Saturday, March 18, 2017

Pergedel Ikan Tuna Kentang Tes dan Sup Jagung Manis Bayi Buncis

18 comments

Sudah lama tidak menengok dapur maya. Ya aku yakin sahabat jejakmayaku.com pada pintar-pintar masak. Jadi minder mau share masakan. Tapi hari ini aku ingin share masakan walau tak seistimewa masakan sahabat maya lainnya, tak apalah.

Dipedein ajalah hehe ...
Mungkin menu ini tidak seistimewa menu-menu yang sahabat maya bagikan. Menu ini kesukaan aku dan gadis kecilku. Murah meriah tapi tetap bernutrisi, inshaallah ...

Dah ah! Aku langsung ke nama masakannya dulu ya. Ada dua jenis masakan. Nama masakan ini kami beri nama Pergedel Ikan Tuna Kentang Tes dan Sup Jagung Manis Bayi Buncis

Mengapa Kentag Tes? Karena Kentang tes memiliki kandungan pati yang lebih tinggi dan kandungan air yang lebih rendah sehingga cocok untuk hidangan yang diolah dengan cara digoreng atau dipanggang, misalnya french fries dan pergedel yang akan aku buat.

Mengapa ikan tuna? Karena ikan tuna dagingnya lebih tebal dan lebih mudah dipisahkan dari duri atau tulang-tulangnya.

Kita mulai resepnya yuk!

Pergedel Ikan Tuna Kentang Tes

Bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat pergedel :

500 gram kentang tes
100 gram daging ikan tuna tanpa tulang
1 butir telur ayam, pisahkan antara putih dan kuningnya
1 batang bawang daun rajang halus
2 tangkai selederi dirajang halus
Minyak untuk menggoreng

Bumbu-bumbu yang dihaluskan :

3 siung sedang bawang putih
1/2 sendok teh lada butir atau lada halus secukupnya
garam secukupnya

Cara membuatnya :

Kupas kentang potong-potong agar mudah matang saat digoreng. Ikan tuna cuci bersih, potong-potong lalu goreng untuk mengurangi kandungan air pada ikan. Karena daging ikan mengandung banyak air berbeda dengan daging sapi atau daging ayam pada umumnya.

Setelah kentang digoreng hingga matang kuning keemasan lalu haluskan. Demikian juga halnya dengan daging ikan, juga dihaluskan.

Setelah kedua bahan halus tambahkan bawang putih halus, lada halus dan garam. Tambahkan pula rajangan seledri dan bawang daun. Jangan lupa masukkan kuning telur kemudian aduk hingga rata.

Setelah tercampur rata, buatlah bulatan-bulatan dari adonan ikan tuna dan kentang tadi, biasanya kita mendapatkan 13 s/d 16 bulatan sedang.

Kemudian kocok lepas putih telur tadi. Panaskan minyak untuk menggoreng pergedel. Sebelum di goreng masukkan bulatan pergedel kedalam putih telur hingga rata baru di goreng. Goreng pergedel tidak terlalu lama warnanya kuning keemasan lalu angkat.

Pergedel ikan tuna kentang tes siap dinikmati. Dicocol saos tomat atau saos cabe weh nagih loh, ya gitu deh biasanya gadis kecilku kalau sudah makan pergedel ikan tuna kentang tes makannya lahap hehe ...

***

Sekarang kita beralih kemasakkan satunya ya. Masakan ini kami beri gelar Sup Jagung Manis Bayi Buncis.

Loh kok bayi buncis sih? Haha ..., sebenarnya asal aja sih. Gadis kecilku tanya waktu aku sedang mengolah masakan ini. "Mi kok buncisnya kecil-kecil?"

Nah aku asal jawab, "itu namanya bayi buncis."

Ya gitu deh! Gadisku ini suka banyak tanya, kadang aku kewalahan dengan pertanyaan-pertanyaan yang dia ajukan.

Emang buncis yang aku beli kecil-kecil masih muda dan manis. Belum tahu juga sih apa emang jenisnya begitu atau apalah aku belum sempat cari tahu di google.

Dah yuk kita lanjut masak!

Sup Jagung Manis Bayi Buncis

Bahan:bahan :

1 buah jagung manis di sisir dengan pisau (pisahkan dari bonggolnya)
15-20 buah bayi buncis potong-potong sesuai selera
1 buah wortel kupas potong-potong melingkar
50 gram daging ayam tanpa kulit potong dadu
Bawang daun dan seledri secukupnya rajang halus

Bumbu-bumbu :

Satu siung bawang putih haluskan
Satu siung bawang merah haluskan
Lada secukupnya haluskan (lada bubuk)
garam halus

Cara memasaknya :

Didihkan air secukupnya. Setelah mendidih masukkan daging ayam tanpa kulit yang sudah dipotong dadu.

Setelah matang baru masukkan jagung manis, bayi buncis, wortel. Tunggu hingga lunak baru masukkan bumbu halus, daun bawang dan daun seledri yang sudah dirajang. Segera angkat dan sajikan selagi hangat.

Nah itulah dua jenis masakan sederhana. Semoga bisa menjadi referensi untuk yang sedang membutuhkan sajian murah meriah dan bernutrisi.

Salam hangat dariku.
Terima kasih.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

18 comments:

  1. heemmm pagi2 dapat hidangan pergedel ikan tuna perutku jadi keroncongan.,

    abil dua piring., sarapan pagi yuk sama pergedel ikan tunanya!

    ReplyDelete
  2. Sedap mantap nih mbak. Emang enak sekali kalau pergedelnya dicocol dengan sambel. Ada bakat jadi koki nih mbak, bisa bikin rumah makan nih. Khusus blogger, ada diskonnya hehe.

    ReplyDelete
  3. saya belum pernah tuh makan perkedel ikan tuna.
    paling perkedel kentang doang

    ReplyDelete
  4. Aku lebih suka resep sup jagung dan boncisnya ,terasa seger di tenggorakan.

    ReplyDelete
  5. Mbak, aku jadi pingin perkedel. Itu lauk kesukaanku..

    ReplyDelete
  6. kalo aku gak pinter masak , tai pinter ngabisin masakan , kalo liat2 kuliner ya mba bikin perutku suka kepo gitu ,,hhihi

    ReplyDelete
  7. Oalahh... Awalnya aku kira bayi buncis itu sejenis ikan. Soalnya yang bagian atas bahannya memang ada ikannya. Hehe

    ReplyDelete
  8. Wah lapar nih malam begini, ga ada warung buka kayanya yg jual perkedel begitu..

    ReplyDelete
  9. ehmmm...ikan tuna dibikin jadibergedel lalu dikolaborasikan dengan sup...bakalan makjleb banget nih...apalagi disguhinnya dengan senyuman manis....klepek-klepek deh saya mah

    ReplyDelete
  10. Simple pas baca....
    Apakah akan mudah ketika saya mencoba membuatnya?
    Hahaha...

    ReplyDelete
  11. pengen coba yang pergedel ikan tuna. pasti rasanya gurih - gurih gimana gitu.

    ReplyDelete
  12. Disebelah mbak Nel masak Sup yg bisa bikin hilang lelah, hehee

    Disini mbak Maya masak bayi buncis, apa gak marah orangtua buncis mbak anaknya dimasak, wkwkk

    ReplyDelete
  13. lavaaar mba, duh Ya Allah.
    tau sendiri anak kos tanggal tua pasti makannanya nggak jauh2 dari mie instan.. hmmm

    ReplyDelete
  14. Wow, pegedelnya menggugah selera. Entar beli bahannya dan tak coba, ah.

    ReplyDelete
  15. Wah mantap mba.. tapi kok ya karena buncisnya kecil-kecil jadi dinamain bayi buncis, berarti ada emaknya baby buncis donk mba? eheehe

    ReplyDelete
  16. wihhhhh jadi nambah selera makan nih .........

    ReplyDelete
  17. Aih kalo saol kuliner masak memasak aku suka baca.

    Waah perkedelnya.. duuhh aku juga suka perkedel. Kalo perkedel ikan tuna.. bolehlah dicoba.

    Namanya unik buncis bayi.
    Bahanya sama cara buatnya gampang gak begitu ribet.
    Posting posting lagi kek gini. Hehee

    ReplyDelete
  18. Mmm..boleh juga jeng maya jika dikirim perkedel kentangnya ketangerang he..he..

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu