Monday, August 14, 2017

Ayam Goreng Serundeng

35 comments

Bosan dengan ayam goreng yang itu itu juga coba deh ayam goreng serundeng istimewa ini. Rasanya enak manis-manis gurih yang berasal dari serundengnya juga aroma lengkuasnya menjadikan ayam goreng ini sangat istimewa. Ayam goreng serundeng ini menjadi salah satu menu favorit keluarga Maya.

Tertarik ingin tahu bahan dan cara membuatnya? Ayam goreng serundeng ini adalah ayam goreng yang cara penyajiannya ditaburi dengan serundeng. Sedangkan serundengnya berasal dari kelapa parut yang disangrai kemudian dibumbui sehingga rasanya sangat nikmat karena kaya akan bumbu alami.

Ayam kaya akan protein yang juga sangat baik untuk masa pertumbuhan anak-anak. Dengan mempariasikan aneka menu yang berbahan ayam membuat anak-anak tidak bosan untuk mengkonsumsinya. Memang bagi bunda yang super sibuk dengan aktifitas bisa saja membeli yang sudah matang. Ayam goreng serundeng ini banyak dijual di rumah-rumah makan.

Ayam Goreng Serundeng

Maaf gambarnya tidak bagus.

Sesekali boleh dong kita mengolah sendiri menu paforit keluarga rasanya tentu beda dengan kita membeli yang sudah matang. Kita intip yuk bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan Ayam Goreng Serundeng :

1. Ayam boleh bagian paha saja atau bagian dada sesuaikan dengan sekera keluarga, kalau suka bagian sayap juga boleh.

2. Kelapa parut yang sudah disangrai 150 gram. Ini nanti sebagai bahan serundengnya.

3. Daun salam 2 lembar

4. Laos atau 2-3 ruas jari diparut

5. Air secukupnya, nantinya digunakan untuk mengungkep ayam, akan lebih nikmat lagi bila kita gunakan air kelapa

Bumbu yang dihaluskan :

1. Bawang merah 3 -4 siung

2. Bawang putih 2 -3 siung>

3. Biji Ketumbar 1/2 sendok makan

4. Kunyit 2 ruas jari

5. Kemiri 2 butir

6. Garam secukupnya

7. Gula pasir atau gula putih secukupnya

Cara Membuat Ayam Goreng Serundeng :

1. Siapkan dan cuci bersih dulu bahan-bahan yang kita perlukan seperti ayam dan bumbu lainnya, cuci bersih, lengkuas atau laos yang sudah diparut. Sementara kita sisihkan dahulu.

2. Kemudian kita menggiling bumbu yang dihaluskan.

3. Saatnya kita menumis bumbu dengan menggunakan sedikit minyak goreng. Tumis bumbu halus sampai tercium aroma wangi dan sedap. Jangan lupa masukkan daun salam, lengkuas dan ayam. Tambahkan air secukupnya, cicipi rasanya.

4. Kita bisa tambahkan jika ada bumbu yang belum pas dan sesuai selera kita, misalnya kurang asin, kita bisa tambahkan garam secukupnya.

5. Diamkan dan masak sampai ayam menyerap bumbu dan air juga sampai menyusut. Sisakan sedikit airnya untuk kelapa sangrai). Setelah air susut, tapi bukan kering ya, angkat potongan ayam dan kita sisihkan dulu.

6. Masukkan kelapa yang sudah disangrai ke sisa air bekas ungkepan potongan ayam tadi, aduk rata.

7. Kemudian kita lanjutkan dengan menggoreng potongan daging ayam dengan menggunakan wajan lain.

8. Lanjutkan lagi dengan goreng kelapa sampai garing kecoklatan dengan menggunakan api kecil, kemudian tiriskan.

9. Hilangkan uap panasnya kemudian simpan di wadah tertutup agar awet serundengnya. Serundeng ini bisa juga dipadukan dengan gepuk atau boleh juga sebagai peranti bila sewaktu-waktu membuat ayam goreng di lain hari.

10. Jadi kapan-kapan kalau buat gepuk atau ayam goreng langsung bisa di campur keserundeng ini, selama penyimpanannya baik awet bisa satu bulan.

11. Kemudian tata ayam goreng di piring, beri taburan serundeng kelapa di atasnya. Ayam goreng serundeng siap disajikan untuk keluarga tersayang.

Mudahkan cara membuatnya. Selamat mencoba! Love to cook for family selalu dan selalu, yang pasti makin dicintai oleh keluarga, mau? Mau dong hehe ....

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

35 comments:

  1. Mba" maya bener bener wanita idaman nih,,kayaknya pinter banget memasak...makasih resepnya mba,,di tunggu resep terbarunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata-rata wanita pintar memasak kok, ok deh kapan-kapan posting resep lagi kalau punya resep baru

      Delete
    2. tapi ayam goreng serundeng enak diliatnya doang, pas digigit liat suliat-liat jadi kurang suka sayah mah....maaf yah, saya mah mau pake jengkol ajah ah

      Delete
  2. Sekilas lihat gambar ayam goreng serundeng ini mirip nasi krawu,bedanya cuma ayamnya yang dirajang.

    Bawaannya jadi laper kalau lihat ayam goreng bumbu serundeng.,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasi krawu? Wah! Nanti deh di coba buat kalau gitu
      Monggo mas Jen nikmati dulu gambarnya biar tambah laper hehe

      Delete
  3. Replies
    1. Sama ayam gorengnya ya, tapi buatan Maya bukan buatan kak Ros haha

      Delete
  4. Nah ini nih yang belum pernah saya coba bkin.. hehehehhee tp nanti dicoba deh mba bkinn.. sudah ada resep dr mba maya.. heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh say, mungkin biasanya beli ya hehe ... sekali-kali buat sendiri

      Delete
    2. kenapa nggak dilanjutin ...

      ...kalau inget, tapinya....gitu kan?

      Delete
  5. Baca artikel ini Pas jam akan siang...
    Jadi laperrrr....

    ReplyDelete
  6. Maknyooss nih, ayam serundeng.. kesukaan anak-anak saya.. mau dong di kirimin satu porsi icip=-icip neng Maya, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok sama ya?
      Wah masakan ibunya anak-anak pasti istimewa dong hehe ...

      Delete
    2. Pastinya neng.. :) apalagi dikasih lalapan, pasti lebih nikmat yah...

      Delete
    3. tambah lalapan plus sambal mantaf tuh hehe ... Bisa lupa diet

      Delete
  7. Mmm.. Dilihat dari judulnya ini pasti resep masakan sunda, karena ciri khasnya menggunakan serundeng..!
    Jadi laper liat ayam serundeng ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, biasanya menu ini sering dijumpai di rumah makan Sunda, tapi sekarang menu ini ada di dapur maya. Mungkin belum makan malam jadi laper hehe

      Delete
  8. barusan saya makan ayam serundeng,,cuman bahannya agak beda sih..Kalo punya saya bahannya cuman dua, yang pertama selembar kertas ijo, yang kedua mantra "beli ayam serundeng mbak"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gitu saya harus sedia kembang tujuh rupa plus kemenyan dulu nih
      hehe

      Delete
  9. baca resepnya aj sudah bikin lapar untung gk bikin baper ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau baper bukan soal makanan ya, hehe ... Boleh kapan-kapan tak bikin baper bukan laper

      Delete
  10. Tahu benar nih nih mba Maya dengan salah satu menu kesukaan saya Ayam Goreng Serundeng. Apalagi ccara mebuatnya sangat mudah. Tapi kalau saya pilih yang siap di makan saja mba. he,, he,, he,

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sih sama, saya juga ingin siap makan juga, masalahnya kudu bayar chef haha

      Delete
  11. Bener Mba Maya, aku biasanya beli kalo ayam goreng serundeng gini. Manteep banget malah ditulis resepnya sm Mba, aku catet aah caranya. Lihat buat Mba kayaknya enak banget hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, biasanya beli juga hehe, iseng aja buat ya rasanya lumayan mendekati

      Delete
  12. Aku paling suka mb ayam ala ala srundeng, brarti yangnini ga pake lengkuas lagi ya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake say, lengkuasnya diparut tuh ada

      Delete
  13. Belum pernah bikin yg kayak gini Mbak. Biasanya serundeng daging. Cara bikinnya juga lain. Aku penasaran. Kapan2 mo nyoba ah

    ReplyDelete
  14. serundeng nih..salah satu kesukaan anak saya mbak

    menu diatas perlu dicoba,kayaknya bakal cocok untuk hidangan makan siang

    ReplyDelete
  15. Bah enak ini pasti. jadi pengen masak juga :D

    ReplyDelete
  16. udah kebayang enaknya nih, kalo menurutku kremes serundeng yang enak memang dari lengkuas parutnya juga mbak, semakin banyak semakin nikmat, apalagi digoreng kering

    ReplyDelete
  17. saya pribadi lebih suka ayam goreng laos mbak daripada serunderng kelapa gitu T.T

    ReplyDelete
  18. Ayam goreng serundeng sungguh mantap
    Apalagi disantap
    Bersama nasi pecel pasti sedap
    Puasnya tahap lahap...

    ReplyDelete
  19. Enak nih udah dikasih resep sama mbak maya. Tinggal suruh istri masakin. Apalagi masakan istri saya dijamin lezat.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu