Monday, March 27, 2017

Resep Gulai Asam Pedas Ikan Tuna

8 comments

Resep Gulai Asam Pedas Ikan Tuna

Agak kesal nih dengan langganan ikan ku. Kesalnya ikan yang dia bawa itu terus. Ya, itu ikan tuna melulu deh! Kemarin ikan tuna, kemarinnya lagi juga ikan tuna, eh hari ini ikan tuna lagi, ampun si mamang tuna. Loh jadi tak ganti tuh namanya tak panggil mamang tuna hehe. Dia nggak marah sih, malah ketawa bangga dengan nama barunya.

Okelah dari pada bingung mau masak apa hari ini, di beli aja tuh ikan tunanya. Ya sebenarnya bukan cuma itu alasan aku membelinya, ikan tuna yang di jual, maksudku langgananku ini selalu masih segar, kalau sudah tak segar dia tak akan berani menjualnya tanpa memberitahukan dulu bahwa ikannya sudah tak segar lagi. Jadi dia bakal bilang apa adanya dengan kondisi ikannya.

Bingung mau di masak apakah ikan tuna ini? Perasaan aku sudah coba aneka variasi olahan ikan tuna untuk mengatasi kebosanan dengan lauk ikan tuna ini.

Aha! Aku coba resep gulai asam pedas ikan tuna ala dapur maya aja deh! Soal rasa nggk kalah sama masakan koki-koki ternama. Sombong dikit!

Buka stok sayuran cuma ada kacang panjang. Hem, lagi malas nian kepasar. Alhamdulillah bumbu-bumbu masih lengkap. Mulai memasak gulai asam pedas ikan tuna kolaborasikan dengan kacang panjang ala dapur maya.

Bahan-bahan :

500 gram ikan tuna, bersihkan insangnya, potong-potong sesuai selera (sebenarnya bagian ini sih tugasnya si mamang tuan loh, aku tinggal mencuci bersih saja)

5 lenjer kacang panjang cuci bersih, lalu potong-potong juga sesuai selera aja deh. Ini kebiasaanku loh selalu mencampur sayur ke lauk biar praktis

5 buah tomat besar, 3 tomat dihaluskan dan 2 tomat lagi di potong-potong aja

Bumbu-bumbu :

3 buah cabe merah, buat yang suka pedas silahkan ditambah cabenya

3 siung bawang putih

1 ruas jari jahe

1 ruas jari kunyit

2 butir kemiri

1 batang daun bawang, potong-potong

1 helai daun kunyit, nah ini khas gulai asam pedas ala dapur maya

satu ruas jari laos atau lengkuas, dimemarkan saja

garam secukupnya

2 gelas air

cara membuatnya :

Haluskan atau blender bumbu-bumbu dan tiga buah tomat.

Sisakan dua buah tomat belah dua lalu potong-potong menjadi empat bagian.

Didihkan dua gelas air, setelah mendidih masukkan bumbu halus, daun kunyit aduk agar kuah tidak menggumpal setelah mendidih kembali masukkan potongan ikan dan kacang panjang, tunggu beberapa saat kuah kembali mendidih tambahkan garam, potongan bawang daun dan potongan tomat, tunggu hingga ikan matang lalu angkat dan sajikan.

Semangat banget masak dengan resep gulai asam pedas ikan tuna ala dapur maya. Mudah dan sedap. Semoga besok mamang tuna bawa yang beda deh, pengen cumi atau udang kira-kira masih ada nggk ya di laut?

Tambahan ya!

Boleh tambahkan asam kandis ya kalau suka agak terasa asam.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

8 comments:

  1. Masak itu harus dengan perasaan juga biar tambah enak dan happy saat mengolah masakannya

    ReplyDelete
  2. Apalagi kalau yang masak seperti Mbak Maya, pasti rasanya maknyooss bgt yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini cuma masakan sederhana, awalnya kecewa ikannya tuna terus

      Delete
  3. mang...mamang tuna, apa ikannya masih mang? lho aku kok ikut2an panggil mamang tuna sih..., hehe

    heemmm.., dapat resep lagi nih urusan masak memasak. Ahay kira2 kapan ya aku siap buka restoran? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, semoga kesampaian kalau memang berkeinginan membuka restoran hehe

      Delete
  4. Wih Mbak Maya, serba ikan... aku ngiler banget. Lagi mahal nih ikan2nan Mbak. Kalau bikin aku nggak pake tomat. Besok kalo ada ikan lagi coba resepmu Mbak :)

    ReplyDelete
  5. Yummy, ngeliat gambarnya aja udah sedap atau aku yang sudah lapar? Haaha

    ReplyDelete
  6. Wahh... Baru tahu aku, kalau tenyata ikan tuhannya bisa di masak gulai.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu