Sunday, April 9, 2017

Ilmu Firasat Nenek

17 comments

Jadi ingat kata nenek, waktu beliau masih ada belum dipanggil sang penciptanya, kerap menggunakan ilmu firasat yang beliau dapat dari hasil mengamati suatu kejadian alam.

Ingatanku ini terputar lagi saat ada sang kupu-kupu berwarna coklat yang masuk ke dalam rumah pada sore hari. Kata nenek kalau ada kupu-kupu coklat yang masuk rumah sore hari itu bertanda rezeki akan datang. Namun nenek tidak mengartikan rezeki itu dalam bentuk materi saja, menurut nenek tamu yang datang juga adalah rezeki.

Pernah juga waktu ada burung prenjak yang hinggap di pohon sekitar rumah, tidak jauh dari rumah, dipekarangan rumah, kata nenek itu bertanda kebahagiaan akan datang. Ada kerabat atau saudara jauh yang lama tidak bertemu akan datang ke rumah. Aduh senangnya kalau ada yang mau datang hehe ... Kira-kira bunyinya begini tirrrr, tirrrr, tirrr ...

Pernah juga waktu melihat ada kucing yang sedang minum, kata nenek itu bertanda cuaca akan panas, bisa juga karena kemarau sudah dekat.

Nenek sering menggunakan ilmu firasat juga untuk hal-hal yang berhubungan dengan kabar yang tidak menyenangkan yang disampaikan oleh alam.

Ada burung yang namanya burung kedasih. Kalau burung kedasi ini berkicau di sekitar rumah, bertanda berita buruk, akan ada berita duka orang yang meninggal dunia. Kalau dengar suaranya memang agak serem juga sih, entah karena sudah tersugesti dengan bertanda yang dikatakan atau memang benar berita duka akan datang. Bunyinya kira-kira wiek wiek wiek wiek ...!

Ilmu Firasat Nenek

Entahlah apakah ilmu firasat ini selalu benar apa banyak melencengnya bahkan hanyalah mitos belaka. Kebiasan nenek berfirasat ini juga lahir karena seringnya mengamati perubahan atau kejadian alam yang dihubungkan dengan kejadian yang berlaku dalam kehidupan di masa lampau. Mungkin kalau sekarang sudah sulit untuk menghubungkannya dengan kejadian alam karena konon sudah begitu ekstrim perubahan alam yang terjadi dewasa ini.

Meski bukan hasil penelitian ilmiah, ilmu firasat yang dimunculkan berdasarkan pengamatan dan analisa dari kejadian yang berulang, baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi sesuai dengan isyarat dari tanda-tanda alam. Kejadian alam yang dicatat dan diingat secara individu dan dianalisa.

Seperti halnya dimasa sebelum adanya peralatan canggih seperti sekarang. Petani yang akan bercocok tanam dan pelaut atau nelayan yang akan melaut menggunakan perhitungan dengan tanda alam di masa itu.

Hingga akhirnya aku berpendapat ilmu firasat bukan meramal taqdir yang belum terjadi atau mendahului kekuasaan Illahi, melainkan usaha untuk mendapatkan hal yang terbaik. Aku malah merasa ilmu firasat bisa menjadi alat atau instrumen untuk menghargai alam semesta beserta isinya.

Cuma berpendapat saja, kemungkinan salah itu sih biasa. Nggak maksa untuk benar apalagi selalu benar, nggak deh!

Catatan hati :

"Sesungguhnya pada peristiwa itu terdapat tanda-tanda bagi Manusia."

Berikan yang terbaik dan ikhlaslah dalam memberi, semua itu akan kembali padamu."
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

17 comments:

  1. Setau saya firasat2 yang kata nenek itu ada benarnya juga, karena Yang Maha Kuasa juga memberi tanda kepada makhluk cipta'annya tidak hanya melalui kitab2-Nya atau Nabi2-Nya saja, ya bisa via alam maupun via makhluk2Nya sendiri.
    Seperti kupu2 kerumah, itu saya juga sering ngalami dan ternyata benar, tapi kalau kucing minum.. kayaknya tiap hari saya ngeliat deh, soalnya banyak tetangga saya yang miara kucing, bahkan 1 rumah lebih dari 2 kucing,, karena itu saya jadi nggak yakin kalau liat kucing minum bakalan kemarau atau panas.

    Oya kemarin ada lho di ondespot..

    #ini komen ikhlas, suer..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi peristiwa alam itu ada baiknya diamati, kemungkknan-kemungkinan terjadi itu ada hubungannya dengan kejadian alam
      ya, aku sih tidak menyangkal firasat yang dikatakan nenek tapi mencoba menghubungkannya.
      mengenai kucing minum itu mungkin karena nenekku jarang lihat kali ya, nah waktu dia lihat cuaca lagi panas jadi dihubungkan, mungkin loh .,
      kalau aku nggk piara kucing jadi emang jarang lihat kucing minum
      wah aku nggk tahu ondespot itu apa ya? kapan-kapan aku tanya-tanya deh

      ikhlas ya alhamdulillah jadi nggk ada beban nih, terima kasih boleh lah

      Delete
  2. kadang firasat bisa pas dengan realita yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gitu sih emang ada benarnya juga

      Delete
  3. Kalau orang Jawa menyebut itu dengan ilmu titen. Biasanya ada logika di balik hal tadi. Seperti burung kedasih peka dengan bangkai. Nah, manusia saat akan meninggal pelan-pelan organ tubuhnya membusuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh jadi ilmu firasat ini juga ada ya di Jawa, secara logika memang kejadian alam itu adalah tanda yang bisa kita gunakan untuk berjaga-jaga

      Delete
  4. Kebetulan tadi sore ada kupu2 masuk kamarku, entah warnanya ky coklat atau keemasan. Apakah aku akan dapat coklat atau emas nantinya heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah lo, kupu-kupu masuk kamar cowok, ya semoga sesuai dengan yang kamu harapkan hehe

      Delete
  5. Kalau di daerah saya sih burung gagak, jika ada burung gagak, jika ada burung gagaj melintas diatas diatas rmah seseorang dan berbunyi, bakal ada yg meninggal di rumah keluarga rersebut. Saya sih percaya ngga percaya sama mitos itu.
    Dan nyatanya mitos-mitos Leluhur Yang Mulai Hilang, anak-anak Jaman sekarang mana paham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Firasat biasanya dirasakan oleh org terdekat, tapi sebaiknya kita jangan merasa terbelenggu atau tersiksa dg tanda2 apalagi yg berhubungan dengan hal yang tdk menyenangkan, karena firasat bukan utk menyusahkan melainkan utk berjaga-jaga saja, selebihnya ada Yang Maha Mengetahui

      Delete
  6. Orang jaman dulu memang waskitanya bagus, sebab masih punya ikatan sama alam... orang jaman sekarang alam malah dirusak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah sebabnya sangat dilarang membuat kerusakan di muka bumi

      Delete
  7. iya.., aku juga masih ingat betul firasat2 yang dikatakan orang tua dulu.., banyak sih firasatnya, di antaranya sudah tertuliskan di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilmu firasat nenek ini muncul karena caranya mengamati peristiwa alam yang beliau hubungkan dengan kejadian-kejadian alam kemudian yang berulang terjadi

      Delete
  8. pirasat nenek atau orang-orang tua diatas ayah dan ibu, kadang memang terasah dan tajam. karena ikatan alamnya masih sangat kuat, nggak kayak sekarang. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang zaman dulu banyak mengamati suatu peristiwa yang terjadi di alam, karena mereka memang dekat dengan alam

      Delete
  9. Memang orang jaman dulu fasih dengan beragam firasat ya Mbak. Mereka melihat dari perubahan alam. Dan memang beneran kok. Nggak meramal, tapi melihat dari alam

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu