Thursday, March 30, 2017

Ukuran Kebahagiaan Tidak Diukur dengan Kebahagiaan Orang Lain

14 comments
Kebahagiaan

Bahagia bukan di dapat dari membandingkan kehidupan pribadi dengan kehidupan orang lain. Kehidupan orang lain bukan tolak ukur kebahagiaan hidup kita. Bila selalu membandingkan kehidupan pribadi dengan kehidupan orang lain maka hidup ini akan selalu berat.

Hidup adalah kesempatan, kesempatan untuk berjalan dalam kebaikan, kesempatan untuk bersyukur agar mendapat kebahagiaan. Karena hanya mereka yang mampu bersyukurlah yang akan merasakan kebahagiaan. Bersyukur mampu memberi, sekecil apapun pemberian ikuti dengan keikhlasan maka bahagia ada dalam genggaman.

Mengeluh hanya boleh kepada yang Maha mendengar, karena kita tak akan mendapat cibiran dari Nya. Jika mengeluh pada sesama, engkau bisa saja kecewa dan terluka.

Meski sulit sabar itu indah. Bukan sabar namanya bila diawali dengan keluhan apalagi diiringi dengan ketidak syukuran, akan terus merintih kesakitan jalan ditempuh pun terasa sulit. Aduhai diri tak mampu untuk bangkit.

Manusia telah di rancang sesuai dengan kemampuan beban dan kemanfaatan beban yang dia panggul, tak akan diberikan beban di luar batas kemampuannya.

Jadi kehidupan orang lain bukan ukuran kebahagiaan hidup kita, karena jalan kehidupan kita pasti berbeda dengan jalan kehidupan orang lain. Ukuran kebahagiaan tidak di ukur dari banyaknya harta, karena banyak yang tak bahagia walau hidupnya mewah dan bergelimang harta.

Ingatkah kisah sang katak dengan siput? Bagaimana sang siput mengeluh karena cangkangnya yang harus dia bawa kemanapun siput pergi. Sedang sang katak dengan lincahnya melompat kian kemari. Tanpa harus membawa beban di tubuhnya. Ketika sang burung elang mendekat mencari mangsa, siput dengan mudahnya bersembunyi di dalam cangkangnya, sedangkan katak menjadi santapan burung elang yang sedang lapar. Akhirnya siput menyadari bahwa cangkangnya bukanlah beban dalam hidupnya, akan tetapi adalah kelebihan yang ada padanya.

Kepopuleran yang orang miliki atau kekayaan yang dinikmati orang lain bila kita terus membandingkan dengan kehidupan pribadi jangan membuat kita lupa bahwa kita punya sesuatu yang pantas untuk disyukuri.

Banyak sangat hal sederhana dalam hidup yang kerap terlupakan. Padahal hal sederhana mampu membuat bahagia bahkan sangat bermakna dalam aktifitas kehidupan. Kebahagiaan orang lain bukan ukuran kebahagiaan bagi yang lainnya.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah atas segala nikmat yang tak terbilang, semoga Allah memberi keimampuan untuk selalu bersyukur dalam setiap keadaan. Aamiin ya Allah

Episode wisata rohani, barrakallaah.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

14 comments:

  1. kebahagiaan hanya bisa dirasakan oleh orang itu sendiri ,,, kita juga suka nunjukin kebahagiaan melalui senyum tapi dalam hati sungguh berbanding terbalik ,, mungkin teknik sosialita harus diperdalam lagi yah biar kitanya bisa hepi-hepi gitu ,,, he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya mungkin kita harus berprinsip pada sang pencipta di balik kebahagiaan ataupun kesedihan ,,, syukuri nikmati jalankan ,,hee

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Kok saya jadi so tau yah ,,, gak apa ya mba ? biarpun masih muda ,,ckckck

      Delete
  2. Kebahagiaan diproleh dari rasa syukur yang tulus. Orang yang tidak pernah bersyukur akan selalu merasakan kesengsaraan.

    ReplyDelete
  3. terima kasih untuk selalu diingatkan untuk bersyukur ya Mba.

    Salam kenal

    ReplyDelete
  4. banyak orang yang beranggapan bahwa bahagia identik dengan uang atau kekayaan, padahal tidak semua kekayaan dan uang bisa membeli sebuah kebahagiaan..., bisasa jadi justru dengan kekayaan akan mendatangkan penderitaan yang berkepanjangan.


    selalu bersyukur, tidak pernah berhenti untuk terus berdo'a, tetap berbuat baik meski lagi di landa kesusahan, lebih banyak memberi walaupun dalam kesusahan., dan masih banyak lagi hal yang bisa membuat kita bahagia.


    oh iya sepertinya tulisan ini salah ketik ya.

    *keimampuan = kemampuan

    ReplyDelete
  5. Setuju banget Mbak. Walau sering lihat rumput tetangga selalu lebih hijau. Kebahagiaan hana kita yg tahu dan merasakan

    ReplyDelete
  6. Kebahagiaan bagiku itu tentang rasa yang selalu ceria dalam kondisi suka maupun duka, punya atau tidak kita tetap bahagia.

    Lama tak bersua, numpang ngopi diblog jeng maya ☕ 😁

    ReplyDelete
  7. Intinya harus pandai bersyukur ya mbak...
    Biar kita jadi gak kufur..

    ReplyDelete
  8. kebahagiaan itu letaknya dihati, kita sendiri lah yang mengolahnya.

    ReplyDelete
  9. Setuju banget neng. Bahagia itu sederhana, adanya di dalam hati, bukan terletak di harta, tahta dan jabatan... Yang terpenting adalah selalu mensyukuri apa yang ada, maka secara otomatis, diri ini pun bisa menjadi pribadi yang bersyukur dan bahagia...

    Nice sharing

    ReplyDelete
  10. Bahagia kita adalah milik kita dan ikut bahagia melihat orang lain bahagia itu bijaksana dan kebahagiaan juga

    ReplyDelete
  11. namanya juga manusia mbk, lihat orang lain lebih bahagia dari kita rasanya pengen ngamuk aja ya hehehe.

    yang utama bagaimana kita bisa mensyukuri apa yang kita punya sekarang.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu