Monday, March 27, 2017

Kue Talam Manis Kacang Merah

15 comments

Di daerah tempat aku tinggal masih banyak yang menanam kacang merah. Biasanya di jual dalam bentuk kering. Tapi ada juga yang di jual masih segar tanpa kulit. Warnanya merah berbintik kecoklatan, bentuknya seperti ginjal. Menurut beberapa artikel kacang merah ini bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi maupun dataran rendah.

Kacang merah ini sangat bernilai gizi tinggi. Sebagai sumber protein nabati yang sangat baik bagi kesehatan. Karbohydrat pada kacang merah juga menjadi sumber energi. Kandungan thiamin pada kacang merah juga sangat baik untuk mengoptimalkan memori otak.

Kacang merah juga sebagai antioksidan berguna untuk menjaga fungsi sel-sel, yang berkaitan terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

Penggunaan kacang merah juga sangat beragam dalam masyarakat, bisa di olah sebagai tambahan pada sup, pada es krim dan ada juga yang membuatnya sebagai bahan membuat kue.

Kali ini saya akan share resep membuat kue talam manis kacang merah. Kue talam juga ada beragam rasa dan olahan, ada kue talam yang gurih dan ada pula kue talam yang manis. Untuk hari ini saya akan membuat kue talam manis kacang merah.

Baik bisa kita mulai dengan resepnya, cek yuk!

Bahan-bahan :

150 gram kacang merah kering, kita bisa merendam dulu untuk memudahkan saat perebusan supaya cepat lunak. Rendam dulu kacang merah kering lk 2 jam atau lebih, kemudian rebus dan haluskan.

100 gram tepung beras

50 gram tepung kanji atau sagu

500 cc santan kental

150 gram gula merah di iris atau sisir halus

50 gram gula pasir

Minyak goreng untuk mengoles

garam secukupnya

Bahan lapisan atas :

200 cc santan kental
2 sendok makan tepung beras
garam secukupnya

cara membuatnya :

Lapisan bawah, campurkan semua bahan-bahan kacang merah halus, tepung beras, tepung kanji, gula merah, gula pasir, garam. Lalu tuangkan santannya sambil di aduk-aduk hingga rata.

Siapkan cetakan, mangkuk kecil-kecil olesi minyak goreng. Panaskan kukusan, kukus cetakan tadi dalam keadaan kosong setelah panas masukkan adonan kacang merah tadi 3/4 cetakan, sisakan untuk lapisan atas. Kukus hingga matang.

Lapisan atas, campurkan santan, tepung beras, dan garam aduk hingga rata.

Tuangkan di atas kue sambil terus dikukus hingga matang.

Kue Talam Manis Kacang Merah siap untuk disajikan. Bisa sebagai teman minum teh bersama keluarga juga sangat cocok disajikan sebagai sajian di saat arisan. Selain rasanya nikmat, hemat dan tentunya sehat tanpa bahan-bahan yang merugikan kesehatan.

Keuntungannya membuat makanan dengan mengolah sendiri kita tahu bahan-bahan apa saja yang ada pada makanan kita. Meski cape tapi terbayar dengan rasanya dan kita tidak ragu keluarga kita mengkonsumsinya.

Alhamdulillah, selamat mencoba ya .... Terima kasih

Note!

Tambahan ya momsis, kita juga bisa menggunakan loyang persegi, saat disajikan kita bisa memotong-motongnya dulu sesuai ukuran yang kita sukai.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

15 comments:

  1. aku sering menikmati kacang merah ini dalam bentuk bubur.., kalau bentuk kue ya biasanya kue sejenis pia kering..


    penasaran sama Kue Talam Manis ini, kapan 2 aku di buatin ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bubur kacang merah aku juga pernah merasakannya

      untuk talam kacang merah rasanya enak

      buatin? hehe boleh mas

      Delete
  2. oh iya, ada yang ketinggalan bentuk Kue Talam Manisnya cantik.., pasti di olah dan dibentuk oleh tanggan2 yang trampil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tangan trampil memasak ya? bukan trampil memijit 😝

      Delete
  3. Kue Talam Manis Kacang Merah sangat nikmat untuk teman minum teh, di sore hari bersama keluarga
    selain rasanya nikmat dan bergizi tinggi, kacang merah juga kaya akan serat untuk mencegah sembelit loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanan berserat memang untuk mengatasi sembelit, termasuk kacang merah

      Delete
  4. hemmm bisa dijadikan referensi buat kue ne, sayalah baru kali ini liat kue beginian yang terbuat dari kacang metah. Makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. di daerahku banyak kok, apa lagi kalau ibu-ibu arisan ngumpul sajian kue ini biasanya ada

      Delete
  5. Mbak Maya suka dan pinter masak ya. AKU belum pernah bikin kue talam kayak gini Mbak. Mau dong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dicobain, gampang kok segampang menghabiskannya hehe

      Delete
  6. bener kata jeni show. aku juga sering makan kacang merah ini dalam bentuk bubur. enak. tapi kayaknya aku jaranng makan kacang merah sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarang makan bubur kacang merah? mungkin sudah tertarik dengan bubur yang lain hehe

      Delete
  7. Kacang merah baik untuk kesehatan. Gak ada salahnya mencoba membuat kue ini :)

    ReplyDelete
  8. Kue talan manis kacang merahnya pasti cocok buat menu sarapan pagi hari nih. Sambil ditemani secangkir kopi pasti tambah nikmat hidup ini. Wkwkwkk

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu