Thursday, February 16, 2017

Senyum Adalah Bahasa Indah dan Membuat Awet Muda

45 comments

Assallamuallaikum warrahmatullahiwabarrakatuh
Hai! Selamat pagi ...,
masih hari Kamis nih. Alhamdulillah setelah kemarin kita libur karena merayakan hajatan demokrasi dan hari ini kembali kita beraktifitas kembali. Kita doakan semoga siapapun yang terpilih dalam pesta pilkada nantinya bisa menjadi pemimpin yang amanah aamiin ya robbal'allamiin.
Loh doa kok di medsos? Nggak ada larangan kok! Semoga yang membaca ikut mengaamiinkan, toh tak ada salahnyakan?

Dah yuk kita simak tentang senyum adalah bahasa indah dan membuat awet muda mau tahu mengapa? Yang tidak mau baca tidak apa, nggk di denda ..., hehe ..., apa benar celoteh Maya? Ya udah kita baca sama-sama semoga bermanfaat!

1. Menunda kerutan

Sebuah penelitian ilmiah yang dilakukan di Mesir menghasilkan kesimpulan bahwa : "wajah cemberut berpengaruh secara efektif terhadap munculnya kerutan pada wajah terutama di sekitar mata. Senyum adalah senjata efektif melawan kerutan pada wajah yang berpengaruh pada penundaan munculnya kerutan pada wajah karena rileksnya urat-urat wajah seseorang pada saat dia tersenyum. Karena senyum hanya membutuhkan enam urat pada wajah sedangkan mengerutkan dahi, bermuka masam dan meringis memerlukan pergerakan 72 urat pada wajah."

Jadi jelas dong ..., lebih mudah menggerakkan enam urat wajah saja dari pada menggerakkan 72 urat wajah yaitu dengan tersenyum kita telah menunda timbulnya kerutan di wajah. Kerutan di wajah sangat ditakuti terutama kaum hawa, hehe ...

2. Membangkitkan kebahagiaan

Tersenyum itu mampu membangkitkan kebahagiaan psikis di tengah-tengah kita. Wajah menjadi lebih cerah karena mengalami pembaharuan vitalitas dan aktivasi. Ada kata bijak yang pernah saya baca, "tersenyum itu memerlukan satu daya yang lebih sedikit dari pada listrik, tapi hasilnya lebih terang."

Para dokter meyakini bahwa tersenyum itu menstimulus jaringan syaraf yang bertanggung jawab atas komando pemompaan darah dan jantung ke pembuluh darah pada kedua pipi untuk beraktifitas. Dengan itu, pipi orang yang tersenyum berkembang dan berevolusi lebih banyak daripada bagian tubuh lainnya. Sementara orang yang marah dan mengalami depresi, darahnya menggumpal pada wajahnya.

3. Amal saleh

Beramal saleh dengan wajah berseri. Saat jumpa dengan teman, saudara, kerabat, handai tolan, tetangga dan siapa saja bahkan termasuk orang yang memusuhi kita *sulit ya? maka tersenyumlah. Senyum akan memberikan suasana yang sejuk *bukan senyum sinis ya .... Senyum itu adalah kebaikan meskipun kerap kali diremehkan.

Kita semua sering baca hadist ini kan :
"janganlah kamu meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun (kebaikan itu adalah) kamu menemani saudaramu dengan wajah yang berseri-seri." (HR Muslim)

Senyum yang dimaksudkan adalah wajah yang berseri, menampakkan raut muka yang bahagia, mata yang berbinar dengan cahaya riang dilengkapi dengan senyuman yang tersungging tulus. Senyum memegang peranan vital dan urgent dalam rona wajah yang berseri-seri.

4. Bahasa yang indah

Athif Abul 'Id dalam Al-Ibtisamah As-Sabirab mengatakan :
bahwa senyum adalah bahasa indah dan jelas. Tidak perlu diterjemahkan. Setiap bangsa di dunia ini memahaminya. Betapa indahnya senyuman, bahasa yang indah dan trasparan, sederhana, ekspresif, bebas tanpa rekayasa materi. Senyum menyimpan banyak elemen perasaan yang dapat kita katakan pada orang lain, misalnya : aku mencintaimu, aku akan membantumu, aku menghargaimu, aku senang jumpa denganmu dan lainnya.

5. Menambah sel kekebalan tubuh

Dr.William perry dari Universitas Stanford di Inggris, melakukkan percobaan dengan dirinya sendiri. Dia mengambil darahnya sendiri pada saat dia menonton film komedi. Dengan analisisnya terhadap sampel darah tersebut dia menemukan bahwa tertawa dan tersenyum dapat meningkatkan efisensi sel-sel tertentu pada organ kekebalan tubuh untuk melawan penyakit lambung.

Sejak itu ilmu kesenangan (Science of Pleasure) dikenal luas, ditambah lagi banyak penelitian tentang kesenangan mengukuhkan adanya perubahan psikis manakala orang tersenyum dan tertawa, yaitu dengan bertambahnya produksi sel kekebalan tubuh, meningkatnya jasad renik antibiotik di dalam darah dan ludah serta bertambahnya jumlah sel-sel otak alamiah yang bekerja sebagai respon tubuh secara alami melawan penyakit kanker.

Nah jadi jelasnya betapa dahsyatnya sebuah senyuman. Sebuah senyuman tidak hanya sekedar menarik bibir tetapi senyuman adalah bahasa indah yang bisa dipahami sebagai bahasa isyarat yang menyampaikan kedamaian, persahabatan, kekeluargaan, menghormati dan kasih sayang.

Indahnya bahasa yang disampaikan lewat senyuman dan senyuman juga merupakan kebaikan. Mari kita beramal saleh lewat senyuman yang dapat kita raih hanya dengan menggerakan enam urat di wajah kita.

Cobalah! Mudah sekali dan betapa ruginya orang yang tidak ingin atau sengaja melewatkan hari tanpa senyuman.

Cukup sekian dari saya tentang senyuman adalah bahasa indah dan membuat awet muda yang saya rangkum dari beberapa sumber. Mohon maaf bila ada kata yang salah. Jangan lupa! Senyum yang manis dan tulus ya ... wassallam.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

45 comments:

  1. Senyuman juga bikin hidup lebih bahagia Mbak. Ulasannya lengkap sekali Mbak Maya, mantab :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih
      yups tersenyum dan tularkanlah kebahagiaan pada orang disekitar kita

      Delete
    2. sepakat banget dengan neng Wahyu, selain daripada itu dengan hanya tersenyum pundi-pundi pahala akan terkumpul dan awet muda...nih contohnya saya..nih

      Delete
    3. nah tunggu apalagi
      sudah tersenyumkah hari ini?
      hidup bahagia, awet muda dan hidup penuh berkah

      hehe ....

      Delete
    4. tapi....senyumnya angger kudu tulus kan?

      Delete
  2. kalau gitu saya mulai sekarang harus sering tersenyum biar awet muda dan berpahala yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan saudaraku, awet muda, sehat dan beramal saleh dengan senyuman

      Delete
  3. dari kelima uraian yang di atas tentang senyum ini ada benarnya juga, apa lagi kalau senyam-senyum di kamar sambil maengingat sang kekasih.., hehe

    tapi kalau senyam-senyum sendiri di depan tembok atau dijalan raya itu beda senyumnya.,hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati-hati nabrak pak, bibir senyum pandangan tetap harus waspada

      nah lo senyum sendiri di dalam kamar nggk dibahas loh hehe

      Delete
  4. blognya pangling ya udah custom domain , sebulan lebih saya gak update karena laptopnya meriang , sekarang udah sehatan sih ,,,hi hi ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah welcomback teman, semangat ngeblog lagi kalau gitu ok deh

      Delete
  5. senyum itu ibadah ya,
    tapi banyak orang tak menyadarinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kita mulai dari diri kita sendiri, semoga menjadi motivasi buat yang lain
      inshaallah

      Delete
  6. senyum itu, bikin pria tambah manis, dan cewek tambah cantik :)
    yok senyum di malam jumat , bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, rugi ya kalau nggk senyum
      senyum setiap hari dong jangan malam Jum'at aja 😀

      Delete
    2. hahahah, tiap hari kok bun senyum nya :)

      Delete
  7. He..he..
    Setuju banget, dan biasanya orang yang sering senyum kulit wajahnya menjadi kencang jadi sangat baik buat kesehatan. Asal jangan senyum-senyum sendirian ya.. 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih
      nah loh senyum sendiri di depan cermin pak
      senam wajah biar awet muda hehe

      Delete
  8. Grazie mille a te per essere passata nel mio blog:)).
    Baci
    Rosy

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok sama-sama Rosy untuk kehadiranmu di pagi ini

      Delete
  9. Senyum adalah suatu anugerah dengan senyum bisa hidup dua kali. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk kita syukuri anugrah yang indah ini dengan tetap tersenyum manis dan seakan terlahir kembali hehe

      Delete
  10. mulai hari ini, kudu rajin senyum biar nambah pahala :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, raih pahala dengan tampakkan wajah berseri hiasi dengan senyum tulus

      Delete
  11. asal jangan senyum terus terusan, apalagi dijalan senyum senyum sendiri. eh tapi banyak sih orang yang senyum sendiri karna liat hp.

    dengan senyum hidup terasa indah ya mba. udah gitu termasuk ibadah pula.

    baru tau kalo ternyata juga bisa menambah kekebalan sel tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah loh senyum sendiri karena lihat hp, ada apakah gerangan?

      Yah senyum bahasa yang indah dan mudah, coba deh hanya dengan enam urat wajah kita raih pahala

      Delete
  12. Sesekali jangan senyum saja, tapi tambah dengan ketawa biar seakan tidak punya masalah meski sebenarnya masalah kita segudang wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, wajah yang berseri ya sob, masalah pasti ada tapi jangan membuat wajah bermuran durja

      Delete
  13. Aku juga suka senyum-senyum mbak. Tapi habis itu dikatain gila sama abang aku. Gimana dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. abangku juga pernah bilang, " ngapain lu senyum, gila lu ya?"

      aku jawab,"bang, kata2 itu doa loh, tega banget doain adek sendiri!

      terus kami ketawa bareng

      Delete
  14. Iyah emang beneran yah, kalo kita suka senyum dan ketawa ria pasti bisa awet mudan dan kulit kencang, karna saya mengalaminya sendiri,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh sudah membuktikan ya, senyum lagi deh
      😀

      Delete
  15. senyum sama ketawa itu beda kan mi? btw dari kemarin pengen bilang " wah sekarang domain blognya udah ganti. Selamat ya ummi wkwkwkwk " semoga berkah^^

    ReplyDelete
  16. aku suka tersenyum juga pas ads yg lucu. kalo aku senyum banyak org lain jadi gembira.

    ReplyDelete
  17. Senyum itu membuat sehat, membuat orang jadi tersenyum itu lebih menyehatkan lagi

    ReplyDelete
  18. Senyum adalah hal yang paling mudah dilakukan dan membaawa banyak manfaat.

    Tapi kalau kebayakan senyum nanti malah dikira lagi jatuh cinta , lagi.

    ReplyDelete
  19. Senyum adalah ibadah juga sedekah yang mudah

    ReplyDelete
  20. Senyum itu menyehatkan ya, Mbak, baik lahir maupun batin :)

    ReplyDelete
  21. Berarti apa yang dikatakan almarhum Meggy Z itu ternyata salah,,,, katanya Senyum Membawa Luka mbak hehehe

    ReplyDelete
  22. Duh jangan lupa cek giginya digosok abis makan, nanti ada sisa cabenya. sikat gigi juga bermanfaat

    ReplyDelete
  23. Wah saya belum mampir sini ya, ketinggalan deh.. mampir dulu ah, numpang senyum.. ciiisss.. :)

    ReplyDelete
  24. hehe, ini post lama lihat berantakan ya pos Maya, ternyata template mempengaruhi juga
    jadi malu
    senyum adalah sedekah ��

    ReplyDelete
  25. Tersenyumlah, maka kamu akan terlihat muda dan keren... :D
    Kebalikan dari sering marah-marah, maka kamu akan terlihat tua dan jelek... :D

    Kira-kira begitu ya Mba Maya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena senyuman mampu memberi aura kebahagiaan dan menepis kesedihan yang membuat energi terkuras sia-sia hehe

      Delete
  26. Yang penting jangan suka senyum-senyum sendiri, karena nanti dikira ada yang ndak beres

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu