Monday, April 10, 2017

Kunci Untuk Sukses Menghadapi Ujian Dunia

6 comments

Ujian akan ditemui oleh setiap manusia di dunia ini. Tidak ada orang yang hidup tanpa ujian, baik itu ujian kelapangan maupun ujian kesempitan. Tentunya ada kunci untuk sukses menghadapi ujian, baik ujian kelapangan maupun ujian kesempitan

Ujian kelapangan, misalnya saja kesuksesan, kekayaan harta. Untuk ujian kelapangan ini ada yang mampu melewatinya dan banyak pula yang akhirnya hancur karena terlena dan lupa bahwa sesungguhnya semua itu adalah titipan semata.

Ujian kesempitan, misalnya kelaparan, kebakaran, kemiskinan. Seperti halnya ujian kelapangan banyak juga yang akhirnya sukses dan mampu melewati ujian kesempitan ini dengan kesabaran dan menuai hasil dari manisnya buah kesabaran.

Bagaimana cara menghadapi ujian agar mendapat hadiah yang terbaik di dunia dan akhirat? Kunci untuk sukses menghadapi ujian dunia, yaitu :

1. Hilangkan kegelisahan

Semua yang terjadi sudah mendapat izin dari Allah. Tidak akan terjadi tanpa seizin-Nya. Siapapun akan menemui ujian dari Allah, hari ini bisa saja terbebas dari musibah, tapi di lain waktu Allah akan menguji. Mengapa? Karena dunia ini adalah tempatnya ujian. Jadi hilangkan kegelisahan hati yang berlebihan. Dengan cara ini kita akan hilang gundah gulana yang terasa menghimpit perasaan.

2. Ada rencana Allah

Dengan meyakini bahwa semua terjadi adalah atas kehendak Allah, maka akan datanglah ketenangan dalam hati. Bahkan akan tumbuh keyakinan bahwa Allah ada rencana yang terbaik untuk kita, hanya butuh proses dan keyakinan hati bahwa Allah telah siapkan sesuatu yang terindah. Maka kamu sudah menjalani salah satu cara Kunci untuk sukses menghadapi ujian dunia.

3. Usaha, Sabar dan Shalat

Tak ada yang lebih meringankan kesulitan dalam hidup selain mendekat pada sang pemberi kehidupan. Sabar dan shalat adalah penolong yang paling dahsyat. Betapa dekatnya sang pencipta dengan orang-orang yang menjadikan kesabaran dan shalat sebagai upaya untuk meraih ketenangan jiwa.

4. Pasrah

Dengan menyadari bahwa Allah akan mengambil apa-apa ya dititipkan pada kita sewaktu-waktu, maka tak adalagi rasa kehilangan yang berlebihan dalam diri. Inilah yang disebut pasrah, kepasrahan yang ditujukan pada Sang Maha Pemberi.

Inilah yang bisa saya bagikan dan bisa saya serap saat saya menghadiri pengajian rutin beberapa hari lewat. Sangat sayang bila tak bagikan, semoga saja mafaatnya untuk saya sendiri khusunya dan para pembaca pada umumnya.

Catatan Hati :

"Kesabaran adalah cahaya yang terang."

Kunci untuk sukses menghadapi ujian dunia dan mendapat kado terindah dalam kehidupan di dunia dan akhirat.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

6 comments:

  1. harus banyak belajar bersabar kali ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua berawal dari belajar dan keinginan yang kuat

      Delete
  2. tetap istighfar, sabar dan lapang dada. bahwa semu yang ada di dunia ini hanya titipan. harta benda tangis dan tawa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahagia kita karena Allah sedia media pengampunanNya, betul sekali semua yang konon katanya milik pribadi ternyata hanya titipan semata hehe

      Delete
  3. Terkadang rencana Allah memang lebih indah, walau kita belum mengetahuinya dari awal.

    Bencana atau musibah yang kita kira sesuatu yang buruk malah bisa sebaliknya sebagai sebuah kebaikan.

    Mata ini terkadang kurang jeli dalam menilai sesuatu, entah itu sebuah musibah atau pun sebuah ujian hidup.

    Hatur nuhun sudah diingatkan kembali..!

    ReplyDelete
  4. Ujian pasti akan ditemui, kesenangan dan kesusahan adalah bentuk ujian

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu