Wednesday, May 24, 2017

Tradisi Asyik Menyambut Bulan Istimewa atau Bulan Ramadhan

43 comments

Tradisi asyik menyambut bulan istimewa atau bulan Ramadhan

Ada tradisi asyik menyambut bulan istimewa atau bulan Ramadhan yang bisa aku tuliskan setelah memperhatikan lingkungan terdekatku. Tradisi asyik ini menjadi tradisi yang dikerjakan secara turun temurun, ya selama tradisi itu tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam dan tidak ada unsur paksaan atau di paksa serta diniatkan karena mengharapkan keridhaan Allah juga menjadi alat untuk mendekatkan diri pada sang pencipta itu tidak masalah, ini menurutku asyik loh ...

Tradisi asyik menyambut bulan istimewa atau bulan Ramadhan yang aku maksudkan adalah sebagai berikut ;

1. Ruwahan

Ruwahan ini dilaksanakan karena berkenaan dengan bulan Ruwah. Dalam acara ruwahan di daerahku yaitu dengan mengajak sanak famili, keluarga dan tetangga untuk berdoa bersama di rumah atau kediaman kita. Tentunya juga dengan mengundang ustad atau ulama kalau dalam keluarga ada yang bisa memimpin doa itu lebih baik lagi. Ruawahan ditujukan mendoakan orang-orang dalam keluarga yang sudah mendahului kita juga memohon agar disampaikan ke pada bulan Ramadhan dan bisa melaksanakan ibadah Ramadhan. Ruawahan juga digunakan untuk silahturahmi sekaligus bermaaf-maafan karena akan memasuki bulan yang istimewa yaitu bulan Ramadhan. Nah gimana nggk asyik kalau acara ruwahan ini tetap diteruskan, toh tujuannya baik. Yah kalau ada yang tidak mau ikutan tidak apa-apa, sebagai sesama makhluk sosial yang punya akhlak mulia tentu tidak ingin memusuhi yang tidak sependapatkan?

2. Ziarah kubur

Ada juga tradisi ziarah kubur, mendatangi kuburan keluarga terdekat. Aktifitas yang saya bisa lihat membersihkan kuburan, ada juga yang berdoa untuk ahli kubur yang diziarahi. Ini menunjukkan bakti kepada orang yang telah meninggal terutama bakti kepada orang tua yang sudah kembali pada sang penciptanya dan juga mengingatkan akan ketidak abadian, maksudnya sebagai nasehat bahwa kelak yang hidup akan kembali pada sang penciptanya.

Nah yang mau ziarah ke makam orang tua, sanak keluarga monggo silahkan? Yang memilih mengirim doa dari rumah saja silahkan.

3. Mempercantik masjid atau mushala

Mempercantik masjid atau mushala dengan mengecat, mencuci gorden masjid dan mukena yang ada di masjid. Ada juga yang mengganti dan menambah hambal baru dimasjid, tujuannya tentu saja untuk nenyambut bulan Ramadhan. Termasuk juga perbaikan dan penambahan pengeras suara.

Sebenarnya kegiatan mempercantik atau bersih-bersih masjid ini tidak hanya dilakukan saat menyambut bulan Istimewa atau bulan Ramadhan saja, akan tetapi dalam rangka menyambut bulan Ramadhan terlihat lebih banyak yang berpartisipasi ini menunjukkan kegembiraan menyambut bulan suci Ramadhan.

Wah ini tentu tradisi yang sangat mengasyikkan tentunya, silahkan kalau ada yang ingin partisipasi gotong royong sekalian ngumpul atau menyapa tetangga yang mungkin sibuk belum sempat bisa memanfaatkan moment ini.

4. Pembagian tugas imam tarawih

Nah ini petugas yang nantinya akan menjadi imam, kultum, pembaca doa sudah dijadwalkan. Setidaknya petugas yang ditunjuk sudah tahu kapan dia bertugas sehingga bila waktunya tiba beliau ada ditempat demi kelancaran ibadah shalat tarawih. Dan ibadah shalat tarawih kita jadi lebih asyik lagi karena sudah ada kesepakatan sebelumnya.

5. Jadwal sedekah takjil

Dikampungku semua ingin memanfaatkan moment ini, karena di bulan Ramadhan, amalan sunah di bulan Ramdhan salah satunya memperbanyak sedekah, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi mubazir makanan maka dijadwalkan setiap hari ada yang bersedekah takjil secara bergantian. Dan tidak hanya takjil, untuk sahur pun masyarakat yang ingin bersedekah diberi kesempatan secara bergantian dan diantarkan ke masjid, mungkin ada yang pernah merasakan buka puasa bersama di masjid? Nah biasanya itu sedekah dari orang-orang yang tinggal di sekitaran masjid. Yang bersedekah berpahala yang menikmati sajiannya pun merasa gembira dengan kebersamaan, gimana nggk asyik selesai buka bersama, langsung shalat maghrib berjamaah, subhanallah indahnya pemandangan di bulan Ramadhan.

Tradisi asyik menyambut bulan istimewa atau bulan Ramadhan ini terus-menerus diperbaiki untuk meningkatkan keimanan dan kecintaan kepada Allah. Masyarakat secara bergotong-royong melaksanakannya sehingga menumbuhkan rasa persaudaraan yang semakin hangat.

Sedangkan dalam keluarga tradisi asyik menyambut bulan istimewa atau bulan Ramadhan seperti ruwahan dan ziarah kubur juga masih terus dibudayakan. Ramadhan semakin dekat, semoga Allah sampaikan kita pada bulan yang penuh dengan keberkahan dan kita bisa melaksanakan ibadah puasa serta amalan-amalan sunahnya dengan lebih khusyuk lagi.

Apakah tradisi asyik menyambut bulan istimewa atau bulan Ramadhan sama di daerah lain? Mungkin lebih asyik lagi ya ...

Salam hangat dari Maya dan mohon maaf lahir batin, barrakallah saudaraku

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

43 comments:

  1. selain dari kelima menyambut datangnya bulan ramadhan yang tertera di atas.., di tempat aku tinggal ada yang namanya kegiatan tahlil akbar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahlil akbar dalam rangka menyambut bulan istimewa menurutku bagus mas inshaallah rohani
      kita jadi lebih siap untuk menjalankan ibadah yang hanya kita temui setahun sekali

      Delete
  2. ternyata tradisi didaerah mbak admin dan daerah saya nggak jauh beda ya.

    cuma kalau didaerah saya waktu ruwahan itu membuat nasi tumpeng dan dibawa ke mushola/masjid lalu didoain bersama2

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mungkin karena masih sama-sama di bumi Indonesia

      wah lebih asyik lagi kalau gitu ada nasi tupengnya
      jadi ingin ngomporin nih hehe

      Delete
  3. Tak ubahnya tempat tinggal saya bumaya kelima tradisi diatas semua ada, Mungkin bisa lebih malahan dan percis tata caranya. kok bisa sama ya, hahaha. Saya juga minta mohon maaf dikarenakan bentar lagi bulan Ramadhan semoga ibadah kita lancar dan lebih baik lagi hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bisa seru-seruan ya kalau ada lebihnya
      yang heboh tuh ibu-ibu pusing katanya sembako mulai merangkak nah loh haha

      ya sama-sama kita saling memaafkan dan mendoakan

      aamiin

      Delete
    2. yang penting harga garam masih stabil aja yahh buuu, hahaha

      Delete
    3. kalau harga garam tak terjangkau masakan bisa hambar ya

      Delete
    4. semoga walau harga naik Allah beri kemampuan tetap mampu beli hehe

      Delete
  4. Betul sekali..
    Kalau ditempatku ada tradisi pawai obor menyambut bulan ramadhan. Semua orang keluar rumah menyaksikan pawai tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pawai obor, wah itu yang belum ada di daerahku
      kebayang kemeriahannya

      Delete
  5. Masya Allah...
    seneng banget ya, dibulan ini saatnya kita panen pahala sebanyak banyaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin
      ya bulan Ramadhan bulan penuh berkah, umat muslim bersuka cita menyambutnya

      Delete
  6. Semuanya asik mbak, dan sepertinya ada juga di daerahku hampir sama mungkin cuma bedanya dan sayangnya hanya dilakukan di awal2 ramadhan saja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga tahun ini Ramadhan yang beda ya, tetap semangat hingga Ramadhan berakhir

      Delete
  7. kalau di daerahku ada tradisi kirim doa. kalau sudah begitu, beuhh jajan banyak mbak... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sama, kirim doa sekalian sedekah makanan
      dua-duanya sangat menyenangkan

      Delete
  8. Tradisi unik yang harus terus dipertahankan ya neng, karena merupakan hal positif dalam menyambut bulan suci Ramadan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya selama tradsi itu mengandung unsur kebaikan dan tidak berlebih-lebihan sehingga menysahkan sata jg sependapat utk dilestarikan

      Delete
  9. Tradisi asik menjelang dan pas romadhon ditempatku ya sama seperti yang kaka tulis di atas itu (ya iyalah kan kita sekampung? haha..), meski mungkin ada perbeda'an sedikit.. seperti bakar mercon gtu, hehe.. Iya ka tuh anak2 udah mulai berisik mainan mercon, ngagetin orang aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bicara mercon, saya jadi inget masa kecil dulu.. pernah di marahin tetangga gara-gara keberisikan....

      Delete
    2. ya kesamaan tradisi asyik menyambut bulan istimewa itu sdh menjadi hal yang umum, kalau untuk petasan atau mercon juga ada, tapi nggk asyik menurutku hehe ..

      Delete
  10. Tradisi-tradisi yang terpuji
    Untuk menyambut bulan suci
    Pasti pahala nya tinggi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin
      semoga bulan Ramdhan tidak berlalu begitu saja, tanpa kita mendapatkan faedahnya aamiin

      Delete
  11. Ruwahan ...ya Ruwahan ini sama persis di daerah saya mbak semarang , menjelang satu hari puasa biasanya mengadakan kaya acara selamatan yang dipimpim pak Kiyahi setempat.

    menjelang 1 Romadhon biasanya kalau didaerah saya, setelah selesai sholat Asyar melakukan ritual Ziarah kubur ke makam makan saudara saudara yang terlebih dahulu telah wafat mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya pada intinya kegembiraan menyambut bulan yang istimewa, bukankah Allah menjanjikan pahala bagi siapa saja yang menyambut karuniaNya dengan rasa suka cita, asalkan tdk ada unsur maksyiat, khurafat, dan berlebihan dalam memaknai kegembiraan

      Delete
  12. Selamat ya May... semoga penuh ya Puasanya...

    ReplyDelete
  13. nggak terasa udh masuk bln puasa ,... selamat mnjlankan ibadah puasa

    ReplyDelete
  14. Kampungku juga seperti itu untuk menyambut bulan Ramadhan :3 oiys mau mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa umii :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sama
      selamat berpuasa juga untuk Eny yg cantik

      Delete
  15. Banyak tradisi asyik yang biasa dilakukan ketika akan memasuki bulan yang penuh berkah,salah satunya yang saya lakukan kemarin yaitu ziarah kubur, kemarin bersama Istri tercinta ziarah kekuburan Mertua saya dan Nenek Kakek Kami yang telah lebih dahulu menghadap sang Ilahi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, ya kami juga baru sempat hari ini ziarah kubur orang tua dan nenek kami

      Delete
  16. Yap, di tempatku tradisinya juga sama. Hahaha. Kemarin baru aja habis ruwahan dan ziarah kubur. :D

    Kalo di masjid deket rumahku mah biasanya sampai beli karpet atau gorden baru. Bukan dicuci lagi. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama ya, ya bisa ajalah masih di bumi yang sama

      wah tarawih pertama masjidnya penuh ya, semoga Allah terima ibadah kita

      Delete
  17. sama dengan disini mbak, tradisinya ruwahan. satu lagi . main bedil

    ReplyDelete
    Replies
    1. tradisi ruwahan ternyata masih banyak yang melestarika
      bedil itu meriam bambu ya? wah ditempat kami nggk ada, mungkin karena bambunya sdh sulit didapat

      Delete
  18. Replies
    1. hehe ... ok, selamat berpuasa juga ya Vanisa

      Delete
  19. Baru kali ini saya mendengar istilah ruwahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mungkin karena di daerah bang Mirwan tidak ada ya? Kemarin saudaraku yg datang dr rantai juga bilang tdk ada tradisi ruwahannya

      Delete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu