Tuesday, March 28, 2017

Resep Botok Ikan Tuna Tahu Spesial

6 comments

Resep Botok Ikan Tuna Tahu Spesial

Selamat hari libur. Kok libur ini baru hari Selasa Jeng? Ya, kemarin sempat ada yang nggak ngeh, kalau hari ini tuh tanggal merah alias hari libur. Hah! Libur? Yang benar?

Ya elah, emang hari libur Mas. Coba lihat tuh kalendar di gantung di dinding bukan sekedar pajangan. Itu gunanya biar tahu kalau hari libur tuh penting! Coba kalau sudah siap dengan seragam, cus on the way ..., gigit jari tuh gerbang di kunci! Lah aturan molor lagi selesai shalat subuh hehehe ...

Yakin banget nih yang aku maksud dalam tulisan ini kalau baca ngakak dia, ayo ingat nggak?

Hei! Maya! Mau pos apa sih? Itu judul Resep Botok Ikan Tuna Tahu Spesial apa hubungannya dengan ama yang lupa kalau tanggal 28 Maret hari Selasa ini libur Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939 ?

Ya nggak ada hubungannya sih, cuma aku sengaja biar pos ini ada cerita panjangnya aja gitu. Kalau langsung ke resep aku nggk bisa buat pos ini pance, cuma itu aja sih! Lah sampean kok yo nesu ngono toh?

Pance? Apa lagi tuh? Itu kan nama penyanyi yang ngetop di zaman ane muda dulu? Hehe, pance yang aku maksud bukan nama orang, tapi singkatan dari panjang cerite. Nah udah tahukan! Udah aku mau mulai menuliskan resep masakanku dulu. Eh bentar tadi apa ya nama resepnya sampe lupa ...

Resep Botok Ikan Tuna Tahu Spesial, nah betul ..., ya udah kita lanjut ke bahan-bahan yang diperlukan untuk resep andalan dapur maya, ok !

Eh! Bentar, mau tanya dulu! Tanya apa? Ya udah cepetan aku udah mau share resep nih. Duh kunaon sih ribet banget untuk memulainya.

Itu loh! Sampean kok share resep terus sih? Oh itu yang mau ditanyakan. Begini aku punya tanggung jawab mengisi blog ini dengan postingan-postingan anyar, lah sekarang lagi menikmati jadi koki di dapur maya. Nah berhubung menshare resep itu terasa lebih mudah ya udah aku share resep aja dulu entah sampai kapan. Dah nggk usah dipikirin yang penting nikmati saja ok. Silahkan duduk dan dengarkan!

Bahan-bahan :

10 - 15 tahu putih ukuran kecil, kalau nggk ada tahu yang sudah di goreng juga bisa, haluskan

100 gram daging ikan tuna buang durinya, haluskan atau di suwir-suwir. Aku pakai ikan tuna yang sudah di tim ya. Mau pakai yang mentah juga boleh

1 genggam tangan orang dewasa, kelapa muda yang sudah di parut kasar, kalau nggk suka kelapa parut nggk pakai juga bisa

1 butir telur

1 batang daun bawang iris/rajang ukurannya sesuka anda saja deh

bumbu-bumbu yang dihaluskan :

3 siung bawang putih sedang besarnya

3 siung bawang merah juga sedang besarnya

3 buah cabe merah

garam secukupnya

pelengkap lainnya :

beberapa helai daun pisang,
tusuk gigi untuk menyematkan daun
satu buah tomat belah dua, potong-potong menjadi delapan bagian

Cara membuatnya :

Campurkan semua bahan dan bumbu halus, tambahkan telur, kelapa parut, irisan bawang daun, aduk rata ya ...

Ambil daun pisang, letakkan satu sendok makan beri satu potongan tomat di atasnya lalu bungkus sedemikian rupa dan sematkan dengan menggunakan tusuk gigi atau biting. Lakukan hingga semua bahan botok terbungkus.

Siapkan dandang atau kukusan, tunggu hingga air kukusan mendidih, letakkan semua bungkusan botok ke dalam dandang, lalu tutup. Masak lebih kurang selama 10-15 menit.

Nah botok ikan tuna tahu spesial ala dapur maya sudah siap. Tertarik untuk mencoba? Silahkan!

Note :

Yang suka pedas tambahkan cabe rawit dan untuk yang suka dengan petai boleh ditambahkan juga, rasanya pasti beda.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

6 comments:

  1. haduhhh kena deh aku.., kenapa kemarin aku lupa ya kalau sekarang tanggal merah? pakai di publikasikan pula..., hehe

    heem.., ternyata ini tho resep botok ikan tuna, pasti enak kalau makannya sama krupuk.

    oh iya kalau PANCE itu Panjang Ceritanya.., terus kalau DKI itu apa ya? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, ternyata semudah itu ya untuk membuat orang ngaku
      aku kan tak menyebut nama

      pis deh ...

      Botok ikan tuna tahu spesial buatan maya emang enak, jadi bingung krupuknya yang enak atau botoknya yang enak?

      DKI ? Daerah Khusus Ibu kota
      DKI ? Dono Kasino Indro

      masih adakah akronim DKI lainnya?

      Delete
    2. nah itu satu lagi, akronim dari DKI
      heuuuiu ini soal kuliner ya hehe

      Delete
  2. hemmm gitu ya cara bikinya.,,,,saya termasuk penikmat ikan laut lho....neng apa lagi dikemas ala menu neng Maya huuu pasti ,,,,maknyus

    ReplyDelete
    Replies
    1. botok buatan maya emang enak, tahu dari mana ya? hehe

      Delete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu