mbak Mhay..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bagi yang sakit obat tradisional bisa jadi pilihan solusi penyembuhan
      sama-sama

      Delete
  15. Iya sesendok kopi bisa mencegah anak agar tidak step, bahkan sampai saat ini aku masih sering melihat tetanggaku melakukan resep tradisional ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah belum pernah lihat mas Jen, kalau begitu cara ini ada kemungkinan terbukti ya

      Delete
  16. @Djangkaru, kalau kebanyakan nanti nggak jadi obat tuh

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu