Wednesday, May 17, 2017

Sedih Ketika Mutasi

56 comments

Jangan sedih ketika mutasi, karena tak selamanya mutasi yang dialami diartikan tidak cakap dalam menangani pekerjaan. Tetap berpikir positif dan jalani dengan ikhlas.

Jangan sedih ketika mutasi, jadikan mutasi adalah kesempatan untuk mengembangkan kecakapan yang kita miliki. Meskipun mutasi bisa saja terjadi atas permintaan sendiri, atas kebijakan atasan atau bisa juga perusahaan atau lembaga sedang mengadakan penyegaran atau bisa jadi karena menganggap yang dimutasi bisa dipercaya untuk pekerjaan barunya.

Akhir-akhir ini sangat sering terjadi roling dalam jajaran kepegawaian entah itu mutasi saja atau mutasi dan promosi dalam lingkungan kerja. Tetaplah untuk percaya diri menghadapi hal-hal baru yang mungkin ditemui saat pergantian pimpinan, rekan kerja lingkungan kerja yang baru.

Jangan segan untuk bertanya pada karyawan atau pegawai yang ada ditempat yang baru. Menjalin komunikasi yang baik bisa mendatangkan kenyaman ditempat kerja yang baru.

Bisa saja terjadi mutasi sekaligus promosi. Mutasi atau pindah lembaga atau masih dalam satu lembaga bukan alasan untuk bersedih. Sedih bisa saja terjadi karena harus berpisah dengan teman-teman satu lembaga akan tetapi janganlah bersedih terlalu lama dan menghilangkan semangat kerja di tempat yang baru.

Saat yang di alami adalah mutasi sekaligus promosi atau perpindahan ke lembaga lain atau satu lembaga ke jabatan yang lebih tinggi maka tetaplah rendah hati , karena kenaikan jabatan sudah tentu diiringi pula dengan tanggung jawab yang lebih tinggi lagi. Kenaikan kekuasaan dan jabatan tentunya akan meningkat pula tanggung jawab yang di emban.

Saat promosi jadikan motivasi bagi rekan kerja lainnya untuk lebih bersemangat dalam melaksanakan tugas karena setiap karyawan atau pegawai punya kesempatan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi, selama ada keinginan untuk memperbaiki etos kerja pada suatu lembaga.

Yang harus selalu diingat setiap manusia adalah pemimpin setidaknya adalah pemimpin bagi dirinya sendiri yang kelak akan dimintai pertanggung jawabannya.

Ada sebagian orang yang menganggap promosi lebih penting dari kenaikan gaji, alasannya karena merasa diberi kesempatan dan dipercaya untuk mengembangkan bakat dan kariernya.

Kembali lagi apapun alasannya tentu saja ada yang menggerakkannya, ada campur tangan Allah, karena tanpa campur tangan Allah manamungkin akan terjadi.

Alhamdulillah
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

56 comments:

  1. yah pada dasarnya manusia jika sudah hidup dalam confort zone maka susah jika ada perubahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan pengennya duduk manis di zona nyaman ya Kang 😀

      Delete
    2. Idiih...ga tau melse...deh ih nanyain WA disini

      Delete
    3. hehe, melse apse ya se kose gase tase ya se haha

      Delete
    4. ini lagi padse ngomse apse see.. xixixi

      Delete
    5. neng admin lagi males nulis nih kayanya, kena virus malesnya mang maman pasti

      Delete
    6. haha mang lembu teh bisa aja ngeramal kok pas banget

      Delete
  2. setuju saya dengan kata penutupnya semua itu bukan karena apa dan mengapa, tetapi karena ada campur tangan Allah, sependapat jangan sedih ketika mutasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi katakanlah takdir yang mestinya diterima dan dijalani dengan ikhlas ya @ajong

      Delete
  3. Benar banget mbak, disini terjadi mutasi jabatan kelas manager, padahal dianya enak bersahabat banget dengan bawahannya. saya berpikir dia masih lebih dibutuhkan di tempat lain gitu, mungkin dia dibidik mampu oleh direksi untuk megatasi ditempat yang baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok, katakanlah dia dianggap sukses ditempat yang lama sehingga di mutasi ke tempat yang baru

      Delete
  4. Tapi pada umumnya jika kena mutasi, stres dan uring-uringan bahkan mengundurkan diri. Karena sudah merasa nyaman dengan kerjaannya. lingkungan kerja atau lingkungan dimasyarakatnya. terasa berat jika harus mencabut akarnya lagi, susah untuk beradaptasi lagi. apalagi jika sudah berkeluarga ,betapa repotnya jika harus memboyong ketempat baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi ada rasa kecewa, harus berjuang dari awal lagi dan juga masalah pribadi lainnya, kompleks ya mas @Djangkaru
      terima kasih

      Delete
  5. Mutasi memang sebuah momok yang sangat menakutkan bagi seorang pegawai, tapi jangan bersedih semoga di tempat yang baru mendapat banyak hal yang jauh lebih baik lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. serem ya mang hehe
      ya betul tetap harus bisa disyukuri
      aamiin untuk doanya

      Delete
  6. mutasi bagaimanapun pasti bikin sedih, walaupun acara mutasinya dalam rangka kenaikan pangkat dan jabatan, apalagi mutasinya gegara bermasalah, bukan apa-apa sih...soalnya cem-ceman dikantor yang udah lengket bakal susah ketemuan lagi kalau kita kena mutasi mah....ehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedih itu manusiawi ya mang
      hehe iya biasanya gitu susah ngopi bareng lagi hehe

      Delete
    2. Susah memang kalau harus memulai lagi dari awal...

      Delete
    3. susah bukan berarti tidak bisa ya mang, sebagian orang memang ada yang butuh waktu lama untuk beradaptasi
      tapi kalau tipe mang Maman menurut saya supel, bisa-bisa langsung pas ditempat yg baru. apalg kalau mutasi promosi pimpinan idola deh 😀

      Delete
  7. terus semangat aja mba, pasti ada jalannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, makin semangat harus dong hehe ....

      Delete
  8. Gpp Mbak, mutasi ataupun pindahan apapun namanya tetap dinikmati :) pasti ada sisi positifnya, semangat!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget nih menikmati dan mensyukuri itu bagian terpenting
      yaps semoga saja aamiin

      Delete
  9. yang paling males tuh kenalannya sih bener, kalo kerjaan mah yaudahlahya

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kenalannya pake traktir makan-makan hehe

      Delete
  10. Disyukuri aja mbak...mutasi emang kejam....tp jarena kita kerja ikut orang.......ya dijalani aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul juga sih, tapi kok kejam? hehe
      disyukuri dijalani dan dinikmati

      Delete
  11. mutasi itu justru seru karena banyak mendapat ilmu baru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak cocok bisa se ide gini dapat hal yang baru ya

      Delete
  12. Jangan sedih kaka.. kan masih ada aku?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, ya De terima kasih
      akhirnya datang juga

      Delete
    2. Kaka bisa aja.. jadi pengen koprol nih, tapi takut jatoh.. hehe

      Delete
    3. koprol di kasur De empuk, jatuh jadi nggk sakit malahan melambung hehe

      Delete
  13. Iya jangan sedih dipelihara dihati
    Jika kena mutasi
    Ada arti masih diberi rezeki
    Untuk dinikmati...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mana mungkin aku kan sedih
      Banyak teman yang terkasih
      Soal rezeki Allah yang kasih

      hehe ...

      Delete
  14. Saya belum pernah begitu jadi ga mudeng mba, hehe
    Tapi ya jadi saya dapet pengalaman baru deh tentang sesuatu yang balum saya alami

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gitu sama dong saya juga sering dapat hal-hal baru di dunia bloger

      Delete
  15. Yup mutasi sebenernya memang diperlukan biar orang gak bosen. Dan setuju sie orang jadi merasa diberi kesempatan untuk unjuk gigi di tempat lain. Tapiiiiii naik gaji tetep dong, yg utama

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe naik gaji juga penting ya, masalahnya gaji naik harga-harga naik juga sist

      Delete
  16. Kalo prustasi mah saya sering buk, kalo mutasi belom pernah. Ya, karena saya kerja pada perseorangan, bukan lembaga gitu.

    Gapapa di mutasi, kan malah tambah banyak rekan. Ya toh, buk Maya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa lagi kalau jadi bos nya harus banyak terobosan baru ya

      tambah rekan dan tantangan baru hehe

      Delete
  17. Keluar dari comfort zone itu memang tak mudah. Tapi katanya kalau mau maju harus berani keluar dari zona itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi harus bisa diterima dengan tetap berpikir positif
      ok deh

      Delete
  18. kalau udah nyaman dengan tempat kerja yg saat ini memang agak nggak terima. soalnya banyak kenangan terindah juga yg ada di tempat kerja lama. tsaahhh XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu masalahnya, kenangan terindah, tapi kita bisa kan buat kenangan terindah ditempat yang baru hehe

      Delete
  19. Teringat dulu pas pertama kali kerja..
    kena mutasi esoknya langsung resaind :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kejadian serupa dengan sohib saya mas, ikut prihatin dan maaf bila pos ini membangkitkan luka yg sdh sembuh

      Delete
  20. He..he..
    Mutasi memang bikin bingung bagi yang belum mengalami karena harus menyesuaikan dengan tempat yang baru.

    Contohnya para blogger MWB yang pindah mutasi ke platform Blogspot. Awalnya bingung tapi lama kelamaan enjoy juga.

    Alhamdulillah..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, sekarang jadi rada enjoy, apa lagi sdh mulai ketemu dg teman-teman lama, lumayan lelet juga untuk beradaptasinya kalo aku sih hehe

      Delete
  21. Beh saya mbaca kok masih blm faham ya apa itu mutasi ? Bisa dijelskan mbak may ? Apa itu mutasi ?

    ReplyDelete
  22. emang sdh sich kalo udh dimuatasi , tapi ya mau gmn lagi

    ReplyDelete
  23. Semua pasti ada khikamhnya mbak, dan pasti ada rencana yang lebih indah untuk kita

    ReplyDelete
  24. mutasi sama dengan menjadi karyawan baru lagi ya mbak.. bertemu dengan orang baru dan adaptasi dari awal embutuhkan kesabarann
    semangat y mbaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul dengan suasana yang baru harusnya semangat baru hehe ..

      Delete
  25. Jangan bersedih dengan keadaan itu.. semakin banyak dimutasi semakin banyak temen loh mba?. :D

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu