Thursday, June 1, 2017

Apakah Manfaat dan Hikmah Dari Ziarah Kubur

27 comments

Apakah manfaat dan hikmah dari ziarah kubur



Apakah manfaat dan hikmah ziarah kubur, bagi peziarah maupun yang diziarahi? Tentu saja keduanya akan mendapatkan manfaat dan hikmah dari kegiatan ziarah kubur ini selama ziarah kubur sesuai dengan tuntunan agama yang kita anut yaitu agama Islam.

Sebagian orang menganggap Ziarah kubur adalah sekedar tradisi atau ritual adat semata, namun dalam agama Islam kegiatan atau aktivitas ziarah kubur ini adalah amalan yang disyariatkan.

Karena manfaat dan hikmah dari ziarah kubur adalah wujud rasa menghormati atau menghargai bagi yang diziarahi dan juga memberikan kebahagiaan pada keluarga yang telah ditinggalkan merasa bahwa anggota keluarga yang sudah meninggal masih dihormati, tidak dilupakan dan didoakan.

Sedangkan dalam agama Islam ziarah kubur adalah salah satu cara mengungkapkan perhatian Islam terhadap hak dan juga kehormatan bagi pemeluknya. Seperti halnya saat pemeluknya masih hidup seorang muslim mendapatkan haknya, tentunya sesuai dengan aturan yang telah digariskan dalam agama Islam, yaitu harga diri dan kehormatannya dijunjung tinggi, penjagaan atas hartanya dan juga kelangsungan hidupnya.

Demikian juga setelah ia meninggalpun masih mendapatkan dan diberikan perlakuan yang sangat terhormat dengan cara diziarahi kuburnya dan doa dari kaum muslimin dan muslimat yang mendoakannya.

Jadi, ziarah kubur bukan sekedar tradisi atau ritual budaya saja selama ziarah kubur dilaksanakan dengan niatan untuk mengambil manfaat dan hikmah dari ziarah kubur.

Manfaat dari ziarah kubur sangat besar baik yang berziarah maupun yang diziarahi, lalu apakah manfaat dan hikmah dari ziarah kubur ? Manfaat dan hikmah bagi peziarah maupun yang diziarahi adalah ;

1. Manfaat dan hikmah bagi peziarah kubur

Amalan ini tentunya bisa menjadi suatu pelajaran yang sangat berharga bagi peziarah. Peziarah mendapat nasehat dari kematian. Mengingatkannya kepada kematian dan alam akherat. Mengingatkan bahwa kehidupan di dunia adalah fana dan akan ada kehidupan lagi kelak di alam kubur.

Rasulullah dulu pernah melarang untuk ziarah kubur akan tetapi kemudian Rasulullah memperbolehkan untuk berziarah kubur karena dengan ziarah kubur bisa mengingatkan umatnya akan alam akherat.

Dengan ziarah kubur yang hidup akan menyadari bahwa hidupnya di dunia ini hanyalah sementara. Kehidupannya di dunia suatu saat akan berakhir.

Segala kemewahan dunia, pakaian bagus kelak akan dilucuti dan akan diganti dengan selembar kain kafan. Pakaian serta baju yang mahal harganya akan diganti dengan selembar kain kafan yang tidak bisa dipih modelnya dengan keinginan sedangkan berjahit saja tidak dan harganya sangat tidak seberapa.

Wajah cantik dan tampan, tubuh yang kekar nan perkasa, body yang begitu dibanggakan semasa hidup tinggalah jasad yang berwajah pucat pasi dan tak berdaya. Jangankan untuk mandi membersihkan dirinya sedangkan untuk menopang tubuhnya saja sudah tak sanggup lagi. Sungguh ziarah kubur hendaknya menjadi ibrah bagi yang berziarah.

Rumah mewah, kendaraan yang berjejer di garasi tinggalah semua. Dengan keranda jasad membeku di bawa dan liang lahat yang sempit lagi sesak tempatnya. Siapa yang menemaninya? Hanyalah amalannya selama di dunia. Adakah yang bisa menolak kenyataan? Tidak ada yang bisa sembunyi bila waktu telah tiba menjemputnya.

Tentunya betapa besar manfaat dan hikmah yang bisa diambil bagi peziarah kubur. Sehingga bisa meningkatkan kwalitas keimanannya, menabur amal shalenya dan menabung bekal untuk alam akheratnya.

2. Manfaat bagi yang diziarahi

Seperti halnya bagi peziarah mendapatkan manfaat dan hikmah dari ziarah kubur, maka demikian pula bagi jasad yang terkubur juga mendapatkan manfaat dan hikmahnya.

Atas izin Allah jasad yang yang terkubur akan mendapatkan manfaat atas permohonan ampunan atau doa-doa yang dipanjatkan kepada Allah bagi peziarah yang ditujukan pada ahli kubur tersebut. Masyaallah ...

Semoga Allah memudahkan kita semua untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat, aamiin ya Allah ...

Demikianlah pos Maya di hari ke 6 Ramadhan 1438 H, yang benar itu datangnya dari Allah dan yang salah itu karena ketidak sempurnaan Maya, kepada Allah Maya mohon ampun dan kepada pembaca Maya mohon maaf.>/br>

Wassallamuallaikum warrahmatullahiwabarrakatuh.

Apakah manfaat dan hikmah dari ziarah kubur

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

27 comments:

  1. Hikmah dari ziarah kubur bisa membuat hati kita lembut dan menambah ketawaan kita.., karena kita tersentuh dengan apa yang barusan kita lakukan., pada dasarnya nanti kita juga sama seperti mereka yang kita ziarahi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas Jen, karena itulah yang awalnya Rasulullah melarang namun kemudian membolehkan

      Delete
    2. kemaren bukanya lewat hp, nggak kliatan kalau rumahnya baru....beli dimana warung bi entin rumahnya ya bu?...

      Delete
    3. hehe, iya ini ingin tampilan baru aja, meski masih ada yang perlu di renovasi sedikit, tapi karena sambil belajar jadi agak lamban

      Delete
  2. pastinya selain tersebut diatas banyak lagi hikmah dan manfaat ziarah kubur, komo saya mah pernah ngerjain proyek di TPU Bekasi (lihat artikel di blog), makjleb banget rasanyanya, cuman setelah proyek TPU selesai....lupa lagi deh hikmah tersebut.....hadeuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya masih banyak Mang manfaat dan hikmah dari ziarah kubur

      Iman manusia itu naik turun, semoga dapat proyek TPU lagi biar pulih lagi ingatannya tentang hikmah dan manfaat dari ziarah kubur

      Delete
    2. tega banget doanya...wong tiap hari liat yang dikubur dan menangis gaung-gaung, malemnya saya suka ngimpiin yang dikuburin jeh....cafe dweh.....lagian kalau ingatan saya mah normal, walaupun sering error ge...lumayan ajah atuh

      Delete
    3. ya Mang, tapi kalo nangis jangan guling-guling ya, ntar bajunya kotor
      hehe ...

      Delete
  3. Keutama'an atau manfa'at dari ziarah kubur.. Ya itu : kita jadi ingat bahwa cepat atau lambat kita pun akan mati, mati tanpa membawa harta apapun selain kain kafan yang melilit di tubuh, itupun di pakaikan orang lain. Oleh sebab itu mumpung masih hidup janganlah jadi orang yg pelit.
    Sering2lah bersedekah dan berbuat baik.. agar waktu kita mati selain membawa kafan kita juga bisa membawa amal dan juga.. Cinta. Asiik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kita akan banyak mendapat ibrah dari aktifitas ziarah kubur bila kita betul-betul memaknainya, melembutkan hati, terhindar dari cinta dunia, sombong dan juga seperti yang Emde bilang rajin sedekah (dermawan) .... Amal cinta karena Allah 😀

      Delete
  4. setiap ziarah kubur ayah ibu memang rasanya jd rontok segala rasa sombong, melihat tempat yang ukurannya hanya 2x1m ikut merasakan rasanya apa lagi yang mau dibanggakan, cuma amal ibadah yg jadi teman kelak di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gitu sama ya, sungguh kehidupan dunia ini fana adanya
      astaghfirullah
      terima kasih

      Delete
  5. Ziarah kubur memang bermanfaat untuk mengingat akan kematian yang sangat dekat dengan manusia. Karena kebanyakan manusia lupa bahwa mereka akan mati dan kembali kepada PenciptaNya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itulah salah satu ibrah dari ziarah kubur, mengingat kematian yang sudah pasti

      Delete
  6. Yang pasti saat ziarah kubur selain mendoakan arwah orang-orang tercinta yang sudah mendahului kita, juga agar kita ingat bahwa kita juga suatu saat akan menyusul mereka ke tempat peristirahatan terakhir...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kang Maman yang diziarahi dan yang ziarah mendapatkan hikmah dan manfaat dari kegiatan ziarah kubur

      Delete
    2. Amiinn... Teriring doa buat alm bapa sama ibu, semoga mendapat tempat yang paling mulia di sisi-Nya...

      Delete
  7. tempatkanlah almarhum kedua orang tua kami dan sekalian kaum muslimi dan muslimat di tempat yang terindah aamiin ya Allah

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah Sayamah kemaren sebelum puasa dah Ziarah ke makam kakek,,, jadui teh sudah dapat manfaat dan hikmahnya,,, bahwa dunia sementara akhirat selamanya... tah kitu intinamah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, sarua atuh kang Ahmad

      ya semoga saja dapat manfaat dan hikmah bagi yang diziarahi maupun yang berziarah

      Delete
  9. Rumah mbah saya jauh mbak, ke kuburannya ntar pas lebaran

    ReplyDelete
  10. Setahu saya, sudah menjadi tradisi turun temurun mewajibkan kita selalu berziarah ke makam leluhur.... bahkan sebelum perang perang itu, atau jauh sebelumnya...

    ReplyDelete
  11. bisa lebih tenang aja sihh git

    ReplyDelete
  12. banyak banget manfaatnya seperti jadi ingat sama kematian

    ReplyDelete
  13. Bener banget ummmi ziarah memang banyak manfaatnya salah satunya selalu ingat mati :( jadi bisa untuk pengingat sudah berapa banyal amal yang saya siapkan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Eny semoga kita mendpt nasehat yang manfaat dari ziarah kubur

      Delete
  14. Yang jelas ketika saya berziarah ke makam para sesepuh terdahulu adalah sebagai bentuk rasa terimakasih. Bagaimana jika tidak ada mereka dulu..Semoga yang telah mendahului kita mendapatkan tempat di sisiNYA. Amin Al-fatihah

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu