Tuesday, April 25, 2017

Resiko yang Akan Ditanggung bila Berubah

26 comments

Butuh keberanian yang kuat untuk berubah. Tentu saja karena perubahan akan ada resikonya. Resiko ini yang akan ditanggung oleh orang yang melakukan perubahan.

Sebagian orang mengatakan berubah itu sulit. Sulitnya karena tidak berani menanggung resiko dari perubahan yang dipilih.

Akan banyak resiko yang mungkin bahkan kemungkinan besar akan terjadi. Namun kalau dipertimbangkan lagi dalam hidup ini memang perlu berubah adalah suatu pilihan, pilihan untuk lebih baik lagi kedepannya. Bagaimana berani menanggung resikonya?

Resiko yang akan ditanggung bila berubah :

1. Resiko ditinggalkan atau di jauhi teman

Mungkin teman terdekatpun akan menjauh darimu. Pilihanmu bisa jadi membuat temanmu menjadi tidak nyaman. Perubahan dalam dirimu membuat temanmu merasa asing dengan perubahan yang menjadi pilihanmu. Tapi selama pilihanmu memang sudah kamu pertimbangkan dengan baik, jangan takut akan datang teman baru yang bisa menerimamu.

2. Resiko harus keluar dari zona nyaman

Bisa jadi pilihan barumu akan banyak tantangan yang mungkin terasa sangat berat. Karena hal yang baru akan memaksamu harus bisa menyesuaikan diri dengan hal-hal baru itu. Misalnya, jilbab lebarmu membatasi gerakmu, tapi percayalah hal yang baru itu biasa terjadi, lama-lama kamu akan terbiasa dan tidak bermasalah lagi.

3. Resiko untuk tidak populer

Perubahan yang kamu pilih bisa saja tidak diminati banyak orang. Tapi kamu tidak bisa memaksa orang lain untuk mengikuti apa yang kamu pilih. Bagaimanapun pilihan orang lain tidak bisa selalu sama. Tetap pada pilihanmu dan pegang teguh prinsip hidupmu. Jangan anggap remeh pilihan orang lain dan tetap hormati apa yang menjadi pilihan orang lain, tapi bukan berarti kamu harus mengikuti orang lain dan membatalkan perubahan yang sudah menjadi pilihanmu.

Untuk berubah memang butuh keberanian dan niat. Selama pilihan untuk perubahan sudah diperhitungkan baik-baik, maka jangan takut akan resiko yang akan ditanggung bila berubah. Segala sesuatu itu tinggal tergantung niatnya.

Seperti yang sering kita temui hadist yang menyebutkan hal ini

“Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul~Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul~Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu Karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya.” (HR. Bukhari no. 1 dan HR. Muslim no. 1907)

Ucapkan dalam dirimu! Apapun yang aku hadapi, resiko yang akan di tanggung bila berubah "ada Allah yang lebih besar dari masalahku, cibiran apapun tidak menghalangiku, duri yang tajam menusuk langkahku aku tetap pada tujuanku."

Selamat mejalani prosesnya dan rasakan nikmat kedekatan dengan~Nya.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

26 comments:

  1. Setidaknya ada 3 resiko yang harus diambil ketika seseorang ingin berubah yah mbak, sebagaimana yang dipaparkan di atas. Hanya saja uraian di atas menurut saya masih umum (kurang spesifik) menurut saya ya lho mbak. Dalam artikel ini mbak tidak menjelaskan bentuk perubahan yang seperti apa? kan bisa juga seseorang berubah ke arah yang lebih baik atau justru malah berubah ke arah yang tidak baik. Walaupun saya menangkap dari penjelasan di atas pasti tujuannya berubah ke arah yang lebih baik lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya tentu saja masukan yang bagus sangat saya butuhkan, mohon maaf, saya terlalu terburu-buru untuk mempublikasikannya, inshaallah lain waktu saya akan berhati-hati, walau tidak spesifik tapi sudah bisa ditangkap, terima kasih

      Delete
  2. Dari artikel di atas. Sumpah saya mengalami semua, Betapa aku di tinggalkan teman, harus keluar dari zona yaman, Dan tidak populer. Perubahan soal hobi misal, Dari yang dulu lebih ke musik sekarang lebih ke Literasi. Belum yang lain yang menyangkut antara aku dan tuhan. Namun hidup ya begitu harus ada perubahan, Jangan seperti lagu. Kau Masih seperti yang dulu. Ngak ada perubahan sama sekali hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah kehidupan kita harus fokus pada perubahan yang sudah kita pilih, rintangan sudah pasti ada, hadapilah dengan tabah serta kebesaran jiwa, hehe kok jadi nyanyi
      ok terima kasih

      Delete
  3. Kalau berubah menuju kearah yang lebih baik ya bagus aja ya mbak. Dan yang namanya berubah pasti ngulang dari nol lagi dong ya. Seperti <a href="http://www.blogputra.com>Blogputra</a> yang berubah tema ituh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya diharapkan perubahan ke yang lebih baik
      oh ya selamat buat tema barunya
      semoga makin sukses

      Delete
  4. Setuju dengan post Mba Maya. Aku juga udah merasakannya, terutama tentang Resiko ditinggalkan atau di jauhi teman. Itu pasti, tapi aku tetap percaya suatu saat bakal merasakan perubahannya..

    Oh ya, Mba. Aku follow ya, biar bisa ngikutin postnya.he
    Boleh kok di follback..hehe

    Betul tuh, semuanya tergantung niat, kalau niatnya tidak full, di tengah jalan ketika tergoda pasti bakal tumbang :) Cukup memotifasi nih tulisannya, Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resiko pasti ada untuk setiap perubahan atau bisa juga disebut dengan hijrah

      Sip sudah saya follow, semoga ada nilai silaturahminya dan tetap terjaga

      terima kasih semoga bermanfaat salam

      Delete
  5. Pernah mengalami sakitnya ditinggal temen karena jalan kami sudah Berbeda. Tapi lama2 terbiasa juga

    Sebelum memutuskan untuk berubah memang harus mempersiapkan diri untuk menghadapi segala resikonya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul waktu akan menjawabnya
      rasa kehilangan sudah tentu ada
      dengan persiapan mental yg kuat semoga bisa tetap konsisten
      terima kasih

      Delete
  6. Met pagi kakaa.. udah bangun belum nih? Pasti udah ya.. tapi belum mandi kan? Sama dong kaka aku juga belum, kan masih dingin.. iya tadi malem kan habis ujan, ditempat kaka juga kan? iya iya Aku tau kok.. udah ah jangan sambil melotot gitu, aku jadi takut nih, hehe..

    Aku mau komen apa ya? (belum ngopi sih)

    Oh tentang perubahan ya? Menurut aku pasti perubahan yang lebih baik ya kaka.. Liat aja tuh power ranger, setelah berubah dia jadi makin kuat meski harus beresiko di hajar sama monster.
    Aduh komenku tambah gk karuan nih kaka, ma'af ya.. Daripada makin gk karuan aku permisi aja ya..

    #Bagaimana dengan perubahanku sekarang? Hehe.. memang beresiko, tapi cuek ajalah orang mau bilang apa..
    Iya kaka aku kesel, masa katanya aku nguber2 dia? Trus dia bilang aku gk level.
    Oalaah kakaa.. Emang dia siapa kali? Lagian yang nguber juga siapa coba? Dasar dia tuh.. dibelakang rupanya ngerumpi'in aku. Sebel deh..
    (hmm pagi2 malah nggosip, haha..)
    Oke deh kaka aku bikin kopi dululah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi
      ya sudah bangunlah, ayam tetangga aja sudah bangun
      nggak melotot cuma mendelik kok
      ah cuma catatan biasa, lebih pada mengingatkan diri sendiri

      ya iyalah biarin aja, itukan hak yg punya rumpi
      untung aku nggk suka rumpi, tapi sukanya rempelok, tahukan dengan rempelok?

      ok deh selamat menikmati kopinya
      terima kasih

      Delete
  7. Untuk berubah memang harus mengambil resiko, makanya ngak jarang dijauhi sama temen temen lama. Tetapi dengan berubah itu akan membuat diri kita menjadi lebih baik untuk masa depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya pasti ada ya resikonya, tapi begitulah kalau bisa untuk lebih baik
      maju terus hehe

      Delete
  8. untuk berubah dibtuhkan tekad dan niat yang sedalam dalamnya dari hati biar siap untuk menanggung resikonya yak....!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip niat dan tekad yang bulat lalu hadapi resikonya
      go!

      Delete
  9. Berubah gak berubah resiko tetap ada, jadi lakukan saja apa yg harus dilakukan, jika berubah itu membuat jadi lebih baik, kenapa tidak. Tapi tanpa melakukan perubahan apapun kita akan tetap berubah kok, berubah jadi tua hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya betul tetap peot
      terima kasih

      Delete
  10. Perubahan memang memiliki resiko, bahkan jika kita tidah berubah pun akan tetap memiliki resiko. Ya, namanya kehidupan semuanya tidak bisa dipastikan dengan logika manusia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah kehidupan yang nyata , tak ada tanpa resiko

      Delete
  11. Bener banget mba ketika kita berubah akan selalu ada perubahan pula dari lingkungan jika kita ttp komitmen saya yakin hal itu ga berpengaruh demi konsistensi perubahan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu pointnya, komitmen
      untuk konsisten dalam perubahan, kan sdh siap-siap
      sip

      Delete
  12. setiap perubahan pasti ada resikonya :) jadi sebelum berubah harus dipertimbangkan matang-matang dan harus tetap tegar walaupun banyak hal yang akan berubah sesudah itu, asalakan perubahan ke arah yg baik, why not? teman akan tetap tinggal apapun yang terjadi, kalaupun mereka pergi maka hal yang bisa kita lakukan adalah melepaskan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, harus tegar ya
      ok tosss!! hehe

      Delete
  13. Susah bange untuk bisa keluar dari zona nyaman. AKu pernah mengalaminya. Tetapi, sekali kita bisa keluar dari zona itu, kita akan mampu keluar dari zona2 nyaman yg lain Mbak. Untuk sebuah petualangan yg seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. petualan baru yang seru jangan lupa bawa bekal yang banyak hehe

      Delete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu