Monday, February 6, 2017

Kunjungan ke Kabupaten Bandung Jawa Barat

14 comments

Assallamuallaikum warrahmatullahiwabarrakatuh

Kangennya nulis di blog,
apakhabar sahabat Jejak Maya? Aku harap semoga semua dalam keadaan sehat dan baik-baik saja ..., aamiin, duh! Maafin aku ya lama tak kunjung ke blog teman-teman, sebenarnya aku masih sempat kok intip-intip blog kalian cuma belum sempat meninggalkan komentar sekali lagi maafin aku ya.

Jejak Maya pun belum sempat post lagi nih! Padahal nggk sibuk-sibuk amat sih, cuma menyibukkan diri di dunia nyata hehe ...

Hayo ngapain nggk update?!

Ceritanya gini,
aku ikut rombongan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat yang menggelar kunjungan kerja ke Bandung tepatnya Pemerintahan Kabupaten Bandung yaitu pada hari Kamis tanggal 2 Januari 2017 yang lalu.

Loh! Itukan sudah empat hari lewat kok baru nongol sih di blog? Yah namanya juga dari jalan, banyak oleh-oleh dong, haha ya oleh-oleh baju kotor nih sekoper hehe ... Maaf becanda, lanjutin dulu ya ....

Kunjungan ke Kabupaten Bandung Jawa Barat ini dimaksudkan mempelajari proses hortikultura varietas jeruk dekopon. Konon jeruk dekopon ini menjadi ikon di Kabupaten Bandung. Nah Pemerintah Kabupaten Lampung Barat tertarik dengan hal ini. Dengan harapan komoditas jeruk dekopon ini bisa dikembangkan di Kabupaten Lampung Barat dan bisa

meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lampung Barat.

Rombongan yang terdiri dari kepala SKPD, Darma Wanita dan sejumlah PPL yang dipimpin oleh Wakil Bupati Lampung Barat, Makmur Azhari. Alhamdulillah kami disambut dengan sangat ramah dan penuh kekeluargaan oleh wakil bupati Kabupaten Bandung H. Gun Gun Gunawan. S.Si, M.Si beserta jajarannya.

Sebenarnya ini sudah ke tiga kalinya aku mengikuti kunjungan ke Kabupaten Bandung Jawa Barat ini.
Kesan yang aku rasakan saat berada di kota Mojang Priangan ini sangat menyenangkan tutur kata mereka lembut, hangat, ramah dan yang sangat tak terlupakan senyum tulus mereka. Sajian saat makan siangnyapun sangat menggugah selera loh, ya kami santap siang di Rumah Makan Wilujeng Sumping, sayangnya lupa ambil fotonya. Yang aku ingat tempatnya memang nyaman, bersih dilengkapi toilet dan mushala yang bersih, mungkin konsepnya dari restoran ini alam karena disekitarnya daerah persawahan hijau dan asri.

Kembali ke tujuan kunjungan ke Kabupaten Bandung Jawa Barat ya ...

Sesuai dengan tujuan awal
kunjungan ini dalam rangka melihat dari dekat proses mengembangkan komoditas jeruk dekopon yang memungkinkan untuk dapat meningkatakan kesejahteraan masyarakat Lampung Barat.

Dalam hal ini adalah pengembangan komoditas hortikultura, terutama jeruk dekopon yang menurut informasi jeruk dekopon sudah sangat terkenal di Kabupaten Bandung, di tambah lagi kondisi alam di Kabupaten Bandung tidak jauh berbeda dengan Kabupaten Lampung Barat karena itu budi daya jeruk dekopon bisa dilakukan oleh petani di Lampung Barat.

Budi daya jeruk dekopon di kabupaten Bandung ini sudah mulai berkembang dan terbebas dari hama penyakit, terletak di area objek wisata taman love atau objek wisata taman lope, begitu warga sekitar menyebutnya.

Dari kota Bandung membutuhkan waktu satu jam setengah untuk sampai ke objek wisata tersebut. Kondisi jalan sudah di aspal dan menanjak lebih kurang 800m. Untuk kendaraan bermotor dan kendaraan roda empat atau mobil bisa jadi tak masalah.

Hanya saja kami memilih jalan kaki sambil menikmati pemandangan dan hawa pegunungan, karena waktu itu masih pagi jadi tidak terpanggang matahari, yang pasti lelah kami terbayar setelah sampai di lokasi yaitu buah jeruk segar yang sudah disediakan oleh petani dan makanan tradisional, oh ya kami juga diperbolehkan memetik sendiri dan menikmati sepuasnya buah jeruk dekopon ini. Weh kebayangkan rasanya manis banget!

Dan yang lebih istimewa lagi pemandangan yang bisa dilihat dari lokasi ini, wow indah banget. Alhamdulillah anugerah Sang Maha Pencipta yang tidak dapat dilukiskan dengan kata, pokoknya indaaaah banget. Nggak percaya? Silahkan datang sendiri haha ....

Tentunya tidak hanya mempelajari komoditas jeruk dekopon saja, yang diharapkan bisa dipelajari dari kunjungan ini, tapi juga Lampung Barat bisa mempelajari komoditas hortikultura lainnya. Pemerintah Kabupaten Lampung Barat masih perlu mempelajari budi daya berbagai komoditas pertanian yang ada di Kabupaten Bandung dan Provinsi Jawa Barat. Misalnya saja yang berkenaan dengan kwalitas hasil panen lainya, seperti sayuran dan lain-lain.

Semoga hasil dari kunjungan ke Kabupaten Bandung Jawa Barat ini bisa di aplikasikan di Kabupaten Lampung Barat, demi meningkatnya kesejahteraan masyarakat Lampung Barat.

Nah itu sedikit cerita kunjungan ke Kabupaten Bandung Jawa Barat beberapa hari yang lewat, terima kasih sudah membaca, kalau yang sudah pernah kesana boleh dong berbagi cerita di kolom komentar. Mohon maaf untuk kata yang tidak berkenan. Wassallam.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

14 comments:

  1. malam mbak, cerita nya jalan jalan 4 hari kemarin, kirain ilang mbak , heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam
      hehe ngilang sekejap saja
      ok terima kasih

      Delete
  2. Wah pasti banyak oleh-oleh nih dari bandung..
    Ayo teman2 blogger kita serang rumah bu maya, kayanya habis borong jeruk nih.. 😂

    ReplyDelete
  3. dokumentasi fotonya digedein donk mbak...biar kliatan rombongannya

    ReplyDelete
  4. Wah, oleh-oleh jeruk pasti banyak tapi kok nggak ada buat saya ya. Hehe

    ReplyDelete
  5. Bandung? Beruntung bisa kesana soalnya tempatnya indah banget belum urang bandung itu someah betah pokokna mah...saya 2 tahun di Bandung

    ReplyDelete
  6. Hai Mbak Maya, mau banget jalan2 ke kebun jeruk. Beragam jenis ya Mbak?
    Aku maniak buah, hehehe, jeruk salah satunya. Tapi tempatnya jauh banget dari rumahku ya?

    ReplyDelete
  7. seneng kayaknya ya kalau bisa jalan-jalan gratis. dapat uang jajan dan makan lagi. tapi sayang oleh-oleh baju kotor. beli pakaian layak pakai itu ya wkwkw sorry bercanda.

    ReplyDelete
  8. Wah ternyata si mbaknya ini kerja di pemerintahan toh

    ReplyDelete
  9. Wah wah... mana oleh oleh jeruknya buat saya Mbak! hahaha
    Awas lho kalau enggak ngasih! hahahah

    Besok besok agenda nya ke Magelang mbak! Tak kasih Gethuk hahahaha

    ReplyDelete
  10. wah kayanya menyenagkan jalan-jalannya, gw juga pengen kebandung, kapan yaa ..:D

    ReplyDelete
  11. oh jadi selama empat hari gak update pemilik rumahnya lagi jalan-jalan ke bandung tho? kok gak ajak2,mana oleh-olehnya gak ada lagi.,masak cuma pakaian kotor aja yang di kasih.., hehe.., ma'af May canda.

    ReplyDelete
  12. Wahh... Yang habis jalan²...hahaha
    Taman Love. Aku jadi penasaran pingin ke Taman itu.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu