Wednesday, March 8, 2017

Keuntungan yang Didapat dari Menyusui Ekslusif

18 comments

Menyusui adalah cara yang normal dan sehat untuk memberikan makanan pada bayi. Sebagian orang beranggapan menyusui itu kuno bahkan ada yang tidak mau menyusui bayinya dengan berbagai alasan yang tidak bisa dianggap pantas apalagi wajar-wajar saja. Padahal menyusui adalah cara terbaik bagi bayi bukan dengan memberikan tambahan atau mengganti susu ASI (Air Susu Ibu) dengan susu formula. Terkecuali memang ada hal-hal yang mungkin membahayakan keduanya, antara bayi dan ibunya.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dengan menyusui. Menyusui ASI ekslusif adalah memberikan susu ASI (Air Susu Ibu) dari bayi berusia 0 s/d 6 bulan tanpa bahan makanan tambahan termasuk air putih, kecuali obat-obatan, vitamin atau mineral tetes. Mau tahu apa saja keuntungannya bila menyusui ekslusif.

Nah! Setelah kita mengetahui apa itu menyusui ASI ekslusif, kita juga harus tahu apa saja keuntungannya yang didapat dari menyusui ekslusif, penasaran? Kita simak sama-sama di bawah ini:

1. Ikatan yang erat

Proses menyusui lebih dari sekedar hanya memberi makan bayi, tapi dengan menyusui bayinya para ibu akan memiliki ikatan yang erat dan penuh kasih sayang pada bayinya. Bayi akan tumbuh rasa percaya dan merasa dilindungi oleh ibunya. Dengan menuyusui juga bisa mencegah kehamilan dan melindungi kesehatan ibu seperti mengurangi resiko terjadinya kanker payudara.

2. Mendapat gizi yang lengkap

Dengan menyusui ekslusif bayi akan mendapat asupan zat gizi yang lengkap sesuai dengan kebutuhan bayi, tidak kekurangan dan tidak kelebihan.

Protein dari ASI yang mwrupakan protein mudah larut atau protein whey lebih mudah dicerna dibandingkan protein kasein pada susu formula yang sering menyebabkan gumpalan tebal sehingga bayi sering sembelit, kembung dan gumoh.

3. Infeksi kuman

Dengan menyusui ekslusif bayi akan terhindar dari infeksi. Protein pada ASI mengandung imunoglobulin A yang diketahui sebagai zat anti infeksi yang tidak terdapat pada susu formula.

Selain protein, ASI juga mengandung lemak, asam lemak esensial yang penting untuk pertumbuhan otak, mata, dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Sedangkan pada susu formula meskipun mengandung asam lemak esensial, tapi tidak terdapat enzim lipase yang dapat membantu mencerna lemak, sehingga lemak dalam susu formula tidak dapat digunakan secara maksimal oleh bayi.

4. Gas lambung

ASI juga mengandung zat gizi lainnya, karbohidrat. Karbohidrat yang terdapat pada ASI terbanyak adalah laktosa. Laktosa yang terdapat pada ASI yaitu zat gula yang mudah dicerna dan tidak menimbulkan gas pada lambung. Berbeda dengan kandungan karbohidrat pada susu formula yang sering ditambahkan sukrosa. Nah, sukrosa kurang cocok untuk bayi dan bisa menimbulkan caries gigi pada anak.

5. Hormon pertumbuhan

Keuntungan yang didapat dari menyusui ekslusif juga yaitu hormon pertumbuhan. Bayi akan mendapatkan hormon pertumbuhan yang tidak ada pada pada susu formula. Itu sebabnya bayi yang mendapat air susu ibu secara ekslusif akan lebih tinggi dibandingkan yang hanya mendapatkan susu formula.

Catat ya bu ....

Karena hormon pertumbuhan lebih banyak dikeluarkan pada malam hari maka disarankan para ibu bayi menyusui bayi secara langsung pada malam hari, dalam artian tidak memberikan susu perahnya pada saat malam hari.

Setelah kita mengetahui betapa banyak keuntungan yang didapat dari menyusui ekslusif, apakah kita akan tetap kekeh tidak ingin menyusui bayi ekslusif hingga bayi berusia enam bulan? Sangat disayangkan bila kita melewatkan moment yang penting ini.

ASI telah diciptakan sedemikian rupa, dengan segala kandungan yang sesuai bagi tubuh bayi. Siapa lagi yang akan membantu bayi kita? Kalau bukan si ibu bayi itu sendiri.

Dengan menyusui bayi secara ekslusif ibu si bayi telah membantu bayinya untuk mendapatkan semua yang dibutuhkan tanpa membebani tubuh bayi untuk mencerna dan mengeluarkan kelebihan zat-zat yang tidak diperlukan, sehingga bayi sehat dan tidak mudah sakit.

Jadikan suatu yang membanggakan dan membahagiakan bila sebagai ibu bayi yang mampu menyusui bayinya, memberikan air susunya kepada bayi adalah wujud rasa syukur atas anugerah terindah bagi seorang ibu.

Ibu, moment pemberian ASI tak akan terulang jadi jangan sampai kita melewatkan moment indah ini ya .... Semoga Allah karuniakan kesehatan pada kita, khususnya kaum ibu hingga kita dapat memberikan yang terbaik bagi putra dan putri kita.

Oh ya, sebelum saya akhiri tulisan ini, tadi sempat baca-baca di beberapa media ternyata : Hari ini tepatnya tanggal 8 Maret 2017, adalah Hari Perempuan Internasional (International Women's Day),
"Selamat untuk para perempuan dimanapun berada, semoga penuh dengan kebaikan"

Terima kasih untuk ilustrasi dari

Ok, semoga post hari ini ada manfaatnya, mohon maaf bila khilaf dalam penulisan, wassallam.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

18 comments:

  1. Subhanallah, Air Susu Ibu memang sangat ajaib dan luar biasa, harusnya tak ada alasan untuk tidak menyusui bayi dengan ASI

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, ASI memang top banget deh hehe terima kasih

      Delete
    2. SEBAB ITU SANGAT TIDAK BIJAK jika ibu menyusui tidak memberikannya kepada sang bayi dambaan hatinya, kecuali memang ASI nya ora metu

      Delete
  2. Sepakat Mbak. ASI memang luar biasa nggak tergantikan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASI lengkap ya, pas buat baby nggk pake repot hehe

      Delete
  3. Soal susu menyusui saya nyimak aja ya mbak, takut salah kalau ikutan komen.
    Oya met hari perempuan yaa, moga para perempuan tambah cakep aja deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, untuk hadir di pos keuntungan yang didapat dari menyusui ekslusif saja itu sudah suatu penghormatan
      terima kasih

      Delete
  4. ASI merupakan makanan pokok pertama buat sang buah hati., di samping bisa membuat si bayi sehat, ASI juga bisa membuat si buah hati pintar dan sangat baik buat pertumbuhan si buat hati itu sendiri

    oh iya sebaiknya si Ibu dari si buah hati juga harus memperhatikan makanan yang di makan., karena makanan yang di makan oleh ibu juga sangat berpengaruh bagi si buah hati.

    aku ini komentar apa ya? Aku ini kan Laki2 kok sok tahu gini sih.!! hehe

    okey makasih buat sharenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ...
      Komentar yang cerdas, mungkin ini calon bapak teladan
      ya betul sekali asupan gizi untuk sang ibu juga harus diperhatikan agar ibu sehat dengan Air Susu Ibu yang berkwalitas

      sip sama-sama, salam deh buat sang calonnya mas

      Delete
  5. Infonya bermanfaat buat Ibu menyusui nih

    Btw, blognya udah ku follow kak, follow balik jika berkenaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat terima kasih
      ya nanti saya follow balik

      Delete
  6. Menurut saya,,,,, hehehe ASI lebih baik dari pada yang bukan Air Susu Ibu sebab yang bukan air susu ibu, Kalau zaman sekarang rentan terhadap penipuan. ada baiknya bagi ibu ibu menyusui secara exklusif saja.seperti yang telah di jabarkan bu maya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, kok ketawa sih
      nggak apa-apa ini bukan hal yang tabu untuk diketahui

      Menyusui secara ekslusif memang cara terbaik untuk kesehatan ibu dan si bayi itu sendiri

      Delete
  7. Waahh!! SUSU..??

    Yaa! Mungkin Tulisan diatas bisa Di jadikan Pelajaran Bagi Calon Ibu atau pun Seorang Ibu..Agar dapat lebih Memahami Pengertian ASI Bagi Sang Buah Hati Tercinta...

    Dan Bukan Itu saja Mungkin, Bagi Seorang Ibu Meski Beliau Berkarier Tidak Bisa Di Jadikan Alasan Untuk Tidak Menyusui Sang Buah Hati..Karena Apa Pun Itu Antara Anak & Ibu Salin Mempunyai Ikatan Bhatin Yang Kuat Berawal Dari ASI.

    Dan Dari Kesemuanya Itu Intinya Jiwa Si Ibu Juga Harus Terkontrol asupan Gizi Serta Kesehatan Jiwanya.

    Terakhir : Kalau Berebut Susu Sama Bapaknya Solusinya Apa Jenk Maya..?? Haahaaaa!!! PA ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya : Suruh aja bapaknya nemuin sampean mas, haha..

      Delete
    2. haha, kalau duet Satria Emde menurutku klop deh
      iya nih Satria yang ditanya ado-ado bae
      ok selamat pagi untuk semuanya terima kasih ya ...

      Delete
  8. Asi tetap yang terbaik untuk dikonsumsi bagi balita anda. Karena didalam asi terdapat banyak zat-zat yang diperlukan oleh bayi termasuk anti bodi sang ibu kepada bayinya.

    ReplyDelete
  9. Begitu bernilainya asi bagi tumbuh kembang balita, tapi sayangnya masih ada beberapa ibu yang tidak mau menyusui anaknya dengan beberapa alasan yang mungkin bisa di terima atau kadang tidak.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu