Wednesday, March 1, 2017

Cantik dan Sehat dengan Buah dan Sayur

18 comments

Siapa yang tak ingin bisa hidup sehat dan cantik?
Tentu saja semua ingin untuk tetap tampil cantik dan sehat. Nah kita bisa cantik dan sehat tentu ada faktor pendukungnya, salah satunya pola hidup yang sehat dengan membiasakan diri konsumsi buah dan sayur. Ok, tunggu apalagi mulailah dari sekarang! Cantik dan Sehat dengan buah dan Sayur.

Diantara kita kemungkinan besar memiliki kebiasaan buruk yaitu malas mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, akan lebih buruk lagi dampaknya bila kita sangat gemar dengan makanan siap saji, masalah kesehatan tidak boleh dianggap hal yang biasa-biasa saja. Kalau sekarang mungkin belum begitu terlihat dampaknya, tapi dikemudian hari masalah kesehatan akan mulai timbul.

Bagi yang tidak menyukai buah dan sayur bisa disiasati dengan cara pengolahannya. Hari ini saya akan share beberapa macam buah yang bisa membuat tubuh tetap sehat, cantik dan cara membuat lima macam jus yang berbahan buah dan sayur, seperti tomat, wortel, belimbing, apel, dan kiwi, saya rasa buah yang saya sebutkan tidak asing bukan?

Kita simak yuk lima jus pilihan yang bisa membuat cantik juga menyehatkan.

1. Jus belimbing

Rutin minum jus buah belimbing akan membuat kulit terlihat jauh lebih sehat dan cantik. Ini karena kandungan vitamin C serta zincnya yang cukup tinggi.

Kamu yang masih muda usia, namun telah memiliki uban, belimbing dengan berbagai mineral dan vitamin dalam jus belimbing bermanfaat mengurangi kondisi beruban pada rambut. Antioksidannya juga menjaga sel-sel tubuh lainnya dalam mengalami penuaan dini.

Peringatan!
Dari beberapa sumber menyebutkan. Belimbing manis mengandung asam oxalic yang berbahaya buat penderita penyakit ginjal, jadi perhatikan hal ini sebelum memakan buah belimbing.

Bahan-bahan untuk membuat jus belimbing :

2 buah belimbing
125 ml susu kedelai
1/2 sendok makan air jeruk nipis atau jeruk lemon
1 sendok makan gula merah dicairkan
2 gelas es batu

cara membuat jus belimbing :
masukkan semua bahan kedalam blender, setelah halus tuang ke dalam gelas kemudian sajikan dalam keadaan dingin.

2. Jus kiwi

Kiwi dipercaya mampu mencegah dan mengobati impotensi. Kiwi merupakan sumber asam amino arginin dan glutamat. Arginin merupakan asam amino yang bersifat vasodilator (penurun tekanan darah) dan membantu meningkatkan aliran darah. Sebagai vasodilator, arginin juga digunakan untuk mengobati gejala impotensi ringan. Kiwi juga mengandung mineral essensial, seperti kalium, kalsium, magnesium, seng, tembaga, mangan, dan fosfor. Kandungan mineral kalium dalam kiwi bisa mencapai 5.4 mg/kalori. Kalium ini berfungsi menjaga fungsi gerak reflek sistem saraf dan menjaga fungsi otot.

Berikut bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat jus kiwi:

2 buah kiwi dipotong-potong
5 sendok makan yogurt
200ml susu segar
4 sendok makan madu
es untuk menyajikan

cara membuat jus kiwi :
Masukkan semua bahan ke dalam blender, blender hingga halus. Tuangkan ke dalam gelas tambahkan es batu, lalu segera nikmati.

3. Jus tomat

Tomat dapat membantu mereka yang mengalami insomia dan menambah kecerdasan. Tomat jenis buah-buahan yang sering digunakan sebagai sayuran. Tomat diketahui mengandung sejenis antioksidan kuat yang disebut Lycopene dalam jumlah banyak, yaitu zat yang membuat warna merah pada tomat. Tomat juga telah terbukti mengandung suatu senyawa yang disebut sebagai asam alfa lipoic, yang bermanfaat membantu mengontrol glukosa dalam darah, meningkatkan vasodilatasi dan melindungi terhadap retinopati pada pasien diabetes, bahkan bisa membantu kelestarian otak dan jaringan saraf. Senyawa nutrisi yang juga ditemukan dalam tomat termasuk kolin, merupakan nutrisi penting yang membantu tidur, fungsi gerak otot, belajar, dan fungsi memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu transmisi impul saraf, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronis.

Nah sudah tahu manfaat dari tomat, saatnya kita buat jus dari tomat yuk!

Bahan-bahannya membuat jus tomat:

3 buah tomat
2 gelas es batu

caranya membuat jus tomat cukup dengan memblender buah tomat hingga halus, lalu sajikan bersama es batu, mudahkan hehe ....

4. Jus apel

Mengobati sembelit dan diare. Ada banyak manfaat bagi kesehatan yang bisa di dapat dari buah apel. Salah satunya mengobati sembelit.

Untuk kamu yang susah BAB atau bolak-balik BAB alias diare. Serat yang ditemukan dalam apel dapat membantu mengatasi kedua masalah ini walaupun masing-masing bertolak belakang. Serat baik dapat menarik air keluar dari usus untuk menjaga komponen didalamnya untuk bergerak sepanjang hari untuk mendukung sembeit. Serat ini juga dapat menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu anda dalam proses diare.

Bahan-bahan untuk membuat jus apel :

3 buah apel cuci bersih
25ml air jeruk nipis
2 gelas es batu

cara membuat jus apel tidak sulit. Belender apel hingga halus, tambahkan air jeruk nipis, sajikan dengan es batu.

5. Jus wortel

Wortel mampu menambah kesuburan, bagi yang ingin mempunyai keturunan. Wortel juga untuk kecantikan dan kesehatan mata, karena wortel kaya vitamin A mampu menjaga kulit agar tetap cantik dan bersinar.

Wortel menghilangkan noda hitam pada kulit, akibat pigmentasi. Penggunaanya bisa langsung dikonsumsi atau dibuat sebagai bahan masker. mengkonsumsi wortel secara rutin, akan sangat membantu untuk mencegah serangan berbagai macam penyakit kulit dan meningkatkan kesuburan.

Membuat jus wortel dan bahan-bahannya :

2 buah wortel
75 ml air jeruk nipis
2 sendok makan kismis
2 gelas es batu

Cara membuat jus wortel
Cuci bersih wortel lalu blender hingga halus, tuangkan ke dalam gelas saji tambahkan air jetuk nipis dan es batu, taburi kismis sajikan dalam keadaan dingin.

Setelah kita mengetahui manfaatnya dari buah dan sayur, tentu kita tidak lagi malas untuk mengkonsumsinya dengan teratur. Kelima jus buah dan sayur yang saya share hari ini semoga bisa bermanfaat juga bisa menjadi pilihan anda untuk tetap cantik dan sehat dengan buah dan sayur. Salam hangat dari saya wassallam.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

18 comments:

  1. Waktu siang seperti ini jus kiwi terlihat segar banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya pak, silahkan dibuat sendiri biar tahu gimana segarnya, jangan lupa ceritanya hehe

      Delete
  2. Cantik dan sehat dengan buah dan sayur.. Hm penjelasan dan contoh buahnya sudah di bahas sih, tapi sayurnya mana nih mbak? Tolong dong di jelasin juga, soalnya saya paling suka sama makan sayuran daripada daging. Ya suka juga sih makan buah, tapi milih2.. yang saya suka tuh biasanya : alpokat, nangka, nanas, dan.. duren, tapi bukan duda keren lho ya? Haha..
    Oh iya mbak tau gk kalau di depan rumah saya tuh ada pohon nangkanya, ada 2 pohon lho. Bukan punya sendiri sih pohonnya, tapi pohon bersama tetangga2 yang berdekatan dengan si pohon. Jadi kalau lagi berbuah ya bagi2 deh nangkanya, alhamdulilah lah jadi jarang banget beli nangka.

    #btw udah banyak belum ya komen saya? mm.. kayaknya udah sih, ya udahlah saya permisi dulu ya mbak.. n makasih banyak lho tips cantik plus sehatnya, semoga kebaikan mbak maya diberi balasan pahala yang setimpal dari Allah SWT.. aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, sayurnya ada kok, bentar saya ambil di kebun tetangga dulu,
      buah Nangka juga enak saya juga suka, eh kalsu panen boleh deh kirim ke rumah, msksudnya rumah tetangga 😀
      ya semoga ada manfaatnya aamiin terima kasih

      Delete
  3. Jus kiwi mahal pastina ya. Sebuah aja mahal sekali. Dan di tempatku nggak ada yg jual. Musti ke supermarke juga jauh Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, menurut info yg aku dapat petani kita belum ada yang menanam atau menjual buah kiwi, jadi msh import jd harganya ya masih mahal

      Delete
  4. dari beberapa jus buah yang disebutkan di atas.., mungkin jus kiwi yang belum pernah aku minum..,

    biasanya aku beli kalau ingin minum jus buah ini, padahal kalau tahu bahan2nya mudah juga ya buat jus buahnya..

    aku save ya May tips membuat jus buahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena buah kiwi yang masih jarang ada di beberapa daerah ya mas

      membuat jus memang mudah nggk ribet, tinggal gimana kita ingin meraciknya supaya enak dan tetap terjaga nutrisinya

      boleh silahkan, kalau buat kabarin ya pengen tahu ceritanya

      Delete
  5. sejak jaman kuda gigit kuda juga, dokter memang sudah menyarankan jika ingin cantik dan sehat harus rajin mengkonsumsi sayur dan buah, sayangnyaanak-anak sekarang susah banget kalau disuruh makan pake sayur dan makan buah kecuali buahnya udah kita kupasin

    ReplyDelete
  6. Mungkin saya harus banyak bamyak minum jus blimbing kali ya bunn,,saya masih muda namun sudah memiliki uban, Ini apa ya pertandanya..

    ReplyDelete
  7. Ini ni cara alami hidup sehat dan tampil cantik., hehe

    ReplyDelete
  8. Buah dan sayur adalah menu yang harus ada dan dikonsumsi oleh setiap orang yang sadar akan hidup sehat

    ReplyDelete
  9. cuaca di solo pas panas ini mbak, bolehlah dikirimi jus nya satu gelas ^^

    tapi habis minum jus ini saya ngga jadi cantik kan? bahaya nanti XD

    ReplyDelete
  10. Saya suka dengan tipsnya. Kebetulan di samping rumah ada pohon belimbing mbak, saya sering memakan dan mengoleskan airnya ke wajah untuk membuat kulit wajah lebih cerah dan halus. Kadang belimbing di sini terbuang gitu2 aja karena ditiup angin. Mari hidup lebih sehat dengan buah dan sayur!

    ReplyDelete
  11. Saya mah sukanya makan buah langsung mbak. Gak suka di jus-jus gitu. Tapi selera orang emang beda-beda sih.

    ReplyDelete
  12. panas2 gini liat jus jadi aus... sapa mau bikinin mbah... mang lembu ! cucu terbaik mbah tolong bikinin 5

    ReplyDelete
  13. Di antara jus jus di atas, jus kiwi yang belum pernah aku coba.
    Bahkan buahnya saja aku belum pernah lihat.. Hahaha

    ReplyDelete
  14. aku kadang tertantang buat jus belimbing. cuma sekarang sulit bgt cari buahnya,

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu