Saturday, May 13, 2017

Punya Hutang Puasa Ramadhan Tahun Lalu

27 comments

Sekarang sudah dipertengahan bulan syakban ya .... Bulan Syakban atau bulan Ruwah segera berakhir. Tinggal beberapa hari lagi kita khususnya umat muslim sudah memasuki bulan Ramadhan. Perasaan Ramadhan tahun lalu baru saja berakhir eh, sudah mau bulan Ramadhan lagi. Buat yang masih punya hutang puasa Ramadhan tahun lalu masih ada waktu untuk membayarnya loh ....

Umat muslim bersuka cita menyambut datangnya bulan yang penuh berkah ini. Semoga kita disampaikan kepada bulan yang penuh dengan keistimewaan yaitu bulan Ramadhan. Aamiin Allahumma aamiin ....

Sedangkan buat yang masih punya hutang puasa Ramadhan tahun lalu ayo semangat bayar hutang puasanya ya ....

Mengapa bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa? Karena Allah Ta’ala mengkhususkan bulan Ramadhan di antara bulan-bulan yang lainnya dengan keutamaan yang agung dan keistimewaan yang banyak.

Dalam Al Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 185, Allah Subhanahu wata'alla berfirman, yang artinya :

"Bulan Ramadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan Al Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu barang siapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka wajib menggantinya, sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur." (Dikutip dari "Syamil Al Qur'an Miracle The Reference")

Ayat di atas menyebutkan dua keistimewaan di bulan Ramadhan yaitu :

1. Diturunkannya Al Qur'an

Allah Ta'alla menurunkan Al-Qur’an di dalam bulan Ramadhan sebagai petunjuk bagi manusia dari kegelapan menuju cahaya. Dengan Al Qur'an Allah memperlihatkan kepada manusia kebenaran (al-haq) dari kebatilan. Al Qur'an dalamnya terkandung kemaslahatan (kebaikan) dan kebahagiaan (kemenangan) bagi umat manusia, serta keselamatan di dunia dan di akhirat.

2. Berpuasa

Allah Ta'Alla mewajibkan untuk berpuasa di bulan Ramadhan kepada umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu apabila telah memasuki bulan Ramadhan di negeri tempat ia tinggal maka berpuasalah dan apabila sedang berhalangan untuk menunaikan ibadah puasa maka wajib menggantinya di hari lain dengan bilangan yang sama.

Nah karena bulan Ramadhan semakin dekat buat yang masih punya hutang puasa Ramadhan tahun lalu ayo selagi ada kesempatan bayar dulu hutang puasanya. Semoga Allah mudahkan kita untuk terus melangkah memperbaiki diri demi mencapai keridhaan-Nya.

Demikian sedikit catatan maya, semoga bermanfaat untuk sesama. Yang baik datangnya dari Allah dan yang salah itu karena ketidaksempurnaan Maya dan kepada Allah saya mohon ampunan-Nya.

Salam santunku
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

27 comments:

  1. Tak terasa
    Bulan puasa kembali tiba
    Untung hutang tahun lalu terbayar semua
    Semoga kita dapat berlimpah-limpah pahala...

    ReplyDelete
    Replies
    1. umat muslim bersuka cita
      menyambut bulan yang istimewa
      mengumpulkan pahala
      agar di akherat kelak bahagia

      Delete
    2. hutang duit, kudu bayar pake duit, hutang janji, kudu bayar pake janji, hutang nyawa, kudu dibayar juga pake nyawa...ada yang mau gituh?
      nah kalu hutang Puasa tahun lalu, mumpung masih ada waktu sebelum tanggal 27 Mei (kata MUI mah), sok atuh dibayar dulu supaya lega menjalankan puasa nya besok

      Delete
  2. Kalau masih punya hutang puasa bula yang lalu yah harus dibayar,,, untungnya akumah lulus,,, jadi sekarang tinggal puasanya aja untuk tahun ini,, gak perlu mikirin hutang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, emang hidup jadi lebih enjoy kalau nggk punya hutang

      Delete
  3. alhamdulillah puasa tahun lalu aku nggak punya hutang mbak,, hehehe..
    semoga puasa tahun ini kita semua bisa lulus 100%.. amin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin.. puasanya tahun kemarin pooll ya mas... selamat atuh yaa..

      Delete
    2. aamiin semoga kita disampaikan ke bulan Ramadhan yang selalu kita rindukan

      Delete
  4. Bersyukur kita Mbak, sebagai umat muslim yang bisa merasakan manfaat ramadhan tiap tahunnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya banyak manfaatnya bagi kesehatan jiwa dan rohani

      Delete
  5. Kalau masih ada sangkutan puasa tahun lalu juga harus dilunasi, mumpung masih ada waktu beberapa hari lagi nih..! 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul masih ada kesempatan untuk membayar hutang puasa Ramadhan tahun lalu yuk

      Delete
  6. Alhamdulillah sih bulan puasa tahun lalu saya gak punya utang, walapun sebagai orang yang aktif dalam olahraga cukup kesulitan mengatur jadwal latihan dengan aktivitas puasa. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena dalam 12 bulan hanya ada 1 bulan yang mewajibkan kita umat muslim untuk berpuasa yaitu bulan Ramadhan

      Delete
  7. Hutang puasa tahun kemarin belum terbayar, mumpung belum terlambat.. bayar dulu ah.... mksh udah mengingatkan ya mbak may...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mang saling mengingatkan karena Ramdhan sebentar lagi

      Delete
  8. alhamdulillah utang puasa udah terbayar dari berapa bulan lalu .. waktu emg kayaknya cepet bgt bentar lagi udh puasa:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal waktu tidak dipercepat ya, mungkin karena kita terlalu sibuk sampai lupa ya

      Delete
  9. Kalau cew pasti ada ya mbak, kalau cow Insya Allah gak ada kalau kita niat dan nggak ada halangan yang mendesak :-)
    Tapi rasanya beda banget puasa ramadhan sama puasa di hari biasa nyaur utang ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sudah menjadi kodrat perempuan dan boleh diganti dengan hari lain sebanyak bilsngan yang ditinggalkan

      Delete
  10. kalau puasa tahun lalu ada yg bolong bolong itu dikatakan hutang ya neng,,,dan harus dibayar ,,sebentar lagi Romadzon tiba...alkhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mungkin karena berhalangan jadi tidak bisa berpuasa dan dibayar di bulan lainnya sebelum Ramdhan lagi

      Delete
  11. Untung malam ini aku bisa ronda disini, kalau tidak bakalan lupa nih kalau aku masih punya hutang..., hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya udah di bayar dulu hutangnya, biar nggk galau kalau bula Ramadhan tiba

      Delete
  12. Semoga kita bisa merasakan Ramadhan tahun ini hingga selesai ya mba. Amiiin.....

    ReplyDelete
  13. Bagi kaum hawa seringnya baru inget punya utang puasa kalau sudah deket padahal sebaiknya jauh jauh hari sudah dibayar

    ReplyDelete
  14. Hmm sedih utangku sudah terlanjur banyak bikin utang saban tahun, semoga Allah mengampuniku dan makasih mbak may udh ngingetin..

    Btw, posting ini kok gak nongol ya di daftar bacaan.. Y udh gpp hehe!

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu