Sunday, August 6, 2017

Cara Menyimpan Tepung Terigu Agar Tidak Berbau Apek

43 comments



Halo buat kamu wanita yang tercantik dan cerdas. Apakhabar? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat selalu ya. Kali ini Maya pengurus blog jelmayatiasa.blogspot.com akan berbagi sekitar tips yang semoga bisa membantu mengatasi bau apek pada tepung terigu, yaitu cara menyimpan tepung terigu agar tidak berbau apek.

Pernahkah kamu mengalami tiba-tiba tepung terigu yang kamu simpan berbau apek? Atau tepung terigu yang kamu simpan didatangi sejenis kutu? Kalau pernah coba cara ini, cara menyimpan tepung terigu agar tidak berbau apek.

Memang sekarang tepung terigu sudah dikemas sedemikian rupa untuk menghindari bau apek. Bau apek pada tepung terigu biasanya terjadi karena cara penyimpanannya tidak benar.

Ladies, ternyata banyak juga loh yang takut menyimpan tepung terigu terlalu lama. Tapi tidak menutup kemungkinankan suatu saat kita terpaksa melakukannya, yaitu menyimpan tepung terigu karena tidak langsung habis digunakan. Misalnya sisa membuat camilan untuk keluarga atau sisa membuat kue persiapan hari raya, sedangkan kemasannya sudah dibuka. Sedangkan belum tahu kapan tepung terigu ini akan digunakan.

Tepung terigu yang tersisa apa mungkin dibuang? Nggk kan. Dari pada dibuang lebih baik diberikan pada yang membutuhkan. Bagi kamu yang ingin menyimpan tepung terigu dalam jangka waktu tertentu atau belum tahu kapan akan digunakan tidak perlu khawatir berbau apek. Pakai cara yang sudah pernah kami praktekkan dan ternyata tidak berbau apek juga tidak didatangi kutu.

Seperti yang Maya alami. Ada sisa tepung terigu yang tidak habis digunakan waktu membuat kue hari raya beberapa hari lewat. Mungkin ini sudah bukan rahasia lagi.
Tapi karena ini hal yang mungkin bisa membantu bagi yang membutuhkan maka sengaja dibagikan di blog sederhana ini. Nah! Cara menyimpan tepung terigu agar tidak berbau apek sangat mudah.

Mau tahu caranya?
Yuk kita simak di sama-sama.

Kita hanya butuh :

1. Beberapa potong arang.

2. Selembar kain bersih atau tisue (tanpa parfume)

3. Dan sudah pasti tepung terigu yang akan kita simpan.

4. Wadah yang bisa ditutup rapat atau kantong plastik juga boleh.

Kita mulai yuk cara menyimpan tepung terigu agar tidak berbau apek! Ladies! Simak step-stepnya ya. Mudah banget kok!

1. Bungkus dulu arang dengan kain bersih atau tisue yang sudah kita siapkan tadi.

2. Lalu letakkan bungkusan arang kedalam kantong atau wadah tempat kita menyimpan tepung terigu tadi.

3. Kemudian ikat atau tutup rapat wadah tepung terigu tersebut.

Kamu boleh meletakkan beberapa bungkus potongan arang dalam satu wadah ya.

Mudahkan?
Nah sekarang kita tidak perlu merasa khawatir lagi menyimpan tepung terigu kita, bila belum habis terpakai. Menurut pengalaman bisa sampai tiga sampai dengan lima bulan, tapi ingat ya! Cek tanggal kadaluarsanya saat membeli. Karena bahan makanan yang sudah kadaluarsa tidak baik untuk kesehatan. Cara menyimpan terigu agar tidak berbau apek selamat mencoba ya, semoga berhasil.

Salam hangat dan salam sehat dari Maya.


If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

43 comments:

  1. Hemm ternyata gitu ya cara menyimpan tepung terigu agar tidak berbau apek? Memangnya ada kandungan zat apa yang terdapat pada arang., nyoba cari2 dulu di google dulu ah siapa tahu dapat tambahan wawasan., hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arang sebenarnya sudah dikenal sejak lama mengandung activated charcoal yang mampu menyerap bau dan bakteri, bahkan dipercaya sebagai pertolongan pertama pada diare
      silahkan cari di google inshaallah ada dan bisa lebih jelas lagi

      Delete
    2. sya pengen ngomongnya disini aja ah, biar tetap kerennya terlihat banyak orang.

      nambahin cara menyimpan tepung supaya nggak apek boleh ya...caranya yang paling makjleb menurut mamang mah....JANGAN DISIMPEN, KALAU ADA SISA MAH...MENDINGAN KASIH KE TETANGGA, AMAL BAIK KEPADA TETANGGA DISARANKAN...LOCH

      Delete
    3. Hehe, Mang Lembu paling tahu tempat yang strategis
      betul setuju banget, kalau disimpan dan belum tahu kegunaannya kapan ya bagusnya disedekahkan
      silahkan yang punya tepung terigu sedekahkan tapi saran aja sih "yang ikhlas ya bukan karena nggk enak sama mang Lembu hehe ...."

      Delete
  2. Aku baru tahu lho, cara ini. Aku pribadi kalau dirumah suka asal kalau simpan tepung terigu, cara ini bisa aku coba nih. Memang sih, kalau bau apek kalau mau digunakan serasa kurang enak nantinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bau apek pada tepung terigu bisa juga karena sudah tercemar oleh bakteri, sebaiknya tidak usah digunakan lagi saja. Selain rasanya tidak enak tidak baik untuk kesehatan

      Delete
  3. Boleh juga nih di coba, buat jaga" takut nyimpen nya lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicoba, tapi dengan tetap memperhatikan tanggal kadaluarsanya ya. Itu sangat penting

      Delete
  4. Oh cuma pakai arang saja ya mbak maya untuk menyimpan terigu. Kadang memang ada sisa tepung habis buat cilok ngga ke pakai. Sip mbak maya infonya. 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, kenalkan dengan sihitam legam arang ini? Ya silahkan dicoba, semoga bisa menjadi solusi

      Delete
  5. Ooo, jadi rahasianya ini ada di arang ya, Mbak Maya. Boleh nih, makasih banyak yaaa... tips oke dan sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, sebenarnya banyak rahasia lain tentang arang ini
      semoga saja manfaat

      Delete
  6. Tepung terigu emang harus disimpan sih, soalnya banyak banget menu yg bisa dibikin pake tepung ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu sedia tepung terigu ada bagusnya juga ya, jadi lebih mudah saat akan menggunakannya

      Delete
  7. Tips yg kece Mbak May, aku baru tahu loh. Musti pake arang ya. Duh, ada yg jual nggak ya, lama nggak beli arang. Untungnya selama ini teriguku udah habis kupake sebelum berbau Mbak. Btw, tipsnya aku save nih, penting buat emak rempong kayak aku., tengkyu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini tips dari Ibu say, ya kalau bisa sekali habis digunakan itu nggak sampai apek dong. Silahkan semoga bermanfaat

      Delete
  8. Kebetulan nih, nyonya besar kalau habis buat roti atau kue apa gitu, tinggal taruh gitu aja di kulkas. Entah lah itu boleh atau kagak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kulkas boleh juga asal tertutup rapat, tp tidak semua jenis kue/cake bisa menggunakan tepung terigu yg sdh disimpan dlm kulkas
      ya kalau nyonya besar sdh selesai di dapur, mas Yanuar boleh juga bagian beres-beresnya hehe ..

      Delete
    2. Bukan dibolehkan itu mbak, tapi diwajibkan kayaknya :(

      Delete
  9. Replies
    1. alhamdulillah, semoga bermanfaat

      Delete
  10. Wah manfaat bgt ni mb may, soalnya aku suka nimbun tepung e tau2 kutuan huaaaa
    Ternyata salah satunya pke arang y

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya semoga saja, hem coba deh pakai cara di atas kutu pada tepung tak hadir bersarang di tepung terigu yang disimpan

      Delete
  11. Bagus banget ini tipsnya mbakyu, ini mengingatkan saya akan pentingnya kesegaran bahan baku kue agar senantiasa tetap segar dan frees, Oky bisa di coba,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahan baku yang digunakan dalam mengolah makanan sangat mempengaruhi hasil kwalitas rasa, tampilan dan yang pasti demi kesehatan

      Delete
  12. Cocok banget juga tipsnya buat para pedagang kue nih mbakyu, dulu waktu masih di dunia kuliner, seringkali ada tepung terigu masih pada nyisa, sekarang ngggak kuwatir lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sisa tepung terigu saat mengolah makanan sudah biasa terjadi, sip mongo di coba hehe

      Delete
  13. Cara yang praktis memang. Mungkin dalam arang terdapat beberapa zat tertentu pengusir kutu atau pencegah bau apek. Yang penting terhindar dari kelembapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski sekarang serba modern, tapi cara-cara orang dulu masih ada yang bisa kita pakai di era modern ini
      ya betul terjaga dari kelembapan, karena tempat yang lembab rawan didatangi bakteri dan kutu

      Delete
  14. kalau artikel ini memang cocoknya buat ibu-ibu, emak-emak,mbak-mbak,tante-tante deh ya

    kalau saya bagian menikmati yg udah jadi makanan aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, ya buat yang mas-mas sekedar tahu aja nggk didenda kok
      Mak-mak sudah tahu sebenarnya sebelum artikel ini muncul

      Delete
  15. hanya dengan kain yang bersih ternyta bisa membuat tepung terigu bisa bertahan lama tanpa bau apek ya mbak, terima kasih atas tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kain atau tisue untuk pembungkus arangnya, supaya tepung terigu tidak hitam terkena arang, begitu maksudnya hehe

      Delete
  16. Selama ini saya cuma di bungkus plastik. Memang sih gak lama kali simpannya

    ReplyDelete
  17. Tutorialnya mantap nih mbak cocok sekali buat anak kost seperti saya ini .. kebetulan juga punya tepungyang masih ngangur dibelakang .. dan cuma digantung di dinding pake.. salam kenal mbak dari saya nih

    ReplyDelete
  18. Betul juga mbak may... Tapi kalau dirumah... Nah kalau terigunya berbal-bal gimana mbak may... ditoko aku banyak terigu, mentega, tepung roti, selai, keju, tepung maizena, sagu tani,.... Lhaaa!!!2...semua disebutin...berarti arangnya mesti satu truck dong...😳😳😳😳 ( becanda mbak may )

    Yaa! Kalau untuk dirumah memang betul mbak may... Tapi kalau ditoko dalam jumlah banyak ada sinar penghangat atau serat karbon pengawet tapi agak harum hampir sama kaya arang cuma aku lupa namanya..😂😂

    Tapi tergantung barang keluar juga kalau dalam 3 hari keluar itu barang ( laku terjual ) nggak perlu, cukup disimpan ditempat yang sejuk saja..😃 ok mbak may thanks tipsnya 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gudang penyimpanan dalam partai besar memang harus standby dg segala pasilitas demi kesegeran isinya tetap terjaga bos

      Delete
  19. Sebagai seorang laki-laki tulen saya sangat membutuhkan tips ini, biar saya bisa memberi tahu istri saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah salut dengan mas Prastyio, keren deh. Bangganya punya pendamping seperti Mas Prastiyo, salam untum isteri tercinta

      Delete
  20. oalahhh n baru tau, selama ini slalu kubuang aja sisa terigu yg kelamaan ada, tengkiyu tips nya mbaakk

    ReplyDelete
  21. ternyata begitu yaaa mbaa cara menyimpan terigu.. baru tau nii mbaa.. aku coba praktekan yaaa.. makasih mbaaa :)

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu