Tuesday, March 7, 2017

Anak Sering Pilek Cermati Penyebabnya

18 comments

Anak Sering Pilek Cermati Penyebabnya

Kasian banget kalau anak sering pilek. Kadang sampai tidak mau bermain bahkan selera makannyapun hilang. Terus gimana dong?

Anak Sering Pilek Cermati Penyebabnya, kita simak sama-sama yuk!

Kalau anak pilek ibu jadi repotnya. Anak rewel, tidak mau makan. Hidung yang tersumbat dan beringus membuat anak susah tidur. Sebagian ibu menyebut pilek adalah penyakit langganan anak-anak. Sedih kalau melihat anak sering pilek.

Penyakit yang disebut pilek atau dalam dunia medis disebut dengan rinosinusitis, menurut dokter spesialis anak, Isabella Riandani, bisa disebabkan oleh beberapa pemicunya antara lain infeksi kuman, alergi, perubahan lingkungan, bau-bauan, asap rokok, stres dan makanan.

Ada baiknya bila anak sering pilek cermati penyebabnya dan penanganannya, semoga bisa membantu :

1. Infeksi kuman

Pada kasus infeksi kuman bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri. Kuman penyebab virus itu ada di lingkungan sekitar kita.

Langkah terbaik untuk menghindarkan anak dari terinfeksi kuman-kuman tersebut ialah dengan meningkatkan daya tahan tubuhnya. Cukup gizinya dan kebutuhan tidur atau istirahatnya.

Menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan orang-orang disekitar. Seperti halnya mencuci tangan dengan benar.

Pilek yang disebabkan infeksi kuman umumnya akan sembuh sendiri dalam waktu tiga hari sampai lima hari. Jika pilek terjadi berkepanjangan, kemungkinan penyebab bakteri yang memerlukan pengibatan dengan antibiotik. Untuk pengobatan ini harus dibawa je dokter agar pengobatannya tepat.

2. Asap rokok

Pentingnya menghindarkan anak dari asap rokok. Karena, asap rokok mengandung bahan-bahan berbahaya yang membuat sistem pertahanan dalam saluran pernapasan terganggu, seperti rusaknya rambut-rambut silia dalam tenggorokan yang berfungsi untuk menghalau zat-zat asing termasuk kuman.

Jika sistem pertahanan dalam saluran pernapasan terganggu, anak akan mudah terserang beragam penyakit saluran pernapasan termasuk pilek.

Asap rokok berbahaya bila terhirup oleh anak

Jadi, anggota keluarga yang perokok sebaiknya jangan merokok dekat anak dan di dalam lingkungan rumah.

Selain asap rokok yang berbahaya bila terhirup oleh anak, residu asap rokok yang menempel di baju si perokok juga berbahaya bagi sang buah hati.

Nah, untuk ayah yang perokok sebaiknya ganti baju dan mandi dulu sebelum memegang atau menggendong anak.

3. Alergi

Zat alergen seperti, debu rumah, spora jamur, susu juga bisa menimbulkan pilek bagi anak yang alergi.

Orang tua perlu memastikan pemicu alergi atau alergen yang menyebabksn pilek pada anak. Langkah selanjutnya adalah meminimalkan dan menjauhkan anak dari kontak dengan zat alergen tersebut.

Bila alergennya karena tungau debu, harus rajin membersihkan karpet, gorden, seprai, sofa dan benda yang mungkin menjadi tempat bersarangnya debu.

Kalau akergennya karena susu sapi, jangan anak diberi susu sapi atau makanan lainya yang mengandung susu sapi.

Cara terbaik menangani alergi selain menghindari pemicunya adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cairan ingus pada kasus alergi bening dan berulang bila bersinggungan dengan zat alergen.

Nah bila anak sering pilek cermati penyebabnya, dengan mencermati penyebab anak sering pilek menjadi lebih mudah untuk menghindarkan anak dari pilek dan pengobatan atau penanganan yang tepat.

Meningkatkan daya tahan tubuh anak dan menghindari paparan zat alergen serta asap rokok merupakan langkah utama menghindarkan anak dari sering terkena pilek.

Thanks for Ilustrasi by :

Semoga tulisan sederhana ini ada manfaatnya, mohon maaf bila ada penulisan kata yang tidak berkenan. Wassalam

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

18 comments:

  1. Kalau kata Pak ustad sakit itu tanda dosa si sakit sedang di angkat / dikurangi, jadi tetaplah bersyukur meski sedang diberi sakit dan janganlah mengeluh. Sebaliknya jangan bangga juga kalau tidak pernah sakit.. sebab orang yang tidak diberi sakit hanyalah orang2 yang 'seperti' fir'aun.

    Nah.. sampai disini sudah paham kan kalau komen saya nggak nyambung sama postingan? Hehe..
    Oh iya itu rokok di asbak kok idup semua? kemaruk banget tuh orangnya, awas batuk..

    Btw saya boleh NB gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya aku juga pernah dengar kalau kita itu mesti bersyukur dalam setiap keadaan
      termasuk saat kita sakit, nah kalau kita ikhlas dan bersabar maka Allah akan meluruhkan dosa-dosa kita
      ya semoga kita termasuk orang-orang yang bersabar ketika mendapat kesusahan

      tidak terlena ketika mendapat kesenangan dan kesehatan

      hehe terima kasih

      Delete
  2. kita saja yang sudah dewasa terkadang merasa terganggu bila sudah terserang pilek atau batuk, pas hidung tersumbat itu sungguh menyebalkan.

    apa lagi kalau pilek dan batuk ini menyerang pada anak2, kasihan banget mereka.

    terimakasih sharenya May..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, apalagi kalau pilek ini sering di derita anak-anak
      dengan mengetahui penyebabnya diharapkan kita bisa meminimalkan agar tidak sering terjadi dan penanganannya bagi sikecil yang pilek
      karena khususnya anak-anak sangat rentan terkena pilek

      ya sama-sama semoga bermanfaat

      Delete
  3. kuman, asap rokok dan alergi adalah penyebab utama anak sering pilek ya...kalau gituh mau menjauh ah saya dari anak-anak kalau pas lagi mengasapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sebaiknya menjauh dari anak-anak kalau sedang mengasap, karena asap mengandung zat-zat yang membahayakan kesehatan anak

      Delete
  4. harus waspada pada hal-hal yang berpotensi merusak kesehatan.
    ayo jaga kesehatan dengan pola hidup sehat ....
    Thanks artickel nya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pola hidup sehat akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan, mencegah lebih baik dari pada mengibati hehe
      sama-sama

      Delete
  5. Anak-anak yang sering sakit sangat mempengaruhi perkembangan tumbuh kembang anak, jadi tidak boleh menganggap remeh penyakit apapun yang diderita anak segera cari solusi yang benar agar tetap sehat dan pertumbuhan anak tidak terganggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini benar sekali, kasihan kalau anak-anak terhambat pertumbuhannya karena sering sakit

      Delete
  6. minum es di musim hujan , bisa bikin pilek juga bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut pemahaman aku pribadi minum es tidak menyebabkan pilek, tapi bisa jadi kondisi badan tidak fit, minuman yang sudah tercemar virus, atau bisa juga kandungan yg terdapat pd es menyebabkan alergi
      hehe, ada baiknya lebih baik minum minuman hangat di musim hujan, seperti wedang jahe, coklat panas gitu hehe
      ok terima kasih tambahannya

      Delete
  7. Yang pasti kalau anak lagi pilek pasti rewel banget. Butuh penanganan ekstra sabar untuk memahami kemauan si anak pada saat pilek dan deman yang melanda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat si kecil sakit, itu sudah pasti memerlukan perhatian khusus, ini saatnya sang ibu beraksi dengan segala kemampuan yang ia miliki hehe

      Delete
  8. Tambah lagi ilmu, saya simpan nanti suatu saat dapat saya jadikan panduan bila anak sering pilek. Terima kasih, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah
      semoga ada manfaatnya untuk siapapun aamiin

      Delete
  9. Ni batuk pilek sering banget Mbak. Nggak cuma anak, sak orang tuanya juga, belum sembuh pilek batuk lagi. hehehe, saban hari hujan2nan mbak :)

    ReplyDelete
  10. Bakalan aku ingat-ingat ini penyebabnya, buat bekal aku sendiri dan calon anakku nanti. Hehehe ... makasih mba May.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu