Friday, April 21, 2017

Asam Jawa Sebagai Obat Batuk Kering, Batuk Berdahak dan Asma

13 comments

Asam jawa dengan bahasa latinnya Tamaricus indica adalah katagori tumbuhan berbuah polong. Dengan kulit buah polongnya yang berwarna coklat. Asam jawa ini bijinya berbungkus daging buah, setiap polong biasanya berisi dua sampai lima buah biji.

Pohon asam jawa berdaun rindang. Pohonnya keras dapat tumbuh menjadi besar. Butuh pekarangan yang cukup luas untuk menanam pohon asam ini. Tapi sekarang sudah ada yang menjadikan pohon asam ini sebagai tanaman hias dengan menanamnya di dalam pot dengan cara membonsai pohon asam ini.

Tapi, saya bukan akan menguraikan cara menanam pohon asam jawa ini, melainkan akan berbagi tentang khasiat dari asam jawa ini sebagai obat batuk. Asam jawa sebagai obat batuk kering, batuk berdahak dan asma.

Asam jawa tidak hanya sebagai pelengkap saat ibu-ibu mengolah masakannya, tapi juga sebagai pelengkap membuat minuman bahkan juga telah ditemukan asam jawa mampu mengobati berbagai penyakit. Tapi kali ini saya fokuskan pada asam jawa sebagai obat batuk kering, berdahak dan asma.

Nah mulai sekarang sediakan selalu asam jawa di rumah anda. Mengingat betapa dahsyatnya khasiat dari asam jawa untuk mengobati batuk yang kerap menyambangi anggota keluarga apalagi di musim pancaroba sedang tubuh tidak dalam keadaan fit atau sistem kekebalan tubuh yang sedang menurun.

Asam jawa sebagai obat batuk kering, batuk berdahak dan asma berikut cara membuatnya

1. Mengobati Asma


Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Penderita asma juga bisa mengalami gejala nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua.

Pemicu asma :
asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia. Selain menghidari pemicu asma dan hidup sehat, asma dapat juga di obati dengan ramuan asam jawa.

* Ambil 2 potong asam jawa, sejimpit adas pulowaras dan sejimpit garam.


* Cara membuatnya :

Rebus asam jawa, adas pulowaras dan garam dengan satu liter air bersih hingga mendidih. Biarkan mendidih hingga tersisa separuh dari air rebusan tadi. Setelah itu saring, minum air rebusan ramuan ini sehari 2 kali sehari secara teratur.

2. Menyembuhkan Batuk kering

Batuk kering adalah batuk yang terjadi  tanpa disertai dahak atau reak dan tanpa sekresi pada saluran napas. Akibatnya, terjadi iritasi pada saluran tenggorokan dan timbul rasa sakit. Batuk kering ini bisa disembuhkan dengan ramuan asam jawa.


* Ambil tiga polong buah asam jawa dan ½ genggam daun saga.


* Cara membuatnya :


Siapkan satu liter air kemudian rebus asam jawa dan daun saga hingga mendidih sisakan hingga tinggal satu gelas air. Saringlah air rebusan tadi.

* Minum air rebusan ini dengan rutin setiap pagi dan sore secara teratur.

2. Menyembuhkan batuk berdahak

Batuk berdahak disebabkan oleh adanya peradangan pada lapisan lendir saluran pernapasan. Berikut ini ramuan tradisional untuk menyembuhkannya.

* Yang dibutuhkan 10 gram daging buah asam jawa, gula merah secukupnya, dan segelas air panas

Cara membuatnya :

Daging buah asam jawa diseduh dengan segelas air panas, kemudian ditambahkan gula merah secukupnya. Minum ramuan tersebut sewaktu masih hangat.

***

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

13 comments:

  1. kalau di daerahku masih banyak asam jawa ini, baik itu yang tumbuh secara liar atau yang di bonsai,

    Jadi ingat kalau lagi takzih.., di makam tempat aku tinggal kan ada pohon asam jawa yang pohonnya sudah besar, jadi ya gitu banyak buah yang berkajuhan kalau lagi musim.

    ReplyDelete
  2. Pohon asam jawa ini menurut cerita memang sangat mudah untuk tumbuh dan usia tumbuhnya juga cukup panjang.

    Wah, enak dong bisa ngerasain buah asam segar yang baru di petik dari pohon

    kalau di daerahku tinggal sudah sangat jarang mas, hehe sampe ngences ngerasain asamnya ��

    ReplyDelete
  3. "Mengi" itu apa ya?
    Jadi ngilu saya kalau baca tentang asam ini. Itu rasanya pasti masem-masem seger gitu ya. Ah, jadi pengen coba bikin

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengi itu sesak nafas yang sering dialami penderita sesak nafas, nafas bunyi ngik ngik

      Delete
  4. Walau sedang tidak batukpun aku suka minum air asam jawa yang diberi sedikit gula aren, dengan air hangat atau dingin enak seger apalagi kalau berkhasiat

    ReplyDelete
    Replies
    1. air asam jawa dengan ditambahkan gula aren menjadi minuman yang nikmat di segala suasana tinggal ingin menggunakan air hangat atau air dingin disesuaikan waktunya saja

      Delete
  5. Asam jawa bisa jadi obat dari kecil aku udah tau sih kaka, iya tau dari embah aku.. Pernah juga nyoba meski gk sedang sakit, enak kok. Oya kalau pakai asam kandis bisa juga gk ya kaka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asam kandis dan asam jawa memang sama-sama memiliki rasa asam, tapi asam kandis sedikit sepet atau kelat, rasa kelat kadang membuat tenggorokan bertambah gatal, jd disaranksn asam jawa saja

      Delete
  6. Kalau penyakit batuk itu tidak bisa didiamkan begitu saja, harus segera diobatai,, bila lebih dari 2 minggu batuk belum juga sembuh harap hubungi dokter :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. obat-obat herbal kadang ada yang cocok dan ada juga yang tidak, kadang ada juga bisa sembuh karena sugesti lihat dokternya aja bisa sembuh, ya betul usaha harus maksimal kalau belum sembuh juga sebaiknya hubungi dokter untuk pengobatan tahap berikutnya

      Delete
  7. oooh jadi itu toh yg dibilang asam jawa...lho padahal buah asam ini banyak juga lho di luar jawa seperti makassar, apa memang asal muasalnya dari jawa ?

    oh ya pas buat ngobatin Batuk Kering, Batuk Berdahak dan Asma

    ReplyDelete
  8. Pas banget nih kebetulan saya baru saja mempraktekkannya langsung lumayan bisa memperingan batuk cuma kalau batuknya sudah terus terusan sampai nggak bisa tidur mungkin obat-obatan bisa menjadi solusi cepat

    ReplyDelete
  9. ternyata banyak kegunaan asam jawa ini bukan hanya untuk masak

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu