Thursday, March 23, 2017

Tumis Buncis Ceria Wortel Saos Tiram

18 comments

Tumis Buncis Ceria Wortel Saos Tiram

Dalam menjalankan aktivitas harian tentunya kita membutuhkan energi. Energi yang didapat lewat makanan. Sudah selayaknya kita tidak hanya memanjakan lidah saja, tapi kita juga harus memperhatikan nutrisi yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi.

Untuk mendapatkan nutrisi yang baik tidak tergantung pada bahan makanan yang mahal. Akan tetapi sangat tergantung pada saat kita mengolahnya juga pemilihan bahan makanan yang masih segar.

Mengolah buncis agar tidak merusak nutrisinya yaitu mencucinya di air yang mengalir sebelum di potong-potong.

Sedangkan wortel kita bisa mengupas tipis bagian kulitnya dulu baru di cuci, kemudian di potong-potong sesuai selera kita.

Mengapa mencuci sayur sebelum dipotong-potong?
Tentunya ini untuk menjaga agar nutrisi pada sayuran tidak banyak terbuang atau larut pada air saat pencucian.

Saat mengolah masakan kita, khususnya saya pribadi juga bisa pertimbangkan dalam satu porsi masakan kita sudah mendapatkan, vitamin, protein nabati, protein hewani, lemak.

Seperti masakan yang akan saya share hari ini. Hari ini saya akan berbagi masakan sederhana, tapi menurut saya pribadi kita mendapatkan asupan gizi yang luar biasa. Hari ini judul masakan saya Tumis Buncis Ceria Wortel Saus Tiram.

Saya sebut ceria karena paduan warna dari masakan ini, ada hijau, orange, coklat, putih, merah. Wah! Warna-warni gitu. Tujuannya untuk memikat selera hati si kecil yang kadang malas konsumsi sayur.

Nah tertarik untuk mencobanya? Baiklah kita coba sama-sama ya .... Boleh ajak si kecil mengolahnya, pasti dia suka loh!

Tumis Buncis Ceria Wortel Saus Tiram

Bahan-bahan :

75 gram tempe potong memanjang, goreng hingga kecoklatan lalu sisihkan
1 genggam tangan orang dewasa, buncis potong memanjang, belah jangan sampai putus, hal ini dimaksudkan agar bumbu dapat meresap ke dalam buncis
1 butir telur, goreng ceplok lalu orak-arik sebelum mengeras
2-3 wortel potong memanjang seperti korek api
Minyak untuk menumis

Bumbu-bumbu :

2-3 siung bawang merah iris tipis
3 siung bawang putih iris tipis
2-3 buah cabe merah iris serong
1 sendok makan saus tiram
Boleh tambahkan lada kalau suka
garam secukupnya

100 ml air

Cara memasaknya :

Setelah semua bahan disiapkan.

Panaskan kuali, beri satu sendok makan minyak goreng, masukkan buncis sebentar untuk menghilangkan aroma langunya. Sebentar saja ya sist, kira 2-3 menit saja segera angkat dan sisihkan.

Tumis bawang merah tunggu layu baru masukkan bawang putih, tumis hingga harum kecoklatan (hati-hati jangan sampai gosong karena bawang putih cepat gosong loh) kemudian masukan cabe, sesaat kemudian masukkan potongan wortel, tambahkan air, tunggu hingga layu. Jangan terlalu matang ya, wortel tumis paling enak dinikmati masih kranji atau renyah begitu juga dengan buncis.

Kemudian masukkan buncis, tempe dan orak-arik telur. Jangan lupa saos tiram, lada dan garam juga dimasukkan pada tumisan. Jangan terlalu lama segera angkat dan pindahkan pada mangkuk saji.

Agar tidak merusak nutrisi pada sayuran disarankan memasakknya tidak terlalu matang, saat digigit masih terasa renyah.

Sedikit tips ya sis!

Untuk jenis masakan sayur hijau segera pindahkan dari panci atau kuali, untuk mendapatkan warna yang segar dan cantik.

Nah masakan Tumis Buncis Ceria Wortel Saos Tiram ala dapur maya sudah siap! Dengan bahan mumer, murah meriah kita bisa mendapatkan masakan yang bernilai gizi tinggi. Keluarga senang dan tentunya juga sehat.

Satu jenis masakan dari tumis buncis wortel ceria saos tiram kita sudah mendapatkan vitamin, protein, lemak yang sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas harian kita.

Selamat mencoba ya,
yang hemat tapi masakan tetap nikmat dan sehat.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

18 comments:

  1. oh jadi gitu ya cara mencuci buncis agar nutrisinya tidak hilang, yang sering aku lihat sih biasa buncisnya di potong2 dulu baru di cuci dan teryata itu bisa mengurangi nutrisi dari buncis itu sendiri ya? makasih ya buat infonya


    balik dulu ah, mau kasih kabar baik cara potong buncis yang benar dan tidak mengurangi nutrisi ke tetangga aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mas, dengan mencuci dulu sebelum dipotong-potong bisa menjaga agar nutrisi yg terdpt di dalam buncis tdk banyak terlarut dlm air
      kan sayang tuh! hehe

      Delete
  2. hahahha, bangun tidur. buka postingan bunda. jadi pengen tidur lagi ni. lapeeer bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh laper kok tidur lagi, makan mang Fajar, buka tudung saji
      makanan sudah siap

      Delete
    2. Lagi puasa bun :), heheeh ni nunggu berbuka sembari lihat foto makanannya

      Delete
    3. oh lagi saum rupanya? nah azan sudah berkumandang, selamat berbuka puasa ya, semoga Allah menerima ibadah puasa Mang Fajar dan melimpahkan pahala yang banyak serta terkabulkan doa-doanya aamiin

      Delete
    4. aamiin, aamiin yaarobbalallamin. makasih bunda :)

      Delete
  3. kalo ngulas edisi kuliner mulu bikin habisin batre komputer juga mbak ,, lah apa hubungannya ? kan bacanya jadi lebih lama ,,,hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu ya, hehe maaf ya belum sempat buat pos yang lain sih, masih repot di dunia nyata

      Delete
    2. justru aku paling suka sama yang ngulas kuliner-kuliner gitu ,,,hihi
      Kalo dunia maya mah hanya dunia kecil saja ,, dunia nyata harus benar2 serius yah mba,,,harus seimbang antara maya dengan nyata jadinya jejakmayaku terurus,,hihi

      Delete
    3. Neng Umar bisa aja, ya begitulah karena masak kerjaan harian jadi lebih enak nulisnya hehe

      jejakmayaku adalah hiburanku, dunia nyataku adalah harapan hidup ku

      ya semoga saja bisa seimbang
      terima kasih sudah hadir di blog gado gado dan seadanya ini

      Delete
  4. Hmmm... Yummy. Malam-malam baca post ini. Bikin laper aja kak

    ReplyDelete
  5. Wah boleh juga nih resep masakannya..
    Cocok kalau pas musim dingin seperti ini

    ReplyDelete
  6. makanan yg sehat karena sudah ada sayurannya. buat sarapan juga praktis nih :)

    ReplyDelete
  7. Ooh jadi gitu tah kalo nyuci sayur, kalo aku malah kadang tek potobg dulu kadabg gak.

    Soal masak lagi, yesss.
    Yahh didapur tinggal wortel yang ada, sama bawang telor.

    Namanya pake ceria, se ceria masakanya.
    Refransi buat nanti kalo mau masak buncis ceria.

    ReplyDelete
  8. Suka banget ini Mbak. Saus tiram memang mnmberi rasa beda ya :)

    ReplyDelete
  9. baru tau saya nih mba.. (nice info)
    biasanya saya di potong dulu :(

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu